Memahami Brand Evangelist dan Nilai Pentingnya untuk Sebuah Bisnis

Jika Anda adalah seorang pengusaha, apakah sudah memahami Brand Evangelist? Karena brandevangelist adalah salah satu faktor penting untuk membuat brand mendapatkan citra positif di masyarakat.

Branding adalah hal yang tidak bisa diabaikan ketika Anda sedang membangun sebuah bisnis. Sebabdengan branding yang baik, Anda akan mampu mendapatkan banyak konsumen loyal.

Mendapatkan konsumen loyal tentu adalah keinginan semua pemilik bisnis. Karena konsumen loyal akan selalu menjatuhkan pilihan kepada produk Anda meski mereka tahu banyak produk sejenis di pasaran.

Namun ada satu tingkat lagi di atas konsumen loyal. Tingkatan tersebut adalah consumer evangelist atau juga disebut sebagai brand evangelist. Memiliki brand evangelist adalah keinginan setiap pemilik bisnis.

Sebab brand evangelist bisa memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. Bagi Anda yang paham tentang brand evangelist serta nilai pentingnya, silahkan simak artikel ini hingga tuntas.

Memahami Brand Evangelist Secara Lebih Dalam

Memahami Brandevangelist Dan Nilai Pentingnya Untuk Sebuah Bisnis
Memahami Brand Evangelist dan Nilai Pentingnya untuk Sebuah Bisnis/Unsplash

Branding adalah sebuah usaha untuk menanamkan citra positif sebuah brand atau merek ke dalam benak pelanggan. Dapat dikatakan bahwa branding adalah bentuk komunikasi perusahaan kepada pelanggan.

Proses branding yang baik akan membuat sebuah produk memiliki citra positif di dalam pikiran pelanggan. Sementara pelanggan pasti akan cenderung memilih produk dengan citra terbaik di dalam benak mereka.

Oleh karena itu proses branding tidak boleh dilupakan oleh para pebisnis. Dengan branding yang baik dibantu proses promosi dan marketing, sebuah perusahaan akan mampu mendapatkan pelanggan loyal.

Baca yuk, Cara membangun bisnis startUp dari nol

Namun pelanggan loyal hanya akan membeli produk ketika mereka membutuhkannya. Mereka cenderung tidak akan melakukan usaha lebih untuk memasarkan atau merekomendasikan brand dari produk tersebut.

Jika Anda masih menjadikan pelanggan loyal tersebut sebagai tujuan akhir proses branding, maka Anda perlu memahami brand evangelist. Karena berbeda dari sebatas loyal, brand evangelist akan membantu memasarkan brand Anda.

Brand evangelist secara sederhana dapat dipahami pelanggan yang sangat antusias dan berdedikasi terhadap suatu brand. Mereka secara sukarela akan merekomendasikan dan mempromosikan produk Anda kepada orang lain.

Tentunya untuk sampai tahan menjadi seorang brand evangelist tidaklah sederhana. Pelanggan harus memiliki ikatan yang kuat terhadap suatu brand. Karena tanpa adanya ikatan tersebut, mereka tidak akan mau melakukannya.

Bagi sebuah bisnis, brandevangelist adalah jenis pelanggan yang paling berharga dan paling dicari. Tentu saja karena keberadaan brand evangelist mampu membuat bisnis bertahan lama dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Contoh Brand Evangelist Dalam Kehidupan Nyata

Contoh Brand Evangelist Dalam Kehidupan Nyata
Contoh Brand Evangelist Dalam Kehidupan Nyata/Unsplash

Saat ini Anda telah memahami brand evangelist. Namun mungkin Anda masih belum begitu memahami realitas sebenarnya dari jenis pelanggan satu ini. Oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa contohnya.

Seorang brand evangelist sebenarnya bisa Anda temukan di kehidupan sehari-hari. Pasti Anda pernah memiliki kerabat atau teman yang begitu fanatik terhadap suatu merk tertentu, bukan?

Biasanya sikap fanatik ini sering ditemukan pada produk elektronik seperti brand smartphone. Meski kini produk-produk fashion juga mulai menumbuhkan komunitas yang memunculkan banyak brand evangelist.

Berbicara mengenai smartphone, merk Apple mungkin akan menjadi contoh paling mudah untuk memahami brand evangelist. Sebab tingkat fanatisme dari beberapa pengguna brand satu ini bisa dibilang sangat tinggi.

Anda pasti sudah biasa dengan orang-orang yang menggunakan produk Apple untuk berbagai macam perangkat. Bukan hanya smartphone, tapi laptop, PC hingga earphone juga harus berasal dari brand tersebut.

Ketika Anda bertanya kepada ia mengenai rekomendasi smartphone, maka pasti Anda akan mendapat rekomendasi untuk membeli iPhone keluaran terbaru. Bahkan mereka selalu update mengenai kabar terbaru dari Apple.

Mereka juga rela untuk mengantre berjam-jam demi mendapatkan produk Apple keluaran terbaru. Dari sini Anda bisa melihat bagaimana tingkat kualitas dari pelanggan yang lebih dari biasanya.

Keuntungan Memiliki Brand Evangelist Terhadap Bisnis

Setelah memahami brand evangelist, kami akan menjabarkan informasi mengenai keuntungan adanya seorang brand evangelist. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapatkan sebuah bisnis dengan adanya brand evangelist.

  • Pemasaran Secara Gratis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anggaran untuk melakukan pemasaran tidaklah kecil. Terlebih dengan munculnya banyak media baru untuk melakukan pemasaran, membuat Anda harus mengatur anggaran dengan sangat baik.

Seorang brand evangelist akan membantu Anda mengurangi kebutuhan biaya pemasaran. Karena berbeda dengan para influencer, Anda tidak perlu membayar mereka untuk merekomendasikan produk pada orang lain.

  • Lebih Dipercaya

Tidak bisa diungkiri bahwa saat ini banyak orang yang sudah lebih sadar terhadap iklan. Artinya mereka akan lebih sulit untuk terpengaruh dengan iklan komersial yang Anda tayangkan di berbagai media.

Namun, perkataan dari seorang brand evangelist akan lebih natural dan mudah dipercaya. Karena mereka memasarkan produk Anda secara tulus sehingga orang yang mendengarnya tidak merasa sedang mendengarkan iklan.

  • Mudah Melakukan Campaign

Campaign sering dilakukan untuk melakukan pemasaran seperti meluncurkan lini produk baru. Tentunya keterlibatan calon pelanggan sangat dibutuhkan untuk kesuksesan campaign tersebut. Campaign akan lebih mudah berjalan dengan adanya brand evangelist.

Sebab mereka pasti akan mengikuti setiap campaign yang Anda lakukan. Hal ini pastinya akan menyebar ke masyarakat luas sehingga membuat lebih banyak orang yang aware terhadap campaign Anda.

Nilai Penting Seorang Brand Evangelist

Nilai Penting Seorang Brandevangelist
Nilai Penting Seorang Brand Evangelist/Unsplash

Sekarang Anda telah memahami brand evangelist serta contohnya di kehidupan nyata. Namun pertanyaannya adalah apakah keberadaan brand evangelist memang begitu besar nilainya bagi sebuah bisnis?

Penjelasan mengenai keuntungan di atas mungkin bisa sedikit menjawab pertanyaan tersebut. Namun selain itu, ada beberapa nilai penting lain dari seorang brand evangelist bagi sebuah bisnis seperti berikut.

  • Tolak Ukur Keberhasilan Branding

Banyak perusahaan yang kebingungan dalam menilai keberhasilan proses branding. Karena tidak seperti proses marketing, Anda tidak bisa begitu saja menilai keberhasilan proses branding melalui angka.

Oleh karena itu Anda bisa menjadikan brand evangelist sebagai tolak ukur keberhasilan. Perhatikan seberapa besar brand Anda direkomendasikan oleh para pelanggan tanpa perlu Anda minta untuk melakukannya.

  • Menjaga Identitas Brand

Jika Anda memahami brand evangelist, Anda dapat menyadari bahwa mereka muncul karena adanya ikatan antara brand dengan pelanggan. Tentunya ikatan tersebut didasari oleh suatu nilai tertentu.

Dengan begitu, brandevangelist dapat menjadi orang-orang yang menjaga identitas brand Anda. Karena mereka memahami betul nilai brand Anda dan dapat meluruskannya ketika ada pihak yang keliru dalam memahaminya.

  • Mempermudah Public Relationship

Tidak jarang sebuah brand akan ditimpa isu negatif. Entah itu karena ulah kompetitor, kesalahan pemahaman di masyarakat ataupun penyebab lainnya. Saat itulah Anda harus mampu melakukan public relationship yang baik.

Keberadaan brand evangelist akan mempermudah Anda meluruskan masalah pada benak publik. Karena mereka akan secara sukarela membela Anda. Sehingga masalah di publik dapat segera diselesaikan.

Tips Membangun BrandEvangelist

Anda telah memahami brand evangelist serta nilai pentingnya bagi sebuah bisnis. Namun hal tersulit bagi seorang pebisnis dari itu semua adalah cara membangun brand evangelist.

Untuk membantu Anda dalam membangun brand evangelist, kami telah menyiapkan tipsnya. Silahkan simak penjelasan berikut agar Anda bisa memiliki brand evangelist yang akan terus mendukung bisnis Anda.

  • Filosofi Brand

Seperti kami sebutkan sebelumnya, brand evangelist terlahir dari ikatan kuat antara pelanggan dengan brand yang dilandasi oleh nilai tertentu. Oleh karena itu Anda perlu memikirkan nilai ini dengan baik.

Nilai atau filosofi brand yang baik akan mempermudah Anda mendapatkan brand evangelist. Pilihlah nilai “baik” yang bersifat universal sebagai nilai dasar brandAnda namun dikemas dalam format unik.

  • Lakukan Komunikasi Personal

Sebuah hubungan yang kuat hanya bisa terjalin dengan adanya komunikasi. Oleh karena itu Anda juga perlu berkomunikasi dengan para pelanggan secara personal. Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Mulai dari membalas setiap komentar yang diberikan pada postingan di Instagram hingga melibatkan pelanggan pada kegiatan tertentu. Semakin personal proses komunikasi akan mempererat hubungan Anda dan pelanggan.

  • Buat Komunitas Online

Saat ini adalah era dunia digital. Oleh karena itu Anda juga perlu memanfaatkannya untuk mendapatkan brand evangelist. Seperti dengan membuat sebuah komunitas online dari pecinta brand Anda.

Keberadaan komunitas akan membuat pelanggan Anda merasa lebih dekat dengan brand. Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan hubungan yang terjalin di antara pelanggan dengan brand Anda.

Tips Mempertahankan Brand Evangelist

Tips Mempertahankan Brand Evangelist
Tips Mempertahankan Brand Evangelist/Unsplash

Memahami brand evangelist ternyata tidak cukup sampai pada tahap menciptakannya. Karena hal yang lebih penting lagi adalah bagaimana Anda mempertahankan mereka agar tetap mencintai brand Anda.

Hubungan Anda dengan pelanggan pada dasarnya hanya sebatas produsen dan pelanggan. Oleh karena itu jika tidak dirawat dengan baik, pelanggan Anda bisa berhenti menyukai produk Anda.

Namun Anda tidak perlu khawatir akan masalah tersebut karena kami memiliki tips untuk Anda. Silahkan simak tips berikut ini agar Anda dapat mempertahankan para brand evangelist.

  • Pertahankan Filosofi Brand

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mempertahankan filosofi brand Anda. Tentu saja bukan hanya dengan menjadikannya slogan semata. Namun filosofi tersebut harus tercermin di dalam setiap strategi.

Sebab filosofi yang hanya sebatas slogan akan cepat diabaikan oleh para pelanggan. Oleh karena itu Anda harus benar-benar menjalankan nilai-nilai yang menjadi filosofi dasar bisnis Anda.

  • Buat Event

Banyak orang yang memahami brand evangelist namun tidak mau melibatkan mereka di dalam strategi perusahaan. Akibatnya mereka merasa bahwa tidak ada ikatan kuat antara brand dengan dirinya.

Oleh karena itu Anda sesekali perlu membuat event yang melibatkan mereka. Lalu Anda bisa memberikan apresiasi sebagai bentuk timbal balik Anda terhadap dedikasi mereka untuk menjaga ikatan mereka dengan brand.

  • Jaga Kualitas Produk

Pada akhirnya cara untuk mempertahankan brand evangelist adalah menjaga kualitas produk Anda. Karena bagaimanapun juga, mereka akan menilai Anda dari kualitas produk yang mereka dapatkan.

Jika kualitas produk Anda menurun, maka mereka pasti akan merasa kecewa. Hal ini akan merusak ikatan yang telah terbangun antara diri mereka dengan brand Anda.

Baca juga, 15 Istilah dalam dunia startup

Mendapatkan seorang pelanggan loyal memang menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun lebih daripada itu, Anda harus menargetkan memiliki brand evangelist. Karena nilai seorang brand evangelist sangat penting.

Brand evangelist akan secara sukarela menyebarkan produk Anda agar digunakan oleh banyak orang. Sehingga dengan memahami brand evangelist serta cara membangunnya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar