8 Media Sosial Untuk Promosi Bisnis Anda

Photo of author
Written By Alfian Ihsan

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung dan belajar tentang pelanggan Anda sebagai bisnis kecil. Ini 8 media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis.

Menggunakan media sosial untuk bisnis dapat menjadi cara yang bagus untuk terlibat dengan pelanggan, melihat persaingan, dan mengembangkan brand awareness.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang ingin mempelajari berbagai jenis platform media sosial untuk promosi bisnis.

Jika bisnis kecil Anda tidak ada di media sosial, Anda bisa kehilangan nilai yang signifikan. termasuk pelanggan baru, wawasan tentang merek Anda, dan audiens serta peluang keterlibatan dengan pelanggan dan pesaing.

Plus, media sosial untuk promosi bisnis dapat menjadi cara yang sangat hemat biaya untuk menjangkau pelanggan Anda dengan cara yang dipersonalisasi.

Media sosial menyediakan kemampuan penargetan, serta jangkauan dan skala, dengan biaya lebih rendah daripada hampir semua saluran pemasaran lainnya.

Namun, jika Anda mempertimbangkan media sosial untuk promosi bisnis. Penting untuk mempertimbangkan platform mana yang tepat untuk bisnis Anda dan akan memberikan nilai paling tinggi.

Tidak semua platform media sosial cocok untuk promosi bisnis. Jadi Anda harus menginvestasikan waktu dan keterampilan Anda di platform yang kemungkinan besar akan Anda jangkau dan terlibat dengan audiens target Anda.

Setiap platform memiliki misi, tujuan, dan audiens yang unik. Misalnya, Instagram fokus pada tampilan visual.

Sedangkan Twitter memungkinkan Anda memasukkan beberapa kepribadian ke dalam posting Anda dan terlibat dengan pengikut.

Penting untuk dicatat bahwa 8 platform media sosial untuk promosi bisnis ini  hampir seluruhnya bisa diakses pada multi device.

Sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan dan terhubung dengan para netizen dengan perangkat apapun.

Untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang berbagai platform yang tersedia, berikut adalah deskripsi platform media sosial untuk promosi bisnis paling populer.

Facebook

Facebook  adalah jaringan media sosial yang sangat populer dengan audiens yang bervariasi, dengan lebih dari  2,9 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2022.

Dengan demikian, setiap bisnis harus memiliki halaman Facebook. Ketika digunakan dengan benar, halaman Facebook bisa sangat berharga untuk bisnis kecil.

Media Sosial Untuk Promosi Bisnis

Anda dapat menggunakan Facebook untuk membagikan semuanya, mulai dari foto hingga pembaruan penting perusahaan.

Dengan akun bisnis, Anda memiliki akses ke alat periklanan yang kuat dan analisis mendalam. Halaman bisnis juga memiliki banyak opsi penyesuaian.

Anda dapat menggunakan Facebook untuk menyorot informasi penting seperti informasi kontak Anda, jam operasional, serta produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Instagram

Instagram juga sangat populer, dengan sekitar  1,1 miliar pengguna aktif pada tahun 2022.

Dari Instagram Live hingga Instagram Stories, fitur lengkapnya menjadi salah satu pilihan bagus media sosial untuk promosi bisnis.

Instagram adalah platform visual yang sepenuhnya didasarkan pada postingan foto dan video, jadi ini yang terbaik untuk bisnis yang memiliki konten visual yang kuat untuk dibagikan.

Postingan di Instagram harus memiliki fokus yang baik terhadap detail dan setidaknya keterampilan fotografi dasar.

Anda harus memastikan foto dan video yang diposting ke akun promosi bisnis adalah yang berkualitas tinggi.

Twitter

Meskipun  Twitter  sangat bagus untuk pembaruan singkat, terlibat dengan pengikut, dan berbagi tautan ke entri blog , ini tidak cocok untuk setiap bisnis.

Di Twitter, Anda dapat berbagi tweet pendek (240 karakter atau kurang), video, gambar, tautan, jajak pendapat, dan lainnya.

Juga mudah untuk berinteraksi dengan audiens Anda di platform ini dengan menyebutkan pengguna di posting Anda bersama dengan menyukai dan me-retweet sebuah cuitan.

Banyak perusahaan menggunakan twitter bukan sebagai media sosial untuk promosi bisnis yang utama, namun sebagai platform untuk menangani layanan pelanggan.

Karena pelanggan yang juga aktif di platform akan mencari perusahaan untuk mengungkapkan keluhan atau berbagi pujian.

Media Sosial Untuk Promosi Bisnis

Jika Anda memiliki konten yang menarik dan dapat menyuarakan konten tersebut dengan cara yang menarik, Twitter adalah alat yang hebat untuk menyebarkan berita dengan cepat.

Tagar membantu meningkatkan kiriman, dan jika pengguna dengan banyak pengikut me-retweet Anda, konten Anda bisa menjadi viral. Tetapi dengan Twitter, penting untuk menemukan keseimbangan.

Jangan hanya membagikan tautan atau media Anda; pastikan Anda juga berbagi banyak konten menarik dan relevan dari pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: 7 Tips Jualan di Twitter Agar Laris Manis

Pinterest

Platform ini juga berorientasi visual yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menampilkan konten dengan “menyematkan” papan buletin digital, yang dapat diatur berdasarkan kategori.

Misalnya, pengguna pribadi mungkin memiliki papan makanan yang didedikasikan untuk menyematkan resep, papan lain yang didedikasikan untuk fotografi, dan sebagainya.

Setiap pin di Pinterest menyertakan gambar atau video, menjadikannya platform visual murni. Dengan demikian, Pinterest bukanlah tempat bagi Anda untuk berbagi informasi seperti jam kerja Anda.

Pinterest  sangat bagus sebagai media sosial untuk promosi bisnis, tetapi mungkin tidak untuk setiap perusahaan. Kategori populer di situs ini adalah proyek DIY, mode, olahraga, kecantikan, fotografi, dan makanan.

Itu tidak berarti bahwa bisnis di luar kategori ini tidak dapat berhasil di platform, tetapi hal itu membuat Pinterest menjadi alat pemasaran yang sangat baik untuk bisnis pada area tersebut.

Snapchat

Snapchat adalah jaringan media sosial untuk promosi bisnis khusus seluler lainnya yang dikenal karena kontennya yang menghilang secara instan.

Pengguna dapat mengirim video dan foto satu sama lain atau memposting konten ke Cerita publik mereka, yang hilang setelah 24 jam.

Aplikasi ini telah diperluas untuk mencakup obrolan, perpesanan, penyimpanan gambar, acara, dan konten media.

Sekarang, konten yang diposting di Snapchat dapat dengan mudah disimpan dan diunggah di tempat lain.

Karena postingan bersifat sementara, sebuah bisnis kecil kemungkinan besar akan memanfaatkan fitur Stories platform.

Tetapi perlu diingat bahwa hanya pengguna yang telah menjadi teman yang dapat melihat konten Stories Anda.

Youtube

YouTube adalah platform berbagi video tempat orang dapat melihat, mengunggah, menilai, berbagi, dan mengomentari konten. Sekarang situs ini menjadi pusat besar untuk berita dan hiburan.

Banyak bisnis di YouTube memiliki komponen kreatif, visual, atau pendidikan. Platform ini menuntut kreatifitas tinggi, jadi penting bagi Anda untuk memiliki editor video khusus yang memproduksi konten.

Seringkali, bisnis bermitra dengan YouTuber untuk penempatan produk karena pengguna ini sudah memiliki banyak penonton dengan engagement yang tinggi.

Menggunakan influencer YouTube bisa menjadi cara yang lebih mudah untuk memasarkan bisnis Anda pada platform.

Media Sosial Untuk Promosi Bisnis

Karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat konten dan membangun subscriber, yang bisa memakan waktu bertahun-tahun.

LinkedIn

LinkedIn memiliki  260 juta pengguna bulanan  dan merupakan platform terbaik untuk jaringan profesional.

Ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan talenta terbaik, memposisikan diri Anda sebagai pemimpin industri dan memaksimalkan media sosial untuk promosi bisnis.

LinkedIn dirancang untuk menjadi lebih profesional daripada platform media sosial lainnya dan diarahkan untuk bisnis dan profesional.

Pengguna membuat profil yang mirip dengan resume, dan perusahaan dapat membuat halaman yang memamerkan bisnis mereka.

Karena LinkedIn adalah platform profesional, ini adalah tempat terbaik untuk memposting lowongan pekerjaan dan informasi tentang budaya perusahaan Anda.

Anda dapat bergabung dengan Grup LinkedIn khusus industri untuk bertanya dan menjawab pertanyaan.

Ini dapat membantu Anda membangun pengenalan merek dan membawa pengguna ke halaman perusahaan dan situs web Anda.

Seperti pada Twitter, yang terbaik adalah memiliki campuran konten asli dan konten yang dibagikan di halaman Anda.

Jadi berkomitmenlah untuk membuat konten profesional yang terkait dengan bisnis Anda.

TikTok

TikTok kini merupakan platform hit yang relatif baru di mana pengguna membuat dan berbagi video pendek.

Kini menjadi salah satu pilihan media sosial untuk promosi bisnis, tetapi hanya jika digunakan dengan benar.

Karena TikTok paling populer di kalangan Generasi Z yang mudah beralih dengan cepat, mungkin sulit untuk menentukan ritme promosi yang tepat untuk menjadi sukses sebagai bisnis.

Jika Anda ingin membuat akun TikTok , pastikan Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang merek Anda dan bagaimana Anda menampilkannya.

Anda bisa melihat bagaimana bisnis lain menangani aktifitas promosi mereka sebelum Anda mencobanya sendiri.

Manfaat Menggunakan Media Sosial Untuk Promosi Bisnis

Ada beberapa keuntungan menggunakan media sosial untuk promosi bisnis, yang semakin meningkat seiring dengan semakin terjeratnya masyarakat pada media sosial.

Promosi
8 media sosial untuk promosi bisnis anda 6

Berikut delapan manfaat menggunakan media sosial untuk promosi bisnis Anda.

Kesadaran merek

Miliaran orang di seluruh dunia menggunakan media sosial setiap hari, dan masuk akal untuk menempatkan bisnis Anda diantara mereka.

Kira -kira Menurut Meta, 60% pengguna Instagram mengatakan mereka menemukan produk baru saat menggunakan platform, sebuah temuan yang sangat berharga untuk Anda.

Kepribadian Merek

Menjadi lebih penting dari sebelumnya bagi bisnis untuk memiliki karakter yang berbeda dan terlibat dengan pelanggan secara lebih manusiawi.

Media sosial menyediakan jalan mudah untuk menciptakan visualitas sebagai cara promosi bisnis.

Memungkinkan Anda mengembangkan identitas dan suara untuk menunjukkan nilai merek Anda dan terlibat komunikasi dengan pengikut.

Mempengaruhi Pikiran

Media sosial memberikan kesempatan bagi bisnis untuk mempengaruhi pikiran pengunjung akun media sosial untuk promosi bisnis Anda.

Ini bisa menjadikan diri mereka sebagai pemimpin industri melalui konten yang menarik dan relevan.

Anda dapat melakukannya dengan berbagi konten kreatif di Instagram, menulis posting blog yang bijaksana untuk LinkedIn, atau menunjukkan perspektif baru dalam tweet.

Peningkatan Lalu Lintas Pada Situs Web

Jika pengikut Anda menyukai konten media sosial untuk promosi bisnis Anda, mereka menjadi tertarik pada Anda.

Buat mereka mengunjungi situs web Anda untuk melakukan transaksi pada produk Anda. Yang berarti lalu lintas situs web yang lebih tinggi dan berpotensi lebih banyak penjualan untuk Anda.

Manajemen Reputasi

Reputasi adalah segalanya, dan media sosial memberi Anda kesempatan sempurna untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Anda bahkan dapat membuat tagar khusus yang dapat digunakan pengikut Anda jika mereka memiliki pertanyaan atau keluhan untuk memastikannya dilihat oleh orang yang tepat.

Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk promosi bisnis memberikan komentar pada ulasan atau komentar positif.

Analisis Dan Wawasan

Sebagian besar platform media sosial memiliki alat analitiknya sendiri, yang memungkinkan Anda memantau hal-hal seperti jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, dan rasio klik-tayang.

Angka-angka ini dapat membantu Anda mengetahui jenis konten apa yang paling ditanggapi oleh pengikut Anda dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda.

Analisis Pesaing

Media sosial tidak hanya bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda, tapi juga dapat menggunakannya untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda.

Ikuti pesaing Anda dan perhatikan apa yang tampaknya bekerja dengan baik untuk mereka dan apa yang tidak.

Kerjakan wawasan itu ke dalam strategi pemasaran media sosial Anda.

Iklan Yang Ditargetkan

Sangat mudah untuk membuat iklan pada media sosial untuk promosi bisnis, dan keuntungannya adalah Anda dapat menargetkannya agar sesuai dengan audiens Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa  pengguna merespons lebih baik saat iklan disesuaikan dengan mereka , dan ini sering kali meningkatkan keterlibatan pengguna media sosial.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan media sosial untuk promosi bisnis, ini menyesuaikan dengan produk apa yang ingin Anda promosikan.

Anda bisa menggunakan semua media sosial untuk memperluas jangkauan produk, lihat mana yang memberi hasil maksimal dalam menggaet pelanggan.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar