KUR Bank BJB 2023, Support UMKM Bunga Rendah Bebas Biaya Provisi

Berita431 Dilihat

KUR Bank BJB 2023 adalah program kredit usaha rakyat yang disediakan oleh Bank BJB. Program ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan permodalan dalam rangka pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain Bank BJB, hampir semua lembaga keuangan BUMN menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan tujuan untuk membantu perkembangan UMKM.

UMKM memiliki peran yang sangat signifikan bagi perekonomian Indonesia, terutama dalam membangun lapangan kerja serta mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan yang ada.

Hal tersebut mendorong pemerintah untuk terus mendukung program pemberdayaan ekonomi ini, salah satunya yaitu melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR Bank BJB memiliki keunggulan suku bunga yang ringan yaitu hanya sebesar 6% untuk seluruh produk dengan limit pinjaman hingga Rp. 500 Juta, dan juga bebas biaya provisi.

Baca Juga: KUR BRI 2023 Kapan Dibuka Sih? Cek Tanggalnya Jangan Sampai Ketinggalan

Bank BJB membagi dua plafond KUR, yaitu KUR Super Mikro sampai dengan Rp. 10 Juta, dan usaha mikro Rp. 10 Juta sampai dengan Rp. 50 Juta, serta usaha kecil Rp. 50 Juta sampai dengan Rp. 500 Juta. Ada juga KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan jumlah pinjaman paling banyak Rp. 25 Juta.

Agunan KUR Bank BJB 2023 meliputi tanah dan atau bangunan/tanah kosong, ruko/toko/los pasar/lapak, kendaraan (bermotor maksimal roda 6), mesin atau alat berat, persediaan, serta personal dan atau corporate guarantee. Agunan ini khusus untuk calon debitur dengan kerjasama pola mitra.

Syarat KUR Bank BJB 2023 bunga 6 persen

KUR bank BJB 2023
KUR bank BJB 2023

Untuk mengajukan KUR Bank BJB, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan. Dokumen identitas yang perlu disiapkan:

  • Fotokopi KTP (suami/istri) yang masih berlaku,
  • NPWP (wajib untuk plafond di atas Rp.50.000.000),
  • Fotokopi KK, akta nikah/surat cerai/surat kematian untuk perorangan,
  • Fotokopi KTP pengurus badan usaha,
  • Fotokopi KTP pemilik agunan beserta pasangan (jika agunan bukan atas nama badan usaha),
  • Seluruh ijin atau legalitas usaha yang dimiliki dan masih berlaku, AD/ART, bukti pendaftaran badan usaha dari pengadilan setempat, dan yang terakhir NPWP atas nama Badan Usaha.

Dokumen usaha yang perlu disiapkan adalah:

  1. Ssurat keterangan usaha (SKU) dari instansi terkait,
  2. dokumen pembayaran pajak usaha berikut SPT, dan juga laporan keuangan tahunan 2 tahun terakhir.
  3. Sedangkan dokumen agunan yang perlu disiapkan adalah dokumen kepemilikan agunan beserta kelengkapan/dokumen pendukungnya

Dalam program KUR Bank BJB, calon debitur juga harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh bank, seperti memiliki usaha yang beroperasi selama minimal 6 bulan, memiliki reputasi baik dalam dunia usaha, dan memenuhi ketentuan lain yang ditetapkan oleh Bank BJB.

Selain itu, KUR Bank BJB juga memberikan berbagai kemudahan dalam proses pengajuan, seperti waktu proses yang relatif cepat dan mudah serta tidak memerlukan agunan pada plafon KUR Super Mikro dan usaha mikro hingga Rp. 50 Juta.

Baca Juga: Ini Syarat Terbaru KUR BNI 2023, Kriteria Peminjam Beserta Simulasi Angsuran

Dengan adanya program KUR Bank BJB 2023, diharapkan para pelaku UMKM dapat memperoleh akses keuangan yang lebih mudah dan terjangkau untuk mengembangkan usaha mereka. Hal ini diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah yang berhasil berkembang dan bertahan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *