Ini Ketentuan Suku Bunga Terbaru KUR BRI 2023!

Berita, Bisnis619 Dilihat

Tahun ini ketentuan KUR BRI 2023 mengalami beberapa perubahan, termasuk soal suku bunganya.

Seperti yang sudah di informasikan sebelumnya, salah satu syarat wajib yang harus di penuhi calon debitur untuk bisa mengajukan KUR adalah memiliki usaha produktif yang sudah berjalan minimal selama 6 bulan.

Namun karena adanya perubahan mengenai suku bunga, syarat ini juga akhirnya mengalami penyesuaian. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir pun ikut memberikan usulan terkait bunga 0% untuk KUR Mikro. Berkenaan dengan adanya usulan ini, terjadi pro kontra dari berbagai pihak.

Baca juga : Ini Tabel Simulasi Angsuran KUR BRI 25 Juta Rupiah dengan Jangka Waktu 3 Tahun

Kita semua tentu berharap perubahannya menuju ke arah yang lebih seimbang, yakni mendukung UMKM namun di sisi lain tetap bisa membantu usaha perbankan penyalur KUR. Lalu bagaimanakah hasil ketentuan suku bunga terbaru KUR BRI saat ini?

Ingin tahu apa saja ketentuan suku bunga KUR BRI terbaru? Simak info selengkapnya!

Baca juga : Kuota KUR BRI 2023 dan Syarat Tabel Pinjaman Online, MUDAH BANGET AJUKAN Rp 25 Juta

Jenis KUR BRI 2023

Seperti yang kita tahu bahwa total alokasi KUR BRI 2023 meningkat menjadi Rp 270 triliun. Nah untuk tahap pertama penyaluran yakni di bulan Maret, BRI sudah menyalurkan KUR sebesar Rp 12 miliar.

Saat ini ada beberapa jenis KUR yang di tawarkan oleh Bank BRI kepada masyarakat. Mulai dari KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus dan juga KUR TKI.

Masing-masing jenis KUR memiliki fitur dan juga persyaratan yang berbeda.

Misalnya saja soal plafon. KUR Super Mikro memiliki plafon maksimal Rp 10 juta dan KUR TKI maksimal Rp 25 juta. Kedua KUR tersebut bisa di ajukan tanpa agunan.

Nah, untuk KUR Mikro sendiri bisa mendapatkan plafon maksimal sampai dengan Rp 50 juta. Sementara KUR Kecil plafon maksimalnya sampai dengan Rp 500 juta dan calon debitur harus menyertakan agunan.

Selain ketentuan di atas, ada beberapa peraturan baru terkait suku bunga KUR yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Hal ini tentunya mempengaruhi semua Bank dan lembaga penyalur KUR lainnya, termasuk Bank BRI.

Baca juga, Kuota KUR BRI 2023 Habis, Harus Bagaimana?

Ketentuan Suku Bunga KUR BRI Tahun Ini

Tahun 2022 lalu, untuk semua jenis KUR berada di 6% per tahun. Nah, untuk tahun ini suku bunga yang berlaku lebih bervariasi di banding tahun sebelumnya.

Jika Anda berminat mengajukan KUR BRI tahun ini, ada baiknya menyimak info terbaru berikut ini sampai selesai.

1. Suku Bunga KUR Super Mikro Jadi 3%

Pada tanggal 18 Maret kemarin, Kopordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengumumkan bahwa bunga KUR Super Mikro turun menjadi 3% saja.

Program KUR Super Mikro dengan bunga 3% ini berlaku bagi debitur baru, baik yang hendak atau sudah memiliki usaha produktif.

Syarat KUR untuk memiliki usaha produktif minimal selama 6 bulan juga tidak di berlakukan pada jenis KUR yang satu ini. Jadi bagi yang benar-benar baru terjun dalam bisnis UMKM pun bisa memiliki peluang mengajukan KUR.

2. Suku Bunga KUR Mikro dan KUR Kecil Bergradasi

Selain turunnya suku bunga KUR Super Mikro, suku bunga jenis KUR yang lain juga mengalami perubahan.

Pada hari kamis, 9 Maret 2023 lalu Direktur Bisnis Mikro, Supari mengumumkan bahwa suku bunga KUR Mikro dan KUR Kecil sifatnya bergradasi, mulai dari 6% sampai dengan 9% per tahun.

Jadi bagi debitur pertama KUR Mikro yang melakukan pinjaman di atas Rp 10 juta akan di kenakan bunga sebesar 6% per tahun.

Namun bagi debitur yang sudah pernah mendapatkan KUR sebelumnya misalnya pinjam KUR kedua kalinya. Maka akan di berlakukan suku bunga KUR 7%. Lalu 8% untuk pinjaman ketiga dan seterusnya sampai dengan 9% per tahun.

Baca juga, Bisa Cair Rp 1 Triliun Per Hari, Digitalisasi KUR dengan BRISPOT 2023

Penutup

Dengan adanya perubahan mengenai suku bunga KUR ini, pemerintah berharap jumlah debitur baru bisa meningkat dan dana KUR bisa di serap dengan maksimal, sesuai dengan target.

Bagaimana menurut Anda, apakah perubahan ketentuan KUR tahun ini cukup adil?

Nah itulah beberapa informasi terkait suku bunga KUR BRI 2023 yang terbaru. Apakah memungkinkan ada perubahan aturan yang lain? Kita tunggu saja berita terbarunya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *