5 Rekomendasi Investasi Untuk Pemula dan Trik Agar Berhasil

Diperbarui pada September 19th, 2022 at 10:30 pm

Berinvestasi saat ini menjadi salah satu kegiatan finansial yang banyak dilakukan masyarakat umum. Kenapa begitu? Karena terbukti bahwa investasi merupakan sebuah upaya perencanaan keuangan untuk masa depan yang sejahtera.

Tak hanya bagi mereka yang sudah profesional, investasi untuk pemula pun juga dapat memberikan profit yang memang menguntungkan.

Hanya saja jika dibandingkan, pilihan produk investasi untuk pemula tentu memiliki sedikit perbedaan dengan mereka yang sudah menjadi investor profesional atau berpengalaman.

Perbedaan yang paling terlihat adalah dari peluang risiko kerugian yang dibebankan dan akhirnya mempengaruhi cuan yang diperoleh.

Kalau sudah begini, apakah artinya para investor pemula tak akan bisa memperoleh keuntungan seperti mereka yang sudah profesional?

Tentu saja tidak! Ada sejumlah trik yang bisa Anda terapkan sehingga kegiatan investasi untuk pemula juga bisa menjadi sebuah pilihan perencanaan keuangan yang sangat tepat.

Supaya trik itu bisa berjalan lancar, berikut beberapa pilihan instrumen yang dapat dipertimbangkan:

1. Investasi Emas

Pilihan instrumen investasi untuk pemula yang pertama adalah investasi emas. Bahkan jauh sebelum milenial atau generasi Z memenang ‘mayoritas’ di planet Bumi, emas sudah menjadi sebuah pilihan berinvestasi yang primadona.

Berjuluk aset safe haven, emas memang punya kecenderungan harga yang terus meningkat secara jangka panjang.

Apalagi saat ini untuk membeli emas tak harus minimal satu kilogram, tapi bisa lewat keping-kepingan ringan.

Bahkan Pegadaian juga menyediakan opsi Tabungan Emas, di mana nasabah tinggal menyetorkan sejumlah uang yang secara otomatis akan dikonversikan oleh Pegadaian sesuai dengan harga emas realtime.

Baca juga, 8 Aplikasi Investasi Emas Online

Hal inilah yang akhirnya membuat posisi emas sebagai instrumen investasi tak akan pernah bisa digeser dan selalu jadi rekomendasi utama, lantaran peluang risiko merugi yang sangat kecil.

Trik Investasi Emas yang Tepat Untuk Pemula

Dibandingkan instrumen investasi lainnya, emas bisa dibilang yang paling mudah dilakukan. Anda tinggal membeli emas sesuai dengan budget entah langsung batangan berukuran besar, kepingan atau metode Tabungan Emas.

Hanya saja pastikan emas yang dibeli memang benar-benar asli dan keluaran Antam dan tentunya 24 karat.

Supaya makin terjamin, Anda bisa menyimpan emas fisik di brankas bank sehingga terlindungi keamanannya.

Kalau memang ingin investasi emas secara online, saat ini sudah banyak sekali platform yang menawarkan hingga e-commerce.

Pastikan platform ini sudah terdaftar resmi dan diizinkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pelajari juga kondisi perekonomian global karena akan berpengaruh pada naik-turunnya harga emas, sehingga Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual logam mulia ini.

2. Investasi Reksadana

Selain emas, investasi untuk pemula yang banyak dipilih adalah reksadana.

Alasan paling utama kenapa reksadana sangat banyak direkomendasikan kepada mereka yang baru pertama kali melakukan kegiatan investasi adalah bisa dimulai dengan modal sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp100 ribu.

Ada beberapa jenis reksadana. Tapi yang pasti, reksadana memiliki pihak pengelola yang sangat profesional yakni MI (Manajer Investasi).

Dengan MI, Anda tak perlu ribet mempelajari pergerakan pasar modal, karena MI yang akan memberikan rekomendasi waktu yang tepat untuk melakukan transaksi, serta produk reksadana.

Modal yang Anda setorkan pun akhirnya bisa dikelola secara bertanggung jawab, optimal dan efisien di tangan MI, sehingga Anda tinggal menanti cuan sesuai dengan jenis reksadana yang dipilih dan aturan dalam prospektus.

Trik Investasi Reksadana yang Tepat Untuk Pemula

Perkembangan industri keuangan yang makin modern membuat kita bisa berinvestasi reksadana di banyak pilihan entah institusi perbankan, pihak sekuritas atau platform lainnya.

Bahkan investasi ini bisa dilakukan secara online dengan verifikasi perantara internet, yang membuat prosesnya sangat menyesuaikan kegiatan anak muda sebagai mayoritas investor pemula.

Trik supaya investasi reksadana ini bisa maksimal adalah tentu dengan memilih tempat penyedia produk yang tepat, sehingga biaya transaksi yang Anda keluarkan bakal paling kompetitif.

Lakukan proses verifikasi akun investasi sebelum akhirnya menyetorkan dana untuk pembelian reksadana, yang dapat dimulai dengan nominal kecil terlebih dulu.

Asalkan MI yang Anda pilih memang profesional, maka reksadana yang dipilih bisa sesuai risiko.

Setelah Anda memiliki produk reksadana, tentu harus memperhatikan betul informasi UP (Unit Penyertaan) dan NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Ketika nilai NAB tengah anjlok, jangan memaksakan diri menjual aset yang dimiliki karena justru bakal merugi.

3. Investasi P2P Lending

Ilustrasi Investasi Untuk Pemula
© Joshua Mayo/UNSPLASH

Sering meminjamkan uang tapi kemudian tidak dikembalikan? Maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan menaruh ‘uang dingin’ di platform P2P Lending.

Lewat investasi jenis ini, Anda bisa memperoleh imbal hasil yang dibayarkan kreditur setiap bulannya. Tak main-main, bunga efektifnya bahkan bisa mencapai 18% per tahun, jauh lebih besar daripada deposito sekalipun.

Investasi jenis inipun bisa dimulai dengan modal terjangkau yakni mulai dari Rp500 ribu saja. Anda sebagai investor pun bisa memilih kapan waktu memperoleh imbal hasil dan banyaknya platform P2P Lending penyedia. Sehingga dengan begitu dapat memilih yang paling sesuai target.

Trik Investasi P2P Lending yang Tepat Untuk Pemula

Trik paling dasar supaya investasi di P2P Lending ini bisa menguntungkan adalah memilih penyedia platform yang memang profesional.

Baca :

Jika perlu, pastikan kalau platform itu sudah mengantongi izin dan terdaftar OJK, sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman memasukkan uang modal.

Pastikan juga platform itu menyediakan aplikasi secara online dan kemudahan dalam pemantauan, sehingga Anda bisa mengetahui pergerakan imbal hasil secara akurat.

4. Investasi Saham

Merasa saham hanyalah instrumen yang cocok untuk para investor berpengalaman? Maka salah besar. Saham justru bisa jadi pertimbangan pemula karena saat ini jauh lebih mudah dalam prosesnya.

Ada banyak sekuritas yang menawarkan aplikasi mobile, sehingga Anda bisa memantau pasar saham secara realtime.

Bahkan sekalipun untuk berinvestasi saham kita wajib membeli minimal 1 lot (100 lembar saham), ada banyak juga saham-saham emiten kelas menengah yang bisa dibeli secara terjangkau, tapi tetap memberikan dividen yang cukup memuaskan.

Ketika Anda sudah bisa mengatur capital gain yang diinginkan, Anda bisa beralih dari saham emiten kelas menengah ke saham-saham unggulan blue chip.

Trik Investasi Saham yang Tepat Untuk Pemula

Untuk bisa melakukan investasi saham, langkah awal adalah Anda bisa memasang aplikasi sekuritas di ponsel.

Setelah membuat akun dan melakukan verifikasi keaslian data dokumen, Anda bisa langsung membuka rekening efek atau RDN (Rekening Dana Nasabah).

Saat pengajuan RDN sudah disetujui, Anda tinggal menyetorkan modal alias deposit awal sesuai kebijakan perusahaan sekuritas.

Baca, 10 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia

Sama seperti reksadana, Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli sebuah saham.

Triknya adalah dengan mempelajari analisa fundamental, sehingga Anda akan tahu nilai saham sesungguhnya serta mempertimbangkan keuntungannya di masa depan.

5. Investasi Properti

Investasi untuk pemula yang terakhir bisa Anda pertimbangkan adalah properti. Sama seperti emas, properti memang jadi pilihan banyak masyarakat umum sejak dulu, karena fakta harga rumah serta tanah yang terus melambung seiring dengan tahun berjalan.

Hanya saja jika dibandingkan dengan instrumen yang lain, properti membutuhkan modal yang jauh lebih besar.

Tapi modal itu jelas sebanding karena dari investasi properti Anda bisa memperoleh passive income lewat menyewakan properti itu, serta tentunya capital gain secara jangka panjang.

Baca juga, 5 Panduan Menjadi Agen Properti Sukses

Asalkan properti yang dimiliki memang masih berkualitas, terawat dan ada di lokasi strategis, nilai jualnya jelas terus melambung.

Trik Investasi Properti yang Tepat Untuk Pemula

Untuk bisa memaksimalkan cuan dari investasi properti, kunci utamanya adalah Anda harus memiliki sertifikat kepemilikan yang sah.

Dengan sertifikat kepemilikan itu Anda bisa bebas menyewakan atau mengontrakan properti dalam kurun waktu tertentu.

Apalagi kalau properti itu juga dilengkapi aneka fasilitas kehidupan penunjang, nilainya jelas makin besar. Karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui kondisi dan kualitas properti sebelum memeli.

Bagaiman? Ada banyak sekali pilihan investasi untuk pemula, bukan? Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan kemampuan dan tujuan finansial. Dengan begitu sekalipun Anda adalah seorang investor pemula, akan tetap meraup cuan melimpah.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar