7 Alasan Mengapa Internet Of Things Mengubah Bisnis Global

Photo of author
Written By Alfian Ihsan

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Diperbarui pada Juli 19th, 2022 at 07:44 pm

Internet sudah semakin erat dengan kehidupan manusia dan ini 7 alasan mengapa internet of things akan mengubah cara bisnis global.

Perangkat yang terhubung ke Internet akan secara dramatis mengubah pengalaman karyawan dan aktivitas bisnis Anda.

Internet of Things atau akrab disingkat dengan IoT terdiri dari perangkat yang terhubung ke internet yang membantu orang dan perangkat berkomunikasi.

Sejak perkembangannya dimulai pada satu dekade lalu, IoT siap untuk terdiri lebih dari 22 miliar perangkat pada tahun 2025.

Selama dekade terakhir, dan terutama dalam beberapa tahun terakhir, IoT telah menjadi salah satu alat paling penting dari teknologi modern.

Internet of Things (IoT) mungkin terdengar seperti gelombang futuristik seperti sebuah lemari es yang berbicara dan mobil yang dapat hidup sendiri.

Tetapi sebenarnya itu lebih mudah daripada yang Anda bayangkan akibat terlalu banyak menonton film genre Science-Fiction.

Pada tingkat yang paling dasar, Internet of Things adalah perangkat yang terhubung ke internet yang berkomunikasi satu sama lain, mempengaruhi kehidupan kita di dalam dan di luar rumah.

IoT akan mengubah cara kita bekerja dengan menghemat waktu dan sumber daya serta membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi.

Apa Itu Internet Of Things?

Internet of Things adalah jaringan objek fisik yang disematkan dengan sensor dan teknologi lain yang memungkinkan mereka terhubung satu sama lain dan bertukar data.

Perangkat ini termasuk benda-benda rumah tangga sehari-hari serta alat-alat canggih yang digunakan dalam industri teknologi.

Selama dekade terakhir, dan terutama dalam beberapa tahun terakhir, IoT telah menjadi salah satu alat paling penting dari teknologi modern.

Internet Of Things

Perangkat yang terhubung dengan cara analitis berbiaya rendah memberi umat manusia teknologi yang lebih mudah diakses dan lebih banyak data untuk mengembangkan ruang teknologi dan kantor pintar daripada yang pernah dibayangkan sebelumnya.

Internet of Things memungkinkan komunikasi tanpa batas antara orang, proses, dan benda elektronik di sekitar kita.

Meski Internet of Things membuat hidup kita lebih mudah, namun perangkat IoT memiliki risiko keamanan yang harus diwaspadai dan dilindungi oleh bisnis dan juga pengguna personal.

Bagaimana Internet Of Things Mengubah Cara Kita Bekerja

Ketika teknologi IoT semakin tertanam dalam kehidupan kerja kita dan tumbuh lebih canggih, tempat kerja harus menyesuaikan.

Berikut adalah beberapa cara Internet of Things akan memengaruhi cara kita berbisnis dalam tahun-tahun yang akan datang.

1. Internet Of Things Akan Menghasilkan Lebih Banyak Data

Internet of Things akan menjadi mesin data. Ini berarti perusahaan harus memikirkan kembali bagaimana mereka mengumpulkan dan menganalisis informasi.

Pembuat keputusan harus belajar dan beradaptasi dengan bentuk baru kecerdasan data, dan jumlah serta jenis informasi yang dihasilkan.

Internet of Things akan menciptakan peran baru dan diperluas untuk analis data, ahli strategi, dan profesional layanan pelanggan.

Perusahaan akan memiliki akses ke banjir besar data yang akan dihasilkan oleh semua perangkat yang saling terhubung.

Tetapi data itu perlu dianalisis agar kita dapat lebih memahami tentang pelanggan, tren, dan juga kompetitor.

Perusahaan perlu mulai menggunakan data IoT sebagai bagian dari perencanaan mereka agar tetap kompetitif dan menawarkan layanan dan produk baru yang inovatif.

2. Internet Of Things Akan Mempermudah Pelacakan Lokasi

Internet of Things memiliki potensi untuk membuat kehidupan di tempat kerja dan proses bisnis jauh lebih produktif dan efisien.

Smartwatch | Blog Bisnis Dan Investasi

Salah satu cara signifikan IoT akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi adalah dengan membuat pelacakan lokasi dan layanan berbasis lokasi tanpa hambatan dan langsung.

Seperti yang saat ini dilakukan di berbagai pelayanan publik dan perusahaan swasta, peralatan dan perangkat yang terhubung ke internet semuanya akan ditandai secara geografis.

Ini akan menghemat waktu pekerja untuk mencari barang dan menghemat uang dengan mengurangi tingkat kerugian.

Perusahaan dapat melacak setiap aspek bisnis mereka, mulai dari mengelola inventaris dan memenuhi pesanan secepat mungkin hingga menemukan dan mengerahkan staf layanan lapangan.

Alat, pabrik dan kendaraan semuanya akan terhubung dan melaporkan lokasi mereka, Anda cukup memantaunya lewat tampilan layar komputer.

Menurut data perusahaan perangkat komputer Oracle , IoT diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar 22 miliar perangkat pada tahun 2025.

3. Internet Of Things Akan Membantu Kita Mendapatkan Tempat Lebih Cepat

Internet of Things adalah hal besar berikutnya dalam perjalanan harian Anda.

Interkonektivitas perangkat seluler, mobil, dan jalan yang Anda lalui akan membantu mengurangi waktu perjalanan.

Memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cepat atau menjalankan tugas dalam waktu singkat.

Hari ini, “mobil yang terhubung” hanyalah awal dari kemampuan Internet of Things.

AT&T, bersama dengan produsen otomotif seperti BMW, menambahkan konektivitas LTE ke mobil dan menciptakan layanan terhubung baru.

Seperti informasi lalu lintas waktu nyata dan diagnostik waktu nyata untuk kursi depan dan infotainment untuk mereka yang duduk di kursi belakang.

Kita nantikan kapan hal ini akan terealisasi di Indonesia, sebuah kolaborasi antara perusahaan internet seluler dengan produsen mobil.

Di masa depan, Internet of Things akan mengintegrasikan semuanya mulai dari jalan hingga lampu lalu lintas.

Bayangkan sebuah dunia di mana infrastruktur kota memasang sensor pinggir jalan, yang datanya dapat digunakan untuk menganalisis pola lalu lintas di sekitar kota.

Juga mampu menyesuaikan pengoperasian lampu lalu lintas untuk meminimalkan atau mungkin menghilangkan kemacetan lalu lintas.

Ini bisa menghemat beberapa menit, jika bukan berjam-jam, dari hari sibuk umat manusia.

Kelak ribuan karyawan tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan pulang-pergi ke kantor.

Inovasi Internet of Things akan mengurangi lalu lintas dan meminimalkan waktu perjalanan cenderung meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas karyawan.

4. IoT Akan Mendorong Manufaktur Yang Lebih Murah Dan Lebih Ramah Lingkungan

Berkat IoT, interkonektivitas perangkat akan memfasilitasi adopsi teknologi “jaringan pintar”, menggunakan meter, sensor, dan alat digital lainnya.

Salah satu fungsinya untuk mengontrol aliran energi sambil mengintegrasikan sumber daya alternatif, seperti matahari dan angin.

Internet of Things akan secara drastis menurunkan biaya dalam bisnis manufaktur dengan mengurangi pemborosan, konsumsi bahan bakar, dan membuang aset yang tidak layak secara ekonomi.

Wind | Blog Bisnis Dan Investasi
7 alasan mengapa internet of things mengubah bisnis global 6

IoT juga dapat meningkatkan efisiensi produksi dan transmisi energi dan selanjutnya dapat mengurangi emisi dengan memfasilitasi peralihan ke energi terbarukan.

5. Iot Akan Memungkinkan Manajemen Perangkat Seluler Jarak Jauh Sepenuhnya

Departemen TI mungkin memiliki akses jarak jauh ke komputer dan perangkat seluler, tetapi IoT juga akan memungkinkan kendali jarak jauh dari perangkat lain yang terhubung ke internet.

Internet of Things merupakan teknologi mutakhir yang telah memberi manusia kendali penuh atas smartphone dan tablet sekarang memungkinkan manajemen jarak jauh atas perangkat lain, termasuk kamera Android dan dekoder.

Dengan segera, teknologi manajemen perangkat seluler akan diperluas ke manajemen jarak jauh perangkat IoT, memperkenalkan perubahan untuk departemen TI dan karyawan yang terhubung dengan IoT.

Jelas bahwa raksasa telekomunikasi akan memainkan peran utama dalam domain IoT, dan mereka semua memperkenalkan solusi manajerial perusahaan.

6. Iot Akan Membantu Anda Menghemat Waktu Dan Memaksimalkan Hari Anda

Selain mengendalikan perangkat Internet of Things lainnya, ponsel cerdas Anda juga akan menjadi seperti remote control untuk hidup Anda.

Salah satu aspek IoT yang paling nyaman adalah Anda memiliki perangkat yang “mengenal” Anda dan memungkinkan Anda masuk dan keluar dari tempat dan melakukan transaksi lebih cepat menggunakan perangkat seluler.

iPhone atau Android akan semakin berinteraksi dengan berbagai macam sensor yang tidak pernah Anda lihat dan tidak Anda miliki, tetapi yang memberikan informasi berharga kepada ponsel cerdas Anda dan bertindak atas nama Anda melalui sebuah aplikasi.

Dengan sensor ini, bahkan untuk memesan kopi pagi di Starbucks tidak perlu menunggu dalam antrean.

Misalnya, sensor nirkabel dapat mendeteksi saat Anda masuk ke Starbucks dan memberi tahu barista tentang kemungkinan pesanan Anda berdasarkan riwayat pesanan Anda.

Anda kemudian dapat mengonfirmasi atau memilih pesanan lain, lalu membayarnya menggunakan telepon Anda.

Ada beberapa menit yang akan Anda hemat untuk sebuah antrian di Starbucks, dan mungkin ini akan menginspirasi Anda dalam membangun bisnis F&B atau jasa di masa depan.

7. Dengan Iot, Anda Mungkin Sebenarnya Harus Bekerja Lebih Keras

Internet of Things dapat membuat hidup pekerja lebih mudah pada banyak tingkatan dan ini juga berarti IoT juga memberi perubahan signifikan di setiap industri.

Setiap bisnis dan setiap industri akan terganggu selama 30 tahun ke depan.

Gejolak ini sudah dimulai sejak munculnya internet dan aneka rupa hal yang bisa dilakukan bersamanya.

Kemudian kumpulan data dan efisiensi skala besar akan mengubah sesuatu menjadi bit, bukan atom. Setiap bit data berisi informasi yang berharga untuk personal atau bisnis Anda.

Kita bisa melihat industri persewaan film sebagai contoh.

Netflix sedikit banyak menghancurkan bisnis sewa film dengan menggunakan internet untuk meningkatkan logistik pertukaran DVD dan menghapus biaya keterlambatan yang mengganggu.

| Blog Bisnis Dan Investasi

Kemudian mereka mengubah atom DVD menjadi bit dan mengirimkan film melalui broadband sekarang.

Anda mendapatkan lebih banyak film sesuai permintaan dan biaya lebih rendah. Dan seluruh industri bisnis persewaan DVD dan produsen pemutar DVD sudah saatnya dimasukkan ke dalam arsip sejarah.

Gangguan seperti itu akan terjadi di setiap industri, sehingga perusahaan dan karyawannya harus siap.

Kita sudah melihat bagaimana aplikasi Gojek, Tokopedia, Shopee, RedDoorz mengubah cara orang hidup dan mengkonsumsi kebutuhan hidup.

Internet Of Things Dan Peluang Karir

Setiap kali ada revolusi teknologi, pekerjaan lama diganti dengan pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan baru. Manfaat memperoleh keterampilan yang terkait dengan IoT tidak terbatas.

Baca juga: Simak 25 Motivasi Tentang Arti Menjadi Seorang Pengusaha

Semakin banyak Anda tahu tentang teknologi dan mampu bekerja di dalamnya, semakin siap Anda untuk meraih peluang karir IoT yang menguntungkan.

Begitu pula sektor bisnis yang tidak segera beradaptasi dengan Internet of Things, akan menjadi bisnis yang bersifat lokal saja. Anda hanya berdagang, bukan berbisnis.

Organisasi di setiap sektor mencari untuk mengisi posisi yang membutuhkan keterampilan IoT, terutama di bidang manufaktur dan keamanan siber

 Jutaan pekerjaan akan dibutuhkan untuk memberikan aplikasi dan layanan bisnis ke IoT. Ratusan ribu di antaranya adalah level pemula.

Singkatnya, ini adalah peluang besar untuk semua tingkat keterampilan dan keahlian.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan Internet of Things, pilihannya adalah melamar pekerjaan atau membuka bidang bisnis berkaitan dengan IoT.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar