Ini Dia Tiga Karakter Penting dalam Startup Digital yang Harus Ada

Photo of author
Written By Anggraini Munanda Effani

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Terdapat tiga karakter penting dalam Startup digital yang diperlukan agar dapat berkembang. Sehingga ketika Anda hendak membangun sebuah startup digital, pastikan terdapat tiga karakter tersebut di dalam tim.

Sebab sudah pasti startup yang hebat dibangun oleh tim yang hebat juga. Mengutip pernyataan Dace McClure dari 500 Startups, membangun sebuah startup digital memerlukan peran dari hipster, hustler dan hacker.

Oleh karena itu memahami tentang ketiga karakter ini sangatlah penting. Selain berguna untuk membuat tim di dalam membangun startup, memahami tentang setiap karakter ini juga berguna untuk menentukan peran Anda.

Tidak perlu khawatir jika Anda belum memahami pengertian dan tugas dari setiap karakter ini. Sebab melalui artikel ini, kami akan menjelaskan masing-masing karakter tersebut secara rinci dan detail.

Hustler, Karakter Penting dalam Startup di Bidang Pemasaran & Bisnis

Ini Dia Tiga Karakter Penting Dalam Startup Digital Yang Harus Ada
Ini Dia Tiga Karakter Penting dalam Startup Digital yang Harus Ada/Unsplash

Tentu Anda sudah memahami bahwa tujuan dari setiap pembangunan startup adalah mendapatkan keuntungan. Oleh karena harus terdapat seseorang yang memiliki visi dan bisa mengarahkan startup.

Tugas tersebut dipegang oleh seorang hustler. Oleh karena itu biasanya hustler biasanya adalah seorang pemimpin atau juga sering disebut sebagai seorang chief executive officer (CEO).

Ada begitu banyak peran dari seorang hustler di dalam sebuah startup. Berikut adalah beberapa peran penting seorang hustler sehingga menjadi sangat penting bagi sebuah startup.

  • Mencetuskan Ide Bisnis

Sebuah startup pada dasarnya adalah bisnis yang baru dan sedang berkembang. Oleh karena itu sudah pasti sebuah startup memerlukan ide sebagai fondasi awal dalam membangun bisnis.

Hustler adalah seorang pencetus dari ide bisnis yang dimiliki oleh sebuah startup. Hal-hal yang menyangkut solusi, value produk, visi perusahaan dan berbagai hal lain biasanya dicetuskan oleh seorang hustler.

Selain itu hustler menjadi karakter penting dalam startup karena biasanya ialah yang memprakarsai pembangunan startup. Tanpa seorang hustler, ide untuk membangun sebuah startup sulit terjadi.

  • Menjual Ide Ke Investor

Tidak bisa diungkiri bahwa setiap bisnis membutuhkan modal. Apalagi untuk membuat startup, modal yang dibutuhkan bisa sangatlah besar. Oleh karena itu kebanyakan startup pasti mencari investor.

Tugas untuk bisa menjual ide yang dimiliki kepada investor adalah milik dari seorang hustler. Sehinga keberhasilan startup dalam mendapatkan modal untuk mengawali bisnis berada di tangan hustler.

Seorang hustler harus mampu mengemas ide yang dimiliki agar menarik minat dari investor. Sebab sudah tentu investor tidak akan sembarangan dalam memilih bisnis untuk berinvestasi.

Baca yuk, Baru Buka Usaha? Ini Cara Cermat Atur Keuangan 

Seorang Hustler dari suatu startup harus menunjukkan bahwa ide bisnis memiliki potensi keuntungan besar di masa mendatang. Dengan begitu investor tidak akan keberatan untuk berinvestasi pada startup tersebut.

  • Membentuk Networking

Selain kedua fungsi di atas, hustler termasuk karakter penting dalam startup karena memiliki fungsi untuk membentuk networking. Sebab membangun bisnis di masa sekarang sangat membutuhkan networking atau relasi.

Dengan adanya relasi yang luas, sangat mudah bagi suatu bisnis untuk berkembang dengan menjalin kerja sama. Selain itu, relasi juga sangat penting dalam mendapatkan informasi dan berbagai hal penting lainnya.

Tentunya pekerjaan membangun relasi bukanlah hal yang mudah. Sebab perlu diakui bahwa tidak semua orang bisa dipercaya oleh orang yang baru dikenal hanya dalam waktu singkat.

Karena itulah tugas ini tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Biasanya orang-orang yang memiliki visi seperti hustler lah yang akan lebih mudah dalam mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

  • Melakukan Manajemen Perusahaan

Sebuah startup pasti terdiri dari beberapa orang. Tentu untuk mengatur seluruh orang di dalam startup dibutuhkan sebuah manajemen. Hustler merupakan karakter penting dalam startup yang mengatur manajemen tersebut.

Berbagai hal tentang manajemen di dalam perusahaan akan menjadi tugas hustler. Bahkan dalam startup dengan orang yang lebih sedikit, hustler juga akan terjun langsung dalam hal marketing.

Sehingga hustler juga perlu memikirkan bagaimana produk yang dibuat oleh startup dapat diterima pasar. Sehingga pada akhirnya startup tersebut dapat mendapatkan keuntungan dari produk tersebut.

Oleh karena itu memang seorang hustler harus bisa melakukan banyak hal. Karena ada banyak bidang yang harus dipikirkan dan dikelola oleh seorang hustler agar startup berjalan dengan baik.

Hipster, Karakter dalam Startup di Bidang Desain

Hipster, Karakter Dalam Startup Di Bidang Desain
Hipster, Karakter dalam Startup di Bidang Desain/Unsplash

Karakter penting dalam startup yang selanjutnya adalah seorang hipster. Berbeda dengan hustler, hipster akan bertanggung jawab terhadap hal desain, estetika dan juga pengalaman pengguna dari produk Anda.

Perlu diingat kembali bahwa startup digital cenderung memiliki produk berupa aplikasi. Oleh karena itu tampilan atau desain dari aplikasi tersebut harus dipikirkan dengan baik agar nyaman ketika digunakan.

Tentunya peran atau tugas seorang hipster bukan sebatas membuat menentukan warna atau tampilan aplikasi saja. Secara rinci, tugas dari seorang hipster di dalam startup adalah sebagai berikut.

  • Membuat Desain yang Unik

Pada dasarnya peran dari seorang hipster adalah berhubungan dengan desain. Bukan hanya untuk aplikasi yang menjadi produk dari sebuah startup, tapi hipster juga perlu memikirkan desain hal lainnya.

Contohnya seperti perihal logo, tampilan website, media sosial dan hal-hal lain dari sebuah startup. Karena itulah hipster merupakan karakter penting dalam startup yang harus ada.

Tentunya tampilan desain dari sebuah startup harus unik dan beda dari kompetitor. Sehingga startup yang Anda bangun dapat tampil lebih mencolok dibanding para kompetitor lainnya.

Hal ini sangat penting agar calon konsumen tidak keliru saat mengenali startup Anda. Selain itu, tampilan yang mirip dengan kompetitor akan membuat Anda terkesan meniru.

  • Memvisualisasikan Citra Startup dalam Desain

Selain membuat desain yang unik, seorang hipster juga harus mampu memvisualisasikan citra startup di dalam desain. Hal ini sangat penting untuk membangun citra di dalam benak calon pelanggan.

Dapat dikatakan bahwa tampilan di media sosial, website hingga aplikasi merupakan wajah startup. Sehingga citra startup Anda di dalam benak pengguna sangat bergantung pada tampilan desain.

Tampilan desain yang baik harus mampu merepresentasikan visi serta core value dari startup Anda. Sehingga ketika pengguna berinteraksi dengan startup Anda, merek dapat memahami nilai yang startup Anda bawa.

  • Menciptakan Pengalaman yang Memudahkan Pengguna

Salah satu alasan yang membuat seorang hipster merupakan karakter penting dalam startup adalah karena ia bertanggung jawab pada user experience. Hal ini sangat penting pada produk digital berbentuk aplikasi.

Sebab user experience yang buruk akan membuat pengguna tidak mau menggunakan aplikasi tersebut kembali. Terlebih jika produk aplikasi yang Anda tawarkan tidak memiliki banyak perbedaan dari produk kompetitor.

Oleh karena itu seorang hipster harus mengerti dan memiliki empati terhadap pengguna. Ia tidak boleh membuat desain hanya dengan tujuan untuk memuaskan perasaan dirinya seorang.

Sehingga biasanya seorang hipster perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu. Sehingga produk yang nantinya akan dihasilkan benar-benar dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna.

  • Update Perkembangan Trend Desain

Perlu dipahami bahwa trend desain selalu berubah setiap saat. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi banyak hal termasuk dalam dunia startup. Oleh karena itu perlu ada pihak yang memahami perkembangan ini.

Hal ini jugalah yang membuat seorang hipster menjadi karakter penting dalam startup. Sebab ia akan terus melakukan update perkembangan trend desain dan menerapkannya pada startup.

Dengan begitu, produk yang dimiliki oleh startup tidak akan ketinggalan zaman dan tetap disukai oleh para pengguna. Sehingga Anda bisa mempertahankan pengguna sebanyak mungkin dalam jangka waktu yang lama.

Hacker, Karakter yang Bertanggung Jawab pada Engineering & Software Developing

Hacker, Karakter Yang Bertanggung Jawab Pada Engineering &Amp; Software Developing
Hacker, Karakter yang Bertanggung Jawab pada Engineering & Software Developing/Unsplash

Karakter penting dalam startup yang selanjutnya adalah hacker. Hacker yang dimaksud dalam hal ini bukanlah seorang peretas data dari internet. Hacker adalah orang yang bertanggung jawab terhadap teknologi sebuah startup.

Sebab kebanyakan produk dari startup digital adalah sebuah aplikasi. Tentu aplikasi tersebut harus dibuat oleh seorang ahli agar tidak ada masalah ketika digunakan oleh pengguna.

Dalam membuat produk aplikasi juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Setidaknya, seorang hacker diperlukan di dalam sebuah startup digital untuk bisa melakukan beberapa hal berikut.

  • Mewujudkan Produk Sesuai Visi Startup

Pembuatan aplikasi atau produk yang dilakukan oleh seorang hacker tentu harus sejalan dengan visi startup. Karena itulah hacker menjadi salah satu karakter penting dalam startup.

Sebab tanpa hacker, visi yang dimiliki oleh seorang hustler tidak akan bisa dibentuk menjadi sebuah produk. Hal ini membuat hustler dan hacker perlu melakukan komunikasi secara agar saling memahami.

Sebagai contoh jika hustler memiliki visi untuk membantu petani menjual hasil tani secara lebih mudah. Maka hustler perlu menginformasikan hal ini pada hacker agar dapat menciptakan aplikasi yang mampu memenuhinya.

  • Memastikan Keamanan Data pada Aplikasi

Sebuah aplikasi digital dalam bentuk aplikasi kebanyakan memerlukan data pengguna di dalamnya. Tentunya data yang ada di dalam aplikasi tersebut harus terjamin aman dari pihak tidak bertanggung jawab.

Hal inilah yang membuat seorang hacker juga merupakan karakter penting dalam startup. Sebab ia yang bertanggung jawab untuk mengamankan seluruh data pengguna di dalam aplikasi.

Ia harus memikirkan cara agar data-data penting tersebut tidak mudah diakses oleh pihak luar. Sebab sudah tentu aplikasi yang mudah diretas hingga datanya mudah tercuri akan kehilangan kepercayaan pengguna.

Sehingga tidak akan ada lagi pengguna yang mau menggunakan aplikasi tersebut. Jika hal ini terjadi, tentu startup yang dibangun tidak akan mampu mencapai kesuksesan di masa mendatang.

  • Update Tentang Perkembangan Teknologi

Selain memiliki kemampuan dalam bidang teknologi seperti menguasai bahasa pemrograman dan pembuatan software, seorang hacker juga perlu memahami perkembangan teknologi. Sebab tentu Anda sudah memahami bahwa perkembangan teknologi begitu cepat.

Jika startup tidak mengikuti perkembangan tersebut, sudah tentu akan tertinggal oleh para kompetitor. Karena itulah hacker menjadi salah satu karakter penting dalam startup yang harus ada.

Selain memahami perkembangan teknologi, tentu hacker juga harus mampu menerapkan perkembangan tersebut pada produk yang dimiliki. Sehingga produk tidak terkesan ketinggalan zaman.

Sebagai contoh adalah penggunaan AI yang sudah sangat masif di masa sekarang. Hacker bertugas untuk menerapkan teknologi tersebut di dalam produk jika hal tersebut memang memungkinkan.

Tentunya masing-masing dari ketiga karakter di atas sangatlah penting untuk berada di dalam sebuah startup. Namun bukan berarti sebuah startup harus selalu terbentuk dari tim dengan tiga anggota.

Baca yuk, 10 Ide Bisnis Musim Hujan yang Berikan Untung Besar

Bisa saja seseorang memiliki lebih dari satu karakter di dalam pembangunan sebuah startup. Hanya saja, sangat sedikit orang yang benar-benar dapat menguasai dan menjadi ketiga karakter tersebut.

Karena itulah mencari partner yang tepat untuk bisa saling melengkapi dalam pembuatan startup sangatlah penting. Pastikan Anda bisa menemukan mitra yang memenuhi seluruh karakter penting dalam startup.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar