Ide Bisnis Kekinian Modal Rp 1 Juta, Apa Saja?

Apa saja ya ide bisnis dengan modal cuma Rp 1 juta? Tentu kita mengharapkan bisnis yang kita jalani bisa bersaing dan memiliki potensi keuntungan yang lebih pasti. Tapi, apa ada yang seperti itu di zaman sekarang?

Jika Anda sedang memikirkannya, lanjutkan membaca artikel ini sebab kali ini kita akan membahas beberapa ide bisnis modal kecil, walaupun hanya punya Rp 1 juta saja. Di era yang serba canggih ini, rasanya sudah tidak relevan lagi jika ada yang terhambat memulai bisnis karena tidak punya modal yang besar.

Pandemi memang menyisakan berbagai dampak bagi kehidupan banyak orang. Modal yang tersisa mungkin tidak seberapa. Tapi kini saatnya kita bangkit kembali dan hadapi apapun yang ada di depan mata. Modal Rp 1 juta dan teknologi yang serba ada sudah cukup kok jika kita mau berusaha.

Kuncinya, peka dengan kebutuhan masyarakat kekinian! Yuk coba perhatikan beberapa ide ini, kira-kira mana yang paling cocok untuk Anda?

1. Bisnis Kaos Pre-Order

Nah, ide bisnis modal Rp 1 jutaan yang pertama adalah dengan berjualan kaos pre-order. Kaos pre-order? Yang seperti apa tuh?

Bisnis di bidang fashion memang seperti tidak ada matinya. Apalagi sekarang gelombang fans kpop dan kdrama makin besar. Inilah celah yang bisa Anda manfaatkan. Meskipun cuma kaos, tapi peminatnya banyak sekali loh!

Anda bisa memanfaatkanpre-order kaos dengan berbagai motif khususnya yang berkaitan dengan kpop dan kdrama. Motif lainnya jika Anda melihat permintaan pasar yang besra juga bisa Anda tawarkan kok.

Sekarang sudah ada marketplace dan sosmed! Coba cek dengan kata kunci kaos pre-order, Anda pasti menemukan banyak sekali orang yang berminat membeli kaos ini.

Anda tidak perlu menyediakan modal besar untuk masuk dalam bisnis ini. Cukup Rp 1 juta saja dan carilah percetakan kaos yang sesuai dengan harga yang Anda tawarkan.

2. Jasa Cetak Foto Polaroid

Saat ini, design aesthetic banyak digemari orang-orang. Salah satunya dengan memasang foto polaroid sebagai hiasan ruangan, meja belajar/ meja kerja, ataupun hiasan untuk suatu acara.

Tapi tidak semua orang punya printer khusus polaroid. Nah inilah mengapa jasa cetak foto polaroid ini sangat dibutuhkan. Anda hanya butuh printer khusus polaroid, tinta dan juga kertas foto. Jika bisa mengembangkan kreativitas, bisnis ini bisa menjadi lahan yang mendatangkan keuntungan yang besar.

Jasa cetak foto polaroid termasuk bisnis yang modalnya kecil namun banyak peminat dan potensi keuntungan yang lumayan. Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik?

Baca juga, Ide Bisnis Digital Printing Kreatif yang Bisa Dicoba Tahun 2021

3. Bisnis Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan pasti selalu di butuhkan setiap ada yang melangsungkan pesta pernikahan. Saat ini, PPKM sudah cukup di longgarkan di beberapa wilayah sehingga para calon pengantin bisa melangsungkan pesta pernikahan secara normal (dengan mematuhi protokol kesehatan).

Momen ini bisa Anda manfaatkan dengan bisnis souvenir pernikahan. Bisnis ini cukup menarik untuk di pertimbangkan karena tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Carilah ide-ide souvenir pernikahan yang kreatif namun low budget. Misalnya saja gantungan kunci yang terbuat dari kain flanel, sendok garpu, masker kain, totebag kain goni, kopi, set rempah-rempah dll.

4. Jualan Hampers

Berjualan hammpers adalah salah satu ide bisnis modal kecil yang harus Anda pertimbangkan saat ini!

Menariknya, kini orang-orang semakin senang memberikan hampers untuk berbagai momen. Mungkin dulu kebiasaan ini sudah ada, tapi tidak begitu sekuat saat ini. Karena teknologi semakin canggih, jasa pengirimanpun semakin terjangkau.

Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk membeli hampers dibanding repot membuatnya sendiri. Selain karena kesibukan, bagi beberapa orang membuat hampers juga suatu kesulitan tersendiri. Jadi mereka lebih memilih menyerahkannya kepada orang lain atau dalam hal ini penjual hampers yang bisa di pesan secara online.

Anda bisa memilih segmen hampers berdasarkan acara atau keperluannya saja atau mengambil berbagai segmen sekaligus. Anda juga bisa memanfaatkan produk yang sudah Anda jual dan menambahkan paket hampers. Misalnya jika Anda memilih segmen hampers untuk acara wisuda atau ulang tahun, apa saja kira-kira yang tepat di berikan, aksesoris dan juga harga yang realistis bagi pembeli.

5. Membuat Toko Pre-Loved

Barang-barang pre-loved juga menarik bagi sebagian orang. Anda bisa membuka toko barang pre-loved jika memiliki barang-barang yang sudah tidak terpakai tapi masih berfungsi dengan baik dan terjaga kualitasnya.

Kalau Anda tertarik, coba mulai buka lemari dan kumpulkan pakaian Anda dan keluarga yang sudah tidak terpakai. Anda juga bisa menawarkan teman-teman terdekat untuk menitipkan barangnya di toko Anda dengan sistem keuntungan di setiap penjualan.

Jika barang sudah terkumpul, siapkan hanger dan juga tempat untuk display barang. Lalu foto satu persatu dan upload di instagram bisnis. Jangan lupa gunakan hashtag yang pas dan menarik supaya barang bisa cepat terjual.

6. Terima Pesanan Kue atau Dessert

Suka membuat kue atau dessert? Ini bisa menjadi ide bisnis yang menarik dengan modal Rp 1 jutaan saja!

Anda bisa mulai menerima pesanan kue atau dessert dari teman-teman. Tapi pertaman-tama, Anda harus membuat kue yang menjadi andalan sebagai dan biarkan teman-teman mencicipinya jika ada acara kumpul-kumpul.

Jika teman-teman dekat sudah memesan, minatalah testimoni mereka dan posting di medsos. Anda juga bisa meminta tolong kepada mereka untuk merekomendasikan kepada orang lain jika sedang butuh pesanan kue atau dessert di momen-momen tertentu.

Untuk memulai bisnis ini tidak perlu modal yang besar, tapi jika bisnis terus berkembang maka modal serta keuntungannya pun akan mengikuti bukan?

7. Bisnis Nasgor Rumahan Berbagai Varian

Ide bisnis menarik lainnya adalah jualan nasgor rumahan berbagai varian. Mengapa ini menjadi menarik?

Karena nasgor yang di jual abang-abang itu sudah biasa. Sedangkan nasgor rumahan itu masih jarang dan banyak orang terutama para perantau merindukan rasanya.

Nah, Anda bisa memulai bisnis ini di rumah saja. Tinggal pasang banner yang menarik dan mendaftarkannya di aplikasi pesan antar online. Tidak perlu modal besar untuk memulainnya, Anda hanya perlu meracik bumbu rempah nasgor khas rumahan dengan berbagai varian.

Jangan lupa untuk membuat foto masakan setiap varian untuk di upload di aplikasi. Supaya lebih cuan lagi, Anda juga bisa mempromosikannya lewat medsos.

8. Jual Camilan

Camilan adalah kebutuhan bagi setiap orang. Orang-orang pasti tidak bisa menolaknya. Saat santai, mengerjakan tugas, ataupun di perjalanan, biasanya cemilan perlu ada di sekitar kita.

Sekalipun tuan rumah tidak suka nyemil, pasti para tamu yang datang perlu di suguhkan makanan ringan bukan?

Inilah kenapa jualan cemilan juga bisa jadi ide bisnis yang tidak akan sepi pembeli. Anda bisa membungkusnya dengan berbagai ukuran dan harga. Misalnya ada yang Rp 5000 an atau Rp 10.000 an.

Selain mudah, bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Jika ada distributor cemilan di sekitar Anda, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Bagaimana, tertarik bisnis jualan cemilan?

Tips Bisnis Modal 1 Jutaan

Sumber gambar : unsplash.com/ Maxim Ilyahov

Baiklah, sudah tergambar mau berbisnis apa dengan modal Rp 1 juta? Coba pertimbangkan beberapa sebagai alternatif dan pilih salah satu yang realistis untuk dimulai. Nah, untuk melengkapi langkah Anda saya bagikan beberapa tips penting saat membuka bisnis kekinian modal Rp 1 juta. Yuk di simak!

Fokus dan Jangan Takut Memulai

Perasaan takut memulai itu wajar. Apalagi dengan modal kita yang terbatas, pastinya kita takut kehilangan modal awal yang menjadi tumpuan. Namun jika mencobanya maka selamanya jawaban untuk selangkah lebih maju dari hari ini adalah tidak. Tidak akan pernah maju.

Yang terpenting dalam memulai adalah melakukan persiapan yang prinsip. Misalnya riset produk, potensi pasar, harga, tempat jualan dan cara memasarkannya. Sudah itu dulu saja, kekurangannya bisa di perbaiki ketika bisnis sudah berjalan.

Manfaatkan Sosmed Untuk Promosi

Yuk mulai gunakan sosmed dengan semestinya! Sosmed yang memberikan lebih banyak manfaatnya di banding sebagai media untuk membanding-bandingkan hidup orang.

Jika sudah menetapkan produk apa yang ingin di jual, maka mulai manfaatkan sosmed untuk promosi. Mulai dari soft selling hingga hard selling. Belum tahu cara promosi yang baik di sosmed?

Tidak masalah, yang penting mulai dulu biarkan orang-orang tahu kalau Anda menjual sesuatu dan arahkan mereka pada kontak untuk pembelian.

Pelajari Algoritma Marketplace

Untuk Anda yang berjualan di marketplace, sebaiknya jangan hanya mengupload gambar dan deskripsi produk saja. Tapi pelajari juga algoritma marketplace yang Anda gunakan. Apa saja sih yang membuat sebuah toko bisa lebih mudah di jangkau oleh pelanggan?

Sebab, toko yang berjualan barang sejenis bisa jadi bukan hanya Anda. Ada banyak sekali kompetitor bahkan ada yang sudah punya ribuan pembeli. Tapi jangan berkecil hati, karena toko besarpun awalnya berasal dari toko kecil yang baru memulai. Jadi selain upload gambar dan deskripsi, perhatikan apa saja yang menjadi pembelian customer di marketplace ya!

Baca juga, Cara Riset Kata Kunci Shopee, Terlengkap!

Konsisten

Ini adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Jika sudah memutuskan untuk terjun dalam bisnis, maka kita harus konsisten agar bisa melihat hasilnya. Jangan sampai baru 1 atau 2 minggu memulai dan sepi, sudah ingin berhenti. Jangan pula membayangkan kalau sebuah bisnis yang baru di mulai akan langsung ramai pembeli.

Sosialiasi bisnis dan produk di dunia online itu perlu waktu. Bahkan orang yang berjualan langsung saja tidak selalu mendapatkan pembeli. Jadi bersabarlah, tetap konsisten dan berevaluasi, jika tidak ada 1 pun pembeli yang datang kira-kira apa yang perlu di perbaiki?

Penutup

Kebangkitan ekonomi tidak mungkin terwujud tanpa partisipasi masyarakat secara luas. Yuk sebarkan artikel ini jika Anda kepada orang-orang yang mungkin membutuhkannya untuk bangkit secara ekonomi.

Oh ya, ada satu ide lagi yang tertinggal dan sering juga di kenal sebagai ‘bisnis tanpa modal’, yakni dropship. Pasti Anda sudah pernah mendengarnya bukan?

Itu saja sharing ide bisnis kali ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk segera memulai langkah awal.

Tinggalkan komentar