Keuntungan dan Ide Bisnis Dropship yang Disukai Anak Muda

Diperbarui pada April 6th, 2022 at 06:07 am

Salah satu alasan utama kenapa anak-anak muda ingin berbisnis adalah memperoleh penghasilan lewat kerja keras diri sendiri. Hanya saja kadang semangat yang menggebu ini menjadi batal jika dihadapkan pada modal. Yap, tak semua anak muda memiliki modal cukup untuk memulai bisnis. Termasuk yang demikian? Maka sepertinya sejumlah ide bisnis dropship bisa menarik perhatian Anda.

Tunggu, ide bisnis dropship?

Yap!

Tapi, kenapa harus dropship?

Jawaban yang paling sederhana adalah lantaran bisnis ini bisa dijalani dengan modal yang sangat minim, bahkan cenderung tanpa modal uang sama sekali. Karena saat Anda menjadi seorang dropshipper alias pelaku bisnis dropship, Anda hanya tinggal menjual barang mirik orang lain kepada calon konsumen, tanpa perlu membeli produk tersebut terlebih dulu dari produsen seperti yang biasa dilakukan reseller.

Sehingga secara sederhana, konsep bisnis dropship ini adalah sebagai penghubung antara produsen atau bahkan distributor (pemasok) barang dengan pembeli. Nanti ketika pembeli sudah setuju dengan transaksi yang Anda tawarkan, Anda tinggal menghubungi produsen maupun distributor untuk proses pengiriman barang ke konsumen, atas nama si dropshipper.

Baca juga: Rusia Serbu Ukraina, Investor Khawatirkan Perang Dingin Kedua!

Keuntungan yang Ditawarkan Bisnis Dropship

Dalam rantai bisnis, baik dropshipper dan reseller dianggap sebagai ‘ujung tombak’ bagaimana produk bisa mencapai konsumen. Bahkan biasanya pemilik bisnis atau dalam hal ini adalah produsen, tidak perlu sudah-sudah mengeluarkan biaya untuk pemasaran jika dua model bisnis itu cukup berjalan di pasar. Tak heran kalau menjadi dropshipper atau reseller adalah profesi yang dapat dipertimbangkan anak muda.

Hanya saja jika harus dibandingkan, reseller jelas membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan saat Anda amenjadi dropshipper. Hanya saja reseller lebih unggul dalam hal omzet, kendati memang peluang ruginya juga seimbang.

Kenapa begitu?

Karena saat Anda menjadi reseller, maka artinya Anda harus membeli produk yang hendak dijual kembali itu dari produsen langsung. Anda pun harus membeli dalam jumlah besar, dengan potensi jika produk yang dibeli tidak tahan lama maka berpotensi rugi. Hal inilah yang akhirnya membuat anak-anak muda cukup menghindari menjadi reseller karena selain butuh modal besar, juga  keberanian menghadapi risiko.

Untuk itulah banyak orang menyarankan bisnis dropship jauh lebih cocok dengan anak-anak muda karena memiliki cukup banyak keunggulan. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Modal Hampir Nol

Anda sama sekali tidak membutuhkan modal untuk menyetok barang yang dijual. Kalau modal untuk koneksi internet sih masih butuh, ya. Dengan menjadi dropshipper, kamu akan melakukan pemasaran produk kepada konsumen potensial.

Nah, untuk pengiriman barang kepada konsumen nantinya akan diurus oleh pihak reseller atau distributor, Anda hanya perlu fokus pemasaran produk.

2. Produk Beraneka Macam

Dengan menjadi dropshipper, Anda juga bisa menjual berbagai macam barang dalam satu toko online. Anda juga bisa melakukan dropship pada beberapa reseller atau distributor untuk satu jenis barang. Seandainya barang yang Anda pasarkan ternyata stoknya kosong di reseller utama, maka bisa mengontak reseller lain yang memiliki barang yang sama. Menarik, kan?

3. Dapat Tentukan Harga

Yang lebih menyenangkan, Anda juga bisa menentukan harga produk sesuai dengan keinginan. Namun, yang harus diingat, konsumen biasanya akan memilih barang dengan harga termurah.

Memang sih, jika Anda menetapkan harga jual yang jauh dengan harga barang dari reseller, maka akan memperoleh margin keuntungan yang besar. Namun jika harga yang dotetapkan terlalu jauh dengan harga pasaran, bisa-bisa produk yang Anda promosikan tidak menarik minat konsumen.

4. Tak Butuh Outlet

Satu hal yang biasanya menjadi kendala bagi orang yang ingin berjualan adalah tidak memiliki toko. Harga sewa yang mahal, apalagi di lokasi yang strategis, membuat orang menimbang-nimbang untuk membuka toko sendiri.  Dengan cara dropship, Anda tidak perlu memusingkan tempat berjualan. Cukup dengan ponsel dan paket data, Anda bisa bekerja di mana saja, bahkan sambil rebahan!

Baca juga: Langkah Mempromosikan Bisnis Dengan Facebook Marketplace

Ide Bisnis Dropship Menjanjikan, Layak Dicoba!

Setelah melihat apa saja keunggulan yang ditawarkan, maka Anda bisa langsung memulai petualangan sebagai dropshipper. Dapat dilakukan di sela-sela jadwal kuliah maupun pekerjaan utama, berikut beberapa ide bisnis dropship yang bakal menguntungkan bagi kalangan muda:

1. Skincare

Pasar kosmetik dan skincare seperti tak ada habisnya. Banyak perempuan yang rela menginvestasikan uangnya untuk tampilan cantik dengan kosmetik dan skincare. Banyaknya produk keluaran baru dan tren kecantikan anyar, ikut membuat produk-produk macam ini tak pernah kehilangan peminat.

Jika Anda memang dekat dengan segmen pasar perempuan dewasa muda hingga dewasa, ada baiknya untuk memilih menjadikan ini bisnis dropship. Kemampuan Anda untuk mencari produk asli dan memprediksi tren kecantikan ke depan akan sangat berguna bagi bisnis

2. Camilan Viral

Anak-anak muda cenderung menyukai berbagai produk viral termasuk camilan. Untuk itulah Anda bisa menjadi dropshipper kudapan-kudapan populer di media sosial seperti seblak, bakso aci, mie biting, makaroni pedas, cheese cake ala Jepang, teoppoki dari Korea, kue pisang dari Thailand atau camilan populer lainnya. Asalkan tahu apa yang sedang tren di masyarakat, bisnis dropshipper camilan viral bisa menguntungkan.

3. Aksesoris Gawai

Accesories gadget merupakan ide bisnis dropship yang juga strategis. Karena kegunaannya spesifik dan materialnya bisa dipastikan, banyak orang memilih membeli accesories secara online daripada di toko.

4. Item Fashion

Pakaian, jam tangan, tas, dan accesories lainnya adalah ide bisnis lain yang strategis. Akan tetapi, saking luasnya, Anda perlu menargetkan calon pelanggan yang spesifik. JJika Anda masih muda, coba jual barang untuk “teman-teman” seusia Anda. Kalau Anda pekerja kantoran, coba jual produk yang sesuai dengan diri Anda. Cara pikir ini akan memudahkan Anda untuk memprediksi tren dan mengetahui psikologi calon pembeli.

5. Perlengkapan Rumah Tangga

Kelengkapan rumah tangga seperti piring cantik, dekorasi rumah, alat memasak juga tak luput dari potensi dropshipping. Karena biasanya produk seperti ini diproduksi masal, Anda perlu cermat mencari supplier yang menawarkan harga miring.

Karena biasanya orang tak terlalu mempedulikan merk, Anda bisa menjalankan bisnis dropshipping tanpa perlu mengeluarkan tenaga sangat besar untuk branding. Hal ini jauh berbeda dengan bisnis pakaian dan kecantikan.

Baca juga: 5 Usaha Fashion Bulan Puasa Pasti Ramai

Kesimpulan

Melihat ulasan di atas, pada dasarnya memang tak bisa dipungkiri kalau bisnis dropship memang sangatlah menguntungkan bagi anak-anak muda. Terutama mereka yang baru saja ingin belajar berbisnis, menjadi dropshipper akan memberikan banyak pengalaman jika akhirnya nanti ingin menjadi produsen. Anda akan tahu seperti apa tren dan kebutuhan pasar, sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas.

Dengan banyaknya ide bisnis dropship yang bnisa dipertimbangkan, terbukti kalau Anda pun bisa menawarkan beraneka pilihan produk. Dengan semakin banyak transaksi yang bisa Anda selesaikan, meskipun selisih keuntungannya cukup sedikit, tapi jika ditabung maka bakal menghasilkan cuan cukup melimpah. Apapun itu, tetap semangat ya menjadi dropshipper!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar