4 Fitur Terbaru Gmail 2022 Untuk Bisnis Anda

Anda bisa lebih mengoptimalkan aktifitas kerja kelompok atau bisnis dengan 4 fitur terbaru Gmail 2022 Untuk Bisnis Anda.

Gmail telah meluncurkan tampilan terintegrasi yang memungkinkan Anda beralih antara Gmail, Google Chat, Google Meet, dan Google Spaces.

Tampilan terintegrasi begitu Google menyebutnya. Fitur ini menawarkan akses mudah ke banyak Google Tools yang memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada masing-masing alat.

Gmail memungkinkan banyak integrasi untuk meningkatkan efisiensi tim start-up, remote working atau aktifitas bisnis antar kota.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis dan profesional yang ingin memahami apa yang berubah dengan fitur terbaru Gmail 2022 dan bagaimana mereka dapat meningkatkan alur kerja.

Google Workspace meluncurkan tampilan terintegrasi untuk Gmail, yang pertama kali diluncurkan pada Februari 2022 dan ditetapkan menjadi standar pada Juni 2022.

fitur terbaru Gmail 2022  ini memudahkan untuk beralih di antara aplikasi Google. Pengguna dapat ikut serta untuk menguji integrasi, tetapi pada bulan April, semua pengguna akan melihat pembaruan sebagai antarmuka default mereka.

Jika pengguna tidak menyukai perubahan tersebut, mereka dapat mengunjungi bagian setelan dan kembali ke fitur Gmail asli. Tetapi itu hanya bisa dilakukan hingga akhir kuartal kedua tahun 2022.

Integrasi Gmail, Google Chat, Google Meet, dan Google Spaces akan memastikan setiap alat perpesanan Google memiliki layarnya sendiri.

Bergantung pada bagaimana pengguna mengatur platform mereka dan preferensi email unik mereka. Pembaruan ini dapat membantu mereka merasa lebih terorganisir atau menyebabkan kebingungan.

Pada akhirnya ini akan menjadi satu-satunya opsi antarmuka dari Gmail, jadi penting untuk beradaptasi dengan perubahan fitur terbaru Gmail 2022.

Meskipun peluncuran ini berlaku untuk semua akun Gmail, pemilik bisnis harus memahami bagaimana hal itu akan memengaruhi aktifitas di masa mendatang.

Fitur Terbaru Gmail 2022
4 fitur terbaru gmail 2022 untuk bisnis anda 5

Gmail sudah memiliki beberapa fitur yang dapat membuat hari kerja pemilik usaha kecil lebih efisien, tetapi tidak semua orang menyadari fitur terbaru Gmail 2022.

Apa Yang Berubah?

Seperti disebutkan di atas, fitur terbaru Gmail 2022 menawarkan tampilan terintegrasi untuk setiap tools.

Tampilan terintegrasi ini akan menawarkan akses mudah ke alat, yang memungkinkan pengguna memiliki perspektif yang lebih fokus pada masing-masing alat.

Fitur terbaru Gmail 2022 akan mengirim peringatan melalui notifikasi pemberitahuan ketika setiap tools memiliki pesan baru.

Pelan tapi pasti, Google menyatakan bahwa pembaruan ini akan tersedia untuk fitur lainnya. Seperti Google Workspace Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, dan jenis akun lainnya.

Cara Mendapatkan Update Gmail Baru

Jika Anda tidak secara otomatis mendapatkan update Gmail baru, Anda dapat melakukannya secara manual dengan mengeklik ikon roda gigi setelan di kanan atas Gmail.

Kemudian, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik “Coba tampilan Gmail baru”, opsi pertama pada menu scroll.

Dari sini Anda akan diperkenalkan dengan Fitur terbaru Gmail 2022 yang pertama. Yaitu kemampuan untuk melihat lampiran tanpa membuka email sepenuhnya. Untuk mengakses fitur ini, pilih opsi spasi default.

Fitur Terbaru Gmail 2022

Versi baru Gmail lebih terorganisir dan mendukung fokus yang lebih baik bagi pengguna. Berikut adalah beberapa fitur baru Gmail yang bermanfaat:

Fitur Terbaru Gmail 2022

Tampilan Terintegrasi

Fitur terbaru Gmail 2022 memungkinkan Anda untuk melihat setiap aplikasi perpesanan Google (termasuk Gmail, Google Chat, Google Meet, dan Google Spaces) pada layar terpisah. Ini menawarkan akses mudah ke berbagai tools.

Menu Navigasi

Menu navigasi memudahkan untuk beralih diantara layar yang berbeda untuk melihat satu aplikasi perpesanan pada satu waktu.

Notifikasi Pemberitahuan

Fitur terbaru Gmail 2022  baru mengirimkan notifikasi pemberitahuan kapan pun Anda menerima pesan. Jadi Anda tidak akan pernah melewatkan peringatan dari salah satu alat perpesanan Google Anda.

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Alur Kerja?

Menu navigasi akan memungkinkan Anda beralih dengan mudah di antara layar yang berbeda, seperti kotak masuk, percakapan obrolan, dan rapat.

Dengan fitur terbaru Gmail 2022 berupa notifikasi yang mengingatkan Anda akan pesan atau email baru, Anda dan anggota tim Anda tidak akan pernah melewatkan percakapan atau rapat penting.

Tampilan terintegrasi ini akan memungkinkan alur kerja yang lebih terorganisir dan membantu Anda fokus pada satu tugas pada satu waktu. Daripada beralih di antara terlalu banyak aplikasi perpesanan dalam satu layar.

Integrasi baru ini bermanfaat bagi pemilik bisnis dan profesional yang ingin meningkatkan produktivitas mereka dan tidak terlalu terganggu oleh antarmuka yang sibuk.

Bagaimana Dengan Pengguna Antarmuka Lama?

Meskipun Anda dapat memilih untuk menggunakan antarmuka Gmail lama hingga kuartal kedua tahun 2022, antarmuka baru akan menjadi satu-satunya pilihan pada Juli 2022.

Setelah kuartal kedua, antarmuka baru akan tetap standar dan permintaan untuk perubahan pada antarmuka lama tidak akan dilayani.

Jika Anda mengalami masalah yang memengaruhi fungsi pekerjaan sehari-hari dengan antarmuka dan fitur terbaru Gmail 2022. Segera laporkan ke tim Google untuk mendapat respond an peluncuran pembaruan cepat.

Fitur Terbaru Gmail 2022 Untuk Kerja Yang Lebih Interaktif

Gmail saat ini menawarkan beberapa fitur bisnis interaktif yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Snoozing / Tunda

Jika Anda menerima email tidak pada waktunya atau sesuatu yang ingin Anda kirim pada kemudian hari, Anda dapat menunda pesan dengan menjalankan kursor di sisi kanan.

Ini dapat membantu Anda memprioritaskan apa yang penting saat menghapus kekacauan dari kotak masuk Anda.

2. Nudging / Menampilkan

Fitur baru pada Gmail ini secara otomatis memunculkan kembali email yang dianggap sensitif oleh waktu oleh Google.

Misalnya, jika seorang kolega mengajukan pertanyaan tentang suatu proyek, email itu akan muncul kembali sebelum batas waktu jika Anda belum menjawabnya. Google mengatakan fitur ini mencerminkan teknologi yang digunakan dalam “smart reply”.

3. Taskbar / Bilah Tugas

Pada sisi kanan layar, Google memiliki bilah yang dapat dilipat yang dapat Anda gunakan untuk melihat kalender, catatan Google Keep, dan tugas apa pun melalui program tugas Google.

Fitur ini mengubah Gmail menjadi alat terintegrasi tempat Anda dapat melihat jadwal, membuat catatan cepat, dan merencanakan tugas-tugas penting.

Anda juga dapat menambahkan aplikasi seperti Trello dan Asana ke jendela ini dengan tanda tambah kecil di bawah ikon Tugas.

4. Email Rahasia

Gmail mendukung email rahasia, yang berarti Anda dapat menetapkan tanggal kedaluwarsa pada email atau mencabutnya setelah jangka waktu tertentu.

Jika Anda mengirim email dengan dokumen penting atau informasi rahasia, Anda dapat mengaturnya agar penerima tidak dapat melihat atau membuka pesan setelah tanggal atau waktu tertentu.

Anda juga dapat memblokir penerusan, penyalinan, pengunduhan, dan pencetakan pesan tertentu. Satu fitur keamanan terakhir adalah otentikasi dua faktor untuk pesan.

Anda dapat meminta penerima untuk memverifikasi identitas mereka melalui otentikasi dua faktor untuk membuka pesan. Ini sangat ideal untuk pekerjaan dengan aktifitas menangani informasi yang sangat sensitif.

Add Ons | Folderbisnis.com

Ekstensi Terbaik Untuk Gmail

Terlepas dari fitur terbaru Gmail 2022, Google juga menawarkan banyak integrasi untuk meningkatkan efisiensi tim. Temukan beberapa pengaya dan pengaya terbaik untuk Gmail di bawah ini.

RingCentral Untuk Gmail

Dengan add-on ini, Anda dapat mengakses sistem telepon berbasis cloud dari dalam email Anda. Setelah Anda menginstal ekstensi, kontak RingCentral, pesan, dan riwayat panggilan ditampilkan di utas pesan Gmail.

Anda juga dapat melihat status online koneksi RingCentral Anda, mengirim pesan SMS, dan melakukan panggilan keluar

Trello Untuk Gmail

Ekstensi Trello untuk Gmail membantu Anda mengatur kotak masuk dan bekerja dengan produktivitas maksimum.

Anda dapat mengonversi email Anda menjadi item yang harus dilakukan, yang dapat Anda kirim langsung ke papan Trello dan daftar tindakan.

Baris subjek email secara otomatis ditambahkan sebagai deskripsi yang membuat tampilan menjadi mudah dan memastikan tidak ada yang hilang.

Slack Untuk Gmail

Alat komunikasi hebat lainnya yang dapat Anda tambahkan ke Gmail adalah Slack, aplikasi perpesanan dan alat produktivitas yang dapat digunakan bisnis untuk mengatur komunikasi karyawan.

Jika perusahaan Anda sudah menggunakan Slack atau sedang mencari cara untuk merampingkan pengiriman pesan, pertimbangkan aplikasi Slack untuk Gmail.

Ini memungkinkan Anda untuk beralih antar platform sesuai keinginan Anda dan membuat pengiriman lampiran dan mengatur obrolan lebih mudah dan dapat diakses.

Baca juga: Mau Sukses Jualan Online di TikTok? Ternyata Ini Lho Rahasianya

DocuSign Untuk Gmail

DocuSign adalah add-on yang bagus untuk bisnis yang memproses dokumen yang memerlukan tanda tangan, karena menambahkan anotasi pada dokumen dan membuat tanda tangan elektronik.

Ini dapat digunakan oleh pengacara, pemasar, agen real estat, konsultan, pekerja lepas atau profesional industri mana pun yang bisnisnya bergantung pada dokumen resmi yang ditandatangani dan direkam.

Add-on DocuSign untuk Gmail memastikan proses meminta dan menerima tanda tangan elektronik tetap sederhana dan tidak merepotkan.

Boomerang Untuk Gmail

Boomerang memungkinkan Anda menjadwalkan email, menundanya untuk nanti, menerima tanda terima baca yang sangat penting, dan membuat pengingat tindak lanjut untuk email yang tertunda.

Karena dapat mengumpulkan berbagai data tentang kotak masuk dan mereka yang menanggapi atau mengabaikan pesan, plugin ini merevolusi pengorganisasian kotak masuk.

FollowUp.cc

Dirancang khusus untuk Gmail, FollowUp.cc menawarkan versi abad ke-21 dari apa yang dulu dikenal sebagai file tickler. Yaitu folder file tempat Anda dapat meletakkan semua yang Anda rencanakan untuk kembali esok hari.

FollowUp.cc memungkinkan Anda menarik pesan lama, menambahkan catatan tentang kontak, dan menjadwalkan dorongan untuk tetap berhubungan dan membuat proyek tetap berjalan.

Evernote

Evernote tetap menjadi alat organisasi populer yang mencakup beberapa fitur kolaborasi.

Mengingat berapa banyak informasi yang datang melalui email, cara sekali klik untuk menyimpan sesuatu di Evernote dapat bermanfaat untuk pembuatan daftar, komunikasi, dan manajemen proyek.

Evernote membuat plug-in untuk Outlook, serta satu untuk Chrome yang melakukan fungsi yang sama.

Setelah Anda menyimpan pesan, Anda dapat menambahkannya ke buku catatan, menandainya, dan memasukkan beberapa catatan untuk Anda sendiri.

Kesimpulan

Fitur terbaru Gmail 2022 semakin mempermudah aktifitas bisnis maupun professional yang bekerja dengan mitra di berbagai kota.

Anda semakin mudah untuk fokus pada tampilan layar dengan beragam tools yang memungkinkan bekerja multitasking.

Kami sarankan untuk segera mengupdate Gmail untuk mendapatkan fitur terbaru Gmail 2022 dan bekerja dengan lebih nyaman.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar