Fitur Tarik Tunai DANA, LinkAja, OY!, dan D-Bank, Bagusan Mana Sih?

Tarik tunai tanpa kartu ATM, emang bisa? Pakai aplikasi DANA, LinkAja, OY! atau D-Bank (Danamon), pasti bisa!

Jika dulu kita masih mengandalkan kartu ATM utuk mengambil uang tunai, maka di era digital seperti saat ini tarik tunai atau cashout tidak lagi memerlukan kartu ATM.

tentu saja hal ini membuat kita lebih praktis dan cepat dalam bertransaksi cashout, apalagi jika kita sedang buru-buru karena kebutuhan uang cash yang mendesak. Sudah pasti aplikasi seperti DANA, LinkAja, OY!, dan D-Bank bisa jadi penyelamat kita.

Sebenarnya fitur cashout tanpa kartu seperti ini sudah di ciptakan oleh Bank besar seperti BCA. Nah sekarang, beberapa Bank lainnya juga sudah punya fitur tersebut, bahkan hanya dengan e-wallet saja sudah bisa tarik tunai tanpa kartu.

Masing-masing platform yang punya fitur tarik tunai punya kelebihannya masing-masing daya tarik untuk calon penggunanya. Dalam aplikasi seperti DANA, LinkAja, OY! dan D-Bank (Danamon) menjadi beberapa aplikasi yang cukup menarik banyak peminat.

Baca juga : Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA, BNI, BRI

Untuk Anda yang hendak memilih mau pakai aplikasi DANA, LinkAja, OY! atau D-Bank untuk menikmati fitur tarik tunainya, artikel kali ini cocok sekali untuk Anda. Karena kali ini kita akan mengulas bagaimana masing-masing fitur tarik tunai mereka dengan jelas dan detail. Langsung saja kita bahas satu persatu!

Fitur Cashout DANA

Fitur Cashout Dana

Sekilas Tentang Aplikasi DANA

Aplikasi DANA memang punya banyak kelebihan. Untuk ukuran e-wallet, DANA memang punya daya tarik tersendiri dan sulit di tolak karena hingga saat ini masih mempertahankan fitur gratis transfer dan bahkan gratis Cashout (tarik tunai).

Kita akan di berikan jatah sebanyak 10 kali perbulannya untuk fitur-fitur free admin fee ini. Pastikan Anda sudah upgrade ke DANA premium karena member DANA biasa tidak bisa menggunakan fitur ini.

Dimana kita bisa melakukan tarik tunai saldo DANA?

Saat ini, DANA sudah bekerjasama dengan agen-agen yang mempunyai jaringan luas seperti Alfamart, Alfamidi, DAN-DAN,LAWSON dan juga Pegadaian.

Anda pastinya bisa menemukan agen-agen tersebut di berbagai sudut daerah. Memang inilah yang menjadi kelebihan lainnya dari fitur cashout milik DANA. Selain gratis, tempat penarikannya saldo DANA juga mudah di temukan.

Jika Anda ingin melakukan tarik tunai saldo DANA di tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk membawa kartu identitas seperti KTP. Karena biasanya kasir/ admin perlu memverikasi data saat proses tarik tunai sedang dilakukan.

Biaya Admin Cashout DANA

Apakah tidak ada batasan untuk menggunakan fitur tarik tunai saldo DANA secara gratis?

Seperti yang sudah di sebutkan, biaya admin untuk tarik tunai saldo DANA baik Alfamart, Alfamidi, DAN-DAN, Lawson dan juga Pegadaian adalah Rp. 0 (gratis).

Tapi jika jatah 10 kali cashout Anda sudah terpakai dan Anda hendak menarik saldo DANA Anda lagi, maka Anda akan di kenai biaya admin sebesar Rp. 4500/ transaksi.

Walaupun dikenakan fee, biaya ini tentu lebih murah di bandingkan jika kita tarik tunai di rekening bank biasa bukan? APalagi kita juga bisa berhemat 10x admin fee setiap bulannya.

Minimal dan Maksimal Cashout Lewat Aplikasi DANA

DANA membatasi nominal cashout yang dilakukan. Anda bisa mengambil uang tunai dari saldo DANA mulai dari Rp. 50.000/ transaksi.

Namun jika Anda butuh lebih dari itu Anda juga bisa mengambil hingga Rp. 1.000.000/ transaksi. Dengan asumsi untuk penarikan pertama kalinya, Anda hanya bisa sampai Rp. 250.000 saja. Kelebihan lainnya dari fiturcashout DANA ini adalah nominal cashoutnya bisa Anda atur sendiri, jadi tidak harus kelipatan tertentu.

Cara Cashout Saldo DANA

Untuk melakukan tarik tunai saldo DANA, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut!

  • Masuk ke akun DANA Anda, tekan simbol titik 4 (See All”) dan Pilih Menu “Cashout”
  • Pilih Metode “Alfamart Alfamart, DAN-DAN, Lawson” atau “Pegadaian”
  • Informasikan Tujuan Penarikan Saldo DANA Anda ke Kasir/Admin
  • Sampaikan Nomor Telepon Anda yang Terdaftar di Aplikasi DANA
  • Klik Tombol “Show Token” dan Perlihatkan Kode Token ke Kasir/Admin
  • Informasikan Jumlah Penarikan Saldo dan KTP
  • Transaksi Tarik Tunai Saldo DANA Anda Segera di Proses

Fitur Tarik Saldo LinkAja

Fitur Tarik Tunai Linkaja

Mengenal LinkAja

Sebagian dari kita mungkin sudah tahu bahwa aplikasi LinkAja merupakan e-wallet yang di bbuat dari hasil patungan BUMN. Untuk bisa menikmati layanan tarik saldo dari LinkAja, Anda harus melengkapi data seperti foto KTP dan selfie agar bisa upgrade ke akun full service.

Dimana kita bisa melakukan tarik saldo LinkAja?

Karena milik BUMN, jadi saat ini Anda bisa melakukan tarik tunai saldo LinkAja di seluruh ATM milik Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara). Ya, inilah kehebatan fitur tarik tunai via LinkAja. Walaupun lewat ATM, tapi kita tidak perlu memasukan kartu ATM untuk tarik tunai! Ini kelebihan tarik tunai dari LinkAja yang lainnya.

Dengan jaringan ATM Himbara yang sangat luas, tentu kita sudah tidak perlu pusing-pusing mencari mesin ATM. Karena mesin ATM BNI, BRI dan juga Mandiri sudah ada dimana-mana.

Nah, sayangnya untuk ATM BTN, untuk tarik tunai via LinkAja saat ini baru bisa di lakukan di ATM BTN kantor pusat saja. Tapi jangan khawatir, karena ATM HImbara yang pasti ada di sekitar Anda kan?

Biaya Admin Tarik Saldo LinkAja

LinkAja menerapkan biaya admin untuk layanan tarik tunainya. Setiap bertransaksi tarik tunai, Anda akan di kenai admin fee sebesar Rp. 5000.

Bagaimana menurut Anda, apakah biaya admin Rp. 5000 worth it untuk mendapatkan jaringan ATM yang sangat luas dan fasilitas tarik tunai tanpa kartu yang praktis?

Minimal dan Maksimal Jumlah Tarik Saldo LinkAja

Aplikasi LinkAja memiliki beberapa pilihan nominal pengambilan uang tunai dari saldo LinkAja. Yaitu mulai dari Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 500.000, Rp. 1.000.000 dan yang paling besar Rp. 1.200.000.

Baca juga : Cara Tarik Tunai Saldo DANA di Alfamart dan Pegadaian

Cara Tarik Saldo LinkAja

  • Datangi ATM Himbara terdekat (BRI, BNI, Mandiri atau BTN di kantor pusat)
  • Log in ke aplikasi LinkAja dan klik menu “Semua”
  • Klik menu “Tarik Tunai” lalu klik “Tarik Tunai di ATM”
  • Pilih salah satu nominal penarikan yang tersedia di aplikasi
  • Konfirmasi penarikan saldo LinkAja tapi jangan dulu menekan tombol “Buat Kode Penarikan”
  • Masuk ke gerai ATM Himbara, pilih bahasa dan tekan tombol “ACCEPT” yang berwarna hijau
  • Tekan menu “Tarik Tunai LinkAja” lalu masukan nomor hp pada mesin ATM
  • Tekan tombol “Buat Kode Penarikan” yang ada di aplikasi dan ketikan ke mesin ATM lalu tekan “BENAR”
  • Tunggu beberapa saat, uang Anda akan segera keluar dari mesin ATM

Fitur Tarik Tunai OY! Indonesia

Fitur Tarik Tunai Oy! Indonesia

Sekilas Tentang OY!

OY! Indonesia adalah aplikasi yang berfungsi sebagai perantara untuk mentransfer uang/saldo antar bank gratis. Tapi apakah fitur tarik tunainya juga gratis?

Tunggu dulu, sebelum membahas apakah ada biaya admin atau tidak, kita cari tahu dulu dimana kita bisa melakukan tarik tunai menggunakan aplikasi OY! Indonesia!

Nah, ternyata OY! Indonesia sudah menyediakan metode tarik tunai melalui :

  • ATM OY! Indonesia
  • Gerai Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia

Ya, Anda tidak salah informasi. Kini OY! sudah punya mesin ATM sendiri yang lokasinya bisa Anda lihat di aplikasi. Selain itu Anda juga bisa tarik tunai di Alfamart ataupun Alfamidi yang tentunya mudah di jangkau karena jumlahnya yang banyak di Indonesia. Jadi Anda akan mudah melakukan transaksi transfer tunai via aplikasi OY! Indonesia.

Biaya Admin Tarik Tunai OY!

Sayangnya tarik tunai via OY! tidak gratis, alias ada biaya adminnya. Jika Anda ingin melakukan tarik tunai lewat OY! Indonesia, maka Anda akan di kenakan biaya admin transfer sebesar Rp 5000/ transaksi.

Minimal dan Maksimal Jumlah Tarik Tunai OY!

Nominal penarikan tunai lewat aplikasi OY! ini terbilang cukup menarik. Anda bisa tarik tunai nylai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 2.500.000 dengan kelipatan Rp. 50.000. Jumlah maksimal tarik tunainya lebih besar dari beberapa platform yang sudah di bahas sebelumnya.

Cara Tarik Tunai Saldo OY!

  • Log in ke akun OY! Indonesia
  • Pilih menu “Tarik & Setor Tunai”, lalu pilih “Tarik Tunai”
  • Masukan jumlah uang akan di tarik
  • Pilih metode transfer, dan pilih “Transfer Manual”
  • Transfer ke nomor rekening OY! Indonesia dengan memasukan kode unik
  • Tekan tombol “Konfirmasi transfer” jika sudah melakukan transfer
  • Masuk ke halaman Detail transfer lalu klik “Aktifkan Token”
  • Tunjukan kode token kepada kasir Alfamart/Alfamidi
  • Anda bisa mengambil uang tunai lewat kasir dan mendapatkan bukti transaksi lalu transaksi selesai.

Fitur D-Cash Dari D-Bank (Danamon)

Fitur Tarik Tunai Dana, Linkaja, Oy!, Dan D-Bank

Mengenal Aplikasi D-Bank

Aplikasi D-Bank merupakan fasilitas digital banking milik Bank Danamon. Anda bisa langsung membuka rekening D-Bank secara online tanpa harus repot mengantri secara offline di kantor bank Danamon.

Selain fitur multiple sub-account yang membuat kita bisa melakukan pengatuar uang sesuai pos-pos keuangan kita, D-Bank juga punya fitur tarik tunai tanpa kartu yang bernama D-Cash.

Pertanyaan selanjutnya masih sama, dimana kita bisa melakukan tarik saldo D-Bank?

Karena D-Bank adalah bank digital milik Bank Danamon pastinya Anda bisa melakukan penarikan tunai tanpa kartu baru lewat seluruh ATM Bank Danamon yang tersebar di Indonesia.

Biaya Admin Tarik Tunai D-Cash dari D-Bank

Penarikan tunai D-Bank menggunakan ATM milik Bank sendiri (Bank Danamon) dan sejauh ini tidak ada biaya admin untuk tarik tunai D-Bank di ATM Danamon. Jadi Anda mungkin bisa lebih leluasa melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu nantinya.

Minimal dan Maksimal Jumlah Tarik Tunai D-Bank

Transaksi tarik tunai tanpa kartu D-Bank yang bisa Anda lakukan mulai dari Rp100.000 sampai dengan Rp5.000.000. Sejauh ini jumlah maksima penarikan tunai D-Bank adalah yang terbesar di banding 3 platform yang telah di bahas di atas.

Baca juga : Cara Tarik Tunai Saldo LinkAja di ATM BRI, BNI, dan Bank Himbara

Mungkin ini karena D-Bank adalah aplikasi berbasis rekening bank, jadi Anda bisa tarik tunai tanpa kartu dengan nominal yang jauh lebih besar.

Cara Tarik Tunai Lewat D-Bank

  • Log in ke akun D-Bank Anda lalu pilih menu “Tarik tunai” dan ketuk “D-CASH”
  • Selanjutnya masukan nomor hp pihak yang akan menarik dana
  • Tentukan nominal penarikan yang di kehendaki
  • Masukan passcode D-Bank Anda
  • Anda akan masuk ke halaman konfirmasi, lalu masukan kode m-PIN Danamon Anda dan klik “Konfirmasi”
  • Masuk ke gerai ATM Danamon terdekat dan pilih menu “Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu”
  • Masukan nomor hp, dan juga passcode
  • Lalu ketikan nominal penarikan tunai sesuai yang telah Anda tentukan di Aplikasi
  • Anda akan menerima kode OTP lewat SMS dan uang Anda bisa segera di ambil di mesin ATM Danamon

Penutup

Sekian dulu penjelasan mengenai fitur tarik tunai dari DANA, LinkAja, OY!, dan juga D-Bank. Jika Anda mencari fitur tarik tunai yang cenderung punya fasilitas free biaya admin maka bisa memilih DANA atau D-Bank. Tapi jika Anda butuh tarik tunai secepatnya dan di jamin kemudahannya karena jaringan yang super luas maka bisa memilih LinkAja. Lain lagi jika Anda ingin lebih praktis, tidak mau membuat rekening bank tapi tetap punya jaringan tarik tunai tanpa kartu yang cukup luas baik lewat ATM atau Alfamart maka bisa memilih OY! Indonesia.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar