5 Exchange Bitcoin Indonesia Terbaik dengan Izin Bappebti

Bicara soal instrumen investasi, yang paling dikenal adalah emas, properti, deposito atau yang lebih modern seperti saham dan obligasi. Namun tahukah Anda kalau instrumen-instrumen itu dianggap jadul? Yap, kini ada aset yang tengah naik daun dan jadi populer yakni bitcoin. Kondisi ini membuat makin banyaknya tempat exchange bitcoin Indonesia terbaik bermunculan.

Sebelum berkenalan dengan beberapa tempat exchange bitcoin Indonesia terbaik, memang apa sih bitcoin itu?

Dilansir BBC, bitcoin adalah cryptocurrency alias mata uang virtual/mata uang digital/mata uang kripto. Sebagai cryptocurrency, bitcoin jelas tak memiliki bentuk tunai alias fisik selayaknya Rupiah. Lantaran merupakan mata uang digital, bitcoin hanya bisa digunakan dalam transaksi produk barang atau jasa secara virtual.

Bitcoin sendiri dikenalkan pertama kali oleh Satoshi Nakamoto di internet pada tahun 2009. Dalam perjalanannya, nilai bitcoin sudah berubah dengan sangat drastis. Namun hingga saat ini, tak ada yang tahu siapakah pemilik identitas asli Nakamoto. Di Indonesia, bitcoin sah atau legal untuk dimiliki tetapi berubah jadi ilegal jika menjadi alat pembayaran.

Baca juga: Apa Itu Sekuritas? 10 Tips Memilih Sekuritas Saham Bagi Pemula

Memahami Cara Kerja Investasi Bitcoin

Dengan makin populernya investasi bitcoin di Tanah Air, makin banyak orang tertarik. Hanya saja tidak semua orang cukup paham dengan cara kerja bitcoin yang jelas berbeda dengan mata uang pada umumnya. Anda harus tahu bahwa sebagai mata uang kripto, ’kepingan-kepingan’ bitcoin ini merupakan file komputer yang tersimpan dalam aplikasi e-wallet di gawai.

Saat terjadi pembayaran, pemilik bitcoin mengirimkan ’kepingan’ itu kepada penjual lewat e-wallet (dompet digital) yang tercatat dalam daftar publik bernama blockchain. Lewat blockchain inilah, riwayat bitcoin bisa dilacak sehingga tak mungkin transaksi dibatalkan atau disalin. Lantas bagaimana supaya dapat memperoleh bitcoin? Ada tiga langkah yang dapat dilakukan:

  1. Membeli bitcoin dengan uang tunai misalkan Rupiah. Contohnya hingga Selasa (2/3) malam harga bitcoin menembus Rp682 juta per ’keping’, maka uang sejumlah itulah yang yang harus Anda sediakan
  2. Menjadi pedagang yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran seperti yang dilakukan PayPal dan Tesla Inc.
  3. ’Menambang’ bitcoin dengan komputer spesifikasi super tinggi, koneksi internet cepat dan daya listrik sangat besar, karena bitcoin dilindungi sandi kriptografi rumit. Komputer (node) harus mampu menembus kode matematika kompleks pada jaringan blockchain lewat software khusus

Setiap empat tahun sekali, terjadi fenomena Bitcoin Halving yang membuat pasokannya terus menurun dan memicu scarcity. Bahkan reward yang diterima para miner (penambang bitcoin) pun terus menurun. Sampai pertengahan 2020 lalu, sudah ada 18 juta ’keping’ bitcoin (BTC) yang beredar dari stok 21 juta ’keping’ sejak tahun 2009, seperti dilansir CNBC Indonesia.

Inilah Tempat Exchange Bitcoin Indonesia Terbaik

Alih-alih berbentuk rekening bank, bitcoin ini disimpan dalam komputer berformat file e-wallet. Karena peminatnya makin banyak, kini sudah banyak pihak ketiga yang menyediakan e-wallet. Bappebti sebagai lembaga yang mengatur perdagangan berjangka komoditi pun kini sudah memperbolehkan adanya perdagangan aset kripto seperti bitcoin.

Sehingga hal ini memicu kemunculan berbagai platform exchange bitcoin Indonesia terbaik yang membuat siapapun bisa melakukan aksi jual-beli uang kripto. Tentu saja pilihan tempat exchange legal dari Bappebti ini membuat calon investor makin tenang.

Wah, apakah platform exchange bitcoin ini sama seperti broker saham sebagai perantara investor di pasar modal? Tentu tidak! Karena Anda sebagai investor dapat melakukan jual-beli dan transfer dengan investor lain, hingga menyimpan aset kripto. Tertarik mencoba? Yuk kenalan dengan lima platform exchange bitcoin Indonesia terbaik saat ini!

Baca juga: Pilih Saham Atau Reksadana Saham? Pertimbangkan 7 Hal Ini!

1. Rekeningku

Platform exchange Bitcoin Indonesia terbaik yang pertama adalah Rekeningku. Tersedia dalam versi aplikasi mobile yang dapat diunduh di PlayStore dan website, Rekeningku dimiliki oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia. Platform ini terdaftar resmi di Bappebti lewat Pengumuman 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020.

Untuk menjadi anggota Rekeningku, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan menyertakan nama lengkap, email, password dan KTP/SIM/Paspor untuk difoto. Serta selfie memegang kertas bertulis VERIFIKASI DI REKENINGKU yang diserta tanda tangan. Inilah hal-hal penting soal Rekeningku:

  • Minimal setoran cuma Rp50 ribu yang bisa dilakukan lewat transfer bank (gratis) dan melalui rekening virtual account (Mandiri dan Permata) serta e-wallet (DANA, LinkAja, OVO)
  • Terdapat 44 koin aset kripto yang diperjual belikan Rekeningku
  • Rekeningku menawarkan fitur analisa chart, stop loss, fitur cut-loss dan short-selling
  • Biaya layanan transaksi saat taker untuk penjualan dan pembeliat aset kripto adalah 0.1% dalam bentuk Rupiah
  • Ada biaya penarikan saldo bitcoin sebesar 0.75% x jumlah penarikan (minimal Rp15 ribu)
  • Biaya layanan transaksi deposit lewat virtual account sebesar Rp1.000 flat dan 1.65% dari jumlah deposit

2. Indodax

Inilah platform jual beli (marketplace) aset kripto pertama di Tanah Air yang membuatnya ada di posisi teratas platform exchange bitcoin Indonesia terbaik. Dimiliki oleh PT. Indodax Nasional Indonesia, platform ini terdaftar di Bappebti dengan Nomor 331/BAPPEBTI.4.PENG/02/202. Hingga saat ini ada hampir dua juta anggota resmi Indodax.

Bisa diakses lewat website dan aplikasi mobile, untuk bergabung sebagai calon investor bitcoin di Indodax sangatlah mudah. Anda haruslah WNI dengan usia minimal 18 tahun, mengisi nama, email, username, password, nomor HP dan verifikasi lewat foto dan selfie memegang KTP. Berikut beberapa hal penting seputar Indodax yang wajib Anda pertimbangkan:

  • Setoran minimal Rp500 ribu yang bisa dilakukan lewat transfer bank, e-wallet OVO/Gopay/ShoppePay hingga pembayaran di minimarket
  • Ada 110 token aset kripto yang diperjual belikan di Indodax bukan cuma bitcoin dan Ethereum (ETH)
  • Biaya layanan transaksi pembelian dan penjualan aset kripto adalah 0.3% (saat taker) dalam bentuk Rupiah
  • Biaya penarikan deposito bitcoin ke rekening Rupiah minimal Rp25 ribu atau 0.5% dari jumlah penarikan
  • Adanya fitur analisa chart, stop loss dan cut-loss supaya investor bisa mengelola profil risiko. Namun tak ada fitur short-selling ketika pasar tengah anjlok

Baca juga: Tips Untung Investasi Perhiasan Emas Untuk Perempuan Milenial

3. Luno

Berasal dari Inggris dan masuk ke Tanah Air sejak 2014, Luno yang dimiliki oleh PT Luno Indonesia Ltd ini dipilih sebagai salah satu exchange Bitcoin Indonesia terbaik. Sebagai exchange legal, Luno terdaftar resmi di Bappebti lewat Pengumuman 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 31 Maret 2020. Penasaran ingin bergabung? Berikut hal-hal penting dari Luno:

  • Setoran minimal di Luno sebesar Rp50 ribu yang bisa Anda lakukan lewat transfer rekeningbank atau transfer ke virtual account BNI
  • Dalam proses pendaftaran, calon investor diminta melakukan konfirmasi nomor ponsel dan data pribadi. Kemudian Anda juga harus mengirim foto/scan kartu identitas resmi dan foto selfie (maksimal 24 jam), mengisi alamat tinggal, informasi pekerjaan dan sumber dana
  • Terdapat lima koin aset kripto di Luno
  • Beberapa fitur trading yang ditawarkan Luno seperti analisa chart agar bisa memprediksi harga secara teknikal yang terdiri dari orderbook dan histori transaksi. Lalu ada juga fitur stop loss dan cut-loss supaya investor dapat mengelola risiko atas fluktuasi harga yang bergejolak tajam
  • Biaya layanan transaksi penjualan dan pembelian aset kripto sebesar 0.08% – 0.1% (berbentuk Rupiah) tergantung jumlah transaksi
  • Ada biaya penarikan saldo bitcoin sebesar Rp6.500 flat dan biaya deposit sebesar Rp4.000 flat

4. TokoCrypto

Dimiliki oleh PT. Crypto Indonesia Berkat, TokoCrypto sudah terdaftar resmi di Bappebti sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai PENGUMUMAN 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019. Salah satu platform exchange bitcoin Indonesia terbaik ini berdiri pada Juni 2017 dan memperoleh investasi dari salah satu exchange kripto terbesar di dunia, Binance, pada Mei 2020.

Bisa diakses lewat website dan aplikasi mobile yang tersedia gratis di PlayStore, berikut beberapa hal penting soal TokoCrypto:

  • Minimal deposito Rp50 ribu yang bisa dilakukan lewat transfer bank atau OVO tanpa biaya tambahan
  • Ada 34 koin aset kripto yang diperdagangkan TokoCrypto
  • Biaya layanan transaksi jual/beli dalam bentuk Rupiah sebesar 0.01% (taker) serta biaya penarikan saldo bitcoin adalah Rp5.500 flat
  • TokoCrypto menyediakan fitur analisa chart, stop loss, cut-loss, short-selling dan OCO (One Cancels the Others) agar bisa menempatkan dua pesanan di waktu yang sama yakni pesanan limit dan stop-limit agar bisa meminimalkan kerugian dan memaksimalkan profit

Baca juga: Sukuk Wakaf, Instrumen Investasi Sosial Dari Pemerintah Indonesia

5. Pintu

Platform exchange bitcoin Indonesia terbaik yang terakhir adalah Pintu, milik PT Pintu Kemana Saja. Mengantongi Pengumuman 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020, menjadikan Pintu sebagai exchange penjualan, pembelian, pengiriman dan penyimpanan uang kripto di ponsel. Inilah sejumlah hal menarik soal Pintu yang dapat dipertimbangkan:

  • Minimal setoran deposit adalah Rp50 ribu yang bisa dilakukan lewat transfer bank ke VA (Virtual Account) BNI, Mandiri atau BRI. Atau melalui e-wallet (kecuali LinkAja) dan PPOB seperti Indomaret
  • Terdapat 10 koin aset kripto yang dapat diperjual belikan
  • Pintu tidak menyediakan fitur trading seperti analisa chart, stop loss dan short-selling
  • Gratis biaya layanan transaksi baik penjualan dan pembelian
  • Gratis biaya deposit
  • Ada biaya penarikan sebesar Rp4.500 flat

Kesimpulan

Bagaimana? Ternyata sangat menarik kan mempelajari bitcoin dan menimbangnya sebagai aset investasi? Detik melaporkan bahwa uang kripto ini sempat bernilai Rp45 ribu per ’keping’ pada tahun 2012. Lalu dalam waktu delapan tahun saja, harganya sudah menembus Rp680 juta yang membuat bitcoin mengalahkan return aset investasi lain.

Tentu dengan bergabung di platform exchange bitcoin Indonesia terbaik, Anda bisa berinvestasi uang kripto secara lebih nyaman. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai melakukan perdagangan bitcoin secara cerdas!

Tinggalkan komentar