Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya!

Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya. Kamu bisa simak ulasannya agar terhindar dari Denda KUR BRI di tahun 2023 ini.

Bisnis, Investasi3393 Dilihat

Telat bayar angsuran bisa kena denda KUR BRI 2023? Tentu saja, yuk teruskan membaca artikel! KUR BRI 2023 adalah salah satu program yang paling banyak diserbu masyarakat. Hal ini sebenarnya bisa di wajari. Simak Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya.

Baca Juga : KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan, Bisa 50 juta Ini Syaratnya

Selain dikenal dengan pinjaman modal usaha yang mudah dan murah, total dana KUR yang di salurkan melalui Bank BRI tahun ini jumlahnya tidak main-main yakni sebesar Rp 270 triliun!

Plafon pinjaman yang bisa di ajukan pun beragam, mulai di bawah Rp 10 juta hingga maksimal Rp 500 juta. Hal ini tentu bisa menjadi kesempatan baik bagi para pelaku UMKM yang hendak mengembangkan usahanya dan juga calon TKI.

Baca Juga : Cara Bayar KUR BRI 2023 Pakai Brimo, ATM Maupun BRILink

Namun jangan salah kaprah. Pinjaman tetaplah pinjaman, artinya plafon kredit KUR BRI 2023 yang berhasil Anda cairkan wajib di bayarkan cicilannya.

Karena kalau tidak atau suatu saat kelupaan atau telat membayar, maka Anda harus bersiap membayar dendanya.

Baca Juga : Panduan KUR BRI 2023, Cara, Syarat, Bunga, Cicilan dan Proses Simulasi Pencairan Terbaru

Nah, sebagai langkah antisipasi, sebaiknya nasabah juga memahami ketentuan biaya keterlambatan atau denda KUR BRI 2023. Yuk simak artikelnya sampai selesai!

Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya Beserta Resiko Telat Membayar Angsuran KUR BRI

Sebenarnya ada beberapa resiko yang kemungkinan harus di hadapi nasabah peserta KUR BRI 2023 jika seandainya menunggak dalam angsuran, apalagi jika sampai berbulan-bulan. Salah satu yang terburuk adalah nama nasabah akan di blacklist.

Jika hal ini terjadi maka nasabah tidak akan bisa melakukan pinjaman KUR maupun produk kredit lainnya di seluruh Bank yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Update KUR BRI 2023 dalam Tabel Angsuran Rp50 Juta dan Cicilan Rp 1,1 Juta

Mengapa?

Sebab semua Bank di Indonesia memiliki akses BI Checking untuk memeriksa riwayat calon krediturnya di seluruh dunia.

Ketika nasabah memiliki catatan kredit macet sebelumnya maka bisa dipastikan Bank lain juga akan berpikir ulang untuk memberikan pinjaman.

Baca Juga : PASTI Untung! Pinjaman KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan, Pinjaman Bunga Ringan Langsung Cair

Oleh karenanya, jika Anda sudah atau akan mengajukan KUR BRI selalu prioritas pemasukan untuk membayar angsurannya secara rutin. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari blacklist sebagi kreditur bermasalah.

Baca juga, 10 Tips Cara Cepat Bebas Hutang Agar Hidup Tenang

Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya

Berdasarkan ketentuan, denda keterlambatan angsuran KUR BRI 2023 di patok sebesar 2% per hari dari total angsuran. Selain itu ada juga biaya keterlambatan yang harus di bayarkan sebesar Rp 20.000.

Wah, bisa di bayangkan berapa total yang harus di bayar jika tunggakan lebih dari 30 hari!

Baca Juga : Cara Mengajukan KUR BRI 2023 : Jenis, Syarat dan Tabel

Namun perlu di garis bawahi, bahwa tidak semua cabang BRI memberlakukan hal yang sama.

Pada umumnya, Bank BRI lebih mengutamakan metode musyawarah atau negosiasi dengan nasabah yang seringakali menunggak.

Baca Juga : Jangan Salah! Ini Bedanya KUR dan Kupedes BRI 2023

Hal ini di sebabkan Bank BRI mengetahui, terkadang banyak dari nasabah peserta KUR yang kesulitan membayar angsuran dikarenakan usaha yang di jalankan mengalami penurunan omset atau bahkan bangkrut.

Sehingga pihak Bank BRI biasanya akan berusaha memberikan yang realistis jika nasabah mengkomunikasikan alasan dari tunggakan angsuran.

Baca Juga : Apa Itu KUR Linkage Program Bank BTN 2023?

Pihak Bank BRI bisa saja memberikan jangka waktu tertentu atau menurunkan angsuran pokok serta menambah tenor. Hal ini dilakukan agar nasabah bisa mengembalikan pinjaman sebelumnya.

Jadi tidak perlu terlalu khawatir dan malah jadi takut mengembangkan usaha dengan bantuan KUR BRI. Semuanya bisa di diskusikan dan di usahakan.

Sekarang penjelasan mengenai resiko denda sudah jelas. Pertanyaannya, jika telat membayar angsuran bagaimana cara menghitung dendanya? Hal ini akan di jawab pada poin selanjutnya!

Baca juga, Info Terbaru KUR BCA 2023, Plafon, Syarat dan Pendaftarannya

Cara Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya

Nah, untuk menghitung Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya kita akan memakai ilustrasi.

Sebagai contoh, angsuran KUR BRI 2023 (cicilan pokok) yang Anda miliki adalah Rp 1.000.000 per bulan dan sudah menunggak selama 5 hari. Maka begini cara menghitung denda yang harus di bayarkan!

Denda = Jumlah Angsuran x 2% x Keterlambatan (hari)

= Rp 1.000.000 x 2% x 5 (hari)

= Rp 100.000

Biaya Keterlambatan = Rp 20.000 x Keterlambatan (hari)

= Rp 20.000 x 5 (hari)

= Rp 100.000

Total Pembayaran = Cicilan Pokok + Denda + Biaya Keterlambatan

= Rp 1.000.000 + Rp 100.000 + Rp 100.000

= Rp 1.200.000

Dari ilustrasi di atas, maka bisa di simpulkan bahwa jumlah denda selama 5 hari dengan cicilan pokok Rp 1.000.000/ bulan adalah Rp 200.000. Sehingga total tunggakan yang harus di bayarkan adalah sebesar Rp 1.200.000.

Baca juga, KUR Bank BJB 2023 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

Penutup

Meski bunganya terhitung kecil namun dari penjelasan di atas, bisa di lihat bahwa Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya cukup besar ya jika kita menunggak?

Namun seperti yang sudah di jelaskan, jika Anda punya alasan yang logis pembayaran tunggakan ini bisa di diskusikan dengan pihak Bank BRI.

Itu saja informassi mengenai Denda KUR BRI 2023 dan Cara Menghitungnya. Semoga mudah di pahami dan usaha yang kita diberi kelancaran sehingga tetap bisa membayar angsuran dengan rutin tanpa menunggak. (*)

Baca juga Artikel terbaru kami :

Denda Telat Bayar KUR BRI 2023, CEK Prosedur Pembayaran

Tabel Dana KUR BRI 2023 dengan Plafon Pinjaman Rp 100 Juta, Angsuran Hanya Rp 1 Jutaan dengan Bunga Ringan, Bisa Cair Cepat

KUR BRI 2023 Dibuka Ada Syarat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Lho

Kode Bank Mandiri Syariah 2023 : Cara Transfer dan Kode Transfernya

KUR BRI 2023 Dibuka Ada Syarat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Lho

Tabel KUR BRI 2023 Terbaru Maret, Simak Informasi PENCAIRAN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *