Daftar Kuota KUR Perbankan 2023 Terbesar

Sejak awal tahun 2023, banyak media sosial perbankan di serbu netizen yang menanyakan perihal kapan tersedianya kuota KUR tahun ini. Nah sejak awal Maret kemarin masyarakat sudah bisa menikmati pengajuan KUR di berbagai perbankan penyalur KUR sesuai kebutuhan usahanya.

Total alokasi KUR tahun 2023 adalah Rp 460 triliun. Ini adalah nilai yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp 373 triliun.

Tentu saja setiap perbankan pernyalur KUR sudah memiliki alokasi KUR 2023 yang masing-masing berbeda jumlahnya. Namun dengan tingginya antusiasme pelaku UMKM, tentu memungkinkan adanya calon debitur yang tidak kebagian dana KUR.

Sehingga wajar, kalau banyak pelaku UMKM mencari perbankan yang menyediakan kuota KUR yang besar.

Apalagi bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, kabarnya permintaan KUR melonjak. Hal ini mengakibatkan kuota KUR di berbagai Bank sudah habis dan sontak membuat sebagian pelaku UMKM khawatir.

Nah jika Anda sedang mencari perbankan yang menyediakan kuota KUR terbesar, simak infonya sampai akhir ya! Jadi Bank mana saja kira-kira?

1. Bank BRI

Bank BRI adalah penyalur KUR dengan kuota terbesar di tahun ini. Total dana KUR yang di siapkan mencapai Rp 270 triliun, dimana ini melebihi 50% dari total KUR tahun 2023.

Mengenai pemberitaan habisnya kuota KUR BRI, sebenarnya kuota KUR yang di maksudkan habis adalah pada penyalran KUR tahap awal saja.

KUR BRI pada bulan Maret ini sudah mencapai target penyalurkan dana KUR sebesar Rp 12 triliun. Setelah tahap awal ini, UMKM tidak perlu panik karena Bank BRI akan melakukan penyaluran KUR di tahap selanjutnya.

Baca juga,

2. Bank Mandiri

Kuota KUR terbesar selanjutnya adalah KUR Mandiri. Tahun ini Bank Mandiri mendapat mandat untuk menyalurkan KUR dengan total Rp 48 triliun, yang mana jumlahnya lebih besar 20% dari tahun 2022.

Secara fokus, Bank Mandiri banyak menyalurkan KUR nya untuk usaha-usaha di sektor produksi. Misalnya pada sektor pertanian yang berhasil menyumbang Rp 11,81 triliun (sekitar 29,53% dari total KUR Mandiri) di tahun 2022 lalu.

Selain itu KUR Mandiri juga memiliki program khusus untuk alumni prakerja. Jadi bagi Anda yang pernah emngikuti program prakerja dan ingin merintis usaha, bisa juga mengajukan KUR Mandiri ya.

3. Bank BNI

Perbankan ketiga penyalur KUR terbesar tahun ini datang dari HIMBARA, yakni Bank BNI.

Pada tahun 2023, Bank BNI akan menyalurkan kuota KUR sebesar Rp 38,5 triliun. Alokasi ini tergolong naik karena pada tahun sebelumnya BNI tercatat bisa melampaui target dengan menyalurkan KUR hingga Rp 35,2 triliun.

Sama seperti Bank Mandiri, alokasi KUR BNI juga dikabarkan akan berfokus pada sektor produksi.

4. Bank BSI

BSI merupakan satu-satunya perbankan syariah yang menyalurkan dana KUR terbesar tahun ini dengan total Rp 14 triliun.

Pada pembukaan awal KUR 2023, BSI bahkan sudah menyalurkan KUR kepada UMKM Provinsi Aceh sebesar Rp 3 triliun. Rencananya sisa dana KUR BSI yakni Rp 11 triliun akan di sebar ke setiap provonsi se- Indonesia.

5. Bank BCA

Anggaran KUR 2023 yang cukup besar juga di siapkan oleh Bank BCA, dimana alokasinya mencapai Rp 1 triliun. Mengenai plafon dan suku bunganya, masih sama dengan bank lainnya mengikuti ketentuan dari pemerintah.

Uniknya, untuk menyalurkan KUR khusus untuk bisnis laundry tahun ini Bank BCA tengah bekerja sama dengan perusahaan besar di bidang distributor resmi mesin cuci komersial dan manufaktir peralatan rumah tangga. Anggaran KUR untuk bisnis laundry ini cukup besar yakni sekitar Rp 20 miliar.

Baca juga, Info Terbaru KUR BCA 2023, Plafon, Syarat dan Pendaftarannya

Penutup

Program KUR 2023 merupakan salah satu program yang ditunggu-tunggu khususnya oleh pelaku UMKM di Indonesia. Tidak heran, antusiasmenya sangat tinggi sampai ada perbankan yang kehabisan kuota KUR saat penyaluran tahap awal.

Nah, setelah mengetahui beberapa perbankan dengan kuota KUR terbesar diatas kira-kira mana Bank yang paling Anda minati untuk mengajukan KUR?

Semoga pengajuan KUR Anda tahun ini berjalan lancar dan bisnispun bisa berkembang ke level yang lebih tinggi ya!

Tinggalkan komentar