Daftar Franchise Indomaret, Syarat, Keuntungan dan Langkah

Jika Anda punya modal yang besar, bisnis franchise Indomaret bisa menjadi pilihan yang baik. Simak 3 Hal Penting Mendaftar Franchise Indomaret: Syarat, Keuntungan dan Langkah yang harus Anda lakukan.

Dalam 10 tahun ini, perkembangan minimarket modern semakin merambah hingga ke setiap kecamatan atau bahkan desa.

Setidaknya ada dua brand minimarket yang paling sering kita temui di setiap daerah, yaitu Indomaret yang didominasi warna biru dan satu minimarket lain yang didominasi warna merah.

Semakin cepatnya perluasan ekspansi Indomaret tidak hanya semata-mata keinginan dari perusahaan, namun juga atas pengajuan dari pemilik modal lokal di daerah tersebut.

Pasalnya Indomaret mempunyai skema bisnis waralaba atau franchise, artinya setiap orang bisa mengajukan kerjasama dengan Indomaret pusat untuk membuka minimarket di wilayahnya.

Mengapa ini menjadi peluang bisnis yang menarik karena bisnis ritel merupakan bisnis yang akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk Indonesia.

Indomaret merupakan salah satu ritel ternama yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Pada awal 2022, jumlah minimarket Indomaret di seluruh Indonesia sudah menembus angka 19 ribu lebih.

Dengan menyediakan lebih dari 5 ribu jenis produk, ada potensi besar bagi Anda yang berminat untuk memiliki minimarket Indomaret dengan sistem franchise.

Wih, berarti siapa saja bisa dong punya minimarket dengan nama Indomaret, tentu bisa asalkan Anda punya cuan.

Loh pingin dapat cuan kok harus pakai cuan! Semua bisnis yang mengejar keuntungan pasti membutuhkan modal juga kan?

Jika Anda mempunyai uang yang besar dan ingin menjalankan bisnis namun tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang bisnis, maka mendaftar franchise Indomaret bisa menjadi solusi.

Memangnya berapa si uang yang dibutuhkan untuk mendaftar franchise Indomaret?

Kiranya perlu kami jawab sekarang atau di akhir artikel saja? Hehe

Oke, karena Anda penasaran maka akan kami jawab setelah kalimat ini.

Nominal uang yang Anda butuhkan untuk mendaftar franchise Indomaret kira-kira sebesar 45 juta.

Ini hanya untuk fee franchise selama 5 tahun sebesar Rp 36 juta dan biaya persiapan toko sebesar 9 juta.

45 juta ini adalah yang akan Anda berikan pada Indomaret pusat untuk membayar fee franchise.

Artinya Anda membeli merk dagang Indomaret dan berhak untuk mendapatkan semua layanan seperti stok barang, manajemen karyawan, perlengkapan promosi, dsb.

Lalu apakah Anda hanya akan membutuhkan uang sejumlah ini? Tentu tidak.

Beberapa hal lain yang perlu Anda persiapkan dan membutuhkan nominal uang cukup besar adalah:

  • Lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas antara 120m2 hingga 200m2. Pastikan Anda punya tempat untuk parkir pembeli.
  • Bangunan yang representatif lengkap dengan rak display, lemari pendingin, AC dan daya listrik yang besar. Anda bisa mengunjungi beberapa lokasi Indomaret sebagai referensi.
  • Mengurus kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan ijin lainnya sesuai ketentuan setiap daerah.
  • Memiliki jiwa entrepreneur
  • Komitmen pada sistem franchise Indomaret
Peluang Bisnis Franchise Indomaret | Folderbisnis.com

Mengapa Anda harus komitmen pada sistem franchise Indomaret? Karena Indomaret tidak hanya akan mengantar barang yang akan Anda jual pada minimarket, tapi juga akan mendampingi seluruh proses bisnis.

Anda akan mendapatkan pengetahuan bagaimana mengurus minimarket dan menghasilkan penjualan setiap harinya.

Sehingga Anda tidak semata hanya mendapat keuntungan finansial, namun juga pengetahuan yang bisa Anda gunakan seandainya kelak tidak ingin melanjutkan kontrak dengan franchise Indomaret.

Keuntungan Franchise Indomaret

Ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila bergabung dengan franchise Indomaret:

1. Induksi Pengetahuan

Meski Indomaret akan memberikan fasilitas manajemen, namun Anda juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang mengatur sebuah minimarket.

Penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk mempunyai pengetahuan tentang bisnis toko modern.

2. Menjadi Bagian Brand yang dikenal masyarakat luas

Sebagai pionir ritel minimarket terbesar, Indomaret sudah memiliki jaringan distribusi terbesar di Indonesia.

Ini akan memudahkan jalur distribusi stok Anda dan menyediakan basis pelanggan yang sudah ada.

Anda tinggal memperkuat basis pelanggan dengan berbagai promo atau undian tahunan yang menarik.

3. Potensi Pasar yang Besar

Jika Anda bertanya tentang minimarket modern pada banyak orang, kini pilihannya ada dua. Salah satunya adalah Indomaret.

Penentuan lokasi minimarket dan saran dari manajemen pusat Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi.

Posisi strategis akan mendatangkan banyak pembeli yang memang sudah terbiasa berbelanja di Indomaret.

Anda tidak perlu berjuang dari nol untuk membangun basis pelanggan, yang perlu Anda lakukan tinggal merawat loyalitas pelanggan mereka.

4. Sistem Operasional Terintegrasi

Dengan semakin luasnya jaringan franchise Indomaret, maka operasional diperkuat dengan dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi.

Ini membuat para investor tidak perlu terlibat secara penuh dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

Cara Membuka Franchise Indomaret

Sehingga investor bisa tetap fokus pada aktivitas bisnis sebelumnya atau melakukan pekerjaan lain dengan tenang.

Karena Indomaret menyediakan standar operasional yang lengkap dengan sistem komputer dan personalia untuk mengoperasikan minimarket.

Ada juga store supervisor yang bertanggung jawab penuh terhadap jalannya bisnis pada setiap minimarket franchise Indomaret.

Anda hanya perlu melakukan pemantauan secara berkala, dan sesekali mengobrol dengan para karyawan untuk memberi semangat pada mereka.

5. Potensi Pengembangan

Seorang investor dapat memiliki lebih dari 1 minimarket franchise Indomaret dengan tingkat kesibukan yang sama dan manajemen pengaturan yang berbeda setiap minimarket.

Indomaret akan sangat terbuka apabila Anda mengajukan pembukaan toko kedua, ketiga atau bahkan keempat.

Beberapa hal mengenai fee franchise mungkin bisa dinegosiasikan dengan pusat mengingat Anda sudah menjadi mitra yang baik untuk Indomaret.

6. Risiko Kerugian Minimal

Sebagai pengelola minimarket yang berpengalaman sudah puluhan tahun, Indomaret merupakan nama yang menggaransi dirinya sendiri atas manajemen yang handal dan operasional yang rapi.

Ini sudah mencakup perencanaan matang seperti survey lokasi sampai dengan pembukaan toko.

Kemudian operasional minimarket yang meliputi kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan.

Serta dukungan manajemen toko yang diawasi langsung oleh manajemen Indomaret akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

3 Tahapan Mendaftar Franchise Indomaret

Ada dua skema kerjasama franchise Indomaret, yaitu membeli lisensi franchise dan membuka minimarket Indomaret atau menyewakan lokasi untuk dipakai Indomaret.

Jika Anda mempunyai nominal uang yang besar dan persiapan optimal, kami sarankan untuk membeli lisensi franchise dan diawali dengan mengisi formulir pengajuan Indomaret melalui link ini https://indomaret.co.id/home/index/seputar-waralaba.

Namun, jika Anda hanya ingin menyewakan lokasi tanah Anda kepada pihak Indomaret, bisa mengisi formulir penawaran sewa lokasi di sini https://indomaret.co.id/home/index/form-penawaran-sewa-lokasi.

Untuk 3 langkah yang akan kita bahas kali ini adalah tentang membeli lisensi franchise Indomaret untuk membuka minimarket baru.

Pastikan Anda sudah menyiapkan lokasi, minimal area yang akan dibangun toko. Akan lebih baik jika bangunan toko sudah dibangun, sehingga presentasi akan lebih meyakinkan.

Kumpulan E Wallet Yang Mudah Digunakan Dan Bisa Top Up Di Indomaret | Folderbisnis.com

1. Presentasi Pertama

Ini adalah presentasi awal setelah Anda mengisi formulir pengajuan melalui link diatas.

Saat Anda mengisi formulir, sebaiknya sudah memiliki dokumen pendukung seperti Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi.

Formulir ini juga menjadi kekuatan Anda dalam pelaksanaan presentasi tahap pertama agar presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti.

Dengan dokumen yang lengkap maka kesempatan Anda untuk segera ditindaklanjuti oleh pihak Indomaret semakin besar.

Selain presentasi dari calon mitra franchise, Anda juga akan mendapatkan informasi dengan jelas mengenai detail mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

2. Presentasi Kedua

Hasil dari presentasi tahap pertama akan didiskusikan oleh tim manajemen dan jika Anda dinilai layak, maka akan diundang kembali untuk mengikuti presentasi kedua.

Presentasi kedua akan lebih fokus pada rencana bisnis mengingat manajemen menilai pengajuan Anda layak untuk ditindaklanjuti.

Isi presentasi biasanya seputar hasil penilaian kelayakan dokumen dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Jika Anda sudah masuk ke tahap Presentasi kedua, kemungkinan besar kemudian berlanjut pada penanda tanganan MoU (Nota Kesepakatan) antara Anda dan manajemen.

Garis besar ini nota kesepakatan mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak indomaret dan mita waralaba.

Pembagian tugasnya antara lain tentang persiapan pembukaan toko, renovasi bangunan, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

Jika Anda sepakat dengan semua butir dalam nota kesepakatan, maka Anda sudah tinggal satu langkah lagi untuk bergabung dengan jaringan minimarket paling besar di Indonesia.

3. Pembukaan Gerai Indomaret Milik Anda

Setelah penandatanganan nota kesepakatan antara Anda dan Indomaret, selanjutnya menentukan waktu pembukaan toko franchise Indomaret milik Anda.

Tentu menentukan waktu harus mempertimbangkan mengenai kesiapan bangunan, interior, eksterior dan program promosi yang nantinya akan ditetapkan oleh indomaret.

Sebelum mengawali pembukaan minmarket, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun oleh Anda dan manajemen Indomaret.

Anda tidak perlu khawatir dalam mempersiapkan pengelolaan toko, karena manajemen Indomaret akan memberikan Anda asistensi demi memenuhi standar operasional minimarket antara lain:

  1. Survey kelayakan
  2. Perencanaan anggaran biaya
  3. Studi kelayakan investasi
  4. Tata ruang dan perencanaan toko
  5. Renovasi ruang usaha
  6. Pembelian peralatan toko
  7. Seleksi dan pelatihan karyawan
  8. Standar kerja dan sistem gaji karyawan
  9. Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
  10. Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
  11. Program promosi penjualan

Baca juga: 7 Langkah Cara Daftar Agen Franchise J&T Express

Penutup

Demikian informasi lengkap mengenai syarat, keuntungan, dan langkah yang harus Anda ikuti untuk bisa menjadi bagian dalam jaringan minimarket Indomaret.

Meski modal yang perlu Anda keluarkan cukup besar, namun keuntungan besar juga suatu hal yang menjanjikan karena nama besar Indomaret sudah dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat belanja dengan harga yang kompetitif.

Dengan jangka waktu kontrak yang lama, tentu modal besar akan kembali dengan cepat dan Anda juga bisa memperpanjang kontrak agar keuntungan yang Anda dapatkan semakin maksimal.

Bermitra dengan minimarket franchise Indomaret adalah solusi bagi Anda yang mempunyai banyak uang namun tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang bisnis.

Juga untuk pengusaha yang sudah tidak punya waktu karena mengurus bisnis lain namun masih ingin melakukan ekspansi pada bisnis ritel.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar