Cara Tarik Tunai Saldo LinkAja di ATM BRI, BNI, dan Bank Himbara

Sedang perlu tarik tunai secepatnya? Kini Anda juga menikmati fitur tarik tunai dari LinkAja dengan mudah lewat ATM Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) seperti BRI, BNI dan lainnya.

E-wallet dari BUMN yang di dirikan pada tahun 2019 ini cukup agresif melakukan ekspansi bisnis. Salah satu fitur spesial dari LinkAja adalah fitur tarik tunainya, karena bisa di tarik di berbagai ATM Himbara. Seperti yang kita tahu, jaringan bank Himbara sangat luas bukan?

Bahkan di tahun 2019 saja BRI sudah memiliki 23.000 unit mesin ATM yang tersebar seluruh di Indonesia. Belum lagi ATM Himbara yang lain.

Hal tersebut akan menjadi satu keuntungan bagi pengguna e-wallet LinkAja dalam memanfaatkan fitur tarik tunainya.Nah, itulah mengapa fitur tarik tunai sangat menarik, kita bisa memanfaatkan ATM Himbara seperti bank BRI atau BNI untuk tarik tunai dengan mudah.

Sebelum kita membahas bagaimana cara tarik tunai saldo LinkAja lewat ATM Himbara, ada baiknya kita tahu beberapa info penting berikut ini!

Pastikan Anda Sudah Upgrade ke Layanan Full Service

Jika Anda sudah sign up/ mendaftarkan akun LinkAja melalui nomor hanphone, coba cek status layanan Anda. Sebab untuk bisa menikmati seluruh layanan dari LinkAja, termasuk layanan tarik tunai kita perlu melengkapi informasi akun terlebih dahulu.

Caranya dengan meng-klik kotak biru bertuliskan “Lengkapi informasi akun, yuk!” yang ada di home. Atau Anda bisa mengklik menu “Kirim Uang” lalu tekan timbol “Upgrade Sekarang”.

Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti arahan verifikasi data dari sistem. Seperti foto e-KTP sesuai petunjuk dan foto wajah/selfie dengan jelas.

Baca juga : Cara Transfer Saldo Gopay ke LinkAja

Jika sudah memasukan kelengkapan data yang di minta, Anda tinggal menunggu pihak LinkAja untuk memverifikasi data Anda.

Biaya Top Up dan Admin Tarik Tunai LinkAja di ATM Himbara

Sebelum mengambil uang tunai dari saldo LinkAja via ATM Himabara, seperti halnya e-wallet lain Anda perlu melakukan top up/ isi ulang saldo LinkAja terslebih dahulu. Pada beberapa e-wallet kini sudah memberlakukan biaya admin top up walaupun ada juga yang masih mengratiskan. Bagaimana dengan LinkAja?

LinkAja menyediakan beberapa metode top up dengan minimal top up Rp. 10.000 – Rp. 1.000.000. Berikut adalah beberappa metode dan biaya admin top up LinkAja!

  • Lewat Himbara (BNI, BRI, Mandiri, BTN): Tanpa biaya admin (gratis),
  • Transfer dari Bank (Selain Himbara) : Biaya admin top up Rp. 0 – Rp. 1000 (sesuai ketentuan bank)
  • Merchant & Mitra LinkAja (Seperti Alfamart, Indomaret, dll) : Biaya admin top up Rp. 1000/ transaksi
  • Kartu Debit
  • GraPARI

Selain itu, Anda akan di kenai admin fee saatmenggunakan layanan tarik tunai di Link Aja sebesar Rp. 5000/ transaksi. Biaya ini berlaku di semua ATM Himbara yang Anda gunakan. Baik itu tarik tunai saldo LinkAja di ATM BNI, BRI, Mandiri, ataupun BTN.

Jadi sebelum melakukan transaksi tarik tunai, ada baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu berapa jumlah saldo yang tersisa. Hitung berapa jumlah uang yang ingin Anda ambil dari saldo LinkAja ditambah dengan biaya adminnya yakni Rp. 5000.

Tarik Tunai Saldo LinkAja Tanpa Kartu

Anda tidak perlu menjadi nasabah salah satu Himbara untuk melakukan tarik tunai LinkAja. Karena tarik tunai saldo LinkAja di ATM Himbara bisa di lakukan tanpa kartu ATM! Wow, super sekali! Inilah yang membuat fitur tarik tunai di LinkAja tambah menarik.

Selain bisa di tarik di beberapa ATM sekaligus, Anda juga tidak perlu memasukan kartu ATM saat bertransaksi tarik tunai.

Jumlah Minimal dan Maksimal Tarik Tunai

Fasilitas tarik tunai dari LinkAja ini memang cocok untuk Anda yang sedang membutuhkan uang cash/tunai untuk suatu keperluan dengan jumlah yang tidak terlalu besar.

Anda bisa mengambil saldo LinkAja melalui ATM Himbara mulai dari nominal Rp. 100.000. Sementara jumlah maksimal yang bisa Anda tarik dari saldo LinkAja lewat ATM Himbara adalah sebesar Rp. 1.200.000.

Cara Tarik Tunai Saldo Link Aja Lewat ATM BRI, BNI, Mandiri dan BTN

Cara melakukan transaksi tarik tunai saldo LinkAja di berbagai ATM milik Himbara sama persis. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat di seluruh ATM Himbara karena transaksi tariuk tunai di lakukan secara instant.

Namun khusus untuk penarikan tunai saldo LinkAja di ATM BTN saat ini Anda baru bisa melakukan transaksi tersebut di ATM BTN yang berada di kantor pusat saja.

Nah, bagaimana langkah detailnya? Anda bisa mengikuti tutorial berikut jika ingin melakukan transaksi tarik tunai saldo LinkAja lewat ATM Himbara!

1. Carilah ATM Himbara Terdekat

Usahakan untuk tiba di dekat ATM BRI, BNI, Mandiri atau BTN sebelum membuka aplikasi LinkAja dan membuat token/kode penarikan transaksi. Karena token tarik tunai Anda hanya akan berlaku 5 menit saja.

Jika sudah lewat dari 5 menit maka Anda harus membuat yang baru. Carilah ATM BNI, BRI atau Mandiri jika Anda tidak dekat dengan ATM BTN di kantor pusat.

2. Buka Aplikasi LinkAja dan Pilih Menu “Semua”

Jika Anda sudah punya akun Link Aja dan terdaftar untuk layanan full service, coba klik menu “Semua” yang iconnya 3 garis putih di bagian atas untuk melihat semua menu utama LinkAja. Karena menu untuk tarik tunai kini tidak langsung mucul di home/beranda.

3. Pilih Menu “Tarik Tunai” dan “Tarik Tunai di ATM”

Anda akan melihat beberapa menu utama. Ada menu “Kirim uang”, “Isi Saldo”, “My QR”, “Tarik Tunai”, “Buat Token”, “Kode Tiket”, dan “Voucher”. Karena kali ini Anda ingin melakukan tarik tunai saldo LinkAja, maka pilihlah “Tarik Saldo”.

Setelah itu klik “Tarik Tunai di ATM” yang menunya memiliki logo-logo Bank BTN, BNI, Mandiri dan BRI.

4. Tentukan Nominal Penarikan

Selanjutnya aplikasi akan meminta Anda untuk menentukan nominal penarikan yang ingin Anda lakukan lewat ATM Himbara. Sitem akan memberikan beberapa opsi nominal penarikan, yakni Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 500.000, Rp. 1.000.000 dan Rp. 1.200.000.

Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Sayangnya nominal penarikan saldo LinkAja ini terkesan agak kurang fleksibel, karena kita tidak bisa mengambil uang dengan nominal pecahan Rp. 50.000.

5. Konfirmasi Penarikan Saldo LinkAja

Jika sudah memilih berapa jumlah saldo LinkAja yang ingin di ambil, Anda akan masuk ke halaman konfirmasi. Disini, aplikasi akan melampirkan detail transaksi, seperti jumlah saldo LinkAja yang ingin di tarik, fee admin dan total yang akan terpotong dari saldo LinkAja milik Anda. Jika Anda sudah yakin dengan nominal yang tertera di layar, maka Anda bisa menekan tombol “Buat Kode Penarikan”.

6. Masuk ke Halaman Kode Penarikan

Kode inilah yang perlu Anda masukan ke mesin ATM untuk memproses transaksi tarik tunai Anda. Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa kode penarikan ini hanya berlaku selama 5 menit saja. Jadi pastikan Anda sudah berada di ATM BRI terdekat ketika sudah menekannya. Atau, Anda bisa menekan tombol kode penarikan saat sudah berada di step ke 9 nanti.

7. Masuk ke ATM BRI, BNI, Mandiri atau BRI, Lalu Tekan Tombol “ACCEPT” dan Pilih Bahasa

Masuklah ke salah satu gerai ATM Himbara, lalu tekan tombol “ACCEPT” yang ber-icon bulan berwarna hijau pada mesin ATM.

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, transaksi tarik tunai saldo LinkAja tidak memerlukan kartu ATM Himbara sehingga Anda hany perlu menekan tombol “ACCEPT” sebagai langkah awal. Setelah itu pilih bahasa yang akan di gunakan selama bertransaksi lewat ATM.

8. Pilih Menu “Tarik Tunai LinkAja” dan Masukan Nomor Hp

Setelah Anda memilih bahasa, selanjutnya pada layar ATM akan tersedia beberapa menu. Pilihlah “Tarik Tunai LinkAja”. Lalu mesin akan meminta Anda untuk memasukan nomor hp.

Masukanlah nomor hp yang terdaftar pada akun LinkAja milik Anda. Jika Anda sudah yakin nomor hp yang di masukan tidak ada kesalahan, tekan “BENAR” pada mesin ATM.

9. Masukan Kode Penarikan dari Aplikasi LinkAja

Mesin ATM akan meminta Anda memasukan kode penarikan. Inilah saatnya Anda memasukan kode penarikan yang sudah Anda buat di aplikasi LinkAja.

Jika belum membuatnya, Anda tinggal meng-klik tombol “Kode Penarikan” setelah menentukan jumlah penarikan di aplikasi LinkAja.

Kode penarikan jumlahnya kurang lebih ada beberapa digit angka. Masukan kode penarikan dengan hati-hati. Jika Anda ragu atau salah ketik Anda bisa menghapusnya dengan menekan tombol “CORRECTION” yang ada di mesin ATM.

Tapi jika kode penarikan sudah benar maka tekan “BENAR” untuk melanjutkan transaksi.

10. Transaksi Anda Segera Diproses

Jika nomor hp dan kode transaksi sudah benar maka mesin akan segera memproses permintaan transaksi Anda. Mesin akan mengeluarkan uang tunai sesuai dengan jumlah yang telah Anda tentukan sebelumnya lewat aplikasi.

Jika uang sudah keluar dari mesin ATM, jangan lupa pastikan jumlah uangnya dan saldo LinkAja di aplikasi. Apakah semuanya sesuai dengan detail transaksi yang Anda kehendaki.

Ketika transaksi berhasil dan sesuai dengan yang semestinya Anda bisa segera meninggalkan gerai ATM dan menggunakan uangnya.

Namun jika terjadi hambatan atau ketidak sesuaian saat bertransaksi, Anda bisa menghubungi call center LinkAja di 150911, ataupun fitur live chat LinkAja di website resminya dan juga email info@linkaja.id

Baca juga : Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA, BNI, BRI

Penutup

Fasilitas tarik tunai dari LinkAja sangat bermanfaat bagi kita, apalagi jika sedang membutuhkan uang cash secepat mungkin. Dengan asumsi penarikan saldo LinkAja di ATM BRI, BNI dan Mandiri pastinya ada dimana-mana, karena saat ini penarikan di ATM BTN baru bisa di lakukan di ATM kantor pusat. Selain itu, tarik tunai ini juga bisa di lakukan tanpa kartu. Jadi fitur tarik tunai dari LinkAja ini bisa menyelematkan kita saat sedang butuh-butuhnya dana tunai.

Walaupun ada biaya admin, tapi jika dihadapkan dengan kebutuhan dana cash segera pastinya hal tersebut tidak lagi masalah. Apalagi biaaya adminnya tergolong lebih murah dari tarik tunai di rekening Bank biasanya. Nah, itulah langkah-langkah untuk melakukan tarik tunai saldo LinkAja lewat ATM Himbara. Sudah jelas ya? Semoga Anda terbantu dengan tutorial diatas.

Tinggalkan komentar