Cara Tarik Tunai Saldo DANA di Alfamart dan Pegadaian

Aplikasi e-wallet DANA rasanya menjadi salah satu aplikasi wajib yang terinstall di smartphone. Berdasarkan data Mei 2020 yang lalu, pengguna DANA saat ini mencapai 40 juta pengguna aktif bahkan lebih. Fasilitas gratis transfer sebanyak 10x/ bulannya memang bisa di katakan berhasil menarik perhatian para pengguna e-wallet di Indonesia.

Selain itu kita juga bisa menggunakan aplikasi DANA untuk membayar kebutuhan lainnya lewat transaksi digital. Misalnya membayar PLN, PDAM, BPJS, beli pulsa tentu jauh lebih praktis dan cepat.

Namun, sebagai pengguna e-wallet kita juga masih memerlukan uang cash/tunai untuk bertransaksi, bahkan terkadang kita perlu mencairkan saldo DANA secara mendadak. Lalu bagaimana?

Tenang saja, lewat fitur cashout-nya kita bisa kok mencairkan saldo dana kita menjadi uang cash lewat Alfamart, Alfamidi, DAN-DAN, dan LAWSON serta Pegadaian.

Seperti yang kita tahu, bahwa jangkauan agen-agen tersebut sangatluas di Indonesia sehingga akan sangat mudah di temui. Inilah hal menarik lainnya dari aplikasi DANA. Nah, sekarang Anda cukup mengetahui bagaimana caranya saja.

Jika Anda sedang butuh uang tunai tapi masih bingung bagaimana caranya tarik saldo DANA lewat lewat Alfamart, Alfamidi, DAN-DANA dan LAWSON ataupun Pegadaian, sebaiknya Anda tetap membaca artikel kali ini. Karena kita akan membahas tutorial tarik tunai saldo DANA dengan mudah.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan penarikan tunai saldo DANA seperti :

Biaya Admin Cashout

Menariknya, untuk melakukan penarikan tunai saldo DANA baik itu lewat Alfamart, Alfamidi, DAN-DANA dan LAWSON ataupun Pegadaian tidak akan di kenakan biaya Admin apapun (gratis).

Anda di berikan 10x tarik tunai secara gratis di merchant-merchant tersebut. Setelah jatah 10x habis, maka selanjutnya Anda akan dikenai biaya admin sebesar Rp. 4500/ transaksi tarik tunai.

Jadi jangan lupa perhatikan berapa lagi jumlah jatah gratis traik tunai Anda di aplikais DANA jika masih ingin mendapatkan fitur free cashout.

Jumlah Minimum dan Maksimum Penarikan Saldo

Jumlah minimal saldo DANA di berbagai agen di atas yakni Rp. 50.000/ transaksi. Pada aplikasi tertulis untuk mencairkan saldo DANA dengan kelipatan Rp. 50.000, tapi ternyata kita tetap bisa mencairkan saldo DANA walaupun tidak dalam kelipatan Rp. 50.000 misalnya Rp. 180.000.

Sementara itu jumlah tarik tunai saldo DANA paling besar bisa sampai Rp. 1.000.000/ transaksi. Namun jika Anda baru pertama kail melakukan tarik tunai, maka Anda hanya bisa mencairkan saldo DANA maksimum Rp. 250.000 saja.

Batas Waktu Token dan Waktu Penarikan Saldo DANA

Sebaiknya Anda jangan dulu menekan tombol “Show Token” sebelum tiba di depan kasir/ admin. Karena token hanya berlaku 5 menit saja. Tapi jika habis masa berlakunya, Anda bia membuatnya lagi dengan cara menekan tombol “Show Token” kembali.

Selain itu, transaksi tarik tunai saldo DANA akan segera di proses dalam beberapa menit saja karena bersifat instant. Jadi Anda bisa langsung mengambil uang Anda di kasir Alfamart/ admin Pegadaian jika transaksi berhasil.

Pastikan Anda Membawa Kartu Identitas

Kasir/ Admin biasanya akan meminta informasi identitas resmi Anda untuk verifikasi. Oleh karena itu jangan lupa membawa kartu identitas seperti KTP/SIM yang masih berlaku dan masih bisa terbaca supaya transaksi yang And lakukan bisa berjalan lancar.

Baca juga : Berapa Penghasilan Driver Gojek Saat Ini? Intip Ulasannya!

Cara Tarik Tunai Saldo DANA di Alfamart

Sekarang, kita langsung membahas tutorial melakukan tarik tunai saldo DANA di Alfamart. Yuk di simak!

1. Log in ke Aplikasi DANA dan Pilih Menu “Cashout”

Cara Tarik Tunai Saldo Dana Log In Ke Aplikasi Dana Dan Pilih Menu Cashout

Pastikan bahwa Anda sudah terdaftar sebagai member DANA premium. Jika sudah, coba log in ke akun DANA Anda.

Pada menu home Anda akan mendapati berbagai fitur aplikasi DANA, coba ketuk simbol titik 4 (See All”) untuk menampilkan semua menu. Setelah itu masuk pada bagian “Transfer” dan pilih menu “Cashout”.

2. Pilih Metode “Alfamart” dan Temukan Gerai Alfamart Terdekat

Tarik Tunai Saldo Dana Lewat Alfamart Pilih Metode Alfamart Dan Temukan Gerai Alfamart Terdekat

Selanjutnya, sistem akan menunjukan beberapa metode “Cashout” yang di sediakan oleh aplikasi DANA. Ada Bank Transfer atau lewat Agen yang terdiri dari Alfamart, Alfamidi, DAN-DAN dan Lawson serta Pegadaian.

Pilihlah metode “Alfamart” pada aplikasi. Lalu carilah gerai alfamart terdekat di sekitar Anda.

3. Sampaikan Tujuan Penarikan Saldo DANA Anda ke Kasir

Jika sudah sampai di Alfamart, informasikan kepada kasir bahwa Anda ingin menarik saldo DANA. Selanjutnya kasir akan meminta beberapa informasi terkait penarikan saldo.

4. Beri Tahu Nomor Telepon Anda yang Terdaftar Sebagai ID DANA

Kasir akan menanyakan nomor telepon Anda. Sebutkan nomor telepon yang Anda daftarkan di Aplikasi DANA kepada kasir. Tunggu beberapa saat sementara kasir sedang memproses nomor telepon Anda.

5. Tekan Menu “Show Token” dan Perlihatkan Token ke Kasir

Tekan Menu Show Token Dan Perlihatkan Token Ke Kasir Alfamart

Setelah itu, kasir akan meminta token DANA. Inilah saatnya Anda menekan menu “Show Token” yang di tunjukan oleh aplikasi. Tunjukan token ke kasir Alfamart dan biarkan kasis memprosesnya di komputer.

6. Sampaikan Jumlah Penarikan Saldo

Jika ID dan token penarikan saldo DANA Anda telah terverifikasi, maka kasir akan menanyakan perihal jumlah saldo DANA yang akan di ambil.

Sebutkan jumlahnya ke kasir, misalnya Rp. 100.000 Jangan lupa pastikan kalau saldo DANA Anda mencukupi sesuai jumlah yang di ambil dan ikuti ketentuan minimal dan maksimal penarikan saldo DANA supaya transaksi tarik tunai Anda bisa berjalan lancar.

7. Informasikan KTP/SIM Jika Diminta Kasir

Karena berhubungan dengan penarikan uang non ATM, biasanya kasir juga meminta data KTP/SIM untuk proses verifikasi. Jika hal tersebut terjadi, serahkan KTP/SIM Anda untuk proses verifikasi.

8. Transaksi Akan Segera di Proses dan Tunggu Uang Tunai Anda

Nah, jika semua proses verifikasi berhasil maka tinggal tunggu beberapa saat. Setelah itu, kasir ALfamart akan menyerahkan sejumlah uang yang Anda tentukan dari penarikan saldo DANA kepada Anda.

9. Cek Saldo dan Riwayat Transaksi

Terakhir, jangan lupa meinta kembali KTP/ SIM Anda yang telah di serahkan sebelumnya. Kini uang cash dari saldo DANA sudah Anda dapatkan, tidak ada salahnya Anda mengecek saldo dan riwayat transaksi untuk memastikan kalau transaksi tarik tunai yang Anda lakukan berjalan dengan yang seharusnya.

Anda bisa melihat saldo pada halaman home, dan melihat hsitoris transaksi pada menu “History” yang ada di bawah. Transaksi cashout Anda akan tampil di situ.

Baca juga : Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA, BNI, BRI

Penarikan saldo DANA melalui Alfamidi, DAN-DAN dan LAWSON sangat mirip dengan cara di atas. Anda hanya akan berhadapan dengan kasir yang berbeda saja. Oleh karena itu, kita akan lanjut membahas cara tarik tunai saldo DANA di Pegadaian.

Cara Tarik Tunai Saldo DANA di Pegadaian

1. Log in ke Aplikasi DANA Lalu Pilih Menu “Cashout”

Cara Tarik Tuni Saldo Dana Log In Ke Aplikasi Dana Dan Klik Menu See All, Transfer Dan Cashout

Masuklah ke aplikasi DANA lewat ID DANA Anda. Jika sudah masuk, biasanya Anda hanya perlu memasukan kode PIN saja. Lalu pilihlah menu “See All” yang memiliki icon titik empat. Lalu pilihlah menu “Cashout”.

Aplikasi akan menampilkan semua fitur yang di miliki Aplikasi DANA. Jika Anda kebingungan mencari menu “Cashout”, coba tekan “Transfer” pada bagian atas menu dari fitur-fitur yang ada karena menu “cashout” ada pada bagian Transfer.

2. Pilih Metode “Pegadaian”

Cara Tarik Tunai Saldo Dana Di Pegadaian Pilih Metode Pegadaian

Selanjutnya, Anda harus memilih metode cashout. Ada pilihan “Bank Transfer”, “Alfamart” dan juga “Pegadaian”. Karena Anda ingin mengambil uang tunai di Pegadaian maka pilihlah “Pegadaian”.

3. Datang ke Pegadaian Terdekat dan Ikuti Antrian

Jika sudah tiba di Pegadaian, ambil nomor antrian atau sampaian pada satpam bahwa Anda ingin mengambil saldo DANA. Satpam akan memberikan nomor antrian dan menunjukan dimana Anda harus menunggu.

4. Informasikan Tujuan Untuk Menarik Saldo DANA

Jika sudah tiba giliran Anda, sampaikan kepada admin kalau Anda ingin melakukan transaksi tarik tunai saldo DANA di Pegadaian.

5. Beri Tahu Nomor Hp yang Terdaftar di Aplikasi DANA

Selanjutnya admin Pegadaian akan meminta Anda menyebutkan nomor telepon Anda yang di gunakan di aplikasi DANA. Sambil menunggu kasir memasukan data nomor hp, persiapkan token transaksi di aplikasi.

6. Klik Tampilan Token dan Beri Tahukan ke Admin Pegadaian

Klik Tampilan Token Dan Beri Tahukan Ke Admin Pegadaian

Buka kembali aplikasi DANA dan tekanlah “Show Token”. Lalu ketika admin meminta token transaksinya, perlihatkan token transaksi kepada admin Pegadaian.

Token hanya berlaku 5 menit saja jika token sudah tidak berlaku Anda biisa memperbaharuinya dengan cara menekan kembali tombol “Show Token”.

7. Informasikan Nominal Penarikan

Admin akan meminta Anda menyebutkan berapa nominal penarikan saldo DANA yang ingin dilakukan. Informasikanlah jumlah penarikan saldo dengan jelas. Mislanya Rp. 100.000.

8. Berikan KTP/SIM ke Admin

Selanjutnya, admin akan meminta informasi identitas Anda untuk verifikasi. Pastikan Anda membawa salah satunya. Tunggulah beberapa saat, sementara admin sedang melakukan proses verifikasi.

9. Transaksi Segera di Proses Lalu Cek Riwayat Transaksi di Aplikasi

Jika proses verifikasi berhasil, maka transaksi Anda akan segera di proses. Anda bisa mengambil uang Anda melalui admin Pegadaian. Hitung uang Anda sebelum meninggalkan gerai. Jika perlu cek dulu saldo dan juga riwayat transaksi di aplikasi DANA untuk memastikan bahwa transaksi sudah sesuai.

10. Ambil Kembali KTP/SIM Anda

Jika transaksi sudah berhasil dan tidak ada kesalahan, jangan lupa ambil kembali KTP/SIM Anda yang tadi di serahkan ke admin.

Baca juga : Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

Penutup

Selain gerai yang pasti ada di setiap sudut dan mudah di temukan, tarik saldo DANA melalui Alfamart, dan Pegadaian juga mudah dan praktis. Anda juga bisa melakukan tarik tunai di Alfamidi, DAN-DAN dan LAWSON. Layanan cashout dari DANA ini bertambah menarik karena adanya jatah free cash out sebanyak 10 kali perbulannya. Kita bisa berhemat biaya admin tarik tunai dalam sebulan jika seandainya rumah kita jauh dari ATM Bank yang kita punya.

Fee tarik tunai yang di berlakukan setelah free 10x juga terhitung murah saat kita kesulitan menemukan ATM. Karena jika kita menggunakan ATM lain, biaya adminnya biasanya Rp. 6500 sementara fee DANA hanya memberlakukan Rp. 4500/ transaksi. Nah sekarang Anda bisa mengikuti tutorial di atas jika ingin mencairkan saldo DANA menjadi uang cash di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan DANA seperti Alfamart dan Pegadaian. Selamat mencoba tutorialnya!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar