8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Paling Mudah

Photo of author
Written By Yulinda Nurlisdiana

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Suka menulis blog? Karena kemajuan teknologi yang makin hari makin meningkat, kini hobby menulis blog Anda bisa di jadikan salah satu sumber penghasilan yang terbilang lumayan.

Sebab kita bukan hanya bisa mengandalkan Google Adsense saja untuk memonetisasi karya kita di blog, ternyata ada banyak cara lainnya untuk bisa membuat blog kita menghasilkan pundi-pundi uang.

Bagaimana caranya?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas 8 cara mendapatkan uang dari blog yang bisa di pelajari oleh para pemula. Penasaran? Yuk langsung kita bahas satu persatu!

Baca juga, 9 Tools SEO Gratis Untuk Cari Uang Online Lewat Blogging

1. Iklan dari Google Adsense

 Iklan Dari Google Adsense

Salah satu cara paling populer untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah lewat pemasangan iklan. Mekanisme sederhana : kita membuat konten – mendapatkan pengunjung – membuat audiens melihat bahkan mengklik iklan yang ada di blog kita – mendapatkan bayaran dari pemasangan iklan yang ditayangkan tersebut.

Hal ini mirip seperti cara kerja iklan di koran dan televisi. Misalnya saja koran yang punya basis pembaca. Para pembaca setia media cetak inilah yang menjadi target audiens dari iklan yang di tayangkan di koran. Lalu pihak media cetak mendapatkan bayaran dari pihak yang memasang iklan di medianya.

Begitu pula dengan blog dan juga media digital lainnya. Kita selaku publisher nantinya akan menerima bayaran sebagai jasa slot iklan yang kita sediakan di blog yang memiliki basis pengunjung.

Dalam memasang iklan kita butuh memilih platform iklan online yang terpercaya dan bisa di andalkan. Salah satunya seperti Google Adsense. Kenapa hal ini penting sekali untuk di perhatikan? Alasannya :

Pembayaran Iklan yang Tepat Waktu

Alasan pertama adalah soal pembayaran. Jika kita memilih platform iklan yang terpercaya maka pihak platform iklan tidak akan menunggak bayaran atas iklan yang tayang di blog kita.

Pembayaran tentunya akan dilakukan secara rutin setiap bulannya ditanggal yang sama. Jadi kita pun tidak perlu khawatir tidak akan dibayar.

Banyak Tidaknya Iklan yang Masuk ke Platform

Alasan kedua adalah soal iklan yang masuk ke platform tersebut. Kita bisa membayangkan kalau iklan yang masuk ke platform sedikit, maka kita pun akan sulit mendapatkan penghasilan dari blog karena banyak slot iklan yang kosong.

Oleh karena itu banyaknya inventory iklan yang masuk kesebuah platform juga akan mempengaruhi efektifitas blog kita dalam menghasilkan uang lewat iklan.

Menyediakan Dukungan dari Platform Iklan

Alasan ketiga, yang tidak kalah pentingnya untuk memilih platform terpercaya adalah dukungan dari pihak platform iklan sehingga membantu para blogger untuk bisa menghasilkan uang dari ads.

Misalnya saja fitur Auto-Ads dari Google Adsense yang memungkinkan kita sebagai publisher bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi dengan memasang iklan di tempat-tempat strategis secara otomatis.

2. Iklan dari Google Ad Manager

Cara kedua untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menggunakan Google Ad Manager. Hmm.. bedanya apa dengan Google Adsense?

Jadi gini, sebelum masuk apa itu google ads manager, kita mesti tahu dulu apa itu google ads. Google ads dan google adsense itu 2 platform yang berbeda. Nah Google ad manager juga platform berbeda dari keduanya.

Google Ads, Google Adsense dan Google Ad Manager itu 3 platform yang berbeda yah.

Google ads adalah platform dari google untuk para advertiser atau pengiklan. Sedangkan google adsense adalah platform yang digunakan oleh para publisher. Google ad manager ya untuk memanage akun google adsense kamu, dan ini dilakukan oleh pihak ketiga.

Jika kita menggunakan Google Adsense, maka kita sendiri sebagai (publisher) yang harus mengelola iklannya. Nah, hal ini berbeda dengan Google ad manager.

Google ads manager adalah perusahaan yang bekerja sama dengan publisher untuk memonetisasi semua jenis inventaris iklan di situa Anda.

Misalnya saja Anda bukan hanya memiliki blog/situs, tapi juga aplikasi seluler, video, atau game yang ingin dipasangkan iklan di dalamnya supaya lebih optimal.

Bukan hanya konten, bahkan google ad manager juga bisa menseleksi dan memilih iklan terbaik yang tayang pada blog atau aplikasi yang kita miliki.

Biasanya penghasilan dihitung berdasarkan jumlah klik. Semakin banyak iklan yang diklik oleh audiens maka akan semakin besar potensi penghasilan yang bisa Anda dapatkan. Supaya lebih jelas, ada 2 perbedaan penting antara Google Ads Manager dan juga Google Adsense yang bisa Anda amati :

  • Penghasilan publisher akan di bagi dengan pihak Google Ad Manager
  • Bisa mengelola penghasilan dari iklan yang berasal dari penawaran langsung dari advertiser
  • Anda akan mendapatkan laporan yang lebih kompleks dari setiap iklan yang di pasang di semua inventaris digital Anda

3. Menjual Slot Banner

Cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual slot banner di situs Anda. Biasanya banyak advertiser yang tertarik untuk memasang banner iklan di blog-blog yang audiensnya sesuai dengan target market mereka.

Jadi dalam hal ini, traffic bukanlah yang utama melaian kesesuaian audiens blog kita dengan target market dari para advertiser. Lalu berapa sih kita harus memasang harga slot banner di blog?

Jawabannya, tidak ada patokan pasti. Penentuan harga di sesuaikan atas kesepakatan publisher dan advertiser. Biasanya tergantung traffic, kesesuaian audiens dengan target pasar para advertiser dan juga negosiasi.

Namun ada 2 pendasaran yang bisa di jadikan acuan dalam menentukan biaya pemasangan banner di blog kita yaitu :

  • Penghasilan dari adsense pada posisi banner tersebut
  • Posisi blog atas keyword yang dipilih oleh advertiser. Semakin kuat posisinya maka kita bisa menawarkan slot banner dengan harga yang lebih tinggi
  • Berapa lama rencana pemasangan banner. Semakin lama maka akan semakin mahal

4. Affiliate Marketing

Pernah mendengar tentang affiliate marketing?

Cara ke empat supaya kita bisa menghasilkan uang dari blog adalah dengan mengikuti afiliasi. Ini adalah cara yang sederhana, bahkan semua orang bisa melakukannya. Affiliate marketing intinya adalah kita mempromosikan barang/ jasa tertentu melalui link yang kita taruh di blog kita.

Kita akan mendapatkan komisi dari setiap pengunjung blog yang mengklik link afiliasi kita dan membeli produk/ jasa tersebut. Jadi semakin banyak orang yang mengklik link tersebut lalu membeli produk/jasanya maka penghasilan kita pun makin tinggi.

Ada beberapa manfaat mengikuti affiliate marketing :

  • Tidak perlu modal uang, karena bisa di ikuti secara gratis
  • Tidak perlu menyediakan logistik dan membuat produk
  • Bisa menjadi sumber income jangka panjang

Nah untuk mensukseskan affliate marketing, konten adalah kunci.

Konten yang sesuai akan lebih mudah mendatangkan konversi. Jika konten yang dibuat tidak sesuai dengan tujuan affiliate maka kemungkinan orang untuk mengklik link affiliate dan membeli produksemakin kecil.

Untuk itu Anda bisa membuat review produk-produk affiliate yang menarik. Apalagi jika Anda merupakan seorang ahli di suatu bidang yang sesuai dengan produk yang ditawarkan affiliate, maka rekomendasi dari Anda biasanya lebih didengar.

5. Menjual e-book dan Pelatihan Online

Blog bisa juga kita jadikan sebagai media unjuk gigi. Jika Anda memiliki sebuah keahlian Anda bisa memperlihatkannya dengan membuat e-book atau pelatihan online.

Enaknya memiliki blog, kita tidak perlu melakukan hard-selling untuk meyakinkan calon pembeli untuk membeli e-book atau pelatihan online yang kita buat. Kita cukup membuat artikel-artikel yang memberikan analisis dan solusi mendalam serta menarik, maka dengan sendirinya orang bisa tahu bagaimana keahlian kita.

Dari sana, kita bisa membuat suatu materi berupa e-book ataupun video yang. Tidak masalah jika di awal kita memberikan e-book atau pelatihan online secara gratis untuk menarik audiens yang memang membutuhkan materi yang kita buat.

Keunggulan membuat e-book dan pelatihan online adalah kita bisa memonetasi secara berulang. Kita hanya perlu membuat e-book atau video sekali saja. Namun jika ingin pelatihan online Anda tetap di beli maka Anda pun harus bisa meng-update materi atau ilmu secara berkala.

6. Membuka Jasa Review dan Placement

Kemampuan menulis blog yang Anda miliki juga bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa review produk atau jasa dengan membuat artikel placement. Untuk itu, Anda perlu membangun blog dengan reputasi yang baik.

Dengan begitu maka brand-brand besar biasanya akan tertarik untuk dibuatkan review di blog Anda.

Kenapa demikian?

Perusahaan biasanya membutuhkan influencer untuk mengenalkan produk mereka. Nah, review yang sifatnya pengalaman dan disajikan dengan gaya bahasa yang casual biasanya bisa lebih di terima. Selain itu, perusahaan membutuhkan backlink untuk membantu dalam proses SEO-nya.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, sebisa mungkin kita tidak terlalu menonjolkan artikel placement sebagai endorsement. Sebab backlink yang dibayar dinilai melanggar aturan Google.

7. Membuka Jasa Konsultasi

Poin selanjutnya berhubungan dengan keahlian Anda. Banyak para konsultan atau perencana keuangan yang mendapatkan klien dari blog yang mereka tulis.

Namun untuk dapat menjual jasa konsultasi Anda, pastikan Anda membuat artikel-artikel berkualitas dengan niche yang jelas. Sebab jika kita membuat blog yang isinya campuran atau nichenya tidak mengerucut maka akan sulit bagi audiens untuk memahami keahlian Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa mulai fokus menulis artikel pada bisang yang memang Anda kuasai. Supaya suatu saat nanti Anda bisa mulai menawarkan jasa konsultasi dengan mudah karena orang-orang percaya pada keahlian Anda.

8. Menjual Blog

Terakhir, ada cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog yakni menjual blog Anda sendiri.

Tidak salah?

Benar sekali, kita bisa bisa kok berbisnis jual beli blog. Tapi tentunya jual beli blog ini hanya bisa dilakukan bagi blog yang memenuhi syarat.

Banyak para blogger yang melakukan ini ketika blognya sudah memiliki niche dan reputasi yang bagus, traffic yang tinggi dan audiens yang terus berkembang.

Penghasilan yang didapat dari menjual blog pun bisa sampai 20-30 kali fee blogging perbulan dari iklan. Hal ini menunjukan bahwa blog merupakan media yang masih dibutuhkan dan diminati untuk berbagai kepentingan. Tertarik untuk berbisnis jual beli blog ini?

Jika ya, Anda wajib mempelajari bagaimana membangun blog dengan niche yang jelas dan banyak diminati. Selain itu, tentunya membuat konten-konten yang berkualitas dan dipublish secara konsisten.

Baca juga, Cari Uang Online dengan Blogging Pentingnya Riset Keyword untuk SEO

Penutup

Nah itulah 8 cara yang bisa di lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Tertarik untuk mulai membuat tulisan Anda di blog menjadi sumber penghasilan?

Anda bisa memilih beberapa di antaranya atau bahkan semua caranya. Tentunya semua ini dilakukan secara bertahap tidak bisa instan ya. Kita tetap perlu membangun reputasi dan konten yang berkualitas di blog agar semua lini penghasilan bisa kita maksimalkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat, selamat mencoba!

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar