Cara Menggunakan Aplikasi m-BCA Untuk Transaksi

Dikenal oleh publik sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, BCA adalah salah satu institusi perbankan pilihan masyarakat negeri ini. Berbagai inovasi sudah dilakukan BCA demi mempermudah kebutuhan layanan keuangan nasabahnya, termasuk mengenalkan m-BCA. Lantas, bagaimana sih cara menggunakan aplikasi m-BCA itu sendiri?

Nah, sebelum tahu cara menggunakan aplikasi m-BCA, ada baiknya jika Anda berkenalan dengan layanan tersebut terlebih dulu.

Dalam website resmi BCA, diungkapkan bahwa m-BCA atau Mobile Banking merupakan layanan produk perbankan dari BCA yang bisa diakses langsung oleh nasabah lewat ponsel. Akses m-BCA ini sendiri bisa dilakukan melalui menu pada kartu SIM (Subscriber Identification Module) yang dipasang di ponsel, melalui perantara SMS hingga menu pada aplikasi BCA Mobile.

Lewat aplikasi BCA mobile sendiri, ada tiga fitur yang ditawarkan yakni m-BCA, KlikBCA dan InfoBCA. Karena kita akan membahas cara menggunakan aplikasi m-BCA, maka tentunya yang diulas di sini adalah cara akses m-BCA melalui aplikasi BCA Mobile.

Baca juga: 9 Aplikasi Keuangan Terbaik Untuk Mengatur Keuangan Pribadi, Gratis!

Langkah Awal Gunakan Aplikasi BCA Mobile

Banner Promo Aplikasi Bca Mobile

Mengusung tagline #DibikinSimpel, aplikasi BCA Mobile memang upaya inovasi BCA untuk memberikan layanan finansial berkualitas, seiring dengan perkembangan zaman. Bank yang kini dimiliki oleh orang terkaya di Indonesia yakni kakak-beradik Budi dan Bambang Hartono ini paham betul bahwa gaya hidup serba smartphone dan internet makin meningkat.

Lantaran gaya hidup yang makin online itulah, BCA Mobile hadir menawarkan kemudahan akses terhadap rekening bank masing-masing, tanpa perlu keluar rumah untuk mencari mesin ATM BCA sekalipun. Lewat BCA Mobile pula, siapapun bisa menggunakan layanan m-BCA jauh lebih efektif, efisien dan tentunya profesional.

Agar tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi m-BCA ini, satu hal terpenting adalah Anda merupakan nasabah BCA yang sudah mendaftarkan nomor ponsel untuk akses layanan m-BCA. Pendaftaran ini bisa dilakukan lewat mesin ATM BCA atau Customer Service (CS) di kantor cabang BCA terdekat.

Pendaftaran lewat mesin ATM BCA memang lebih efektif, tapi nantinya cuma memperoleh akses transaksi nonfinansial saja. Sehingga jika ingin bisa melakukan seluruh transaksi finansial, lebih baik meminta bantuan petugas CS BCA. Begitu pula jika nomor ponsel didaftarkan pada SMS banking BCA saja, tak akan bisa mengakses mobile banking m-BCA.

Nah, jika proses pendaftaran nomor ponsel aktif ini sudah selesai, maka Anda harus melakukan tahapan berikut ini sebelum belajar cara menggunakan aplikasi m-BCA untuk transaksi:

1 | Folderbisnis.com
© banksentral

1. Unduh terlebih dulu aplikasi BCA Mobile di PlayStore (pengguna Android) atau AppStore (pengguna iOS). Jika sudah diunduh, pasang aplikasi tersebut di ponsel

2. Buka aplikasi BCA Mobile yang sudah terpasang, maka Anda akan mendapat tiga pilihan fitur layanan yakni m-BCA, KlikBCA dan Info BCA. Lantaran kita membahas m-BCA, pilih opsi m-BCA

2 | Folderbisnis.com
© banksentral

3. Anda akan disodorkan pada halaman berisi Syarat dan Ketentuan m-BCA (Mobile Banking). Pastikan sudah membaca aturannya sebelum pilih tombol ACCEPT

3 | Folderbisnis.com
© banksentral

4. Anda akan diminta memasukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA, lalu tunggu hingga ada SMS masuk ke nomor HP yang sudah terdaftar pada layanan m-BCA sebelumnya. Untuk itulah dalam tahapan ini pastikan nomor HP memiliki pulsa untuk membayar tarif SMS dalam proses verifikasi

4 | Folderbisnis.com
© banksentral

5. Jika verifikasi berhasil, maka aplikasi BCA Mobile akan melakukan reload, lalu kemudian Anda diminta untuk membuat kode akses sebanyak enam digit berupa huruf dan angka. Kode akses ini membuat Anda tetap bisa menikmati fitur m-BCA sekalipun berganti ponsel atau kartu SIM hilang

Nah, jika seluruh prosesnya sudah dilakukan, maka Anda langsung menikmati fitur m-BCA di aplikasi BCA Mobile untuk berbagai kebutuhan transaksi finansial.

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency: Apa Manfaat, Jenis, Return, Risiko, Cara Beli

Inilah Cara Menggunakan Aplikasi m-BCA untuk Keperluan Finansial

Jika Anda sudah memasang dan dapat melakukan login pada aplikasi BCA Mobile, maka inilah saatnya untuk mempelajari seperti apa sih cara menggunakan aplikasi m-BCA. Tenang tak perlu cemas, karena aplikasi ini bisa digunakan dengan sangat mudah oleh nasabah BCA untuk berbagai kebutuhan transaksi.

Yuk baca, BNI Internet Banking Terblokir Karena Lupa Password? Ini Cara Mengatasinya!

Setidaknya ada enam menu dalam fitur m-BCA yang dapat Anda akses di aplikasi BCA Mobile. Keenam menu itu adalah m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, m-Admin dan penarikan uang tunai (khusus smartphone Android dan iOS). Agar paham, berikut kami bahasa satu-persatu cara menggunakan menu m-BCA tersebut:

1. m-Info

Seperti namanya, m-Info merupakan menu dalam m-BCA yang berisi berbagai pilihan layanan informasi rekening. Dengan m-Info, Anda tak perlur repot-repot harus ke mesin ATM BCA untuk sekadar mengecek saldo rekening atau melihat status transaksi.

Berikut langkah-langkah menggunakan menu m-Info:

4 5 | Folderbisnis.com
© carisinyal
  • Pilih menu m-Info pada tampilan awal m-BCA di aplikasi BCA Mobile
  • Klik INFO SALDO jika ingin lihat saldo rekening, lalu masukkan PIN m-BCA. PIN m-BCA merupakan PIN kartu ATM BCA dan kemudian klik OK
M-Info Cek Saldo
© carisinyal
  • Jika ingin melihat status transaksi atau laporan uang keluar/masuk, Anda bisa memilih menu MUTASI REKENING dan akan dimintai PIN m-BCA juga
  • Dalam menu m-Info juga disediakan informasi rekening deposito dan reksadana (jika Anda memilikinya dan terhubung pada rekening utama), serta kurs Rupiah

2. m-Transfer

Inilah menu utama yang ditawarkan oleh aplikasi BCA Mobile. Yap, melalui fitur m-BCA, Anda bisa melakukan berbagai transaksi finansial cuma lewat smartphone.

Asalkan nomor HP sudah terdaftar dan terverifikasi oleh pihak BCA, Anda bisa melakukan seluruh transaksi. Agar tak keliru, berikut langkah-langkah cara menggunakan aplikasi m-BCA untuk transfer:

Menu M Transfer | Folderbisnis.com
© carisinyal
  • Masuk ke aplikasi BCA Mobile >> menu m-BCA >> m-Transfer
  • Sebelum melakukan transfer, Anda diminta untuk mendaftarkan nomor rekening tujuan terlebih dulu. Ada dua pilihan transfer yakni ANTAR REKENING (sesama pengguna bank BCA) dan ANTAR BANK. Pastikan pilih salah satu yang sesuai dengan nomor rekening tujuan transfer
  • Masukkan nomor rekening tujuan pada kolom yang disediakan, lalu klik SEND. Setiap pendaftaran satu nomor rekening akan ada biaya pemotongan pulsa di nomor HP yang terdaftar, sebesar Rp1.500
  • Jika nomor rekening tujuan sudah terdaftar, Anda bisa kembali ke menu m-Transfer dan kemudian pilih layanan ANTAR REKENING, ANTAR BANK, BCA VIRTUAL ACCOUNT dan SAKUKU
Tata Cara Transfer | Folderbisnis.com
© carisinyal
  • Anda akan dibawa ke halaman baru dan mengisi kolom yang diminta. Mulai dari nomor rekening tujuan (hanya menampilkan nomor rekening yang sudah terdaftar sebelumnya), jumlah uang dalam Rupiah, berita (opsional). Pastikan mengecek terlebih dulu apakah sudah benar atau tidak, baru kemudian pilih tombol SEND

Baca juga: Panduan KTA BNI 2021: Tabel Angsuran, Pengajuan Online & Syaratnya

3. m-Payment

12 5 | Folderbisnis.com
© carisinyal

Tak cuma hanya untuk kebutuhan transfer saja, transaksi finansial yang bisa diakses di aplikasi BCA Mobile pada fitur m-BCA juga mengenai pembayaran.

Ada banyak pilihan menu pembayaran dalam menu m-Payment mulai dari Kartu Kredit, Handphone (Pascabayar), Telepon, Publik/Utilitas, Asuransi, Internet, Pinjaman dan lain-lain.

Pastikan Anda memilih menu dalam m-Payment sesuai dengan kebutuhan. Ikuti arahan yang diminta sebelum menuliskan jumlah nominal yang harus dibayar dan pilih SEND.

4. m-Commerce

Contoh E-Reload Dalam M-Commerce Aplikasi Bca Mobile
© carisinyal

Sama seperti menu m-Payment, m-Commerce juga merupakan pilihan transaksi finansial di layanan m-BCA dalam aplikasi BCA Mobile yang berkaitan dengan transaksi pihak ketiga atau marketplace. Ada tiga menu utama yang bisa Anda pilih yakni Voucher Isi Ulang (e-reload), PLN Prabayar, PLN Manual Advice dan pembelian lain seperti tiket pesawat.

Contohnya jika Anda ingin mengisi pulsa HP, maka tinggal pilih menu VOUCHER ISI ULANG lalu tentukan JENIS VOUCHER > NOMINAL VOUCHER > pilih SEND.

Kondisi serupa jika diharuskan membeli token PLN, tinggal masukkan saja Nomor ID PEL dan pilihan nominal token dan SEND. Sementara untuk pembayaran transaksi e-commerce lain, pastikan Anda mengetahui kode perusahaan dan kode pembayaran sebelum bertransaksi.

5. m-Admin

Seperti namanya, menu m-Admin menyediakan berbagai transaksi administrasi alias nonfinansial seperti Aktivasi untuk mengaktifkan layanan m-BCA atau ganti nomor HP, Ganti PIN untuk mengubah PIN m-BCA dan Lainnya yang dapat dipakai untuk registrasi dan hapus info kartu kredit BCA.

Baca juga: 10 Keunggulan KUR BRI (Syarat dan Tabel Angsuran)

6. Penarikan Uang Tunai

Dan untuk menu terakhir dalam m-BCA adalah penarikan uang tunai tanpa kartu (cardless). Tak perlu cemas, cara menggunakan aplikasi m-BCA untuk kebutuhan ini sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Penarikan Tunai Tanpa Kartu Lewat Bca Mobile | Folderbisnis.com
  • Buka aplikasi BCA Mobile pada fitur m-BCA dan pilih CARDLESS lalu TARIK TUNAI
  • Tentukan rekening sumber dana, nominal uang tunai yang bakal ditarik dengan kelipatan Rp50 ribu atau Rp100 ribu, dan masukkan PIN m-BCA
Langkah Tarik Tunai Dengan Aplikasi Bca Mobile
cara menggunakan aplikasi m-bca untuk transaksi 15
  • Anda akan memperoleh enam digit kode transaksi. Pastikan Anda tidak melebihi masa berlaku yang tertera pada pemberitahuan
  • Pergilah ke mesin ATM BCA terdekat dan pilih menu TRANSAKSI TANPA KARTU
  • Anda akan diminta memasukan nomor HP yang terdaftar pada aplikasi BCA Mobile dan enam digit kode transaksi sebelumnya pada mesin ATM
  • Jika proses berhasil dan saldo rekening memang masih cukup, Anda bisa langsung memperoleh uang tunai, sekalipun kartu debet BCA tengah tertinggal

Kesimpulan

Dengan sangat mudahnya siapapun mempelajari cara menggunakan aplikasi m-BCA, cepat atau lambat BCA Mobile jelas dianggap sebagai layanan perbankan paling inovatif dan efektif. Ingat, sekalipun dengan ini kebutuhan finansial makin mudah, Anda harus tetap disiplin dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan, ya!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar