Cara Mengelola Keuangan Saat Travelling Agar Tidak Boncos

Banyak orang yang tidak memperhatikan cara mengelola keuangan saat travelling. Padahal hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar Anda tidak mengalami masalah keuangan saat dan setelah kegiatan travelling berlangsung.

Travelling atau liburan memang merupakan salah satu kegiatan favorit banyak orang. Dengan bepergian ke berbagai tempat, Anda bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan stress akibat pekerjaan.

Sehingga setelah selesai travelling tentu diharapkan suasana hati menjadi senang dan bisa kembali optimal dalam bekerja. Untuk mendapatkan hasil ini Anda perlu memperhatikan masalah keuangan ketika melakukan travelling.

Baca juga, Tips Menabung Bagi yang Hobi Travelling Meski Gaji Kecil

Karena seringkali seseorang menghabiskan banyak uang hingga boncos ketika melakukan travelling. Akibatnya setelah travelling justru merasa bersalah dan membuat suasana hati menjadi tidak baik untuk melakukan pekerjaan.

Alasan yang Membuat Pengeluaran Boncos Ketika Travelling

Cara Mengelola Keuangan Saat Travelling/Unsplash

Salah satu hal yang perlu dipahami dalam mengelola keuangan saat travellingadalah memahami penyebab pemborosan. Dengan begitu Anda bisa melakukan antisipasi agar hal-hal tersebut bisa dihindari.

Karena seringkali seseorang tidak merasa bahwa sedang melakukan pemborosan. Mereka baru mengetahui bahwa pengeluaran saat travelling begitu besar setelah pulang dari perjalanan yang dilakukan tersebut.

Agar Anda bisa menghindari pemborosan ketika travelling, kami telah merangkum beberapa penyebabnya. Pastikan Anda menghindari hal-hal berikut ini agar terhindar dari risiko masalah keuangan setelah travelling.

  • Merasa Travelling Sebagai Ajang Balas Dendam

Travelling biasanya dilakukan pada masa-masa liburan. Entah itu dilakukan pada liburan akhir pekan, libur panjang pertengahan tahun atau libur pada saat perayaan natal dan tahun baru.

Oleh karena itu banyak orang yang merasa bahwa travelling merupakan ajang balas dendam setelah menghabiskan waktu untuk bekerja. Akibatnya mereka tidak mengelola keuangan saattravelingdengan baik.

Mereka mudah melakukan banyak pengeluaran tanpa melalui perhitungan yang matang. Hal ini membuat pengeluaran ketika travelling membesar tanpa disadari yang justru akan menjadi masalah keuangan di kemudian hari.

  • Ketidaktahuan

Hal lain yang membuat banyak orang melakukan pemborosan ketika melakukan travelling adalah ketidaktahuan. Khususnya adalah ketidaktahuan mengenai akomodasi dan destinasi yang berkualitas namun memiliki harga terjangkau.

Baca , Menabung dan Trik Traveling dengan Gaji Minim

Karena memang pengeluaran paling besar ketika melakukan travelling biasanya terletak pada masalah akomodasi dan juga destinasi. Sehingga tanpa perhitungan yang matang, pengeluaran Anda bisa saja tiba-tiba membengkak.

  • Selalu Berpikiran “Mumpung Liburan”

Salah satu pikiran yang membuat Anda kesulitan untuk mengelola keuangan saat travelingadalah “mumpung liburan”. Hal ini membuat Anda tidak segan-segan untuk mengeluarkan banyak uang pada hal yang tidak penting.

Apalagi ketika travelling pasti Anda akan menemukan banyak benda menarik yang jarang ditemukan sebelumnya. Akhirnya Anda membeli barang-barang tersebut walau sebenarnya tidak benar- benar membutuhkan barang tersebut.

Karena memang travelling atau liburan bukanlah hal yang bisa dilakukan seenak hati. Namun bukan berarti Anda bebas begitu saja untuk membelanjakan uang ketika sedang melakukan liburan.

Karena jika keuangan tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Selain itu belum tentu barang-barang yang Anda beli ketika travelling bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips Mengelola Keuangan Saat Travelling

Tips Mengelola Keuangan Saat Travelling/Unsplash

Dengan memahami beberapa hal yang membuat pengeluaran boros ketika travelling, Anda bisa membuat pencegahan agar hal itu terjadi. Namun selain itu, pengelolaan keuangan tetap harus Anda perhatikan dengan baik.

Karena pada akhirnya kondisi keuangan Anda akan tergantung dari bagaimana cara mengelolanya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa mengelola keuangan dengan baik ketika sedang travelling.

  • Buat Perencanaan Sebaik Mungkin

Hal pertama yang harus diperhatikan agar keuangan tidak bermasalah ketika travelling adalah merencanakannya sebaik mungkin. Dengan begitu Anda bisa mengetahui perkiraan besaran pengeluaran selama travelling berlangsung.

Perencanaan ini tentu saja meliputi pada destinasi yang hendak dikunjungi, akomodasi perjalanan dan beberapa hal lainnya. Karena sangat penting bagi Anda untuk memahami tujuan dan akomodasi selama travelling.

Dengan merencanakan destinasi dan akomodasi travelling dengan baik, Anda bisa mendapatkan liburan menyenangkan yang affordable. Sehingga Anda tidak akan kerepotan dalam mengelola keuangan saat travelling.

  • Lakukan Budgeting

Membuat budget selama melakukan travelling adalah hal yang sangat penting agar keuangan Anda tidak bermasalah. Karena budget tersebut bisa menjadi acuan Anda dalam melakukan pengeluaran.

Anda bisa membagi budgeting selama travelling dalam beberapa pos anggaran. Contohnya adalah pos akomodasi, pos makan selama travelling, pos menikmati destinasi, pos belanja oleh-oleh dan sebagainya.

Tidak ada aturan baku dalam membuat budgeting untuk melakukan travelling. Namun pastikan bahwa anggaran yang digunakan untuk travelling tersebut tidak menggunakan keseluruhan uang Anda atau uang penting lainnya.

  • Siapkan Dana Darurat

Meski sudah menyiapkan perencanaan dan budgeting, namun bukan berarti semuanya akan berjalan baik-baik saja. Terkadang bisa saja terjadi beberapa hal tidak terduga yang perlu dipikirkan dalam mengelola keuangan saat travelling.

Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda telah menyiapkan pos anggaran khusus sebagai dana darurat. Sehingga ketika hal tidak terduga terjadi, Anda bisa menggunakan uang dari pos anggaran tersebut.

  • Manfaatkan Promo

Semua orang menyukai promosi. Karena dengan promosi Anda bisa mendapatkan produk atau servis berkualitas dengan potongan harga. Hal ini juga perlu Anda manfaatkan ketika melakukan travelling.

Ada banyak promo yang bisa dimanfaatkan ketika Anda melakukan travelling. Contohnya adalah promo dari kartu kredit yang memberi potongan pada harga sewa hotel atau tiket masuk tempat wisata.

Selain itu Anda juga bisa mencari restoran yang menyediakan promosi jika menggunakan metode pembayaran tertentu. Potongan harga yang Anda dapatkan nantinya bisa disimpan atau digunakan untuk kebutuhan lainnya.

  • Tempat Wisata Gratis Tidak Kalah Seru

Tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak tempat wisata yang bisa dinikmati secara gratis atau hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan saat travelling.

Untuk mengetahui tempat wisata gratis tersebut tentu Anda perlu mencarinya terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan internet atau pengalaman traveler lain untuk mengetahui tempat wisata yang bisa dimasuki secara gratis.

Tidak perlu khawatir pengalaman yang ditawarkan oleh tempat wisata tersebut akan mengecewakan. Karena meski bisa dimasuki secara gratis, beberapa tempat wisata tersebut tetap menawarkan pengalaman yang menyenangkan.

  • Menyewa Kendaraan

Kendaraan merupakan hal yang sangat penting ketika sedang Anda melakukan travelling. Karena selama travelling Anda pasti akan sering berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Oleh karena itu memperhatikan hal ini dengan baik merupakan salah satu bagian dalam mengelola keuangan saat travelling. Terlebih jika Anda melakukan travelling tanpa membawa kendaraan pribadi.

Pilihan yang biasanya diambil para traveler adalah menyewa kendaraan atau menggunakan angkutan umum. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun menyewa kendaraan biasanya akan lebih murah.

Selain itu menyewa kendaraan juga lebih fleksibel untuk bepergian selama travelling. Sehingga waktu yang bisa Anda habiskan akan lebih efektif karena bisa melakukan perjalanan sesuka hati menggunakan kendaraan sewaan.

Tips Mendapatkan Hotel dengan Harga Terjangkau

Tips Mendapatkan Hotel dengan Harga Terjangkau/Unsplash

Penginapan atau hotel biasanya menjadi salah satu pengeluaran terbesar ketika melakukan travelling. Oleh karena itu seperti kami sebutkan di atas Anda harus merencanakannya sebaik mungkin.

Tentunya Anda pasti berharap bisa mendapatkan hotel berkualitas dengan harga terjangkau. Oleh karena itu silahkan simak tips berikut ini agar bisa mendapatkan hotel terjangkau untuk memudahkan mengelola keuangan saat travelling.

  • Buat List Daftar Hotel

Untuk memudahkan Anda dalam memilih hotel, sebaiknya Anda membuat terlebih dahulu daftar pilihan hotel terbaik. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menilai masing-masing hotel dan memilih pilihan terbaik.

Untungnya saat ini sudah tersedia beragam aplikasi dan website yang berisi informasi mengenai hotel atau penginapan di berbagai kota. Sehingga Anda bisa membuat daftar tersebut dengan mudah.

  • Pahami Kebutuhan Travelling Anda

Sebelum memilih hotel, sebaiknya Anda memahami kebutuhan Anda selama travelling terlebih dahulu. Karena hal ini akan sangat berpengaruh dalam pertimbangan memilih hotel terbaik selama travelling.

Contohnya adalah apakah Anda melakukan travelling seorang diri atau bersama keluarga. Jika bersama keluarga maka Anda bisa mencari hotel yang menyediakan family room agar biaya penginapan lebih murah.

  • Perhatikan Servis Atau Fasilitas Yang Diberikan

Dalam mengelola keuangan saat travelling, tentu Anda akan sangat memperhatikan harga sewa kamar hotel. Namun selain itu, Anda juga perlu memperhatikan servis atau fasilitas yang diberikan.

Cari tahu apakah harga yang akan Anda bayarkan tersebut sudah termasuk ke dalam semua fasilitas hotel. Fasilitas yang disediakan hotel tersebut bisa membantu Anda dalam melakukan penghematan selama travelling.

Contohnya adalah jika hotel menyediakan sarapan secara gratis. Hal ini akan membuat biaya makan Anda selama travelling menjadi lebih murah karena tidak lagi harus membeli sarapan sendiri.

  • Perhatikan Promo

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika memilih hotel adalah promo. Karena tidak jarang beragam aplikasi booking hotel memberikan promo tambahan dalam bentuk kupon atau voucher.

Ada banyak macam promo yang bisa dimanfaatkan ketika memilih hotel. Mulai dari pemberian potongan harga, cashback dan beragam promo lainnya. Selain itu biasanya juga tersedia promo jika menggunakan kartu kredit.

  • Pesan Jauh-Jauh Hari

Salah satu hal yang akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan saat travellingadalah memesan hotel dari jauh-jauh hari. Karena biasanya harga hotel atau penginapan akan meningkat saat memasuki musim liburan.

Sehingga jika Anda memesan hotel secara dadakan, akan mendapatkan harga yang lebih mahal. Selain itu memesan jauh-jauh hari juga membuat Anda memiliki pilihan jenis kamar yang lebih banyak.

Karena perlu diketahui bahwa setiap hotel pasti memiliki beragam varian jenis kamar. Setiap varian tersebut juga memiliki harga dan fasilitas yang berbeda satu dengan lainnya.

Sehingga jika Anda memesan mendekati waktu travelling, bisa saja Anda kehabisan kelas kamar yang diinginkan. Sehingga mau tidak mau Anda harus memilih kelas kamar lain atau mencari hotel lain.

  • Perhatikan Review

Review adalah hal yang tidak boleh dilupakan ketika Anda hendak memesan hotel. Karena review merupakan pengalaman para pelanggan sebelumnya yang sangat bagus menjadi acuan penilaian.

Review dari pelanggan akan memberi gambaran sesungguhnya dari kualitas servis dan fasilitas yang diberikan oleh hotel. Dengan memilih hotel denga review baik, akan membuat travelling lebih berkualitas.

Travelling atau berlibur memang merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun sayangnya kegiatan ini juga sering menjadi pemborosan yang membuat kondisi keuangan Anda terganggu.

Oleh karena itu pastikan Anda memahami penjelasan kami di atas agar bisa travelling tanpa mengalami masalah keuangan. Karena dengan mengelola keuangan saat travellingyang tepat, kualitas liburan Anda akan meningkat.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar