Cara Mencari Supplier Untuk Memulai Bisnis Dropship

Tidak banyak orang yang mengetahui cara mencari supplier. Padahal keberadaan supplier memiliki peranan penting dalam menjalankan bisnis. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis dengan sistem dropship.

Dalam bisnis dropship, kualitas produk dan juga pengiriman sangat bergantung pada supplier. Oleh karena itu, semakin baik kualitas supplier, tentu juga akan meningkatkan kualitas bisnis Anda di mata pelanggan.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak menentukan supplier untuk bisnis dropship. Mulai dari produk yang dimiliki, kecepatan pelayanan, sistem yang digunakan dan berbagai hal lainnya.

Tidak perlu merasa kebingungan jika Anda belum berpengalaman dalam menemukan supplier dengan kualitas baik. Sebab dalam artikel ini, kami akan menjabarkan caranya hanya untuk Anda.

Keuntungan Menjalankan Bisnis dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Memulai Bisnis Dropship/Unsplash

Sebelum Anda memahami cara mencari supplier untuk bisnis dropship, terlebih dahulu akan kami jelaskan apa saja keuntungan menjalankan bisnis dropship.

Sebab masih banyak orang yang memulai bisnis ini namun tidak mengetahui keuntungan dari menjalankannya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika menjalankan bisnis dengan sistem dropship.

  • Tidak Perlu Stok Barang

Salah satu hal yang menurut banyak orang merepotkan dalam menjalankan bisnis adalah menyimpan stok produk. Sebab Anda akan membutuhkan tempat yang luas dan tenaga lebih untuk menyimpan stok.

Namun dengan menjalankan bisnis dropship, Anda tidak perlu repot melakukan stok barang. Semua barang yang Anda jual berasal dari supplier dan akan langsung dikirimkan kepada pelanggan tanpa melalui Anda.

  • Pengiriman Diurus Oleh Supplier

Salah satu alasan Anda perlu memahami cara mencari supplier baik dalam menjalankan bisnis dropship adalah karena semua proses pengiriman langsung dilakukan oleh supplier. Sehingga Anda tidak perlu memikirkannya.

Sebab Anda tidak perlu repot melakukan packing produk ataupun mengunjungi jasa pengiriman. Waktu yang Anda miliki bisa difokuskan pada kegiatan pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan.

  • Dapat Dikerjakan Di Rumah

Anda tidak memerlukan kantor untuk menjalankan bisnis dropship. Semua kegiatan dapat Anda lakukan di rumah. Hanya dengan modal laptop dan internet, Anda sudah dapat memasarkan barang.

Ketika ada pelanggan yang membeli produk, Anda cukup menghubungi supplier. Setelah itu, supplier akan mengirimkan produk kepada pelanggan. Anda cukup menunggu di rumah hingga proses transaksi selesai.

Standar Menentukan Supplier dalam Bisnis Dropship

Standar Menentukan Supplier dalam Bisnis Dropship /Unsplash

Hal yang perlu Anda pahami dalam cara mencari supplier adalah mengetahui standar menentukan kualitas supplier. Karena tanpa hal ini, Anda akan kebingungan menilai apakah supplier tersebut baik atau tidak.

Dengan adanya standar dalam menilai, Anda akan lebih mudah menentukan kualitas suatu supplier. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih supplier dalam bisnis dropship.

  • Produk

Dalam bisnis dropship, pada dasarnya Anda memasarkan produk milik supplier. Oleh karena itu kualitas produk milik supplier sangat berpengaruh pada keberhasilan bisnis dropship yang Anda jalankan.

Carilah supplier yang memiliki produk baik. Jika bisa, Anda harus mencoba sendiri produk tersebut sebelum menjualnya kembali. Sehingga Anda benar-benar yakin bahwa produk tersebut akan laku di pasaran.

  • Respon Supplier

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara mencari supplier adalah kecepatan respon mereka dalam membalas pesan Anda. Sebab hal ini sangat berpengaruh pada pengalaman belanja pelanggan.

Jika supplier lambat merespon, maka pasti produk akan dikirim dalam waktu lama. Hal ini akan membuat pelanggan kecewa karena barang yang mereka beli dari Anda tidak kunjung datang.

  • Sistem

Ketika Anda menjalin kerja sama dengan supplier, pastikan sistem yang diterapkan jelas. Hal ini mulai dari melihat ketersediaan stok, kejelasan harga, pembagian keuntungan dan hal lainnya.

Maka ketika bisnis sudah berjalan, tidak akan ada masalah yang ditemui. Karena tanpa adanya sistem yang jelas, bisa saja terjadi masalah seperti stok habis tanpa Anda ketahui dan masalah-masalah lainnya.

Cara Mencari Supplier dengan Mendatangi Langsung

Salah satu cara paling cepat untuk mendapatkan supplier adalah dengan mendatangi langsung tempat produksi mereka. Berikut adalah cara untuk mendapatkan supplier dengan mengunjungi langsung tempat produksi.

  • Buat Daftar Beberapa Tempat Produksi Di Sekitar Tempat Tinggal Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan supplier adalah membuat daftar tempat produksi atau pabrik di sekitar Anda. Khususnya jika Anda sudah memutuskan jenis produk yang akan dijual.

Untuk menemukan pabrik atau tempat produksi di sekitar, Anda bisa lakukan dengan bertanya atau berkeliling seorang diri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti Google Maps.

  • Datangi Tempat Produksi

Setelah Anda memiliki daftar tempat produksi yang ada di sekitar, selanjutnya adalah mendatanginya satu per satu. Anda dapat melihat langsung produk serta sistem yang digunakan di tempat produksi tersebut.

Cara mencari supplier dengan mendatangi langsung membuat Anda bisa memahami kualitas produk dengan lebih jelas. Sehingga Anda lebih memahami nilai dari produk yang akan Anda pasarkan.

  • Membandingkan

Setelah Anda mendatangi beberapa tempat produksi, Anda akan memiliki data dari setiap tempat. Selanjutnya adalah membandingkan data dari setiap tempat produksi tersebut satu per satu.

Masing-masing tempat produksi mungkin akan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun Anda dapat menentukan bagian mana yang menjadi prioritas dalam menentukan supplier untuk bisnis Anda.

  • Memutuskan

Setelah selesai membandingkan, tahap terakhir adalah memutuskan tempat produksi yang akan Anda jadikan supplier untuk bisnis dropship. Selanjutnya Anda hanya perlu memasarkan produk mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Cara Mencari Supplier Secara Online

Cara Mencari Supplier Secara Online/Unsplash

Kekurangan cara mendatangi langsung adalah pilihan tempat produksi yang lebih sedikit. Bahkan di beberapa tempat, Anda akan sangat kesulitan untuk menemukan tempat produksi yang memiliki kualitas baik.

Oleh karena itu Anda juga bisa mencarinya secara online. Dengan begitu pilihan supplier akan lebih banyak dan beragam. Berikut adalah cara menemukan supplier untuk dropship secara online.

  • Tentukan Produk yang Hendak Anda Jual

Anda bisa menemukan berbagai produsen untuk berbagai jenis produk secara online. Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus menentukan jenis produk yang hendak Anda jual melalui bisnis dropship.

Apakah fashion wanita, fashion pria, makanan, perkakas ataupun jenis produk lainnya. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menemukan supplier yang tepat untuk bisnis dropship Anda.

  • Perhatikan Penjualan

Setelah menentukan jenis produk yang Anda jual, selanjutnya adalah memperhatikan penjualan dari setiap toko. Hal ini sangatlah penting di dalam cara mencari supplier secara online.

Sebab tingkat penjualan mereka menunjukkan minat pasar terhadap produk. Semakin tinggi tingkat penjualan supplier Anda, maka kemungkinan bisnis dropship Anda berhasil juga akan semakin besar.

  • Hubungi Supplier

Setelah menemukan beberapa toko dengan tingkat penjualan tinggi, selanjutnya adalah menghubungi mereka. Anda perlu menanyakan apakah mereka menerima penjualan dengan sistem dropship. Karena tidak semua toko bisa melakukannya.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan sistem yang digunakan selama menjalankan bisnis dropship nanti. Seperti bilamana terjadi kegagalan pengiriman, permintaan retur barang, harga dan berbagai sistem lainnya.

Tips Menentukan Supplier untuk Bisnis Dropship

Tips Menjalankan Bisnis Dropship untuk Mendapatkan Keuntungan/Unsplash

Cara mencari supplier baik dengan mendatangi langsung maupun online sebenarnya sangat sederhana. Yaitu Anda hanya perlu mengetahui produk mereka, tingkat penjualan dan apakah mereka menerima sistem dropship.

Namun di luar hal itu, ada beberapa hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab hal-hal berikut ini akan sangat berpengaruh pada keberhasilan bisnis dropship yang Anda jalankan.

  • Pahami Apakah Supplier Juga Menjual Retail

Mungkin Anda berpikir bahwa supplier tidak akan menjual produk mereka secara satuan ke pembeli secara langsung. Namun pikiran ini keliru. Sebab beberapa supplier juga melakukan penjualan secara retail.

Jika supplier juga menjual secara retail, artinya pembeli dapat langsung mendapatkan produk tanpa melalui Anda. Sehingga Anda perlu memikirkan strategi untuk mengatasi persoalan satu ini.

  • Perhatikan Tempat Supplier Berjualan Retail

Meski supplier juga menjual produk secara retail, bukan berarti Anda tidak bisa menjadikan mereka sebagai supplier untuk bisnis Anda. Karena jika begitu, cara mencari supplier yang Anda lakukan menjadi sia-sia.

Anda perlu memperhatikan tempat mereka menjual produk secara retail. Saat ini ada banyak tempat untuk berjualan secara online. Mulai dari marketplace, e-commerce, dan juga berbagai media sosial.

  • Perhitungkan Harga yang Diberikan Kepada Dropshipper

Selain mengetahui apakah supplier menerima dropshipper, Anda juga perlu memahami harga yang diberikan kepada para dropshipper. Karena beberapa supplier menetapkan harga yang sama untuk retail maupun dropship.

Lebih baik Anda mencari supplier yang memberikan harga khusus kepada para dropshipper. Sehingga Anda tetap bisa berasing dengan supplier yang berjualan secara retail dalam persoalan harga.

Tips Menjalankan Bisnis Dropship untuk Mendapatkan Keuntungan

Cara mencari supplier adalah salah satu cara untuk memastikan keuntungan dalam menjalankan bisnis dropship. Namun selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa mendapatkan keuntungan.

  • Branding

Salah satu kendala dalam menjalankan bisnis dropship adalah adanya kompetitor yang menjual produk yang sama. Sebab supplier Anda pasti juga akan menerima orang lain untuk menjadi dropshipper.

Untuk menonjolkan bisnis Anda dibanding kompetitor, Anda memerlukan branding. Meski memang branding di dalam bisnis dropship cukup sulit sebab produk yang dijual bukanlah produksi Anda sendiri.

  • Marketing

Keuntungan dari bisnis dropship adalah Anda tidak perlu repot memikirkan penyimpanan, pengepakan dan juga pengiriman. Artinya waktu Anda bisa difokuskan untuk melakukan marketing atau pemasaran.

Saat ini telah beredar banyak trik untuk melakukan pemasaran secara online. Mulai dari memanfaatkan iklan, endorsement, copywriting dan berbagai trik lain yang akan membantu Anda meningkatkan penjualan.

  • Perhatikan Pelayanan Pelanggan

Cara mencari supplier memang sangat penting dalam bisnis dropship. Karena supplier adalah pihak yang memiliki produk dan mengirimkannya kepada pelanggan. Namun selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pelayanan pelanggan.

Seperti mulai ketika pelanggan menghubungi Anda, bagaimana cara Anda merespon pelanggan dan sebagainya. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan penjualan. Semakin baik pelayanan pelanggan, semakin besar juga kemungkinan penjualan.

Menjalankan bisnis memang bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang harus Anda pikirkan untuk membangun bisnis yang stabil dan menguntungkan. Termasuk jika Anda menjalankan bisnis dropship.

Meski terkesan mudah, bukan berarti Anda bisa menjalankan bisnis dropship secara sembarangan. Karena setiap faktor di dalam bisnis sangat menentukan keberhasilan. Salah satunya adalah cara mencari supplier untuk bisnis.

Tinggalkan komentar