Cara Memanfaatkan E-mail Marketing dengan Tepat dan Optimal

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu memanfaatkan E-mail Marketing secara optimal. Sebab metode ini diyakini mampu membuat penjualan meningkat berkali-kali lipat meski menggunakan modal yang rendah.

Bahkan disebutkan bahwa keberhasilan promosi yang dilakukan melalui email memiliki hasil 40 kali lebih baik dibandingkan sosial media. Sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak menjadikan E-mail Marketing sebagai strategi pemasaran.

Strategi E-mail Marketing memang telah banyak dikenal dan digunakan oleh para pebisnis di berbagai bidang. Meski begitu, masih banyak orang yang belum memahami cara menggunakan strategi ini secara efektif.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan E-mail Marketing . Pastikan Anda memahami penjelasan kami secara detail agar mampu meningkatkan penjualan melalui E-mail Marketing .

Memahami Strategi E-mail Marketing secara Rinci

Cara Memanfaatkan E-Mail Marketing Dengan Tepat Dan Optimal
Cara Memanfaatkan E-mail Marketing dengan Tepat dan Optimal/Gmail

Untuk dapat memanfaatkan E-mail Marketing secara efektif, tentunya Anda harus memahami strategi ini secara rinci. Karena tanpa mengetahui bentuk strategi E-mail Marketing , Anda akan sulit untuk melakukannya.

Meski E-mail Marketing merupakan strategi pemasaran yang telah ada cukup lama, namun masih banyak orang yang tidak memahami strategi ini. Berikut adalah beberapa penjelasan dasar mengenai E-mail Marketing .

  • Pengertian E-mail Marketing

Secara sederhana, E-mail Marketing adalah strategi melakukan pemasaran yang dilakukan melalui e-mail. Meski begitu proses melakukan strategi E-mail Marketing berbeda dengan mengirim e-mail pada umumnya.

Dalam mengirim E-mail Marketing , Anda bukan seperti mengirim e-mail kepada seorang teman. Namun perlu diperhatikan juga bahwa melakukan E-mail Marketing bukan berarti mengirim spam kepada pelanggan.

  • Prinsip Kerja E-mail Marketing

Memahami prinsip kerja strategi ini merupakan langkah awal untuk memanfaatkan E-mail Marketing . Sebenarnya proses kerja dari E-mail Marketing sangatlah sederhana. Anda bisa melakukan strategi ini atau menggunakan berbagai tools.

Pada prinsipnya, Anda hanya perlu mengumpulkan liste-mail calon pelanggan. Setelah itu Anda membuat e-mail berisi promosi atau beragam hal lain yang ingin Anda bagikan kepada pelanggan.

Baca juga, Yuk, Kenalan dengan Para CEO Termuda di Dunia!

Setelah e-mail dikirim, calon pelanggan akan membuka dan membaca e-mail. Selanjutnya jika calon pelanggan tertarik dengan isi penawaran di dalam e-mail, maka mereka bisa melakukan pembelian.

Alasan Memilih Strategi E-mail Marketing

Alasan Memilih Strategi E-Mail Marketing
Alasan Memilih Strategi E-mail Marketing/Unsplash

Diketahui bahwa E-mail Marketing yang pertama kali dikirimkan adalah pada tahun 1978. Dari pengiriman E-mail Marketing tersebut, menghasilkan penjualan yang sangat besar yaitu senilai 13 juta dollar.

Hal ini menunjukkan bahwa strategi E-mail Marketing merupakan strategi yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Meski begitu, masih banyak para pebisnis yang memanfaatkan E-mail Marketing di masa sekarang.

Tentunya hal ini dilakukan oleh para pebisnis bukan tanpa alasan yang jelas. Sebab ada beberapa alasan yang membuat strategi penggunaan E-mail Marketing masih terbilang efektif seperti berikut ini.

  • Penggunaan E-mail yang Terus Meningkat

Pesatnya perkembangan internet membuat penggunaan e-mail semakin meningkat. Bahkan terdapat prediksi bahwa pada tahun 2023, jumlah pengguna e-mail di seluruh dunia mencapai 4,3 miliar orang.

Hal ini menunjukkan bahwa justru target pasar dari strategi E-mail Marketing terus mengalami pertumbuhan. Dengan begitu strategi ini akan tetap efektif dalam beberapa tahun ke depan.

  • E-mail Adalah Hal Wajib untuk Berinternet

Dapat dikatakan bahwa saat ini memiliki e-mail merupakan kewajiban untuk menikmati internet. Sebab ada banyak situs yang mengharuskan seseorang daftar menggunakan e-mail untuk membuat akun.

Contoh saja seperti beragam media sosial seperti Facebook, Instagram ataupun Twiitter yang mengguakane-mail sebagai salah satu syarat pembuatan akun. Hal ini juga yang mendorong pertumbuhan penggunaan e-mail di dunia.

  • Kebutuhan Biaya Relatif Lebih Kecil

Jika Anda bisa memanfaatkan E-mail Marketing secara optimal, maka Anda bisa mendapatkan hasil luar biasa meski hanya memiliki modal kecil. Sebab berbeda dengan iklan, biaya melakukan E-mail Marketing terhitung rendah.

Bahkan Anda bisa melakukan strategi E-mail Marketing secara manual yang membuat Anda tidak harus mengeluarkan modal. Dengan jumlah modal yang semakin sedikit, akan membuat keuntungan Anda semakin besar.

  • Lebih Personal

Berbeda dengan promosi melalui sosial media atau iklan, e-mail akan dikirimkan langsung kepada calon pelanggan. Sehingga membuat promosi yang dikirim melalui e-mail menjadi lebih personal.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menjalin hubungan yang lebih personal dengan setiap pelanggan adalah kunci kesuksesan dalam bisnis. Proses ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan strategi E-mail Marketing .

Cara Memanfaatkan E-mail Marketing Lebih Optimal

Cara Memanfaatkan E-Mail Marketing Lebih Optimal
Cara Memanfaatkan E-mail Marketing Lebih Optimal/gmail

Dengan beragam manfaat yang dimilikinya, E-mail Marketing masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif di zaman sekarang. Meski begitu penggunaan E-mail Marketing tidak bisa dilakukan sembarangan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk lebih mengoptimalkan strategi E-mail Marketing . Pastikan Anda memahaminya sebaik mungkin agar penjualan produk dapat mengalami peningkatan.

  • Menggunakan Tools

E-mail Marketing memang bisa Anda lakukan secara manual. Tentunya jika e-mail yang harus dikirim hanya belasan atau puluhan bukanlah sebuah masalah. Namun bayangkan jika Anda mengirim ribuan e-mail.

Maka melakukannya secara manual pasti sangat merepotkan dan memakan banyak waktu. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan beragam tools yang tersedia untuk membantu Anda memanfaatkan E-mail Marketing .

Ada banyak pilihan tools yang bisa Anda pilih untuk membantu optimalisasi strategi E-mail Marketing . Anda bisa memilih layanan gratis hingga berbayar agar proses lebih mudah dalam menjalankan strategi ini.

  • Pastikan E-mailListFresh

E-maillist adalah daftar e-mail yang dimiliki oleh calon pelanggan Anda. E-mail di dalam tersebutlah yang merupakan penerima dari E-mail Marketing . Oleh karena itu Anda harus memastikan e-mail tersebut aktif.

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika melakukan hal ini adalah mengenai bagaimana cara Anda dalam membangun e-maillist. Tentunya Anda tidak bisa memasukkan e-mail secara asal-asalan ke dalam e-maillist.

  • Buat Segmentasi dalam E-mailList

Segmentasi adalah kegiatan yang sudah sering ditemukan dalam pemasaran. Ketika melakukan strategi E-mail Marketing , Anda juga harus membuat segmentasi agar strategi ini bisa lebih optimal.

Tidak ada aturan baku untuk membagi segmentasi di dalam e-maillist. Namun beberapa segmentasi yang biasanya dibuat didasarkan pada perilaku pelanggan, wilayah, lama berlangganan dan lainnya.

  • Kombinasikan dengan Landing Page

Cara memanfaatkan E-mail Marketing agar lebih optimal selanjutnya adalah mengombinasikannya dengan landing page. Sebab perlu diakui bahwa tampilan isi sebuah e-mail memang sulit untuk dikostumisasi.

Sehingga Anda akan memiliki ruang gerak yang terbatas untuk melakukan promosi hingga akhirnya terjadi transaksi. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan E-mail Marketing untuk membawa calon pelanggan ke landing page.

Pada landing page tersebut, barulah Anda bisa melakukan promosi dengan lebih leluasa. Hasil konversi orang-orang yang berada di landing page juga akan lebih besar karena mereka sudah memiliki ketertarikan.

  • OptimasiE-mailuntuk Perangkat Mobile

Saat ini sebagian besar aktivitas internet sudah bisa dilakukan melalui perangkat mobile. Begitu juga dengan kegiatan membaca e-mail saat ini sudah banyak dilakukan melalui smartphone.

Oleh karena itu Anda harus membuat e-mail yang bisa tampil secara optimal di smartphone. Mulai dari penulisan judul, tampilan isi, format gambar dan berbagai hal lain harus diperhatikan sebaik mungkin.

Tips Ampuh Membangun E-mailList

Seperti telah kami sampaikan sebelumnya bahwa e-maillist merupakan salah satu kunci dalam memanfaatkan E-mail Marketing . Anda harus menjamin bahwa e-mail di dalam tersebut aktif.

Untuk melakukan hal ini, sebaiknya biarkan calon pelanggan sendiri yang memberikan e-mailnya kepada Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun e-maillist.

  • Buat Event

Tips pertama agar Anda bisa mendapatkan e-mail dari calon pelanggan untuk membangun e-maillist adalah dengan membuat sebuah event. Selanjutnya Anda cukup jadikan alamat e-mail sebagai syarat untuk mendaftar event.

Event seperti webinar merupakan salah satu ide yang banyak digunakan untuk mendapatkan e-maillist. Anda bisa membuat webinar terkait bidang bisnis Anda agar bisa mendapatkan e-mail calon pelanggan.

  • Berikan Penawaran

Selain dengan membuat event, Anda juga bisa memberikan penawaran untuk mendapatkan e-mail dari calon pelanggan. Anda bisa memberikan produk seperti e-book yang dikirim melalui e-mail kepada calon pelanggan.

Sehingga untuk mendapatkan produk tersebut, calon pelanggan harus memberikan e-mail kepada Anda. Selanjutnya e-mail tersebut bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan E-mail Marketing secara lebih optimal.

  • Menjadikan E-mail Sebagai Syarat Pembuatan Akun

Anda juga bisa membuat sebuah website dengan sistem member untuk mendapatkan e-mail calon pelanggan secara mudah. Hal ini biasanya dilakukan jika memang aktivitas utama bisnis dilakukan di website.

Baca juga, Cara Riset Kata Kunci Shopee, Terlengkap!

Anda bisa menjadikan alamat e-mail sebagai syarat untuk bisa membuat akun di website. Dengan begitu Anda bisa memberikan promosi melalui E-mail Marketing meski mereka sedang tidak membuka website.

Cara Menghindari E-mail Marketing Terindikasi Spam

Cara Menghindari E-Mail Marketing Terindikasi Spam
Cara Menghindari E-mail Marketing Terindikasi Spam/Unsplash

Salah satu hambatan dalam memanfaatkan E-mail Marketing adalah indikasi spam dari layanan e-mail yang dimiliki calon pelanggan. Sebab hal ini membuat e-mail berpotensi besar tidak akan dibaca oleh calon pelanggan.

Sehingga Anda harus mengoptimalkan E-mail Marketing agar tidak terindikasi sebagai spam. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar e-mail tidak menjadi spam.

  • Kirim E-mail dari IP yang Baik

Jangan sampa Anda mengirim E-mail Marketing dari alamat IP yang sudah pernah terindikasi melakukan spam. Sebab hal ini akan membuat e-mail berikutnya juga bisa diidentifikasi sebagai spam.

  • Gunakan Domain yang Terverifikasi

Anda juga harus mengirim e-mail menggunakan domain yang telah terverifikasi agar terhindar dari indikasi spam. Jika Anda menggunakan layanan pihak ketiga, Anda perlu memastikan hal ini kepada mereka.

  • Hindari Penggunaan Kata yang Dianggap Spam

Beberapa kata telah terindikasi spam oleh beberapa penyedia layanan e-mail seperti Gmail. Beberpaa spam trigger words yang biasanya dihindari adalah “beli”, “cash” dan juga “diskon”.

  • Edukasi Calon Pelanggan

Anda juga bisa mengedukasi calon pelanggan untuk memasukkan e-mail Anda ke dalam whitelist. Informasi ini bisa Anda cantumkan di dalam website ataupun pada e-mail pertama yang Anda kirimkan.

  • Hindari Click Bait

Seringkali sebuah e-mail dibuat menarik pada bagian judul agar dibuka banyak orang. Namun jika ternyata isinya berbeda dengan judul, hanya akan membuat e-mail Anda ditandai spam oleh banyak orang.

Beragam strategi bisa Anda terapkan agar terjadi peningkatan penjualan. Salah satunya adalah E-mail Marketing yang telah digunakan selama puluhan tahun dan masih efektif hingga saat ini.

Baca juga, Pengertian, Untung dan Rugi Bisnis Afiliasi, Tertarik?

Meski begitu tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar E-mail Marketing lebih optimal. Beberapa cara dan tips di atas bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan E-mail Marketing .

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar