Cara Memanfaatkan Billboard untuk Bisnis di Zaman Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, banyak pebisnis yang kebingungan mengenai cara memanfaatkan billboard. Bahkan banyak yang telah menganggap bahwa promosi menggunakan billboard tidak efektif.

Sebab saat ini sudah muncul banyak media lain yang dianggap lebih efektif untuk beriklan. Contohnya seperti Iklan di dalam video YouTube, sosial media hingga iklan pop up di website.

Padahal saat ini billboard tetap bisa menjadi media iklan yang efektif jika dimanfaatkan dengan benar. Tentunya pemanfaatan billboard harus dimodifikasi agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk beriklan melalui billboard. Sehingga upaya pemasaran yang dilakukan melalui billboard tetap bisa mendapatkan hasil optimal.

Mengenal Iklan Billboard Pada Masa Kini

Cara Memanfaatkan Billboard untuk Bisnis di Zaman Digital/Unsplash

Untuk dapat memahami cara memanfaatkan billboard, tentu Anda harus mengenal media promosi ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami terkait media promosi billboard.

  • Memiliki Ragam Bentuk

Saat ini billboard telah memiliki ragam bentuk. Mulai dari variasi klasik yang hanya berupa gambar hingga penggunaan media digital atau juga sering disebut sebagai videotron.

Bahkan saat ini terdapat billboard yang dapat bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Billboard seperti ini biasanya diletakkan di kendaraan sehingga bisa berpindah lokasi.

  • Alasan Mulai Ditinggalkan

Banyak orang yang pesimis dengan efektivitas billboard sebagai media promosi. Ada beberapa hal yang menjadi alasan billboard dianggap sudah tidak efektif lagi sebagai media iklan.

Alasan pertama adalah hadirnya media promosi melalui internet seperti iklan di media sosial ataupun YouTube. Alasan lainnya adalah terjadinya Pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas luar ruangan lebih terbatas.

Namun sebenarnya billboard bukan benar-benar tidak lagi efektif sebagai media promosi. Anda hanya perlu memahami cara memanfaatkan billboard dengan benar sehingga promosi bisa mendapatkan hasil optimal.

  • Membutuhkan Modal Cukup Banyak

Perlu diakui bahwa biaya untuk memasang billboard memang cukup besar. Karena memang bisa dibilang sasaran dari promosi melalui billboard bisa tidak terbatas. Sehingga jangkauan billboard sangatlah luas.

Namun perlu diingat bahwa biaya memasang billboard akan berbeda bergantung lokasi penempatannya. Sebagai contoh, memasang billboard di Jakarta bisa memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan memasangnya di Bandung.

  • Lekat dengan Politik

Bisa dikatakan pada saat ini penggunaan billboard sangat lekat dengan strategi politik. Karena memang sektor yang masih banyak memanfaatkan billboard berasal dari sektor politik khususnya saat masa kampanye.

Cara Memanfaatkan Billboard di Era Digital

Cara Memanfaatkan Billboard di Era Digital/Unsplash

Kehadiran media promosi digital melalui internet memang menjadi salah satu faktor menurunnya minat memasang billboard. Karena memang jika dilakukan secara sembarangan, memasang billboard bisa hanya menjadi pemborosan.

Agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa hal yang harus Anda pahami untuk bisa menggunakan billboard dengan baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan billboard.

  • Jangan Dipahami Hanya sebagai Media Placement

Sebelum hadirnya internet, billboard memang merupakan media placement yang sangat efektif. Media placement adalah suatu media yang digunakan untuk meletakkan produk agar dikenal orang banyak.

Namun saat ini billboard tidak bisa lagi hanya dipahami sebagai media placement. Sebab perhatian orang-orang di jalan saat ini bisa dengan mudah langsung teralihkan kepada hal lain.

Sehingga jika billboard hanya dijadikan sebagai media placement memang tidak akan mendapatkan hasil optimal. Diperlukan cara dan sudut pandang lain dalam menggunakan billboard agar bisa mencapai hasil optimal.

  • Kaitkan dengan Campaign

Cara memanfaatkan billboard yang tepat adalah harus disatukan dengan campaign pemasaran yang panjang. Sehingga billboard hanya menjadi salah satu alat dalam menyukseskan sebuah campaign pemasaran.

Pemanfaatan billboard yang dikaitkan dengan campaign secara keseluruhan akan membuatnya lebih efektif. Tentunya campaign ini bisa berbeda-beda bergantung tujuan serta kreativitas tim pemasaran perusahaan Anda.

  • Integrasikan dengan Sosial Media

Penggunaan billboard sebagai media promosi memang tidak bisa dilakukan berdiri sendiri. Anda harus mengintegrasikan penggunaan billboard dengan sosial media agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar materi promosi di dalam billboard bisa ramai di sosial media. Bahkan pemilihan materi promosi yang tepat sudah mampu membuat ramai di media sosial.

  • Terlibat dengan Pembicaraan di Sosial Media

Anda harus terlibat ketika menggunakan cara memanfaatkan billboard yang terintegrasi dengan sosial media. Sebab tanpa adanya keterlibatan Anda, informasi yang beredar akan menjadi sangat liar.

Sebab orang-orang di internet bisa dengan bebas mengeluarkan pendapatnya melalui akun sosial media yang dimiliki. Oleh karena itu Anda harus ikut terlibat dalam pembicaraan agar informasi yang beredar tetap positif.

  • Kolaborasi

Penggunaan billboard tidak harus dilakukan hanya dengan mengandalkan perusahaan Anda sendiri. Anda bisa memanfaatkan billboard dengan melakukan kolaborasi dengan pihak lain seperti influencer, brand lain bahkan kompetitor.

Melakukan kolaborasi justru akan memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan awareness masyarakat. Dengan begitu kegiatan promosi yang dilakukan bisa lebih efektif dan mudah dalam mencapai tujuan.

Baca artikel, Peran Brand Ambassador dalam Sebuah Bisnis yang Harus Dipahami

Tips Melakukan Promosi Menggunakan Billboard

Tips Melakukan Promosi Menggunakan Billboard /Unsplash

Telah Anda pahami bahwa cara memanfaatkan billboard tidak bisa lagi disamakan dengan beberapa tahun lalu yang hanya dijadikan media placement. Billboard harus terintergrasi dalam sebuah campaign dengan memanfaatkan sosial media.

Tentunya untuk melakukan promosi seperti ini memang tidak bisa dibilang mudah. Oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan agar penggunaan billboard lebih efektif.

  • Gunakan Materi Promosi yang Akan Viral

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa pemilihan materi promosi itu sendiri bisa membuat iklan di billboard menjadi ramai diperbincangkan. Oleh karena itu Anda harus memilih materi yang akan viral.

Anda bisa memanfaatkan tren yang sedang terjadi sebagai media promosi di dalam billboard agar mendapatkan banyak perhatian. Cara lainnya adalah dengan menggunakan materi yang benar-benar membuat heboh.

Pandji Pragiwaksono dan Arif Muhammad adalah contoh yang sangat baik mengenai pemlihan materi promosi dalam cara memanfaatkan billboard. Mereka membuat billboard seolah-olah akan terjun ke dunia politik.

Sehingga billboard mereka menjadi ramai diperbincangkan di sosial media. Setelahnya diungkapkan bahwa ternyata mereka hanya melakukan kegiatan promosi untuk produk yang hendak ditawarkan kepada masyarakat.

  • Masukan Gambar yang Menarik Perhatian

Billboard adalah media promosi yang ditempatkan di pinggir jalan. Oleh karena itu materi billboard harus bisa menarik perhatian secepat mungkin agar bisa memberikan dampak yang optimal.

Penggunaan gambar akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan perhatian para pengguna jalan. Gunakan gambar-gambar yang tidak biasa hingga bisa langsung menarik perhatian banyak orang di jalan.

  • Tentukan Target Promosi

Meski billboard memiliki peluang untuk dilihat oleh semua orang, bukan berarti Anda tidak perlu menetapkan target promosi. Target promosi tetap harus ditentukan agar materi promosi optimal.

Cara memanfaatkan billboard yang tepat adalah meningkatkan relevansi dengan target market Anda. Contohnya jika target pasar Anda adalah laki-laki pekerja kantoran, Anda bisa membuat materi tentang kehidupan kantor.

Penggunaan materi yang terlalu umum hanya akan membuat materi terasa hambar dan sulit mendapatkan perhatian target pasar. Sehingga alih-alih bisa menyasar banyak orang, justru promosi bisa tidak berjalan efektif.

Ide Memanfaatkan Billboard untuk Promosi

Ide Memanfaatkan Billboard untuk Promosi/Unsplash

Seperti yang kami sebutkan bahwa saat ini billboard sudah tidak bisa dianggap sebagai media placement saja. Anda harus mengaitkan strategi penggunaan billboard dengan campaign marketing yang lebih luas.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara memanfaatkan billboard untuk melakukan promosi. Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa Anda contoh agar penggunaan billboard lebih optimal.

  • Scavenger Hunt

Scavenger hunt adalah suatu kegiatan yang menyerupai berburu harta karun. Dalam melakukan scavenger hunt, Anda akan meminta orang-orang untuk mencari sesuatu agar bisa mendapatkan hadiah.

Strategi ini bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan billboard. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Pandji Pradgiwaksono dalam salah satu campaign promosi tur stand up comedy miliknya.

Cara melakukannya adalah dengan memasang sejumlah billboard di beberapa titik tertentu. Selanjutnya Anda bisa meminta kepada orang-orang untuk mencari billboard tersebut, memfotonya lalu membagikannya ke sosial media.

Bagi orang-orang yang bisa menemukan keseluruhan billboard dalam waktu tertentu akan mendapatkan hadiah menarik. Melalui strategi ini, Anda bisa mendapatkan perhatian yang sangat besar dari masyarakat.

  • Saling Respon

Salah satu cara memanfaatkan billboard yang bisa Anda lakukan adalah dengan saling respon antar billboard. Cara ini sempat digunakan oleh Deddy Corbuzier dan juga Ivan Gunawan untuk mempromosikan bisnis mereka.

Anda hanya perlu membuat materi billboard yang merespon isi materi billboard lain. Tentunya akan lebih baik jika Anda telah bekerja sama terlebih dahulu dengan brand dalam billboard yang hendak direspon.

Sehingga Anda bisa menghindari kesalahpahaman akibat keliru dalam membuat isi materi sebagai respon atas sebuah billboard. Dengan begitu proses marketing bisa dilakukan secara lebih optimal.

  • Instalasi 3 Dimensi

Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan billboard yang dibuat 3 dimensi. Namun hal ini bisa Anda tingkatkan dengan membuat instalasi 3 dimensi yang memasukkan unsur billboard di dalamnya.

Cara memanfaatkan billboard seperti ini pernah dilakukan salah satu agensi iklan di Amerika Serikat. Mereka membuat instalasi seolah-olah cat tumpah dari dalam billboard lalu mengenai tempat parkir dan mobil.

Pemanfaatan billboard seperti ini tentu akan menarik perhatian banyak orang. Bukan hanya karena isi materinya yang memunculkan rasa penasaran, namun instalasi 3 dimensi juga membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya.

  • Manfaatkan Kondisi Lingkungan

Pemanfaatan billboard juga bisa dilakukan dengan mengoptimalkan kondisi lingkungan billboard tersebut dipasang. Tentunya hal ini dengan memperhatikan relevansi isi materi promosi dengan produk perusahaan Anda.

Sebagai contoh sebuah restoran di Australia bernama Oldtimer membuat billboard dengan memanfaatkan mulut terowongan. Gambar billboard dibuat seolah-olah mulut terowongan adalah mulut manusia yang sedang makan.

Baca juga yuk, Cara Menghindari Perang Harga yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis

Contoh lainnya adalah iklan produk pemotong bulu hidung dari brand Panasonic yang memanfaatkan kabel di sekitar billboard. Kabel dibuat seolah-olah sebagai bulu hidung yang terlalu panjang sehingga harus dipangkas.

Banyak orang yang beranggapan bahwa di zaman internet sekarang sudah tidak lagi membutuhkan billboard. Padahal billboard tetap bisa menjadi salah satu media promosi efektif jika digunakan dengan tepat.

Hal ini menjadi PR bagi Anda yang bekerja di bidang pemasaran untuk bisa mengoptimalkan penggunaan billboard. Sebab memang saat ini kreativitas dalam beriklan sangat diperlukan sebagai cara memanfaatkan billboard.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar