Cara Jadi Content Creator yang Menghasilkan Uang

Bagaimana sih menjadi content creator yang bisa menghasilkan uang? Penasaran? Yuk kita bahas!

Tapi pertama-tama, kita perlu tahu sebenarnya apa sih content creator itu.

Content creator adalah seseorang yang membuat konten melalui platform-platform digital dimana kontennya nanti di konsumsi oleh orang lain. Ada banyak platform digital yang populer digunakan saat ini seperti instagram, tik tok, facebook, youtube, blog dan masih banyak lagi.

Sebelum benar-benar terjun menjadi seorang content creator, Anda pasti memiliki banyak pertanyaan. Salah satunya soal penghasilan.

Apakah Content Creator Bisa Menjadi Pekerjaan?

Apakah Content Creator Bisa Menjadi Pekerjaan
Gambar : unsplash.com/ Jinyun

Pertanyaannya, apakah content creator itu bisa di jadikan pekerjaan, yang tentunya bisa menghasilkan uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup?

Wajar jika Anda memiliki pertanyaan seperti ini. Malah justru Anda wajib mempertanyakannya, sebelum memutusjab menjadi content creator. Dengan begitu, keputusan menjadi content creator bukan modal nekat saja.

Dan jawabannya untuk pertanyaan tersebut adalah, tentu saja bisa. Jangan salah sangka, saat ini content creator bahkan bisa dijakian pekerjaan tetap bagi seseorang. Anda bisa mencari pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan content creator di platform seperti Linkedin, Job Street dan sebagainya. DI jamin saat ini sangat banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Tapi selain menjadi karyawan di perusahaan, kita juga bisa menjadi content creator secara mandiri atau self employed. Artinya kita bekerja sendiri untuk menghasilkan karya dan juga uang di platform digital. Saat ini sudah banyak kok orang-orang yang menjadi content creator secraa mandiri. Tapi apakah semuanya bisa berhasil mendapatkan penghasilan?

Belum tentu. Hal itu tergantung bagaimana kegigihan seseorang untuk memperluas audiens dan juga meningkatkan kualitas kontennya.

Prospektus Content Creator

Prospektus Content Creator
Gambar : unsplash.com/ ConvertKit

Untuk Anda yang masih ragu terjun ke dalam dunia content creator, sebenarnya ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan! Yuk disimak!

1. Semua orang Mengkonsumsi Konten

Anda bisa mengamati dimana saja, kalau semua orang kini selalu mengkonsumsi konten setiap harinya. Di dalam kereta, bis, duduk sendirian, saat menunggu antrian hingga saat beristirahat di rumah pasti mereka sedang menatap layar hp. Kalau tidak membukan sosmed, biasanya orang-orang sedang cek marketplace, atau membaca berita.

Semua aktifitas tersebut berhubungan dengan konten. Anda bisa berefleksi, berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk mengkonsumsi konten tiap harinya? Baik itu scroling sosmed, baca berita atau sekedar cek-cek barang di marketplace.

2. Banyak Platform Digital Gratis

Alasan kedua mengapa kita harus jadi content creator adalah, karena sata ini banyak sekali platform digital yang memperbolehkan kita membagikan konten secara gratis. Misalnya seperti Youtube, Instagram, Tik Tok.

Kalau dulu, jika kita ingin menginfluence banyak orang maka kita harus masuk program di televisi. Hal tersebut tentu saja sangat sulit. Nah sekarang kita bisa dengan mudahnya membuat konten dan membagikannya kapan saja dan dimana saja. Asalkan terhubung dengan internet.

Baca juga, Wajib Tahu! 10 Tips Sukses Untuk Youtuber Pemula

3. Konten Apapun Selalu Ada Audiensnya

Alasan lainnya kenapa Anda tidak perlu ragu menjadi content creator adalah karena konten apapun yang Anda buat selalu ada audiens yang melihatnya.

Di era digital seperti saat ini, orang-orang mencari sumber inspirasi melalui internet tentang apapun itu. Misalnya saja video mukbang, ASMR atau video yang tidak terlalu berkualitas saja bisa memiliki ratusan ribu sampai jutaan viewers. Sehingga tidak perlu khawatir tentang audiens, karena akan selalu ada audiens yang menyimak atau menonton konten Anda.

4. Bisa Melakukan Hal-hal yang di Sukai

Dengan menjadi content creator, kita bisa melakukan apa saja yang kita sukai. Contohnya, jika Anda suka memasak maka Anda bisa membuat content tutorial memasak. Jika Anda suka bermain game, Anda bisa membuat video tentang gaming. Apapun yang Anda suka bisa di bagikan melalui platform yang ada.

5. Bisa Menghasilkan Uang

Anda bisa menghasilkan uang jika Anda benar-benar serius mengelola konten di platform digital. Anda pasti tahu tentang influencer marketing. Ini adalah teknik marketing yang memanfaatkan personal branding dari seseorang untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu sehingga mempengaruhi keputusan pembelian dari customer.

Selain itu ada cara lainnya untuk mendapatkan income dari pembuatan konten yakni menggunakan program afiliasi. Cara kerjanya, Anda akan mendapatkan komisi dari link pembelian yang Anda sertakan di dalam konten yang Anda buat.

Baca juga, 8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Paling Mudah

Cara Menjadi Content Creator Untuk Pemula

Cara Menjadi Content Creator Yang Menghasilkan Uang
Gambar : unsplash.com/ Jenny Ueuberberg

Lalu bagaimana caranya menjadi seorang content creator?

Tidak semua orang membuat konten bisa berhasil menciptakan pundi-pundi penghasilan karena berbagai faktor. Mulai dari tidak memiliki persiapan mental, persiapan pembuatan konten dan pemilihan platorm hingga distribusi konten. Pada dasarnya menjadi content creator butuh kesabaran baik dalam hal belajar maupun melihat hasilnya.

Nah jika Anda serius ingin menjadi content creator, ada beberapa tips penting yang bisa Anda praktikan supaya content creator menjadi profesi yang menghasilkan. Apa saja itu? YUk kita bahas satu persatu!

1. Menentukan Niche

Hal pertama yang harus di lakukan saat ingin menjadi content creator adalah menentukan niche. Mmeilih topik adalah hal mendasarkan yang penting untuk para content creator. Semakin spesifik niche yang di bidik maka akan semakin spesifik juga audiens yang akan bisa menemukan karya yang Anda buat.

Namun walaupun begitu, bukan artinya Anda hanya bisa memilih 1 niche saja kok. Anda bisa berkreasi dengan menurunkan sub niche dari niche utama. Misalnya saja Anda suka traveling dan membuat konten vlog traveling. Anda juga bisa membagikan konten lainnya yang memang Anda kuasai.

2. Memilih Platform Utama

Platform digital saat ini memang banyak, tapi ada baiknya jika Anda memilih 1 platform utama terlebih dulu sebelum merambah ke platform lainnya.

Jangan sampai karena Anda terlalu excited di awal, Anda menggarap semua platform dan akhirnya malah tidak ada satupun yang di fokusi. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada pengembangan audiens. Jadi sebaiknya fokus dulu ke 1 platform, misalnya saja Anda ingin membuat konten berbasis video, maka platform yang lebih tepat di fokusi adalah Youtube, atau Tok Tok.

Jika nantinya suda berkembang baru Anda bisa menambah ke platform lainnya. Yang terpenting, pelajari terlebih dahulu cara kerja dan algoritma platform yang Anda pilih. Selanjutnya pelajari siapa saja yang sering menggunakan platform tersebut untuk menentukan target audiens.

3. Mulai Membuat Konten Sekarang!

Tips selanjutnya adalah, jangan menunda-nunda membuat konten. Mulailah membuat konten sekarang juga. Biasanya hal yang menjadi hambatan kita untuk menjadi content creator adalah habit untuk menunda.

Alasannya, karena kita belum bisa membuat konten yang bagus. Tapi kenyataannya, memang tidak ada content creator manapun yang sekali coba membuat konten langsung jago, viral dan bertahan. Jika tidak memulai, justru kita tidak akan tahu bagaimana progres konten yang kita buat.

Anda bisa melihat konten-konten awal para content creator besar. Pasti ada perubahan dari waktu ke waktu, sebab mereka belajar sambil terus membuat konten secara konsisten. Sehingga bisa lebih baik dari sebelumnya.

Jadi jika Anda benar-benar ingin menjadi content creator, maka buang kebiasaan menunda. Ketika ada ide, langsung buat konten dan publish di platform digital yang Anda pilih. Mulai buat konten sekarang juga!

4. Pikirkan Jenis Konten yang Akan di Bagikan dan Konsisten

Pada dasarnya konten bisa terbagi dalam beberapa jenis seperti konten yang berbasis audio seperti podcast. konten info grafis, tulisan di blog dan juga video. Selain itu jika dilihat dari sifatnya, konten juga bisa terbagi dalam beberapa kategoori, seperti konten yang bersifat :

  • Menghibur : Meme, musik, lucu/ prank
  • Edukatif : How to, tips, panduan
  • Informatif : Up date berita terbaru
  • Inspiratif (motivasi) : Daily vlog, Quotes, Cerita hidup seseorang

Hal penting lainnya yang perlu di perhatikan dalam membuat konten adalah buatlah konten yang valuable, share-able dan bisa menjadi bahan diskusi. Selain itu, konsistensi dalam membuat konten juga penting. Jangan sampai 1 minggu kita membuat konten 3 kali lalu 1 bulan kemudian tidak membuat konten sama sekali. Lebih baik kita membuat jadwal sendiri untuk posting konten dan jika takut lupa, Anda bisa menggunakan fitur untuk posting otomatis.

Seorang content creator harus sabar dalam menunggu hasilnya. Sebab hasilnya tidaklah instant. Mungkin 2 minggu awal belum ada audiens yang melihat konten Anda. Namun jika Anda konsisten dan juga terus belajar, maka Anda pasti akan melihat progressnya. Setidaknya minimal kita membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk melihat hasilnya. Jadi harus sabar ya.

5. Jangan Malu Untuk Membagikan Konten Anda

Tips selanjutnya untuk para content creato pemula adalah, jangan malu untuk membagikan konten Anda kepada keluarga dan teman-teman. Anda bisa meminta bantuan mereka untuk me-like, follow atau bahkan membagikan link konten yang Anda buat di social media mereka.

Dengan begitu konten Anda makin cepat di kenal oleh banyak orang. Yang terpenting buatlah konten sekarang juga! Jangan menundanya.

Meskipun Anda tidak memiliki kamera yang bagus, tidak jago dalam mengedit video atau konten gambar. Tidak masalah. Asalkan Anda terus belajar dan membagikan konten. Justru dari sana, sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan saran untuk kebaikan platform digital yang sedang Anda bangun dari audiens.

Ingat, ‘Progress is better than perfection’. Jadi tidak masalah jika konten yang Anda buat saat ini belum begitu bagus. Anda bisa belajar dengan mengamati dan juga mendapat saran dari teman atau audiens Anda.

Baca juga, Strategi Konten Marketing: 4 Cara Praktis Tingkatkan Penjualan Produk

Penutup

Menjadi content creator yang berpenghasilan memang tidak mudah. Butuh banyak effort yang dikeluarkan. Bukan hanya menyediakan waktu dan tenaga untuk berpikir juga membuat kontennya tapi konsistensi juga sangat diperlukan untuk kesuksesan platform yang kita bangun.

Nah kurang lebih itu saja tips untuk menjadi content creator yang bisa menghasilkan uang. Jadi mulai dulu saja, tidak perlu mengkhawatirkan kualitas konten yang Anda buat. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya konten yang Anda buat, Anda akan terus belajar memperbaiknya. Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin atau sedang merintis menjadi content creator.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar