Cara Daftar Shopee Food, Keuntungan, Biaya, Sistem Gaji dll (Lengkap)

Apa itu Shopee Food? Mungkin masih ada juga yang belum kenal inovasi layanan terbaru dari marketplace raksasa dengan identitas warna oranye yang satu ini.

ShopeeFood adalah layanan pesan antar makanan yang di sediakan oleh Shopee. Seperti layanan pesan antar lainnya, cara kerja dari Shopee Food ini yakni pelanggan harus memesan makanan/ minuman lewat aplikasi Shopee. Sebentar, bukankah Shopee itu adalah aplikasi marketplace online?

ShopeeFood dan Aplikasi Shopee

Nah, ternyata pada menu home di aplikasi Shopee akan muncul icon layanan ShopeeFood (jika sudah log in). Kita tinggal memesan menu dengan melakukan checkout serta membayarnya. Kemudian pesanan akan di antar oleh mitra pengemudi dari ShopeeFood.

Saat ini Shopee Food sedang mengadakan voucher promo gratis ongkir dan juga diskon hingga 50% untuk para pelanggan.

Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk menggunakan layanan ini. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya peningkatan penjualan merchant dan orderan mitra pengemudi yang bergabung dengan ShopeeFood.

ShopeeFood dan Aplikasi Shopee

Jik layanan ShopeeFood yang terintegrasi dengan aplikasi Shopee cenderung di khusunya untuk pelanggan yang ingin memesan, lalu apakah ada aplikasi khusus untuk mitra merchant dan driver?

Untuk mengelola pesanan, merchant perlu mendownload aplikasi Shopee Partner. Sedangkan driver harus mendownload aplikasi khusus yang bernama ShopeeFood Driver. Mengenai kedua aplikasi ini akan di bahas lebih dalam nanti.

Nah, apakah Anda tertarik mendaftar sebagai mitra pengemudi atau berjualan di Shopee Food? Artikel ini akan mengulas asumsi-asumsi penting yang perlu Anda tahu mengenai ShopeeFood sebelum mendaftar.

Kemudian membahas lebih dalam tentang merchant maupun driver. Jadi harapannya bisa lebih komperhensif, namun Anda tetap bisa membaca info sesuai kebutuhan.

Area Jangkauan Shopee Food

Shopee Food sudah di perkenalkan pada April 2020 yang lalu dan iklannya mulai di publish pada Januari 2021. Jadi bisa di katakan bahwa ShopeeFood termasuk pendatang baru di banding dengan layanan pesan antar lain di Indonesia. Oleh karena itu jangan heran jika tidak semua pengguna aplikasi Shopee bisa mengakses layanan Shopee Food.

Awalnya layanan ini hanya tersedia di wilayah Jabodetabek saja. Namun saat ini sudah berkembang ke kota-kota lain seperti Bandung, Solo, Semarang, Malang, Surabaya dan Yogyakarta. Besar kemungkinan jika pihak Shopee akan terus mengembangkan Shopee Food ke kota-kota lain. Kita tunggu saja informasi terupdatenya.

Keuntungan & Biaya Menjadi Merchant (Penjual) atau Pengemudi

Karena termasuk baru, masih banyak yang mempertanyakan seputar Shopee Food. Baik itu dari segi keuntungan maupun juga apakah ada biaya pendaftaran ataukah biaya lainnya? Mari kita cari tahu jawabannya!

Menjadi Merchant (Penjual) di ShopeeFood

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda mendaftar menjadi merchant (penjual) di Shopee Food. Mulai dari :

  • Peluang mendapatkan pelanggan lebih tinggi karena toko/kedai/resto lebih mudah di akses oleh pelanggan di kota Anda
  • Bisnis makanan bisa lebih di kenal masyarakat sehingga bisa meningkatkan brand awarness, apalagi jika pelanggan suka mereka bisa menyimpan outlet Anda sebagai favorit sehingga mudah di cari saat ingin memesan lagi atau merekomendasikannya
  • Bisa mengikuti program promo yang di adakan ShopeeFood sehingga bisa menarik lebih banyak pelanggan
  • Sistem pembayaran aman dan bisa di cairkan kapanpun

Apakah ada biaya menjadi merchant Shopee Food?

Hingga saat ini tidak ada biaya pendaftaran menjadi perchant di ShopeeFood alias gratis. Namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya merchant di kenai biaya untuk pemasangan atribut misalnya.

Menjadi Driver ShopeeFood

Nah, bagi Anda yang berminat menjadi driver ShopeeFood ada beberapa keuntungan menarik yang menanti!

  • Bisa menjadi alternatif penghasilan tambahan dengan sistem bagi hasil, isnsentif dan bonus (untuk sistem gaji nanti akan di bahas khusus di poin selanjutnya)
  • Bisa mengatur waktu kerja dengan fleksibel
  • Peluang menjadapatkan order sangat besar karena ShopeeFood terintegrasi dengan aplikasi Shopee yang memiliki jutaan pengguna

Apakah ada biaya menjadi driver Shopee Food?

Nah, jika Anda sudah menjalankan proses pendaftaran dan resmi di terima menjadi mitra driver ShopeeFood, maka Anda perlu membayar sebesar Rp 100.000. Untuk apa? Mungkin Anda bertanya-tanya, kok harus bayar sih?

Uang sebesar Rp 100 ribu tersebut adalah biaya untuk mengganti atribut driver ShopeeFood yang nantinya akan Anda terima seperti jaket, dan helm. Biaya tersebut sebenarnya tergolong cukup murah dan terjangkau di banding biaya driver layanan pesan antar lainnya.

Komisi Merchant di Shopee Food dan Sistem Gaji Driver

Sudah sewajarnya jika ada biaya tertentu yang harus di tanggung oleh pengguna sebuah sistem yang dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam berbisnis. Nah ini juga berlaku jika Anda menjadi merchant ataiupun driver di ShopeeFood. Berikut adalah penjelasan mengenai berapa besaran komisi ShopeeFood kepada merchant dan juga sistem gaji para drivernya.

Komisi ShopeeFood yang di Tanggung Merchant (Penjual)

Untuk Anda yang ingin mendaftarkan bisnis kulinernya di ShopeeFood, wajib tahu berapa potongan komisi yang di berlakukan oleh layanan pesan antar yang satu ini. Seperti halnya GoFood dan GrabFood yang menerapkan potongan komisi kepada merchant pada setiap transaksinya, begitupun dengan ShopeeFood.

Sebagai pendatang baru, ShopeeFood menerapkan komisi sebesar 20% per menu kepada merchant (penjual).

Komisi ini terhitung lebih kecil di banding para pendahulunya GoFood dan GrabFood yang memotong sampai 25-30%. Besaran komisi ini memang belum tentu berlaku selamanya, namun sejauh ini potongan komisi ShopeeFood lebih rendah di banding layanan pesan antara makanan yang lain.

Sistem Gaji Driver ShopeeFood

Sama halnya dengan driver ojol pesan antar yang lain, mitra driver ShopeeFood juga memiliki sistem gaji dengan bagi hasil. Selain itu, seperti yang sudah di sebutkan sekilas ada juga sistem insentif dari poin bonus yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi para driver.

Lalu berapa besaran bagi hasilnya, bagaimana sistem insentif dan bonusnya? Yuk langsung kita bahas!

1. Gaji Utama dari Biaya Pengantaran

Sebelumnya, perlu di informasikan terlebih dulu bahwa pada pembahasan syarat dan ketentuan yang di publish oleh pihak ShopeeFood tidak dijelaskan bagaimana persisnya sistem gaji driver. Sehingga di asumsikan bahwa sistemnya tidak jauh berbeda dengan GoFood dan GrabFood dimana gaji utamanya di ambil dari biaya pengantaran.

Minimal biaya layanan pesan antar di Shopee Food saat ini yakni sekitar Rp 10.000. Selanjutnya tergantung jarak pengiriman, misalnya driver mendapatkan 10 orderan dengan nominal jasa pengiriman yang berbeda-beda.

Jadi pendapatan driver di akumulasi dari masing-maisng order yang di selesaikan tersebut. Nah, yang unik sebenarnya ada pada sistem bonus yang di anggap lebih transparan dan menguntungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk bergabung menjadi mitra pengemudi Shopee Food.

2. Ada Bonus Tambahan

Banyak yang beralih menjadi driver ShopeeFood karena dianggap lebih menguntungkan. Hal ini tak heran karena 10 dengan mengerjalan orderan saja driver sudah bisa mendapatkan bonus tambahan. Dengan begitu para driver bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar per harinya.

Sistem bonus ini juga dinilai cukup transparan. Para driver bisa melihat berapa poin yang berhasil mereka dapatkan, begitu juga potensi poin-poin yang bisa di dapatkan selanjutnya.

Bonus ini bisa di dapatkan pada setiap order yang berhasil di selesaikan. Setiap order selesai, driver akan mendapatkan 100 poin. Insentif akan di dapatkan sesuai dengan perhitungan total poin yang di dapatkan per harinya.

Skemanya yakni menggunakan akumulasi penambahan poin jadi bukan penambahan nominal insentifnya. Jadi misalnya Anda mendapatkan 500 poin dalam sehari, maka insentifnya adalah Rp 20 ribu.

Berikut adalah keterangan jumlah poin yang di konversikan ke dalam Rupiah yang berlaku di ShopeeFood!

Jumlah PoinInsentif Shopee Food Driver (Rp)
300Rp 15.000
500Rp 20.000
800Rp 30.000
1000Rp 50.000

Selain harus mendapatkan 10 order terlebih dahulu, terdapat syarat lainnya untuk bisa mendapatkan insentif tambahan dari poin bonus ini. DI bawah ini adalah rangkumannya!

  • Jika orderan di selesaikan pada jam 12.00 – 13.00 maka driver bisa mendapatkan tambahan 50 poin.
  • Jumlah order yang selesai harus diatas 75% supaya bisa mencairkan insentifnya
  • Rating driver wajib didapatkan dari 50 order terakhir.
  • Wajib memenuhi penyelesaian skema insentif poin harian.
  • Bonus insentif bisa di cairkan pada hari berikutnya dan bisa langsung di tarik ke rekening

Syarat dan Cara Daftar Shopee Food (Untuk Merchant)

Merchant Shopee Food setidaknya terdiri dari 2 golongan, yakni merchant yang berstatus usaha milik individu atau usaha berbadan hukum. Oleh karena itu persyaratan dokumen yang di butuhkan-pun akan berbeda. Berikut adalah persayaratan yang perlu Anda siapkan sebelum mendaftar.

Usaha milik individu

  • KTP atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Berbatas)
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah)
  • Foto buku tabungan

Usaha berbadan hukum

  • KTP atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Berbatas)
  • SIUP / TDUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • TDP / NIB (Tanda Daftar Perusahaan)
  • Surat keterangan domisili
  • Akta pendirian usaha
  • Foto buku tabungan

Rasanya saat ini pemilik usaha kuliner memang perlu mempertimbangkan teknologi online untuk meningkatkan penjualan maupun brand awareness.

Hadirnya layanan Shopee Food ini bisa di jadikan salah satu caranya, yakni dengan mendaftar menjadi merchant. Untuk menjadi bagian dari merchant, berikut adalah langkah-langkah yang harus di lakukan!

1. Melengkapi Formulir Pendaftaran

Klik disini untuk mendapatkan formulir pendaftaran menjadi merchant ShopeeFood. Kemudian isi data-data dengan jelas dan benar seperti email & nomer ponsel, alamat usaha, nama dan jenis usaha, kategori usaha, dan bentuk badan usaha. Selian itu, sistem juga akan meminta foto outlet Anda jadi jangan lupa untuk meng-uploadnya.

2. Tim dari ShopeeFood Akan Melakukan Konfirmasi

Jika formulir sudah di sisi secara lengkap dan dikirimkan, tunggulah konfirmasi dari pihak Shopee Food. Tim ShopeeFood akan menghubungi Anda maksimal dalam waktu 5-7 hari kerja lewat telepon atau email untuk melanjutkan proses pendaftaran menjadi merchant.

3. Mengisi Formulir PKS (Perjanjian Kerja Sama)

Setelah memastikan data yang Anda tuliskan sesuai, maka tim Shopee Food akan mengirimkan formulir kepada PKS (Perjanjian Kerja Sama) kepada Anda sebagai merchant.

Isilah form dengan data yang benar dan jelas. Jika sudah di isi, kirimkan kembali form (soft copy) kepada tim Shopee Food lewat email dan juga ke kantor Shopee (hard copy).

4. Tim ShopeeFood akan Mengunjungi Merchant Untuk Aktivasi

Jika dokumen sudah di terima dan di verifikasi, tim ShopeeFood akan mengunjungi merchant setidaknya maksimal dalam waktu 15 hari kerja.

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan proses pendaftaran merchant sudah sukses, lalu memberikan materi promosi serta stiker kode QR yang sudah aktif untuk pembayaran menggunakan ShopeePay, mengedukasi merchant untuk login dan melakukan aktivasi akunnya.

Syarat dan Cara Daftar ShopeeFood (Mitra Pengemudi)

Bagi Anda yang ingin menjadi mitra pengemudi, pastikan bahwa saat ini Anda berada di wilayah jangkauan ya. Selanjutnya coba perhatikan persyaratan dokumen yang harus di siapkan.

  • KTP Indonesia yang masih aktif
  • SIM C yang statusnya masih aktif
  • STNK (pembuatan kendaraan minimal tahun 2012)
  • SKCK (bisa menyusul kalau belum ada)
  • Buku Tabungan Bank (BNI, BRI, BCA, atau BNI) dengan nama pemilik rekening yang sesuai dengan KTP
  • Alamat email (aktif dan aman dalam perangkat hp calon driver)
  • Nomor handphone yang masih aktif

Jika sudah merasa memiliki semua persyaratan dokumen yang di minta coba lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mendaftar!

1. Isi Formulir Pendaftaran yang Tersedia

Setelah menyiapkan dokumen yang di perlukan, kunjungi situs help.shopee.co.id dan masuk pada bagian artikel ShopeeFood. Disana akan ada link pendaftaran driver yang di sediakan oleh pihak Shopee.

Anda perlu memilih link yang sesuai dengan asal daerah Anda beroperasi menjadi mitra driver. Isilah data dengan benar dan jelas untuk menghindari kendala pendaftaran nantinya.

2. Tunggulah Konfirmasi Tim ShopeeFood

Jika formulir sudah di isi dan dikirimkan tim ShopeeFood akan menghubungi Anda melalui WhatsApp atau email paling lambat 1 bulan setelah mengirimkan formulir.

Nantinya Anda akan di arahkan untuk mengikuti proses selanjutnya hingga resmi menjadi mitra pengemudi.

3. Datang ke Kantor Layanan Driver Shopee Food Untuk Verifikasi

Setelah formulir pendaftaran di konfirmasi oleh pihak ShopeeFood selanjutnya Anda di minta mendatangi kantor layanan driver ShopeeFood untuk verifikasi data. Sementara untuk lokasi kantor layanan dan jam ditentukan lewat email.

Jangan lupa membawa dokumen-dokumen seperti KTP, SIM dan STNK kendaraan yang akan digunakan untuk beroperasi menjadi mitra driver nanti.

Ketiga dokumen tersebut adalah dokumen yang digunakan untuk proses verifikasi, jadi sekali lagi jangan sampai lupa membawanya ya. Setelah itu, apakah langsung bisa mengambil order? Tunggu dulu, Anda perlu melakukan proses pendaftaran selanjutnya.

4. Datang Lagi ke Kantor Layanan Untuk Training

Setelah mengunjungi kantor layanan ShopeeFood untuk verifikasi data, nantinya Anda juga perlu datang sekali lagi kesana.

Kunjungan kedua ini di lakukan untuk mengikuti training atau pembelajaran mengenai cara menggunakan aplikasi Shopee Food untuk Driver dan alur orderannya.

Disinilah Anda perlu membayar uang pendaftaran (untuk atribut) sebesar Rp 100 ribu yang telah di jelaskan di atas. Setelah resmi menjadi driver, Anda akan menerima atributnya di kantor tersebut.

Jadi bagi Anda yang berminat menjadi driver Shopee Food nampaknya penting untuk mencatat kantor cabang ShopeeFood yang ada di kota Anda. Oh ya, pendaftaran juga tidak hanya bisa di lakukan secara online, bagi Anda yang ingin mendaftar secara offline bisa langsung datang ke kantor layanan driver juga. Untuk membantu menemukannya, coba cek daftar alamat kantor layanan Shopee Food driver di bawah ini!

AreaAlamat Kantor Layanan
Jakarta SelatanJl. Cilandak Raya Kko No. 101 Ragunan,
Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan,
DKI Jakarta 12560
(Ex Restaurant Padzzi)
Jakarta BaratJl. Tomang Raya No.47 Jatipulo,
Palmerah,
Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11430
Jakarta TimurJl. Tebet Timur Raya No.9, RT.1/RW.7,
Tebet Timur, Kec. Tebet,
Kota Jakarta Selatan,
DKI Jakarta 12820
Jakarta UtaraJl. Danau Sunter Utara RT.10/RW.14,
Sunter Agung, Tanjung Priok,
Kota Jakarta Utara,
DKI Jakarta 14350
Jakarta PusatJl. Johar No.20 RT 05/03 Kebon Sirih,
Menteng, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10350
DepokJl. Dewi Sartika No. 33, Pancoran MAS,
Kec. Pancoran Mas,
Kota Depok, Jawa Barat 16436
BogorJl. Pemuda No. 6 RT 004 RW 002,
Kel. Tanah Sareal,
Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor,
Jawa Barat 16161
TangerangJl. Raya Serpong No. 88, Pondok Jagung,
Kec. Serpong Utara,
Kota Tangerang Selatan,
Banten 15322
BekasiJl. Pesut Raya 01 RT 001 RW 10,
Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan,
Kota Bekasi, Jawa Barat 17144
BandungJl. Soekarno-Hatta No.58, Cibuntu,
Kec. Bandung Kulon,
Kota Bandung, West Java 40212
SurabayaJl. Ronggolawe 9 – 11, Tegalsari,
Lingkungan Darmo I, Surabaya 60264
MalangJl. Letjen S. Parman No. 107 RW 02,
Purwantoro, Kec. Belimbing Kota Malang,
Jawa Timur 65126
YogyakartaJl. Ring Road Utara
Jl. Jenengan Raya No.123,
Jenengan, Maguwoharjo,
Kec. Depok, Kabupaten Sleman,
D.I Yogyakarta 55281
SoloJl. Widoro Kandang, RT.1/RW.1, Kratonan,
Kec. Serengan, Kota Surakarta,
Jawa Tengah 57153
SemarangJl. Dr Cipto 169A RT 005/RW 004,
Semarang Timur, Karangturi, Semarang,
Jawa Tengah 50124

Jika berniat mengunjungi kantor cabang, pastikan Anda mengunjungi di waktu operasional kantor. Biasanya kantor cabang ShopeeFood ini buka dari hari Senin-Jum’at pukul 08.00-17.00 WIB (libur di hari libur nasional).

Aplikasi Khusus Merchant dan Driver ShopeeFood

Aplikasi Khusus Merchant dan Driver ShopeeFood

Sama seperti layanan pesan antar lain, Shopee Food juga punya aplikasi khusus untuk merchant dan driver untuk beroperasi. Aplikasi yang di gunakan untuk merchant adalah Shopee Partner, sementara untuk driver adalah ShopeeFood driver.

Shopee Partner bisa di download melalui Google Play Store maupun iOS, sementara Shopee driver hanya bisa di install di hp android saja (Google Play Store).

Baiklah, mari kita bahas satu persatu.

Aplikasi Shopee Partner

Aplikasi Shopee Partner di butuhkan merchant Shopee, termasuk merchant ShopeeFood. Aplikasi ini digunakan untuk menerima pembayaran ShopeePay, mengelola pesanan yang masuk setiap hari serta menganalisa transaksi harian/mingguan.

Cara Menerima Pesanan dari ShopeeFood

Untuk mengelola pesanan yang masuk, Anda bisa melakukan langkah berikut ini :

  1. Pastikan Anda sudah bisa log in menggunakan nama pengguna dan password yang sudah terdaftar
  2. Untuk menerima pesanan klik Pesanan lalu pilih Dalam Proses
  3. Klik rincian pesanan
  4. Jika driver tiba di outlet, pastikan dulu nomor pesanan yang tertera pada rincian pesanan sama dengan nomor pesanan Mitra Pengemudi
  5. Memeriksa metode pembayaran. Jika sudah terdaftar menjadi merchant ShopeeFood Anda akan menerima pembayaran lewat dompet merchant ShopeeFood, jika belum Anda harus menerima pembayaran langsung dari driver
  6. Jika sudah sesuai dan pesanan sudah siap, Anda bisa langsung memberikannya kepada mitra driver

Cara Mengatur Mengatur Menu

  1. Klik Menu pada aplikasi Shopee Partner
  2. Pilih Kategori Varian untuk mengatur varian dan ketersediaan menu

Cara Mengatur Status Outlet

  1. Pengaturan lalu ubah Status Toko
  2. Pilih Tutup Sementara jika ingin menghentikan pesanan sementara
  3. Klik Akhiri Sekarang untuk melanjutkan kembali penerimaan pesanan

Cara Mengatur Jadwal Opersional Outlet

  1. Pengaturan pilih Pengaturan ShopeeFood
  2. Lalu klik Jadwal Operasional
  3. Pilih pengaturan Jadwal Reguler
  4. Pilih pengaturan Jadwal Khusus (jadwal ini akan menggantikan jadwal reguler jika toko libur di hari libur nasional yang jatuh pada jadwal reguler misalnya)
  5. Klik Simpan

Aplikasi ShopeeFood Driver

Aplikasi ShopeeFood driver adalah aplikasi khusus untuk mitra pengemudi ShopeeFood. Jika sudah log in, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur menarik seperti :

  • Menerima orderan secara otomatis
  • Bisa melihat rangkuman pendapatn per hari aau per minggu nya
  • Melihat berapa isnentif yang di dapatkan secara transparan
  • Notifikasi jika ada bonus poin yang bisa di kejar untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Pertanyaan-pertanyaan Lain Seputar Shopee Food

Cara Daftar Shopee Food, Keuntungan, Biaya, Sistem Gaji dll (Lengkap) 9

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda masih memiliki pertanyaan lainnya? Nah beberapa pertanyaan di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering di tanyakan dan mungkin juga menjadi pertanyaan Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk mengecek Q&A berikut ini!

Terkait Merchant

Bagaimana jika ingin menambah outlet lain di ShopeeFood?

Anda bisa menghubungi tim ShopeeFood yang mengaktivasi akun merchant Anda sebelumnya. Jika kehilangan kontaknya bisa menghubungi cs ShopeeFood.

Bagaimana cara mengubah data rekening merchant?

Anda bisa mengisi form perubahan data merchant (https://drive.google.com/file/d/13b56AM4XchZuA_ArE99J7hdlbcSZrmW_/view), silahkan copy di browser, print dan tanda tangan. Upload formulir, foto KTP dan buku rekening. Lalu kirimkan ke help@support.shopee.co.id dengan subjek “Ingin mengganti rekening bank di ShopeeFood”.

Berapa lama proses penarikan dana merchant Shopee Food?

Khusus untuk pemilik rekening bank BNI, BRI, BCA dana Mandiri, hasil penjualan dari ShopeeFood akan ditransfer hari berikutnya ke rekening bank yang sudah terdaftar. Sementara bank lainnya H+1 hingga H+4 (selama hari kerja).

Terkait Driver

Apa yang harus di lakukan jika tidak bisa log in ke aplikasi?

Pastikan dulu Anda tidak log di perangkat selain milik Anda, nomor hp dan kode OTP sudah benar serta jaringan internet pada smartphone Anda lancar. Jika hal-hal tersebut sudah di pastikan dan masih tidak bisa log in, mitra driver bisa mengunjungi Shopee Driver Care terdekat dengan membawa aplikasi dan KTP.

Apakah driver harus melakukan top up dompet Shopee Food driver? Jika ya, bagaimana caranya?

Driver Shopee Food wajib memiliki saldo Shopeepay sebagai modal mengambil orderan. Caranya :

  • Buka aplikasi ShopeeFood driver
  • Klik profil
  • Pilih dompet saya
  • Klik isi saldo dan pilih nominalnya
  • Pilih metode top upnya (lewat m-banking (BCA/ BNI/ BRI/ Mandiri), ATM (BCA/ BNI/ BRI/ Mandiri), alfamart, atau indomaret)
  • Ikuti petunjuk pembayaran sesuai metode yang di pilih

Berapa minimal dan maksimal melakukan top up bagi driver?

Top up bisa di lakukan mulai dari Rp 25.000 hingga maksimal Rp 2 juta

Bagaimana cara tarik saldo driver Shopee Food?

Untuk menarik saldo driver bisa melakukan langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi Shopee Food driver
  • Klik profil
  • Pilih dompet saya
  • Klik tarik dana dan tentukan nominalnya
  • Klik penarikan dana dan saldo akan terkirim ke rekening terdaftar dalam waktu 1-3 hari kerja

Tips Jualan Laris Manis Menjadi Merchant ShopeeFood

Tak lengkap rasanya jika menyudahi pembahasan tanpa tips untuk para pengusaha kuliner yang sedang membaca artikel ini. Sehingga untuk melengkapi pembahasan, ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan agar berhasil meningkatkan penjualan dan juga brand awareness.

Jika Anda ingin bisnis kuliner lebih laris lagi setelah mendaftar menjadi merchant layanan pesanan seperti Shopee coba lakukan hal ini

1. Gunakan Foto Menu yang Bagus dan Menggugah Selera

Foto adalah salah satu media komunikasi yang sangat penting untuk menggambarkan produk yang di jual secar online. Para calon pelanggan akan memilih makanan dengan melihat fotonya terlebih dahulu ataupun nama menunya.

Jadi jangan sembarangan memasang foto menu. Gunakanlah foto terbaik yang sesuai dengan nama menu dan menggugah selera.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua foto di upload bisa di terima oleh ShopeeFood. Jika Anda membaca ketentuan konten dari ShopeeFood, maka foto yang di unggah tidak boleh memiliki watermark dan juga memuat bentuk keseluruhan dari menu yang dimaksud.

2. Perhatikan Nama dan Deskripsi Menu

Salah satu karakteristik customer di era digital saat ini adalah menyukai transparansi dalam transaksi, termasuk dalam bisnis F&B. Pada layanan ShopeeFood, nama dan juga deskripsi menu yang Anda tawarkan akan di tampilan.

Jika foto dan deskripsi Sehingga kalau bisa perhatikan juga teknik copy writing, agar deskripsi jelas, tidak bertele-tele namun tetap bisa menggugah selera.

Yuk baca juga, 30 Contoh Usaha Kuliner Menjanjikan

Selain itu, ada baiknya Anda membaca ketentuan menu dan konten yang berlaku di Shopee Food. Sebab nama menu tidak boleh lebih dari kurang dari 50 karakter dan tidak boleh di singkay (harus jelas). Misalnya Anda berjualan ayam, maka tidak boleh di singkat menjadi “aym”. Selain itu ada nama-nama menu yang di larang.

3. Manfaatkan Promo ShopeeFood dan Update di Sosmed

Salah satu keuntungan merchant Shopee Food adalah bisa menggunakan program promosi ShopeeFood untuk kemajuan toko Anda. Saat ini ShopeeFood sedang mengadakan promo gratis ongkir setiap hari dan juga diskon menu hingga 50%. Nah, jangan sampai Anda melewatkan hal ini untuk promosi di sosial media outlet Anda.

Namun untuk melakukan promosi ini sebaiknya Anda lebih spesifik dengan menyebutkan nama outlet yang terdaftar di ShopeeFood dan menu-menu andalan.

Jika sudah mendapatkan review dari pelanggan dari aplikasi, gunakanlah untuk bahan promosi selanjutnya. Dengan begitu promosi yang berjalan tidak umum (terkesan hanya mempromosikan aplikasi ShopeeFood saja) namun benar-benar mengarahkan pelanggan agar membeli ke outlet Anda.

Penutup

ShopeeFood nampaknya siap bersaing dengan layanan pesan antar raksasa lainnya yang sudah lebih dulu dikenalkan di Indonesia. Hal ini terlihat dari fitur dan kecepatan Shopee dalam mengembangkan layanan ini.

Sebab Shopee menjadi satu-satunya marketplace yang berani terjun dalam layanan pesan antar. Bagaimana dengan yang lain? Kita tunggu saja perkembangannya nanti.

Nah, sejauh ini apakah syarat dan langkah-langkah pendaftaran menjadi merchant (penjual) ataupun mitra pengemudi Shopee Food sudah cukup jelas?

Yuk baca juga ulasan, Ide Bisnis Food and Beverages

Semoga ulasan kali ini dapat menjadi salah satu referensi yang membantu Anda untuk meningkatkan penjualan serta pendapatan di era digital saat ini. Sekian dulu informasi mengenai Shopee Food, jika Anda masih memiliki pertanyaan lain yang belum terjawab terkait dengan merchant ataupun mitra pengemudi ShopeeFood, Anda bisa menghubungi Customer Service ShopeeFood di 1500702.

Tinggalkan komentar