Cara Cek Resi GoSend dari Gojek yang Mudah dan Anti Ribet

Salah satu layanan unggulan dari Gojek yang begitu disukai adalah GoSend. Hanya saja banyak pengguna GoSend yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara cek resi GoSend yang menjadi kekurangan layanan ini.

Keberadaan resi yang membuat konsumen bisa memantau posisi barang secara realtime memang sangat diperlukan. Apalagi jika konsumen sangat butuh produk itu, tentu dirinya senantiasa ingin tahu sejauh mana posisi barang dan berapa lama lagi waktu atau jarak tempuh yang dibutuhkan sebelum sampai lokasi tujuan.

Baca juga: Anti Ribet, Ini Syarat dan Tata Cara Daftar Gojek Tahun 2021

Dibandingkan jasa pengiriman barang lainnya seperti JNE, Tiki, J&T, Paxel, POS Indonesia hingga SiCepat, absennya cara cek resi GoSend memang jadi kelemahan. Seolah memahami kebutuhan para konsumen, platform transportasi online yang berdiri sejak tahun 2010 ini melakukan kebijakan baru lewat keberadaan resi GoSend.

Kini lewat resi GoSend inilah, konsumen akhirnya bisa melihat posisi driver GoJek yang tengah membawa barang secara realtime di aplikasi Gojek secara langsung.

Tentu fitur cara cek resi GoSend ini sangat menguntungkan konsumen dan membuat Gojek sekali lagi membuktikan sebagai salah satu aplikasi layanan antar terbaik di Indonesia.

Jenis-Jenis Pengiriman Barang yang Dilayani GoSend

Meskipun sudah berdiri pada tahun 2010, lima tahun perjalanan Gojek dilakukan dengan sistem pemesanan call center, alih-alih aplikasi seperti yang dikenal sekarang.

Barulah ketika layanan Uber begitu populer di tingkat global, Mendikbud Nadiem Makarim yang adalah pendiri Gojek memperoleh investasi yang membuat aplikasi Gojek akhirnya resmi diluncurkan pada tahun 2015.

Terus melakukan inovasi dalam layanan, Gojek pun tak hanya menjadi antar-jemput penumpang saja, melainkan juga barang melalui GoSend. Dalam perkembangannya, kini GoSend memiliki sejumlah pilihan layanan pengiriman.

Sebelum Anda mencari tahu cara cek resi GoSend, ada baiknya tahu jenis-jenis layanan yang ditawarkan GoSend:

1. GoSend Same Day

Pengiriman Paket Marketplace Dengan Gosend

GoSend Same Day adalah inovasi GoSend yang dimulai Gojek sejak tahun 2017. Kala itu Gojek masih Bekerjasama dengan beberapa perusahaan e-commerce populer di Indonesia yakni Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee dan Lazada.

Bagi konsumen yang memesan produk di marketplace tersebut dan memilih GoSend Same Day sebagai opsi pengiriman, maka barang yang dipesan akan diantarkan langsung oleh driver Gojek dalam satu hari yang sama.

Untuk spesifikasi barang yang bisa diantarkan lewat GoSend Same Day, volume maksimal adalah 40x40x17 cm (seukuran boks karton kemasan air mineral), dengan bobot 7 kilogram.

Tingginya peminat GoSend Same Day, membuat Gojek juga menggaet merchant dan marketplace lain seperti Alfacart, Elevenia, Erafone, K24, OptikSeis, Periplus, The Body Shop dan layanan khusus pengiriman obat dari Gojek, GoMed.

Untuk GoSend Same Day ini, waktu pengiriman yang dibutuhkan adalah maksimal delapan jam sejak driver Gojek mengambilnya dari lokasi penjemputan.

Gojek memberlakukan tarif minimal Rp15 ribu (jarak tempuh maksimal 40 km) dan penambahan tarif Rp10 ribu setiap kelipatan jarak 5 km.

2. GoSend Instant Delivery

Membutuhkan pengiriman barang yang jauh lebih cepat sampai? Gojek pun mengenalkan layanan GoSend Instant Delivery. Tak main-main, Gojek mengklaim konsumen dapat menerima paket dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Hanya saja layanan ini kabarnya masih cuma berlaku di Jabodetabek dan beberapa area Kota Bandung, dengan jarak tempuh maksimal 40 km.

Dibandingkan GoSend Same Day, spesifikasi barang yang bisa dikirim jauh lebih besar yakni berukuran 70x50x50 cm dengan bobot maksimal 20 kilogram.

Tarif GoSend Instant Delivery ini bahkan lebih terjangkau yakni Rp2.500 per km dengan minimal orderan Rp20 ribu.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Saldo DANA di Alfamart dan Pegadaian

3. GoSend Intercity Delivery

Promo Banner Gosend Intercity Delivery

Pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun 2020 memang membuat layanan GoSend laris manis, karena orang-orang bisa mengirimkan dokumen atau barang yang dimau tanpa perlu keluar rumah.

Hanya saja kala GoSend mempunyai kelemahan besar yakni pengiriman barang cuma dalam satu cakupan wilayah Kota/Kabupaten saja.

Mencoba menjawab tantangan, Gojek pun meluncurkan inovasi GoSend Intercity Delivery yang merupakan layanan pengiriman antarkota.

Dikenalkan sejak April 2020 di Jadetabek dan Bandung, Gojek lalu menggaet Paxel, startup layanan pengiriman sehari, untuk memperluas jangkauan hingga Jawa Tengah karena banyak pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang sangat punya volume pengiriman produk ke luar kota cukup tinggi.

Lewat layanan GoSend Intercity Delivery ini, Gojek menetapkan tarif flat rate dengan bobot paket maksimal 5 kilogram.

Tarif untuk pengiriman Jadetabek-Bandung adalah Rp20 ribu, Jadetabek dan Bandung ke Jawa Tengah (Yogyakarta, Solo, Semarang) adalah Rp30 ribu, dan tarif antarkota terpilih di Jawa Tengah cuma Rp15 ribu.

Tata Cara Cek Resi GoSend

Banner Resmi Gosend

Nah, setelah Anda tahu jenis-jenis layanan yang ditawarkan oleh Gojek, maka kini adalah waktu mencari tahu cara cek resi GoSend.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, semakin berkembangnya layanan GoSend, membuat Gojek memiliki banyak opsi pengecekan resi yang semakin memuaskan konsumen. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Cara Cek Resi GoSend Lewat Aplikasi Gojek

Kalau Anda memesan layanan GoSend langsung melalui aplikasi Gojek, maka pengecekan resi GoSend jauh lebih mudah.

Karena seluruh aktivitas driver Gojek bakal bisa dipantau langsung, sama seperti saat Anda menggunakan layanan GoRide. Dimana dalam peta di aplikasi, akan terlihat keberadaan kurir secara realtime.

Baca juga: Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

2. Cara Cek Resi GoSend Lewat Call Center

Sebagai layanan transportasi online yang sudah mencapai level Asia Tenggara, Gojek jelas memiliki daftar call center alias narahubung yang bisa dihubungi perihal pengecekan status GoSend.

Melalui call center, keluhan dari konsumen biasanya akan langsung diatasi sekaligus memberikan informasi terbaru soal posisi paket dan driver. Anda yang menggunakan layanan GoSend di aplikasi e-commerce juga bisa menghubungi langsung ke call center resmi Gojek berikut ini:

Email: [email protected]
Call Center: 021 – 50251110
Facebook Gojek: www.facebook.com/gojekindonesia
Instagram Gojek: www.instagram.com/gojekindonesia
Twitter Gojek: www.twitter.com/gojekindonesia

3. Cara Cek Resi GoSend Lewat SMS

Cara pengecekan resi GoSend berikutnya bisa lewat SMS berisi tautan notifikasi dari Gojek. Biasanya opsi ini dilakukan oleh konsumen yang memilih GoSend sebagai layanan pengiriman paket usai berbelanja di marketplace. Berikut tahapannya:

Tampilan Resi Gosend
  • Anda berbelanja terlebih dulu di marketplace dan memilih GoSend sebagai layanan pengiriman. Jika proses pembayaran sudah sukses, Gojek akan langsung mengirim SMS notifikasi GoSend ke nomor HP pengguna
  • SMS itu akan berisi pemberitahuan barang yang dibeli di marketplace sedang dalam proses dan tautan agar konsumen bisa melacak paketnya
  • Klik tautan tersebut dan kemudian diarahkan ke browser
  • Dalam tautan yang merupakan fitur pelacakan paket ini, Anda bisa melihat Waktu Pemesanan, Nomor Pesanan, Deskripsi Pesanan, Lokasi Pengiriman, Perkiraan Waktu Pengambilan dan Barang Sampai
  • Tak hanya itu saja, dalam cek resi GoSend ini, Anda juga bisa mengetahui status Pesanan Dikonfirmasi, Identitas Kurir GoSend, Kurir Mengambil dan Menerima Barang sampai Barang Sudah Sampai

4. Cara Cek Resi GoSend Lewat Web Portal

GoSend Web Portal adalah cara cek resi GoSend masa kini yang lebih canggih. Lewat layanan ini, konsumen bisa memperoleh informasi pengiriman mulai dari alamat lengkap si pengirim, jenis barang yang dikirim, daftar penerima yang bisa lebih dari satu pihak, serta tentunya memantau lokasi mitra driver Gojek yang bertugas secara realtime.

Formulir Pendaftaran Gosend Web Portal
formulir pendaftaran GoSend Web Portal

Fitur ini baru muncul sejak Gojek menawarkan layanan GoSend Intercity Delivery tahun 2020 dan difokuskan pada pera pelaku UMKM.

Untuk bisa mengakses GoSend Web Portal, Anda pelaku usaha harus melakukan pendaftaran dulu di website https://portal.gosend.id/.

Lalu Anda bisa mengisi formulir yang berisi data pribadi, foto KTP, alamat lengkap sebelum akhirnya memperoleh akun, melakukan login dan mengakses GoSend Web Portal.

Baca juga: Cara Transfer Saldo Gopay ke LinkAja

Kesimpulan

Dengan berbagai jenis layanan, GoSend tak dipungkiri lagi menjadi salah satu jasa pengiriman barang yang paling populer di Indonesia. Siapapun bisa mempelajari cara cek resi GoSend dengan mudah dan memilih layanannya untuk kebutuhan pengiriman barang. Apalagi meskipun saat ini sudah tahun 2021, kondisi pandemi Covid-19 jelas belum usai sehingga membuat keberadaan GoSend sangat membantu antar-jemput barang.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar