Cara Berdagang Crypto di Aplikasi Pintu

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang bagaimana cara trading crypto untuk pemula? Saat ini Anda sudah berada di tempat yang tepat karena kita akan membahasnya sampai tuntas. Khususnya jika Anda berminat untuk melakukan trading di platform lokal seperti aplikasi Pintu.

Apa itu aplikasi Pintu dan bagaimana cara berdagang aset crypto disana?

Sebelum membahasnya lebih jauh, sebagian besar trader pasti ingin mendapatkan keuntungan dari perdagangan crypto yang di lakukannya. Oleh karena itu sebelum melakukan trading aset digital yang satu ini, pastikan Anda belajar terlebih dulu tentang hal-hal mendasar mengenai trading cryptocurrency dan juga platform yang akan digunakan.

Nah sekarang, kita bahas mengenai aplikasi Pintu, bagaimana keamanannya dan juga fitur-fiturnya!

Apa itu Aplikasi Pintu?

sumber gambar : website resmi aplikasi Pintu

Pintu adalah platform digital jual beli aset kripto yang memiliki kantor pusat di The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat. Pintu menganut prinsip “Instant Trading” dan “Easy Investment”, yang bertujuan untuk membuat para pengguna bisa melakukan trading maupun investasi crypto dengan praktis dan tanpa ribet.

Apakah berdagang kripto di aplikasi Pintu aman?

Aplikasi Pintu memang merupakan startup yang di miliki oleh PT Pintu Kemana Saja dan baru berdiri tahun 2019. Namun saat ini, Pintu sudah terdaftar dan di di awasi oleh BAPPEPTI dan juga Kominfo, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal legalitas maupun keamanannya. Bukan hanya Bitcoin (BTC), Anda juga bisa memperjual belikan puluhan aset crypto lainnya di Pintu.

Cara Mendaftar Akun di Pintu

Sebelum mulai berdagang crypto, pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun di aplikasi Pintu. Jika belum, Anda bisa mengiuti langkah-langkah di bawah ini.Oh ya, jangan lupa siapkan kartu identitas Anda, bisa berupa KTP, SIM, ataupun Passport.

  • Download aplikasi Pintu
    Saat ini aplikasi Pintu sudah tersedia di Appstore dan juga Google Plasy Store. Anda tinggal mendownload dan menginstall di smartphone Anda
  • Pilih ‘Daftar
    Klik ‘Daftar’ di aplikasi Pintu dan pilih bahasa yang akan digunakan
  • Masukan Alamat Email
    Setelah itu masukan alamat email atau masuk menggunakan akun google atau apple ID
  • Buat kata sandi
    Selanjutnya Anda akan di arahkan untuk membuat password. Buatlah password yang unik namun mudah Anda ingat. Kata sandi memiliki minimal 8 kata dan terdiri dari huruf besar, kecil dan juga angka. Lalu klik ‘Buat akun’
  • Verifikasi akun
    Setelah memasukan email dan menyelesaikan pembuatan password, Anda perlu membuka email terdaftar untuk melakukan verifikasi akun
  • Buat PIN
    Jika akun sudah terverifikasi lewat email, Anda perlu membuat kode PIN dan mengkonfirmasi kode tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan

Baca juga, Cara Mendaftar dan Trading di Indodax

Verifikasi Identitas

Walaupun sudah bisa log in, tapi Anda belum bisa melakukan transaksi sebelum melakukan verifikasi identitas.

  • Log in
    Caranya log in ke akun PIntu Anda dan klik ‘Verifikasi Sekarang’
  • Masukan nomor telepon
    Tulis nama lengkap, nomor hp yang aktif dan juga username. Sistem akan mengirimi Anda SMS berupa kode OTP. Lalu klik ‘Verifikasi Sekarang’. Piih kartu identitas yang ingin Anda gunakan untk verifikasi
  • Foto Kartu Identitas
    Selanjutnya Anda perlu memoto kartu identitas Anda dan juga selfie bersama kartu identitas. Ikuti panduan yang tertera di aplikasi supaya proses verifikasi bisa berjalan lancar.

Jika Anda sudah memiliki akun yang terverifikasi, sekarang Anda sudah bisa mulai berdagang aset-aset crypto di aplikasi Pintu. Bagaimana caranya? Yuk baca artikelnya sampai tuntas!

Cara Berdagang Crypto di Aplikasi Pintu

Sebelum masuk ke pembahasan utama, apakah Anda sudah paham perbedaan trader dan investor?

Keduanya punya tujuan yang sama, yaitu untuk mengembangkan aset dan mendapatkan keuntungan dari sana (dalam hal ini cryptocurrency). Namun keduanya punya metode yang jauh berbeda untuk mencapai tujuan.

Seorang investor biasanya membeli aset crypso saat harganya murah dan menahannya dalam jangka waktu yang lumayan lama bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sampai nilai dari asetnya tersebut naik secara drastis. Sementara trader sendiri adalah seseorang yang melakukan jual beli aset dengan durasi yang lebih pendek dengan memanfaatkan volatilitas harga.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda cenderung mirip dengan trader ataukah investor? Apapun pilihan Anda, pastikan untuk mempelajari teknik berdagang crypto terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli bitcoin atau aset kripto lainnya.

Baca juga, 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi dalam Bitcoin

Langkah-langkah Untuk Deposit

Bagi Anda yang sudah banyak mendapatkan informasi mengenai perdagangan aset kripto dan ingin mencoba menggunakan aplikasi Pintu, pasti sudah tidak sabar untuk melakukan transaksi. Untuk bisa memperjual belikan aset crypto di Aplikasi Pintu, Anda harus melakukan deposit.

Karena Pintu adalah platform trading lokal, tentu saja Anda bisa langsung deposit menggunakan Rupiah. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Log in ke akun Pintu dan Masuk ke Menu Deposit
    Ada dua cara untuk masuk ke menu deposit di aplikasi Pintu. Pertama, dengan mengklik tombol ‘Deposit’ yang berada di beranda aplikasi. Kedua, Anda juga bisa masuk ke halaman e-wallet, klik ‘Rupiah’, dan klik ‘Deposit’
  • Pilih metode Deposit Anda
    Untuk memudahkan para user dalam melakukan deposit, aplikasi pintu menyediakan beberapa metode diantaranya lewat transfer bank, e-wallet (Go pay, Shopeepay, DANA, LinkAja, dan OVO) ataupun mengirimkan deposit melalui aset crypto yang lain.
  • Transfer uang ke nomor VA (Virtual Account) Pintu
    Jika Anda memilih metode deposit menggunakan transfer bank tertentu maka sistem akan memberikan nomor VA. Selanjutnya Anda bisa mentransfer uang ke nomor tersebut lewat ATM maupun mobile banking.
  • Deposit selesai
    Tunggu beberapa saat saja, sementara uang Anda sedang di transfer ke wallet Pintu. Jika transaksi berhasil Anda bisa mulai membeli aset kripto pilihan Anda

Cara Untuk Membeli dan Menjual Aset Kripto di Pintu

Nah, sekarang Anda sudah siap melakukan jual beli aset kripto di aplikasi Pintu. Jika Anda masih pemula, tidak perlu khawatir. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini. Kita mulai dengan cara membeli cryptocurrency.

Membeli Aset

  • Log in ke akun Pintu yang sudah terverifikasi
    Jika sudah log in, pastikan saldo Anda di wallet Pintu mencukupi ya.
  • Pilih aset kripto
    Anda bisa memillih aset kripto lewat dua cara. Pertama, melalui wallet card atau klik daftar aset crypto yang ada di homepage. Misalnya saja Anda memilih Bitcoin (BTC).
  • Cek harga di Homepage Pintu
    Sebelum membeli aset kripto apapun, pastikan Anda sudah mengecek harga terkininya ya. Anda bisa melihatnya di homepage aplikasi atau grafik harga dengan mengklik salah satu aset crypto di homepage. Dengan begitu, Anda bisa melihat estimasi harga kripto yang akan di beli
  • Klik buy
    Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli suatu aset kripto, langkah selanjutnya adalah klik tombol berwarna biru bertuliskan ‘Buy’ (Beli).
  • Tentukan jumlah pembelian
    Selanjutnya Anda perlu menentukan berapa jumlah kripto yang ingin Anda beli. berikutnya. Anda dua cara. Pertama, Anda bisa memasukkan jumlah aset kripto yang ingin dibeli dalam Rupiah. Kedua, Anda juga bisa membelinya dalam bentuk coin dengan mengklik tanda panah dua. Lalu klik ‘Berikutnya’
  • Konfirmasi pembelian
    Jika sudah mengetahui harga final (tanpa biaya tambahan). Tap ‘beli sekarang’ dan tunggu aset kripto yang di beli di proses dan masuk ke akun Pintu Anda

Menjual Aset

  • Log in dan Klik ‘Buy’
    Nah untuk menjual kembali aset kripto yang sudah Anda miliki, caranya sebaliknya yakni dengan mengklik ‘Buy’. Anda bisa menemukannya di wallet card atau di icon aset kripto yang ingin Anda jual pada homepage.
  • Masukan jumlah aset kripto yang ingin dijual
    Ada dua cara dalam menjual aset kripto di aplikasi Pintu. Pertama, Anda harus menjumlah aset kripto yang ingin dijual dalam Rupiah. Yang kedua Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk jumlah koin dengan tap tanda panah dua. Untuk melanjutkan transaksi tap tombol bertuliskan ‘Berikutnya’
  • Konfirmasi penjualan
    Jika sudah yakin ingin menjual aset kripto Anda, maka selanjutnya Anda harus menekan tombol ‘Jual sekarang’ untuk mengkonfirmasi penjualan
  • Penjualan aset kripto berhasil
    Jika penjualan aset kripto Anda berhasil, maka wallet Rupiah Anda di aplikasi Pintu akan segera bertambah (dari hasil penjualan)

Withdraw

  • Withdraw dari Wallet Pintu
    Anda mungkin ingin menarik uang yang ada di wallet pintu ke rekening Anda. Jika ya, maka Anda tinggal masuk ke menu ‘Tarik’ (Withdraw) terlebih dahulu. Ada dua cara, pertama tekan tombol ‘Tarik’ (Withdraw) yang ada di kartu Rupiah pada halaman Beranda. Kedua, Anda bisa masuk ke menu Wallet, lalu tap wallet Rupiah dan klik ‘Tarik’.
  • Masukan jumlah uang yang ingin di ambil dari wallet
    Selanjutnya Anda perlu memasukan berapa jumlah uang yang ingin Anda ambil dari saldo wallet Pintu. Jika Anda ingin menarik semuanya, Anda tinggal menekan tombol ‘Tarik semua’.
  • Pilih rekening tujuan
    Jika sudah menentukan jumlah uang yang akan ditarik, sekarang Anda harus mengisi data rekening tujuan.
  • Konfirmasi penarikan
    Sistem akan mengarahkan Anda untuk melakukan konfirmasi penarikan dengan menekan tombol ‘Tarik Sekarang’. Jika transaksi berhasil aplikasi akan mengirimkan notifikasi

Sampai disini, sudah jelas ya ulasannya? Mulai dari mendaftar , bertransaksi hingga withdraw aset kripto di aplikasi Pintu. Semoga bisa terpahami dengan baik. Jika Anda lupa, Anda bisa kembali lagi ke halaman blog ini kapanpun.

Baca juga, Cara Membuat Akun dan Trading di Tokocrypto

Penutup

Perlu di sadari, bahwa investasi kripto memiliki resikonya tersendiri. Sama halnya dengan aset digital lainnya. Oleh karena itu jangan sampai kita berdagang kripto hanya karena sedang trend saja.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya melakukan deposit di Pintu itu tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun bisa jadi sejumlah e-wallet atau bank juga menerapkan biaya admin. Yang kedua, soal jumlah minimum pembelian aset di aplikasi pintu. Perlu Anda ketahui kalau dengan minimum Rp 11 ribu saja Anda sudah bisa mulai membeli aset kripto di aplikasi Pintu.

Bagaimana, tertarik berdagang kripto di aplikasi Pintu? Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda khususnya jika Anda adalah pemula dan ingin mulai trading ataupun investasi pada aset kripto. Sampai jumpa di pembahasan lainnya mengenai keuangan dan investasi.

Tinggalkan komentar