Cara Ampuh Menghadapi Pembeli yang Menawar Rendah Agar Untung

Photo of author
Written By Anggraini Munanda Effani

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Banyak pebisnis yang merasa kesulitan saat menghadapi pembeli yang menawar rendah. Hal ini memang cukup menjadi masalah untuk para pebisnis seperti pemilik bisnis online shop.

Tawar menawar sebenarnya memang hal biasa dalam jual-beli. Namun sebagai pebisnis, tentu Anda menginginkan keuntungan yang besar. Sehingga tentu Anda tidak ingin produk ditawar denga harga terlalu rendah.

Tetapi cukup diakui kondisi ini sangat dilematis. Karena jika dihadapi dengan cara keliru, Anda justru bisa kehilangan pembeli. Sebaliknya jika terlalu menuruti tawaran, Anda bisa mengalami kerugian.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir dan pusing saat menghadapi kondisi tersebut. Karena dalam artikel ini kami akan memberikan cara jitu agar pembeli sepakat dengan harga yang Anda ajukan.

Alasan Seseorang Melakukan Tawar-Menawar

Cara Ampuh Menghadapi Pembeli Yang Menawar Rendah Agar Untung
Cara Ampuh Menghadapi Pembeli yang Menawar Rendah Agar Untung/Unsplash

Sebelum memahami cara menghadapi pembeli yang menawar rendah, ada baiknya Anda mengetahui alasan seseorang menawar harga. Hal ini akan mempermudah Anda untuk memilih cara yang tepat untuk menghadapinya.

Secara umum setiap orang memang menginginkan keuntungan. Namun jika diamati kembali ada beberapa alasan yang membuat calon pembeli melakukan penawaran. Berikut adalah rangkuman beberapa alasan tersebut.

  • Mencari Kepuasan

Ketika Anda mendapatkan hal lebih daripada yang seharusnya, Anda akan mendapatkan kepuasan. Hal ini juga yang banyak menjadi alasan seseorang melakukan penawaran terhadap produk tertentu.

Dengan menawar harga, secara psikologis mereka bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih rendah daripada seharusnya. Sehingga secara psikologis, mereka merasa puas dari hasil belanja.

  • Tidak Yakin Dengan Kualitas Barang

Para pebisnis cukup kesulitan saat menghadapi pembeli yang menawar rendah saat pembeli meragukan kualitas produk mereka. Dengan kata lain, pembeli merasa harga produk terlalu mahal untuk produk yang ditawarkan.

Perlu Anda pahami bahwa seorang pembeli tidaklah “kosongan” saat berkunjung ke toko Anda. Mereka memiliki pemahaman mengenai produk yang hendak dibeli. Hal ini termasuk kualitas dan harga produk di pasaran.

  • Memilki Uang Terbatas Namun Menginginkan Produk

Alasan lain yang menyebabkan calon pembeli menawar adalah karena memang mereka memiliki keterbatasan uang. Sehingga mereka tidak mampu untuk membeli produk dengan harga terlalu tinggi.

Baca juga ulasan, 6 tips menjual produk agar laku

Hal ini di satu sisi memperlihatkan mereka memiliki keinginan besar terhadap produk tersebut. Sehingga mereka melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya termasuk dengan menawar harga hingga mereka mampu membelinya.

Persiapan untuk Menghadapi Pembeli yang Menawar Rendah

Persiapan Untuk Menghadapi Pembeli Yang Menawar Rendah
Persiapan untuk Menghadapi Pembeli yang Menawar Rendah/Unsplash

Dalam menghadapi calon pembeli yang menawar, ada beberapa hal yang perli Anda siapkan dengan baik. Pastikan Anda telah menyiapkan hal-hal berikut ini agar tidak terhasut tawaran pembeli yang terlalu rendah.

  • Pemahaman Produk

Pemahaman produk adalah hal penting yang sering diabaikan oleh penjual. Khususnya jika ada banyak produk yang dijual sehingga merasa repot untuk memahami setiap produk dengan baik.

Padahal pemahaman produk sangat menentukan penjualan. Karena bukan hanya penting untuk menghadapi pembeli yang menawar, namun juga melakukan penjualan secara umum. Semakin paham Anda dengan produk, kemungkinan penjualan semakin besar.

  • Emosi

Jual beli adalah kegiatan yang menghubungkan antara Anda dengan calon pembeli. Sehingga kegiatan ini akan sangat menguras emosi. Anda perlu menyiapkan emosi dengan matang sebelum menghadapi pelanggan.

Kesalahan paling umum dalam menghadapi pembeli yang menawar rendah adalah terlalu emosi. Sehingga pembeli merasa tidak nyaman dan akhirnya memutuskan batal belanja di toko Anda.

Yuk baca, 13 mental dan karakter pengusaha sukses

Mungkin Anda merasa bahwa lebih baik ditinggal pembeli yang menawar daripada meladeninya. Namun jika hal ini terus terjadi, maka produk Anda lebih sulit untuk terjual dan menghasilkan keuntungan.

  • Pemahaman Pasar

Pemahaman terhadap pasar adalah hal penting yang harus dimiliki oleh para pebisnis. Bahkan bukan hanya untuk menghadapi calon pelanggan yang menawar, tetapi bisnis secara keseluruhan.

Pemahaman pasar ini meliputi tren pasar, psikologi pasar, perilaku konsumen dan hal lainnya. Memiliki pemahaman pasar akan sangat membantu Anda menentukan banyak strategi termasuk dalam menghadapi pra penawar harga.

Menghadapi Pembeli yang Menawar Rendah dengan Memberikan Bundling

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi para penawar harga adalah dengan memberikan bundling atau paket pembelian. Hal ini akan membuat calon pembeli merasa mendapatkan barang dengan harga rendah.

Ada beberapa strategi bundling yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa contoh strategi bundling yang terbukti ampuh untuk membuat para penawar sepakat dengan tawaran Anda.

  • Berikan Bundling Bonus Produk Lain

Tidak bisa diungkiri bahwa ada beberapa produk yang tidak laku di pasaran. Jangankan untuk terjual, mendapat pelanggan yang menanyakan ketersediaan produk tersebut saja sudah cukup sulit.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menghadapi pembeli yang menawar rendah. Yaitu dengan menjadikan produk tersebut sebagai bonus atau bundling dari produk yang ditawar oleh pembeli.

Contohnya jika Anda menjual atasan untuk wanita. Anda bisa membuat bundling atasan dengan rok yang sulit terjual setelah itu menaikan harganya. Sehingga para pembeli akan mewajari jika harganya tinggi.

  • Bundling Jumlah

Selain memberikan bundling dengan produk lain, Anda juga bisa melakukan strategi bundling untuk jumlah banyak. Contohnya adalah membuat bundling untuk pembelian per satu lusin produk.

Namun Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah pelanggan memang membutuhkan produk dalam jumlah banyak. Anda bisa menanyakan keperluan pelanggan untuk mengetahuinya. Contohnya jika pembeli bertujuan untuk menjadikan produk sebagai hadiah.

Sehingga Anda bisa memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak. Hal ini akan menguntungkan Anda karena bisa mendapatkan banyak penjualan dalam waktu relatif cepat.

Menghadapi Pembeli yang Menawar Rendah dengan Meyakinkan Pelanggan

Meyakinkan Pelanggan
Meyakinkan Pelanggan/Unsplash

Mungkin Anda berpikir bahwa setiap pebisnis pasti berusaha meyakinkan pelanggan namun tetap sulit menghadapi para penawar. Hal ini karena cara yang dilakukan dalam meyakinkan tersebut keliru.

Meski terkesan sederhana, meyakinkan pelanggan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Tidak cukup hanya mengatakan bahwa harga yang Anda berikan sudah sesuai atau sudah harga paling murah.

Para calon pembeli akan sulit percaya dengan perkataan Anda. Lakukan beberapa tips berikut ini agar para pelanggan yakin bahwa harga yang Anda tawarkan adalah harga terbaik.

  • Memberikan Kelebihan produk Sedari Awal

Ketika calon pembeli menanyakan harga, jangan hanya dijawab dengan harga yang Anda berikan. Namun Anda bisa langsung menunjukkan kelebihan produk yang membuat harga tersebut pantas.

Bahkan dengan penyampaian yang tepat, Anda bisa langsung membuat harga yang Anda tawarkan terkesan murah. Sehingga calon pembeli tidak akan menawar dan langsung sepakat dengan harga Anda.

  • Berikan Testimoni

Cara menghadapi pembeli yang menawar rendah adalah dengan berikan testimoni mengenai harga. Jika sebelumnya barang berhasil terjual dengan harga lebih mahal, maka Anda bisa memberi tahu hal tersebut pada pembeli.

Kondisi lain seperti jika Anda mengetahui ada toko yang menjual produk dengan harga lebih mahal. Maka Anda bisa langsung menyampaikan bahwa toko Anda menjual dengan harga terbaik.

Namun Anda harus berhati-hati agar tidak terkesan menjelekkan toko lain. Karena hal ini cukup sensitif dalam kalangan pebisnis yang akan membuat Anda kesulitan mendapatkan jaringan jika melakukannya.

Menawarkan Produk Lain

Menawarkan Produk Lain
Menawarkan Produk Lain

Dalam beberapa kasus, calon pembeli akan tetap kesulitan untuk membeli produk Anda karena harga terlalu tinggi. Hal ini berkaitan dengan alasan mereka menawar karena keterbatasan uang.

Untuk menghadapinya, maka Anda bisa mencoba menawarkan produk lain yang sejenis. Tentunya produk tersebut memiliki harga yang lebih murah dan bisa dijangkau oleh calon pembeli yang menawar.

Tidak perlu khawatir jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya. Berikut ini adalah tips saat menawarkan produk lain agar calon pembeli tetap mau membeli produk di toko Anda.

  • Jelaskan Perbandingan Produk

Tentunya produk dengan harga lebih tinggi memiliki keunggulan dibanding produk harga rendah. Maka Anda harus bisa menjelaskan perbedaan ini dengan baik kepada calon pembeli agar mereka tidak kebingungan.

Dengan melakukan hal ini dalam menghadapi pembeli yang menawar rendah, Anda juga bisa sekaligus mengedukasi pembeli. Sehingga mereka bisa memahami mengapa produk dijual dengan harga tinggi atau rendah.

  • Pahami Kebutuhan Utama Pembeli

Ketika seseorang membeli suatu produk, tentu ada kebutuhan yang hendak dipenuhi. Hal ini harus Anda pahami ketika menawarkan produk sejenis dengan harga yang lebih murah.

Sebagai contoh bila Anda menjual suplemen vitamin dengan beragam manfaat. Anda perlu mengetahui manfaat apa yang sebenarnya diinginkan oleh calon pembeli. Sehingga Anda bisa memberikan pengganti produk yang tepat.

Anda bisa menawarkan produk lain yang memiliki manfaat sesuai keinginan calon pembeli walau ada beberapa manfaat yang tidak dimiliki produk tersebut. Sehingga akan tetap membeli produk tersebut.

Berikan Penolakan Dengan Sopan dan Halus

Dalam beberapa kasus, pembeli tetap akan menawar rendah meski Anda sudah melakukan berbagai cara menghadapi pembeli yang menawar rendah. Maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menolaknya.

Namun jangan sembarangan dalam melakukan penolakan. Anda tetap harus berperilaku sopan dan menyenangkan hati pembeli walau menolak tawaran dari mereka. Karena hal tersebut akan memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut.

  • Menjaga Reputasi Baik

Bagi para pebisnis, reputasi adalah hal penting. Oleh karena itu Anda harus menjaganya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai ada hal-hal yang membuat reputasi Anda jelek di mata masyarakat.

Dengan melakukan penolakan yang sopan dan halus, Anda bisa menjaga reputasi bisnis Anda. Sehingga pembeli tersebut tidak akan berkata yang buruk mengenai bisnis Anda seperti melakukan penolakan dengan kasar.

  • Potensi Pembeli Datang Kembali

Melakukan penolakan sebenarnya tidak bisa dimasukan dalam cara menghadapi pembeli yang menawar rendah. Namun beberapa kasus menunjukkan bahwa penolakan yang sopan bisa membawa pembeli datang kembali.

Entah itu datang untuk membeli produk yang sama ataupun membeli produk lain. Sebab dengan penolakan halus, mereka memahami bahwa Anda memiliki kualitas servis yang lebih baik dibanding toko lain.

Sehingga ketika mereka menyadari bahwa harga yang Anda tawarkan memanglah harga terbaik, mereka akan kembali ke toko Anda. Oleh karena itu pastikan Anda tetap memperlakukan pembeli dengan baik meski menawar.

Yuk baca ulasan, 7 tips sukses menjaga loyalitas pelanggan potensial

Setiap pebisnis tentu menghadapkan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Namun salah satu masalah yang sering ditemui pebisnis adalah pelanggan yang melakukan tawar menawar dengan harga terlampau rendah.

Namun sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir untuk menghadapinya. Karena dengan beberapa cara menghadapi pembeli yang menawar rendah di atas, Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar