Karyawan Buka Usaha Warung Mi Instan? Cek Dulu Modal hingga Hambatannya

Photo of author
Written By Business

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan karyawan, salah satunya adalah membuka warung mi instan. Walaupun terkesan biasa, makanan ini banyak penggemarnya hingga bisa mendatangkan keuntungan. Cek Langkah-langkahnya berikut ini.

Bagi seorang karyawan, mendapatkan gaji dari perusahaan saja terkadang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan untuk nabung pun susah karena gaji yang pas-pasan. Itulah kenapa seorang karyawan harus memiliki usaha sampingan yang modalnya terjangkau.

Salah satu usaha yang modalnya cukup terjangkau adalah usaha mi instan. Kenapa harus mi instan? Mi instan sendiri banyak sekali penggemarnya. Dan makanan ini termasuk makanan yang disukai siapapun. Apalagi harga mi instan yang sangat terjangkau, pastinya menjadi pilihan semua kalangan.

Terlebih jika Anda tinggal di kawasan strategis dan ramai. Seperti misalnya kawasan yang banyak mahasisiwa atau pekerja. Buka usaha mi instan tentu saja menjadi pilihan yang sangat tepat. Anda karyawan yang ingin buka usaha warung mi instan? Cek dulu modal hingga hambatannya yuk!

Peluang Usaha Mi Instan

Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia merupakan negara paling banyak mengkonsumsi mi instan nomor dua di dunia. Sepanjang tahun 2019 saja, 12,5 miliar porsi mi instan atau 34,2 juta porsi di konsumsi oleh orang Indonesia.

Bisnis Mi Instan | Blog Bisnis Dan Investasi
Sumber : Google

Tidak heran jika warung mi instan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Itulah kenapa, banyak sekali warung mi instan di tanah air.

Mungkin sebagian orang menganggap usaha ini adalah usaha yang biasa saja. Tidak begitu menguntungkan, atau bahkan menyebut usaha mi instan sebagai usaha yang tidak akan begitu laku.

Siapa bilang usaha warung mi instan tidak menguntungkan? Para pengusaha mi instan yang bertempat di lokasi yang strategis mendapatkan keuntungan berkali lipat. Dengan modal yang relatif kecil.

Bahkan, banyak pengusaha bermodal besar mau menanam modal di warung mi instan. Bahkan beberapa warung mi instan sekarang menyajikan mi instan dengan tampilan mewah.

Baca yuk, Ini tanda kamu siap beralih dari karyawan ke pengusaha

Itulah kenapa banyak pengusaha yang memberikan nilai plus pada warung mi instan yang mampu berinovasi tersebut. Ditambah, warung mi instannya dibuat dengan desain yang nyaman dan tempat yang asik untuk nongkrong.

Sebagai contoh warung mi instan Upnormal. Upnormal adalah warung mi instan yang dibuat dengan inovasi yang berbeda. Sajian menu mi instan dibuat dengan toping yang beragam dan menarik. Membuat pengunjung tidak pernah bosan makan mi instan di Upnormal.

Ada beberapa alasan kenapa warung mi instan akan selalu tetap eksis:

1. Mi Instan Disukai Semua Kalangan

Pertama, mi instan adalah makanan yang paling banyak disukai di Indonesia oleh semua kalangan. Tidak hanya anak muda, tetapi orang tua pun menyukai mi instan.

Apalagi mi instan seperti Indomie yang sudah sangat populer di dunia, menjadikan warung mi instan di buru oleh orang Indonesia maupun luar negeri.

2. Mi Instan Masakan Orang Lain Rasanya Beda

Banyak orang yang merasa jika mi instan masakan orang lain rasanya lebih mantap. Padahal bumbunya sama saja, cara memasaknya juga sama. Tetapi biasanya sensasi rasa yang mi instan di warung, lebih lezat.

3. Jual Mi Instan Bisa Sambil Jual Produk Lain

Jika buka warung mi instan, Anda bisa menambahkan berbagai macam menu yang bermasyarakat. Seperti misalnya gorengan, kopi, rokok, minuman dingin dan lain sebagainya.

Karena memang makan mi instan akan lebih lengkap jika ditemani gorengan. Sehingga bisa jadi pemasukan tambahan untuk penjual.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuka Usaha Warung Mi Instan?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membuka warung mi instan. Berikut ini hal-hal yang harus dipersiakan seorang karyawan yang ingin membuka usaha warung mi instan :

1. Tempat

Jika tertarik untuk membuka usaha warung mi instan, Anda harus siapkan modal awal untuk membuka warung mi instan. Meskipun terlihat sederhana, tetapi membuat warung mi instan memiliki kerumitan tersendiri. Seperti misalnya tempat strategis untuk berjualan.

Mungkin Anda memiliki rencana untuk mendirikan warung mi instan di rumah. Karena dirasa, jualan di rumah bisa lebih mudah dan lebih hemat tanpa harus sewa tempat. Tetapi, jika rumah Anda tidak berada di tempat yang strategis, darimana bisa mendapatkan keuntungan?

Mentukan lokasi sangatlah penting, dan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis akan sangat menunjang usaha warung mi instan yang kita buka.

Carilah tempat-tempat strategis seperti dekat kampus, kawasan tempat kerja, tempat kos, pemukiman dan tempat ramai lainnya. Beruntung jika rumah Anda dekat dengan kawasan yang ramai ini, membuka warung mi instan di rumah bisa menjadi lebih hemat dan praktis.

2. Peralatan

Untuk membuka warung mi instan Anda harus siapkan banyak peralatan yang dibutuhkan. Seperti misalnya bangunan, apakah bangunan yang dibuat akan berupa warung dengan bangunan atau hanya akan membuat tenda saja.

Kemudian harus disiapkan juga tempat makan, seperti kursi dan meja yang cukup. Ini bisa disesuaikan dengan tempat yang Anda buat. Pastikan tempat makan seperti kursi dan meja ini nyaman, agar pelanggan bisa kerasan menyantap mi instan di warung Anda.

Selanjutnya siapkan juga alat masak dan alat untuk menyajikan mi instan seperti piring dan sendok, teko air atau galon, serbet, tisu, plastik, dan lain sebagainya. Jangan sampai lupa juga sediakan tusuk gigi dan tempat mencuci tangan. Anda bisa gunakan galon air untuk tempat cuci tangan yang praktis.

3. Modal Awal

Modal awal yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda. Tergantung tempat yang dipilih untuk usaha dan peralatan yang dibutuhkan. Orang yang menyewa warung dan membuka usahanya di rumah tentu akan berbeda modal awal yang dibutuhkannya.

Jika Anda menyewa tempat, itu juga tergantung lokasi dimana Anda tinggal. Karena setiap daerah tempat sewa warung berbeda-beda. Ada yang menawarkan dengan harga yang murah dan tempatnya nyaman, ada pula yang harganya mahal tetapi tempatnya biasa saja.

Akan kami berikan contoh tempat sewa di Kalibata, Jakarta Selatan. Jika Anda menyewa warung di sana, warung mi instan di daerah tersebut ditawarkan dengan harga sewa Rp. 30.000.000 pertahunnya.

Berikut ini contoh rincian modal awal untuk membuka usaha warung mi instan mulai dari tempat hingga alat-alat lainnya :

  1. Sewa warung setahun Rp. 30 juta
  2. Sendok garpu 50 unit Rp. 80 ribu
  3. Mangkok 50 unit Rp. 700 ribu
  4. Gas elpiji 12 kg 2 buah Rp. 1,1 juta
  5. Meja dan kursi Rp. 3,5 juta
  6. Gelas 50 buah Rp. 500 ribu
    Total Rp. 35.880.000

4. Biaya Operasional

Jangan lupa juga biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap harinya. Meskipun warung yang dibuat kecil, tetapi biaya akan membengkak jika tidak sebanding dengan pemasukan. Dengan mengetahui biaya operasional, kerugian yang dialami bisa teratasi lebih dini.

Berikut adalah contoh biaya operasional untuk warung mi instan :

  1. Mi instan 1 dus (40 bungkus) Rp. 92.500
  2. Sambal 3 Kg Rp. 50 ribu
  3. Kopi Instan 100 saset Rp. 60 ribu
  4. Listrik Rp. 300 ribu
  5. Telur 50 butir Rp 70 ribu
  6. Kornet Rp. 17 ribu
  7. Keju Rp. 17 ribu
  8. Sayuran Rp. 50 ribu
    Total Rp. 656.500

Jadi, biaya harian untuk warung mi instan adalah Rp. 622.500. Jika warung mi instan Anda buka selama 24 jam sehari, biaya operasional tiap bulannya adalah Rp. 656.500 x 30 hari = 19.695.000.

5. Perhitungan Laba Warung Mi Instan

Jika Anda mengeluarkan uang setiap bulannya Rp. 19.695.000 apakah menguntungkan? Yuk hitung penghasilannya dalam satu hari :

  1. 10 porsi mi instan + telur Rp. 100 ribu
  2. 20 porsi mi instan + telur + kornet Rp. 260 ribu
  3. 10 porsi mi instan + telur + Kornet + keju Rp. 150 ribu
  4. 20 porsi telur omelet (2 telur) Rp. 300 ribu
  5. 20 porsi telur dadar (1 telur) Rp. 100 ribu
  6. 70 gelas kopi Rp. 350 ribu

Jumlah omzet perhari Rp. 1.260.000

Dengan target 40 porsi mi instan perhari, Anda bisa menghasilkan Rp. 860 ribu. Dengan penghasilan bersih Rp. 1.260.000 – Rp. 656.500 = Rp. 603.500.

Sehingga besaran penghasilan perbulan adalah Rp. 603.000 X 30 = Rp. 18.105.500 laba bersih. Sehingga dalam dua bulan saja, modal Anda bisa kembali lagi.

Cara Promosi Warung Mi Instan

Untuk promosi warung mi instan tidak harus menggunakan promosi seperti jualan lain. Anda bisa melakukan promosi dengan menyiapkan poster atau baner di depan warung. Sehingga orang lain tahu apa yang Anda jual, dan apa perbedaan warung mi instan Anda dengan orang lain.

Harus diperhatikan juga dalam pemilihan cat warung Anda. Pastikan menggunakan cat yang menarik agar orang tertarik untuk masuk ke warung mi instan Anda.

Hambatan Membuka Usaha Warung Mi Instan

Sebelum membuka usaha mi instan, sebaiknya Anda tahu hambatan yang akan dihadapi. Jangan hanya karena tergiur dengan omzet yang besar, kemudian tidak mempertimbangkan hambatan yang dihadapi. Setiap usaha memiliki hambatan, begitupun dengan usaha mi instan.

Berikut ini adalah 3 hambatan yang akan dihadapi untuk karyawan yang membuka usaha warung mi instan :

1. Banyak saingan

Karena mi instan adalah makanan rakyat yang disukai banyak kalangan, banyak orang yang berbondong-bondong membuka usaha mi instan. Apalagi usaha yang satu ini mengeluarkan biaya yang tidak begitu mahal. Banyak orang yang bisa dengan mudah membuka usaha ini.

Karena saingan yang semakin banyak, maka Anda harus memiliki strategi tersendiri agar usaha warung mi instan bisa tetap laku. Misalnya dengan menambahkan menu spesial yang tidak ada di tempat lain. Atau bahkan membuat tempat yang lebih nyaman daripada tempat lain.

2. Bahan baku yang tiba-tiba mahal

Bagi pedagang mi instan, bahan-bahan pokok yang dibutuhkan sangat sering naik turun harganya. Seperti misalnya harga telur atau harga cabe. Harga cabe bisa sangat murah dan bisa sangat mahal. Saat harga murah mungkin menguntungkan, tetapi adakalahnya harga cabe melejit.

Ini akan sedikit merugikan dan membuat biaya operasional melonjak tinggi. Anda jangan heran jika hal ini terjadi, dan harus menyiapkan cara lain agar tidak harus mengurangi cabe pada sambal. Misalnya dengan menanam cabe sendiri di rumah.

3. Banyak hal tidak terduga

Di kota-kota besar, jika membuka warung selama 24 jam memang sangat rawan dengan preman. Sehingga, biasanya mereka meminta jatah yang tidak kecil. Itu semua akan mengurangi omzet yang Anda dapatkan seharinya.

Itu dia modal dan hambatan yang akan dihadapi karyawan yang buka usaha warung mi instan. Omzet dari mi instan cukup fantastis, dan setara dengan gaji manager jika Anda mendapatkan tempat yang strategis untuk berjualan.

Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat, selamat mencoba usaha warung mi instan.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar