Tips Ampuh Agar Bisnis Makin Populer di Masyarakat

Diperbarui pada April 6th, 2022 at 06:08 am

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama dua tahun di seluruh dunia. Berbagai perubahan memang sudah pasti terjadi sehingga membuat masyarakat di seluruh pelosok Bumi saling berjuang demi bertahan hidup. Salah satunya adalah memulai bisnis sendiri. Namun supaya bisnis mampu bertahan dan berkembang, penting bagi Anda memahami bagaimana cara membuat bisnis makin populer.

Popularitas dalam berbisnis sejatinya memegang porsi yang sangat penting dalam hal omzet hingga profit. Karena bagaimanapun juga, produk yang terkenal akan membuat pasar makin paham sekalipun belum membutuhkannya. Ada banyak upaya yang dilakukan seorang pelaku bisnis demi membuat branding produknya alias merek dikenal oleh banyak calon konsumen.

Hanya saja perkara membuat bisnis makin populer sebetulnya bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak pebisnis yang menerapkan strategi pemasaran keliru, sehingga tidak mencapai hasil maksimal untuk brand yang mereka rilis. Kalau sudah begini, Anda harus kembali memahami kenapa merek dagang itu memang penting dalam berbisnis.

Baca juga: Modal Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg, Menguntungkan Lho

Kenapa Branding Produk itu Penting?

Ada banyak sekali merek air mineral di Indonesia, hanya saja ketika konsumen membeli produk air mineral di minimarket atau pasar sekalipun, akan ada satu merek yang disebutkan. Begitu pula dengan mie instan, apapun produk yang akhirnya dibeli, satu merek itu pula yang disebut oleh konsumen. Kondisi ini terjadi ketika sebuah brand sudah benar-benar populer dan terlibat betul dalam kehidupan konsumen.

Hal inilah yang akhirnya membuat pebisnis wajib memahami alasan kenapa branding dalam sebuah usaha itu sangat penting. Bagi Anda yang ingin memulai berbisnis, beberapa hal berikut ini wajib dipahami:

1. Merek Sebagai Identitas Bisnis

Alasan pertama kenapa branding sangat penting karena itu akan menjadi identitas dalam usaha Anda. Misalnya Anda berjualan seblak, tanpa adanya merek dagang maka seblak itu akan sama dengan penjual seblak lainnya. Namun kalau Anda mengenalkan merek dagang sendiri dan punya ciri khas berbeda, seblak itu bakal menjadi unik dan menarik perhatian pasar.

2. Persaingan di Pasar

Melakukan branding tidak hanya membuat merk atau produk bisnis Anda terkenal, tetapi juga berdampak baik dapat kekuatan usaha. Ketika merk sudah dikenal dan diminati oleh banyak orang, posisi Anda dalam berbisnis akan jauh lebih kuat dari sebelumnya. Dengan posisi usaha yang kuat, maka Anda  bisa bertahan meskipun banyak pesaing baru yang muncul dan menjamur. Bukankah ini sangat menguntungkan?

3. Konsumen Makin Percaya

Hal lain yang menjadi alasan bahwa branding usaha sangat dibutuhkan adalah dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen terhadap produk atau merk milikmu. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen tentu sangat sulit, karena banyak kompetitor yang bersaing untuk mendapatkannya.

4. Berkaitan dengan Pemasaran

Ketika sudah memiliki merk atau produk yang dicintai dan dipercaya oleh konsumen, maka tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan kegiatan marketing. Pasalnya, konsumen yang puas dengan produk Anda, akan merekomendasikannya pada orang lain, sehingga kegiatan marketing akan jauh lebih gampang.

5. Daya Tarik ke Konsumen

Alasan kelima ini adalah lanjutan dari poin keempat, karena ketika ada konsumen yang merekomendasikan produk ke orang lain, otomatis usaha Anda akan mendapat konsumen baru. Dengan semakin banyak konsumen yang menggunakan produk dari usaha Anda, maka akan semakin berkembang pula usaha yang Anda rintis.

Baca juga: Mau Bisnis Kedai Kopi? Ini Rahasianya Agar Digandrungi Pasar

Tips Jitu Bikin Bisnis Makin Populer, Cuan Maksimal!

Jika Anda sudah tahu kenapa branding sangat penting dalam sebuah bisnis, tentu hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah membuat bisnis makin populer. Karena jika bisnis dalam hal ini merek produk yang Anda tawarkan dikenal, akan banyak keuntungan diperoleh terutama dalam hal peningkatan omzet. Nah supaya bisa mewujudkan hal tersebut, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Pelajari Pasar

Hal pertama sekaligus paling mendasar jika Anda ingin bisnis makin populer adalah mempelajari pasar. Tak mungkin kalau Anda ingin menjadi produk nomor satu di kalangan konsumen, tanpa benar-beanr paham apa yang tengah dibutuhkan oleh mereka. Untuk itulah lakukan riset secara tepat, sehingga Anda sebagai produsen benar-benar paham apa yang dibutuhkan calon konsumen.

Misalkan saja Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang tekstil. Dalam suasana bulan Ramadhan seperti saat ini, tentu masyarakat bakal sangat membutuhkan busana-busana Muslim. Jika disesuaikan lagi dengan target pasar misalnya kalangan perempuan muda, mereka akan menyukai busana Muslim yang begitu simple dengan desain minimalis dan tampak elegan. Nah, data-data detail seperti ini hanya bisa diperoleh jika mempelajari pasar itu sendiri.

Setelah memperoleh data secara tepat, maka Anda dan tim produksi bisa membuat busana Muslim yang tengah tren di kalangan perempuan muda dan memiliki desain serta pilihan warna, sampai bahan baku dan range harga yang sesuai. Dengan begitu, produk bakal memperoleh popularitas yang setimpal karena memang dianggap mampu menjawab kebutuhan pasar.

2. Kekuatan Bercerita

Cerita adalah alat paling dasar untuk menghubungkan Anda dengan orang lain. Ceritakan contoh-contoh nyata tentang bagaimana produk atau layanan Anda membantu orang lain, seperti studi kasus atau testimonial. Atau gunakan pengalaman pribadi Anda untuk meningkatkan ikatan antar manusia.

Bahkan di dunia bisnis, cerita memiliki kekuatan unik untuk menggerakkan hati, pikiran, dan dompet manusia ke arah yang dimaksudkan oleh si pencerita.

3. Jujur

Kredibilitas Anda didasarkan pada kemampuan Anda untuk jujur dalam segala situasi. Selalu beri tahu yang sebenarnya, bahkan jika itu mengorbankan penjualan Anda.

Klien Anda akan menghargai kejujuran Anda dan mengingat kejujuran Anda. Akibatnya, mereka lebih cenderung merekomendasikan Anda ke klien potensial lain atau menggunakan layanan Anda di masa depan. Kebenaran kadang-kadang bisa menyakitkan, tetapi ketidakjujuran selalu merusak.

4. Beri Layanan Terbaik

Dalam arena bisnis yang kompetitif saat ini, hampir semua orang dapat menandingi atau mengalahkan harga dan semua orang menjanjikan layanan hebat.

Baca juga: Keuntungan dan Ide Bisnis Dropship yang Disukai Anak Muda

Tetapi salah satu cara terbaik untuk diingat adalah melakukan pada tingkat yang secara konsisten melampaui harapan normal. Cobalah mencari cara untuk terus meningkatkan pengalaman klien atau pelanggan Anda dan siap untuk berinteraksi dengan cara yang profesional.

5. Daya Sosial Kuat

Cara untuk mendapatkan yang Anda inginkan adalah membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jadilah mentor, buat perkenalan, dan rekomendasikan orang lain.

Anda bisa berbagi informasi dan membantu orang lain tanpa diminta, dan mereka akan mengingat Anda dan bersyukur selama bertahun-tahun yang akan datang.

Tentu jika tahapan-tahapan di atas diterapkan secara tepat, tidak sulit untuk membuat bisnis makin populer. Anda bahkan bisa memaksimal seluruh strategi pemasaran yang ada, sehingga akhirnya berdampak positif ke omzet. Jika sudah demikian, bisnis yang Anda kelola akan mampu bertahan dalam waktu lama dan akhirnya memiliki konsumen yang setia.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar