Mau Bisnis Kedai Kopi? Ini Rahasianya Agar Digandrungi Pasar

Diperbarui pada April 6th, 2022 at 06:07 am

Dalam satu dekade terakhir ini, tak dipungkiri bahwa bisnis kedai kopi alias coffee shop memang punya banyak peminat. Terutama di kota-kota besar, kita bisa dengan mudah menemukan kedai kopi dengan aneka konsep outlet dan menu. Namun pada dasarnya jika dicari satu persamaan, semua kedai kopi tersebut pastinya mengutamakan minuman kopi sebagai produk andalan.

Hal inilah yang membuat persaingan dalam bisnis kedai kopi terus meningkat. Setiap pemilik bisnis harus berpikir dengan jitu dan jeli, supaya kedai yang mereka kelola menjadi pilihan banyak konsumen. Lantaran mayoritas kedai kopi pasti menargetkan kalangan muda entah milenial atau generasi Z sebagai pangsa pasar utama, strategi pemasaran yang dipakai pun tidak jauh dari target market tersebut.

Untuk bisa menjadi kedai kopi yang selalu ramai dan mampu bertahan terhadap persaingan, jelas membutuhkan usaha yang lebih. Modal tentu tidak sedikit mengingat bisnis ini memang membutuhkan bahan baku dan modal outlet yang cukup besar. Jika Anda menawarkan konsep kedai kopi yang biasa-biasa saja, tentu tidak akan cukup menarik bagi calon konsumen.

Nah, agar bisnis kedai kopi yang dikelola selalu jadi pilihan dan ramai dalam jangka waktu cukup lama, ada beberapa hal yang rupanya wajib dilakukan. Seperti apa? Kami akan membahas lengkap seluk beluk bisnis yang begitu digandrungi anak-anak muda itu.

Baca juga: Keuntungan dan Ide Bisnis Dropship yang Disukai Anak Muda

Banyak Pesaing, Bisnis Kedai Kopi Tetap Ramai

Di awal kemunculannya, banyak yang menilai kalau bisnis kedai kopi ini hanyalah sepintas lalu menjadi tren lalu dilupakan. Namun faktanya dalam waktu satu dekade terakhir, bisnis ini justru terus berkembang. Tak hanya di kawasan perkotaan, Anda bisa dengan mudah menemukan kedai-kedai kopi di area pinggiran yang tetap saja memiliki pengunjung setia.

Tentu hal ini membuat orang bertanya-tanya, apa sih yang membuat bisnis ini tetap saja ramai dan diminati? Supaya Anda bisa semakin yakin untuk memulainya, berikut adalah beberapa alasan kenapa kedai kopi tetap jadi salah satu bisnis paling menjanjikan saat ini:

1. Pangsa Pasar Luas

Pada dasarnya pangsa pasar utama dari kedai kopi kebanyakan adalah kalangan milenial dan generasi Z. Namun faktanya, Anda bisa menjaring pasar yang jauh lebih luas hingga kalangan dewasa atau keluarga. Hal ini terjadi karena memang kopi merupakan minuman yang disukai banyak orang dari segala kalangan. Sehingga jika Anda mampu menghasilkan kopi yang sangat otentik, pangsa pasar jauh makin berkembang.

2. Omzet Harian Menggiurkan

Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis coffee shop memungkinkan Anda untuk mendapat keuntungan atau omzet per hari. Di mana, omzet ini akan meningkat ketika hari libur seperti weekend dan hari libur sekolah atau nasional.

Bukan hanya itu, kebiasaan meminum kopi di pagi hari juga memungkinkan Anda untuk meraih omzet harian yang lebih besar dibanding bisnis lainnya.

3. Menu Tidak Ribet

Tidak seperti bisnis kuliner yang lain, jika Anda ingin memulai bisnis coffee shop, Anda harus bisa menawarkan menu sederhana yang dikemas secara unik dan modern. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen, seperti menu kopi yang dicampur dengan cappuccino, green tea, moka, milk shake, dan lainnya.

Anda juga bisa menyajikan makanan ringan yang bisa mendampingi konsumen Anda saat sedang meminum kopi, misalnya dengan menjual french fries, burger, cake, dan makanan ringan lainnya.

Baca juga: Rusia Serbu Ukraina, Investor Khawatirkan Perang Dingin Kedua!

4. Kuncinya Tempat Nyaman

Tidak perlu menyediakan bangunan coffee shop yang rumit dan terlalu banyak ornamen. Cobalah untuk menyediakan tempat yang membuat pengunjung nyaman dan berada di lokasi yang strategis.

Pasalnya, saat ini tren masyarakat Indonesia adalah menikmati kuliner di tempat sederhana. Berikan unsur yang membuat mereka nyaman minum kopi senyaman mereka minum kopi di rumah. Anda juga bisa memberikan fasilitas seperti WiFi gratis, colokan listrik, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan mereka yang ingin menikmati kopi sekaligus bekerja.

Rahasia Bisnis Kedai Kopi Laris Manis

Nah, jika Anda sudah tahu sejumlah alasan yang membuat bisnis kedai kopi masih saja digandrungi banyak orang, tentu kini yang dipikirkan adalah bagaimana memaksimal omzet. Karena saat omzet yang diperoleh sudah sesuai harapan, Anda pun bakal untung makin tinggi. Supaya bisa mewujudkannya, berikut adalah beberapa rahasia sukses kelola bisnis coffee shop:

1. Paham Tren

Tidak hanya warung kopinya saja, si pemilik warung kopi pun harus kekinian. Dengan mengikuti perkembangan zaman, si pemilik warung kopi bisa tahu apa yang tengah jadi topik hangat di masyarakat. Coba cari tahu tentang minat konsumen, era, gaya, dan perkembangan zaman.

Setelah selesai mempelajari tren, bisa diaplikasikan untuk mengembangkan bisnis. Bisa berupa desain ruangan atau suasana warung kopi yang kekinian.

2. Karyawan = Rekan

Sudah saatnya untuk menjadikan karyawan sebagai seorang rekan atau teman. Percaya atau tidak, hubungan yang harmonis dengan karyawan mampu memotivasi untuk bekerja lebih giat. Dengan begitu akan bisa membuat karyawan merasa memiliki akan menumbuhkan rasa peduli dan memiliki, maka akan bekerja sepenuh hati.

3. Utamakan Layanan

Seorang konsumen pasti punya ingatan yang baik dengan pelayanan yang diberikan. Apalagi jika menimbulkan kesan yang baik, maka konsumen merasa lebih nyaman dan akan sering datang. Tidak ketinggalan kualitas yang disajikan pun harus membuat konsumen puas. Baik itu rasa kopi, makanan, minuman, desain ruangan, cepat atau tidaknya pelayanan, dan keramahan pramusaji dan barista.

4. Konsep Harus Unik

Agar ramai, café Anda harus mempunyai konsep yang unik. Konsep di sini maksudnya adalah ciri khas yang dimiliki oleh café Anda. Ciri khas apa yang akan Anda ciptakan dalam café Anda? Tema apa yang akan Anda angkat sebagai image café Anda di hadapan konsumen? Konsep bisa berarti tampilan café atau penyajian hidangan makanan pada café Anda. Itulah yang perlu Anda pikirkan agar café Anda ramai dikunjungi oleh konsumen.

Baca juga: 10 Makanan Cocok Dijual Saat Bulan Ramadhan Tiba

5. Maksimalkan Media Sosial

Di dunia modern saat ini, hampir semua orang memiliki akses ke internet. Selain itu hampir semua orang sudah terbiasa menggunakan sosial media. Ini peluang Anda untuk mempromosikan café Anda. Mulailah dengan memperkenalkan café Anda di Facebook, Instagram, atau Twitter.

Ceritakan suasana café Anda dan hal menarik apa yang akan didapatkan oleh konsumen jika bersantap di café Anda. Berikan foto-foto berkualitas terbaik untuk mendukung cerita Anda. Selain suasana café, Anda juga harus mempromosikan menu-menu yang Anda miliki melalui cerita maupun gambar.

Kesimpulan

Tentu jika melihat ulasan di atas, butuh perjuangan agar bisnis kedai kopi mampu berjalan dengan lancar, memiliki omzet yang stabil dan akhirnya menghasilkan cuan maksimal. Anda tak bisa menjalankannya dengan sembrono dan berpikir biasa-biasa saja, karena inti dari bisnis ini adalah selalu mampu menghadirkan inovasi.

Namun jika Anda sudah menguasai berbagai rahasia bisnis kedai kopi di atas, bukan tak mungkin kalau nanti ke depannya mampu membangun waralaba alias franchise ala coffee shop populer di luar negeri. Untuk itulah tetaplah belajar, selalu mampu jaga kualitas produk dan berikan ide-ide produk baru yang dibutuhkan pasar. Semangat!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar