9 Bisnis Baru Wajib Dicoba di Tahun 2022 Ini! Tertarik?

Apa bisnis baru tahun ini? Semenjak pandemi Covid-19 dialami oleh seluruh penduduk dunia sejak tahun 2020 lalu, memang banyak hal yang sudah berubah.

Banyak orang dipaksa untuk menjalani kehidupan yang berbeda, terutama mereka yang kehilangan pekerjaan. Bertahan hidup adalah satu-satunya pilihan supaya dapur tetap mengebul, termasuk dengan pertimbangan melakukan usaha rumahan demi menambah penghasilan.

Meskipun disebut sebagai usaha rumahan, faktanya bisnis kecil-kecilan ini dianggap banyak membantu perekonomian yang begitu sulit sejak wabah corona menggila secara global. Ada banyak sekali cerita orang-orang yang dulunya menjadi pekerja kantoran, buruh pabrik hingga karyawan perusahaan, terpaksa ‘banting setir’ dengan memulai usaha dari rumah seperti berjualan makanan sampai pakaian online.

Hal inilah yang akhirnya membuat bisnis yang awalnya dianggap remeh itu menjadi banyak peminat. Karena memang tak dipungkiri, usaha rumahan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh justru akhirnya mampu memberikan cuan yang sangat besar, bahkan penopang hidup di kala pekerjaan utama seolah ‘mati segan hidup tak mampu’ akibat pandemi Covid-19.

Dan karena saat ini masih saja memasuki bulan kedua di tahun 2022, tak ada salahnya untuk melirik beberapa jenis bisnis kecil-kecila yang dapat dimulai di rumah. Tak perlu cemas kalau Anda masih punya pekerjaan utama, karena usaha-usaha berikut ini dapat dilakukan secara sampingan. Namun jika dijalankan secara serius, bukan tak mungkin menjanjikan penghasilan yang menggiurkan.

Baca juga: 10 Tips Menggunakan Diskon Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda

Jenis-Jenis Usaha Rumahan yang Layak Dicoba Saat Ini

Banyak orang menilai bahwa usaha rumahan hanya cocok untuk IRT (Ibu Rumah Tangga) saja. Padahal faktanya, usaha yang digeluti di rumah bisa dilakukan oleh siapapun tak peduli jenis kelamin, status keluarga, latar belakang pendidikan hingga profesi. Asalkan dilakukan sesuai dengan kemauan dan kemampuan, bisnis itu bisa berjalan dengan baik.

Apalagi kembali lagi bahwa saat ini kondisi dunia tengah pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan bakal berakhir, sehingga pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan sosial dalam skala besar secara berkala, sehingga membuat bisnis rumahan punya peluang untuk dilirik. Tak percaya? Berikut ini adalah 10 jenis usaha rumahan yang bisa Anda lirik untuk geluti pada tahun 2022 ini:

1. Pasar Mini

Usaha rumahan pertama yang bisa coba Anda geluti adalah pasar mini. Disebut demikian karena memang Anda menjual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari bak pasar lengkap, dengan sayur-mayur, buah dan aneka lauk mentah. Usaha seperti ini bisa dibuka di garasi atau halaman rumah, sehingga Anda tidak perlu menyewa tempat khusus.

Tak perlu cemas jika dibuka di kawasan perumahan, karena keberadaan pasar mini ini tentu akan sangat membantu masyarakat terutama jika tempat tinggal Anda relatif jauh dari pasar. Kunci agar bisnis pasar kecil-kecilan ini sukses adalah usahakan menjual barang dengan selisih harga tak berbeda jauh dengan di pasar.

Misalkan saja Anda memperoleh daging ayam grosiran dengan harga Rp28 ribu per kilogram, lalu mayoritas pelaku pasar menjualnya dengan harga Rp30 ribu per kilogram, Anda bisa menawarkan di rumah dengan harga Rp31 ribu atau Rp32 ribu per kilogram. Memang keuntungan yang diperoleh cukup kecil, tapi semakin beragam barang yang Anda jual dan makin laris, omzet dan laba justru bakal meningkat.

Jangan lupa untuk menawarkan produk-produk pasar mini ini secara online dengan memanfaatkan media sosial, maka akan membuat Anda bisa menjangkau pasar lebih luas lagi. Konsumen yang malas ke pasar dan enggan keluar rumah tentu akan terbantu dengan inovasi delivery service ini.

2. Konter Pulsa

via Fastpay

Bisnis rumahan yang kedua bisa dibilang sangatlah banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia yakni konter pulsa. Yap, terlepas dari apapun zamannya, sepertinya penjual pulsa masih akan banyak dicari. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan banyak orang melakukan WFH (Work From Home) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), kebutuhan akan kuota data internet begitu tinggi.

Yap, konter pulsa saat ini bergerak seiring dengan kemajuan zaman di mana mereka tak hanya sekadar berjualan kartu perdana atau pulsa elektrik isi ulang, tapi juga kuota data internet. Bahkan dalam perkembangannya, konter pulsa bisa jadi bisnis rumahan yang makin menjanjikan saat Anda menerapkan sistem PPOB. Lewat konsep PPOB, konter pulsa Anda juga bisa menerima berbagai pembayaran tagihan.

Mulai dari penjualan token listrik, pembayaran tagihan PDAM, tagihan TV berlangganan dan layanan internet, cicilan asuransi, angsuran kendaraan bermotor, sampai pengisian saldo e-wallet. Dengan demikian bisnis konter pulsa tak akan tergerus zaman dan bahkan mampu menghasilkan omzet yang cukup menggiurkan sekalipun cuma dibuka di garasi rumah.

3.    Les Privat

Kembali lagi karena masih pandemi Covid-19, bagi Anda yang merupakan sarjana pendidikan murni dan memiliki kemampuan mengajar, dapat mulai mencoba bisnis les privat di rumah. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menyediakan jasa les secara pribadi untuk konsumen yang dilakukan di rumah. Tak perlu banyak murid, maksimal tiga orang saja sehingga proses pembelajaran maksimal.

Anda dapat menawarkan usaha rumahan yang satu ini kepada tetangga terlebih dulu yang memiliki anak dengan status pelajar dan masih dalam situasi PJJ. Karena ketika pelajar ini melakukan PJJ, justru orangtua yang kebingungan lantaran buah hati mereka tak memperoleh pembelajaran langsung bersama guru secara tatap muka. Sehingga keberadaan les privat jelas akan sangat dibutuhkan.

Baca juga: Pengertian, Manfaat dan Cara Lakukan SWOT dalam Bisnis

4.    Catering

Bisa dibilang kalau usaha kuliner adalah salah satu sektor bisnis yang tak pernah ada ‘matinya’. Karena bagimanapun juga, terlepas dari seperti apa kondisi perekonomian dan politik, semua orang butuh makan. Karena itulah kuliner bisa jadi pertimbangan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan. Tentu saja supaya berbeda, Anda bisa melirik usaha catering online.

Sesuai dengan namanya, Anda memasarkan produk lewat media sosial atau bergabung dengan platform transportasi online seperti GoFood yang ditawarkan oleh GOJEK, GrabFood milik GRAB hingga ShopeeFood dari marketplace Shopee. Berbagai platform jualan makanan online ini akan membuat Anda bisa memperoleh konsumen secara lebih luas tanpa perlu ribet dalam hal antar-jemput pesanan.

Agar omzet makin meningkat, sediakan juga layanan catering rumahan untuk keluarga atau kebutuhan perusahaan. Bahkan supaya makin bisa memperoleh konsumen yang lebih spesifik, Anda bisa memilih catering sehat dengan aneka menu pilihan untuk kebutuhan diet mayo maupun kalangan vegetarian. Sehingga bisnis catering Anda akan dianggap unik dan makin menarik.

5.    Jahit Pakaian

© ibuberdaya/bilrindang

Selain makanan, sektor garmen juga menjadi salah satu bisnis yang masih punya peluang terbuka lebar. Namun karena ini usaha rumahan, Anda mungkin bisa menawarkan jasa menjahit pakaian. Jangan diremehkan, bisnis jasa ini bahkan akan sangat dibutuhkan ketika musim Hari Raya tiba, karena minat untuk menjahit pakaian sendiri masih sangat tinggi.

Semakin menguntungkan jika ternyata Anda adalah seseorang yang hobi menjahit, sehingga kesenangan dapat jadi penghasilan. Untuk usaha rumahan jahit pakaian, Anda bisa melakukannya dengan modal dari satu mesin jahit saja. Cobalah terima jahitan dari tetangga terlebih dulu, lalu biasanya pemasaran bakal dilakukan dari ‘mulut ke mulut’.

6.    Warteg

Mempunyai rumah di pinggir jalan dan dekat dengan pusat keramaian seperti area pendidikan atau perkantoran? Maka usaha rumahan yang sudah pasti menjanjikan adalah warteg. Yap, bisnis warteg ini bahkan bisa dilakukan oleh siapapun bermodalkan halaman atau ruang tamu rumah. Tak perlu ribet, Anda bahkan bisa menjual masakan yang biasanya disediakan untuk keluarga terlebih dulu.

Pastikan jika Anda menggeluti bisnis warteg, makanan dan minuman yang dijual haruslah terjangkau, alih-alih bertarif seperti kuliner di cafe. Semakin murah harga yang Anda tawarkan, makin beragam pilihan lauknya dan banyaknya porsi yang diberikan, warteg yang Anda geluti justru bakal diburu oleh konsumen. Jangan remehkan perkara omzet, karena jutaan Rupiah per hari bisa dihasilkan warteg.

7.    Olahan Makanan Beku

Masih berkaitan dengan kuliner, usaha rumahan berikutnya yang bisa Anda geluti adalah berjualan makanan olahan beku atau frozen food. Disebut beku karena memang bahan makanan ini sudah dikemas dalam plastik kedap udara yang dibekukan terlebih dulu sehingga bisa awet. Tak butuh ruangan luas, asalkan bisa menampung mesin freezer untuk meletakkan frozen food, Anda bisa melakukannya.

Kunci dari bisnis frozen food ini adalah Anda harus menetapkan harga jual yang kompetitif. Kenapa begitu? Karena biasanya konsumennya adalah para penjual makanan ringan di sekolah-sekolah atau rumah juga atau mungkin reseller, sehingga jika harga beli yang mereka dapatkan lebih ringan, maka bisnis Anda bakal jadi rujukan. Jangan diremehkan, bisnis frozen food bahkan bisa menjajikan omzet selangit.

8.    Dropshipper

© Pexels/Rodnae Productions

Jika sebelumnya hampir semua usaha rumahan membutuhkan modal, ada lho bisnis yang sama sekali tak perlu modal dalam hal uang untuk membeli alat yakni dropshipper. Lewat jasa dropshipper ini, Anda bisa menjual produk-produk dari produsen atau distributor tanpa harus membeli terlebih dulu seperti layaknya reseller, tapi bisa menawarkan ke konsumen.

Biasanya produk yang ditawarkan ini berupa gambar atau katalog resmi dari produsen/distributor. Nantinya saat ada konsumen yang melakukan penjualan, Anda bisa memproses transaksi langsung ke produsen/distributor, dan mereka juga yang akan mengirimkan produk ke konsumen langsung. Sedangkan Anda akan memperoleh komisi setiap kali ada barang yang terjual.

Tentu saja sistem dropshipper ini sangatlah mudah, murah dan anti ribet karena bisa dijalankan lewat smartphone saja. Anda yang seorang IRT bisa melakukannya di sela-sela kesibukan mengurus rumah dan buah hati, atau Anda yang seorang pekerja bisa menjalankannya di sela pekerjaan juga.

Baca juga: Prinsip Dalam Berbisnis yang Tidak Boleh Anda Lupakan

9.    Jasa Cuci

Dan inilah usaha rumahan terakhir yang layak dicoba yakni jasa cuci. Jasa cuci ini bisa mencakup banyak hal mulai dari laundry atau dry cleaning untuk kebutuhan cuci pakaian dan celana, cuci sepatu, cuci karpet dan boneka, hingga cuci sepeda motor. Semua jasa pencucian ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan garasi rumah saja, asalkan sudah menyediakan alat seperti mesin cuci hingga alat steam cuci motor.

Kendati mungkin modalnya tak sedikit, tapi jasa pencucian ini justru dapat memberikan hasil yang cukup menggiurkan jika dijalankan secara serius. Apalagi kalau Anda menyediakan sistem delivery service, membuat banyak konsumen makin memilihnya.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali usaha rumahan menggiurkan yang dapat dicoba, bukan? Untuk itulah jangan patah semangat dan menyerah dalam keadaan sekalipun wabah corona masih membuat perekonomian sulit. Cobalah menggeluti salah satu bisnis di atas secara maksimal. maka Anda pun dapat meningkatkan penghasilan.

Tinggalkan komentar