Bisnis Bareng Pasangan? Ide dan Tips Suksesnya

Photo of author
Written By Arai Amelya

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Ada satu hal paling penting yang wajib diperhatikan betul saat membangun sebuah bisnis. Apa itu? Seorang partner alias rekan. Karena saat salah memilih rekan, bisnis yang sudah direncanakan indah bisa saja gagal terwujud.

Anda bisa menentukan rekan bisnis ini dari saudara, teman masa kuliah, sahabat kecil atau bahkan pasangan. Tunggu, bisnis bareng pasangan? Apakah tidak terlalu berisiko?

Memang. Bisnis bareng pasangan tidaklah selamanya indah. Karena yang namanya hubungan asmara kadang bisa saja mengalami masalah dan ketika ini terjadi, bukan tak mungkin memberikan pengaruh ke bisnis yang tengah digeluti.

Namun Anda harus tahu bahwa ada banyak sekali pasangan kekasih yang entah sudah berstatus sebagai suami istri atau masih berpacaran, membangun bisnis bersama.

Lagipula dalam sebuah bisnis entah dengan siapa Anda memulainya, masalah adalah sesuatu yang lazim terjadi. Kondisi ini justru membuktikan apakah Anda mampu menjadi seorang pebisnis sukses atau sosok yang mudah menyerah, sehingga bakal bisa membentuk kepribadian Anda sebagai pebisnis. Karena bagaimanapun juga, berbisnis dibutuhkan kedewasaan diri dan sikap yang profesional.

Untuk itulah bagi Anda yang mungkin kini masih berusia muda dan menikmati indahnya pacaran atau yang sudah berumah tangga sekalipun, kami akan mengulas secara lengkap bagaimana sih suka duka bisnis bareng pasangan?

Termasuk di dalamnya mengenai tips menjalankan sekaligus beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba pertimbangkan dengan sang kekasih.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Setelah Pensiun yang Patut Dicoba

Suka Duka Bangun Bisnis Bareng Pasangan

Suka Duka
via Coworker

Dari banyak kisah membangun bisnis bareng pasangan, banyak ternyata yang memulainya ketika masih berstatus sebagai pacar lalu akhirnya menggiring mereka ke biduk rumah tangga.

Hal itu pula yang dialami oleh Helga Angelina Tjahjadi selaku Co-Founder & CEO of Burgreens and Green Rebel. Dalam acara ShopeePay Talk bertema Selektif Pilih Teman Dagang, Helga kepada Bisnis mengungkapkan kisahnya.

Di mana ternyata Helga menjalankan bisnis yang dia miliki itu bersama sang suami, Max semenjak mereka masih berstatus sebagai pacar saat belum menikah. Menurut Helga, dirinya dan Max melewati hari-hari pacaran tanpa konflik yang berarti.

Hanya saja ketika bicara soal bisnis yang digeluti bersama, mendadak konflik-konflik yang tak pernah terpikirkan saat berpacaran muncul sehingga membuat mereka berlatih mengatasinya.

Helga menegaskan bahwa bisnis adalah usaha jangka panjang yang memang harus diupayakan Saat dia dan Max membangun Burgreens and Green Rebel, mereka sepakat menjalankan berbagai komitmen mendasar soal bisnis yang dirumuskan dalam perjanjian kerjasama sah.

Hal itulah yang akhirnya membuat Helga dan Max tetap bisa menjaga profesionalisme dalam bisnis meskipun berstatus sebagai pasangan kekasih.

Cerita berbeda membangun bisnis bareng pasangan juga dialami Rian Hidayatullah (25) dan Astika Dian Sari (23). Dilansir Liputan6, Rian dan Astika mengisi waktu pacaran membangun bisnis hingga mengalami perihnya kebangkrutan.

Hingga akhirnya mereka mendirikan Story Tea yang pada Oktober 2019 ditawarkan dalam konsep franchise, dan sudah punya 33 cabang sejak tujuh bulan pertama pendiriannya.

Tentu kisah Helga dan Max serta Rian dan Astika hanyalah segelintir dari banyaknya cerita membangun bisnis bareng pasangan. Ada sedihnya, tapi ada juga banyak bahagianya. Sebagai pertimbangan, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan membangun bisnis dengan kekasih. Seperti apa?

Kelebihan Bangun Bisnis Bareng Pasangan

1. Hubungan Harmonis

Sudah menjadi hal umum jika pasangan kekasih yang awalnya berpacaran mengharapkan hubungan mereka makin serius dan harmonis hingga bermuara pada pernikahan.

Dengan membangun bisnis bersama-sama saat masih berstatus pacaran, peluang untuk menciptakan hubungan harmonis makin besar. Kenapa begitu? Karena Anda dan pasangan akan lebih mudah bertemu, menjalankan hal sama dan berdiskusi.

Karena terikat pada perjanjian kerja atas bisnis itu, Anda dan pasangan akan berusaha juga saling menghormati keputusan masing-masing.

Cara berpikir yang sama berkat bisnis juga mempengaruhi hubungan asmara, sehingga bisa makin saling percaya. Rasa saling percaya akan memperkuat komitmen hubungan dan bisnis, karena bisa tahu bagaimana pikiran satu sama lain tanpa banyak curiga.

2. Mudah Bersinergi

Kelebihan berikutnya menjalankan sebuah bisnis dengan kekasih adalah mempermudah sinergi. Karena bagaimanapun juga, rekan bisnis Anda adalah pasangan sendiri sehingga kalian berdua jadi lebih mudah saling menutupi kekurangan satu sama lain.

Jika ada ide baru yang muncul, satu sama lain bakal saling mendukung dan melakukan diskusi yang menarik. Jauh lebih efektif dan efisien daripada berbisnis dengan orang asing, bukan?

3. Belajar Ilmu Baru

Ada alasan tersendiri kenapa pasangan kekasih yang membangun bisnis sejak pacaran bisa sampai rumah tangga. Apa itu? Karena mereka terus belajar.

Ya, saat berbisnis dengan pasangan, Anda berdua akan senantiasa mempelajari hal-hal baru yang akhirnya mendewasakan diri. Memberikan dampak positif tak hanya pada hubungan tapi juga kemajuan bisnis yang dijalankan.

Baca juga: Pahami Ambush Marketing Dalam Paris Fashion Show

Kekurangan Bangun Bisnis Bareng Pasangan

1. Sulit Profesional

Lepas dari betapa cintanya Anda dengan pasangan, kekurangan utama jika membangun usaha bersama kekasih adalah sulitnya bersikap profesional.

Apalagi jika hubungan asmara Anda berdua tengah bermasalah, kadang hal-hal pribadi akan sulit dielakkan dalam bisnis. Apalagi kalau kedua belah pihak tidak ada yang bersedia mengalah, bisnis yang dijalankan bisa berpengaruh.

2. Konflik Bertambah

Masih berhubungan dengan kekurangan pertama, ketika Anda dan pasangan sulit bersikap profesional, masalah pribadi dalam hubungan akan menambah konflik dalam bsinis.

Seperti yang diutarakan Helga, kadang hal-hal kecil dalam hubungan bisa bertambah besar saat tengah membicarakan bisnis. Untuk itulah penting bagi Anda berdua berkomitmen memisahkan urusan pribadi dan bisnis profesional.

3. Tak Ada Batasan

Yang namanya bisnis, pasti hanya akan ada satu pemimpin. Namun jika bisnis dijalankan oleh pasangan, garis batas pimpinan itu bakal kabur.

Diperparah jika kedua belah pihak sama-sama keras kepala dan merasa memiliki porsi besar dalam bisnis, batasan ini bakal makin tidak jelas dan cepat atau lambat bakal memberikan pengaruh buruk ke bisnis. Apalagi jika sifat asli pasangan mulai tampak, Anda harus profesional.

5 Ide Bisnis Bareng Pasangan yang Bisa Dicoba

Ide Bisnis
via Small Business

Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangan saat menjalankan bisnis bareng pasangan, tak dipungkiri kalau konsep usaha seperti ini jelas bakal sangat menggiurkan.

Apalagi di tahun 2022 ini yang disebut-sebut bakal jadi kebangkitan perekonomian pasca pandemi Covid-19, berikut beberapa ide bisnis yang bisa coba Anda geluti dengan pacar atau pasangan suami/istri:

1. Kuliner

Tak ada yang bisa menolak betapa kuliner merupakan peluang bisnis yang masih dan akan tetap menjanjikan sampai kapanpun.

Mau digeluti sendiri, bersama keluarga, sahabat atau bahkan kekasih tercinta, kuliner jelas memiliki pasar yang tidak sulit diraih. Anda bisa berjualan makanan, minuman, snack atau bahkan catering khusus makanan untuk konsumen tertentu seperti vegetarian maupun catering diet.

Bahkan jika ingin memperoleh pasar yang lebih luas, Anda dan pasangan bisa menciptakan brand sendiri untuk produk makanan olahan.

Usahakan Anda juga mendaftarkan produk makanan ini ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta pengajuan permohonan SPP-PIRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). Atau jika tak mau ribet? Geluti saja kuliner berkonsep waralaba.

2. Content Creator

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pandemi Covid-19 membuat gaya hidup serba online di Tanah Air jadi meningkat.

Hal ini jelas jadi peluang bisnis di internet termasuk salah satunya adalah content creator. Salah satu jenis content creator yang paling laris saat ini adalah menjadi Youtuber. Yap, Anda dan pasangan bisa menjadi food vlogger atau mungkin traveler vlogger.

Asalkan membuat konten yang unik, menarik dan konsisten, maka apa yang Anda tawarkan lambat laun bakal diterima oleh pengguna internet dan akhirnya mendatangkan penghasilan.

Ada banyak sekali pasangan selebritis yang meraup hingga miliaran Rupiah sebagai Youtuber, sehingga bisa Anda jadikan inspirasi untuk membangun bisnis bareng pasangan.

3. Jual Beli Pakaian

Garment atau sering disebut sebagai industri pakaian adalah salah satu jenis bisnis bareng pasangan yang sangat menjanjikan.

Seperti yang Anda tahu, pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok selain pangan dan papan sehingga berjualan pakaian akan tetap menjanjikan, Anda bisa memulainya dengan berjualan online secara reseller atau dropshipper jika memang modal pas-pasan.

Namun saat sudah semakin berkembang, percayalah diri untuk memiliki brand sendiri yang dapat ditawarkan di marketplace.

Atau mungkin Anda tertarik berjualan produk pakaian second yang kini tengah populer lewat nama thrift shop? Semua bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan. Namun yang harus diingat adalah pilih pakaian yang memang diminati pasar dengan harga jual kompetitif.

Baca juga: Bingung Mengisi Konten Website Bisnis Anda? Ikuti Beberapa Ide Ini!

4. Jasa Website

Kembali lagi pada meningkatnya jumlah pengguna internet, membuat website sangatlah dibutuhkan oleh semua orang baik untuk kebutuhan pribadi atau bisnis.

Jika Anda punya kemampuan menulis konten lalu pasangan dalam bidang desain hingga pengembangan website, maka Anda berdua bisa menggeluti sektor digital marketing secara maksimal karena peluang bisnisnya sangat besar.

5. Kerajinan Tangan

Nah, untuk peluang bisnis bersama pasangan terakhir yang dapat dicoba adalah kerajinan tangan. Jangan diremehkan, kerajinan tangan yang menarik dapat menjadi sebuah unit usaha kecil-kecil yang menjajikan.

Mampu berkembang jadi perusahaan rintisan menjanjikan, memperoleh investor dan akhirnya jadi sebuah unit usaha yang benar-benar menggiurkan asal dijalani dengan profesional.

Tips Jalani Bisnis Bareng Pasangan Agar Cuan Maksimal

Tips Bisnis
© Getty Images/kate_sept2004

Dengan ada banyak sekali pasangan yang mampu menjalankan bisnis berdua hingga biduk rumah tangga dan tetap meraih sukses, konsep usaha yang satu ini memang tak bisa diremehkan.

Apalagi ada banyak sekali jenis sektor yang berpeluang meraih cuan. Hanya saja supaya makin maksimal, beberapa tips berikut ini mungkin layak untuk Anda pertimbangkan:

  • Dari penjelasan kelebihan dan kekurangan bisnis bareng pasangan, komunikasi memegang kunci penting. Untuk itulah Anda berdua harus bisa menyamakan visi, misi dan tujuan dalam berbisnis serta selalu berdiskusi
  • Meskipun status adalah pasangan entah pacar atau suami istri, tetap utamakan profesionalisme dalam bekerja. Dunia kerja dan pribadi haruslah memiliki batasan yang jelas
  • Dengan semakin berkembangnya bisnis yang dijalani, perbedaan pendapat jelas akan muncul. Untuk itulah Anda dan pasangan harus belajar senantiasa berpikiran terbuka dan menerima kritik dengan bijaksana
  • Yang namanya keuangan akan selalu menjadi hal sensitif. Untuk itulah terlepas dari status pasangan yang dijalani, kedua belah pihak harus benar-benar saling bertanggung jawab atas laporan keuangan satu sama lain
  • Tips terakhir agar bisnis bareng pasangan tetap bisa berjalan dengan nyaman adalah tetap menyediakan waktu untuk me time berdua seperti kencan romantis

Baca juga: Tren Bisnis Terbesar Startup di Tahun 2022, Tertarik?

Bagaimana? Apakah Anda cukup tertarik untuk menjalankan bisnis bareng pasangan? Asalkan dijalankan secara profesional dengan menerapkan sejumlah tips di atas sekaligus memilih sektor yang memang mampu digeluti, maka bisnis akan berjalan lancar dan menghasilkan cuan maksimal. Semangat!

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar