Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Berpikir Out of The Box!

Photo of author
Written By Alfian Ihsan

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Sebagai seorang pengusaha, Anda dituntut untuk berpikir out of the box untuk menemukan ide kreatif dalam mengembangkan bisnis.

Menyiapkan dan menjalankan bisnis kecil adalah tugas yang menantang, terutama selama masa ketidakpastian keuangan seperti ini.

Harga makanan dan energi naik di seluruh dunia, yang menekan kondisi keseharian konsumen dan juga membuat mereka lebih konservatif dalam hal pengeluaran.

Menghasilkan penjualan bukan hanya tentang menawarkan produk yang tepat kepada orang yang tepat.

Ini juga berkaitan dengan pemasaran yang efisien, harga yang akurat, dukungan pelanggan yang sangat baik, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mencoba mengembangkan bisnis tetapi merasa buntu, mungkin inilah saatnya untuk berpikir out of the box, di luar kebiasaan diri Anda.

Berikut adalah tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menemukan ide berpikir out of the box.

1. Cobalah Untuk Fokus Pada Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan yang baik umumnya merupakan hasil dari sejumlah faktor, termasuk proses pembelian yang lancar.

Berpikir Out Of The Box

Kemudian juga keamanan pelanggan yang ditingkatkan, perhatian terhadap umpan balik pelanggan, dan pengalaman positif saat menghubungi kontak layanan pelanggan.

Anda perlu fokus pada pengalaman pelanggan dan untuk melakukan itu, pastikan Anda memiliki visi yang dibangun dengan jelas di sekitar nilai-nilai inti perusahaan Anda.

Langkah kedua adalah memahami siapa pelanggan Anda dan kebutuhan mereka saat melakukan pembelian.

Hanya dengan begitu Anda dapat membangun hubungan emosional dengan pelanggan Anda. Jika Anda ingin berpikir di luar kotak, perhatian harus beralih dari produk menuju layanan ke pelanggan.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Setelah Pensiun yang Patut Dicoba

2. Investasikan Dalam Pendidikan Anda

Bisnis datang dan pergi, tetapi sebagian besar kegagalan adalah akibat dari orang-orang di dalam perusahaan yang tidak mampu mengatasi semua tantangan yang muncul di sepanjang jalan.

Para konsultan bisnis profesional percaya bahwa kurangnya pendidikan adalah faktor nomor satu dibalik sebagian besar kesalahan pemula.

Tentu adalah hal tepat untuk mengalokasikan sebagian dari pendapatan untuk meningkatkan pengetahuan diri sendiri dan juga karyawan Anda.

Meng-update pengetahuan terkini tentang teknologi, pengelolaan media sosial untuk promosi atau bagaimana memotong jalur distribusi penting untuk Anda pelajari.

Juga tentang bagaimana membentuk kembali perilaku konsumen dan tugas Anda adalah mengantisipasi tren baru ini sejak tahap awal, menemukan cara untuk menyesuaikan model bisnis Anda.

Pengusaha cenderung terlalu percaya diri begitu mereka mulai menghasilkan pendapatan, percaya bahwa mereka telah menemukan “formula kemenangan” dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

Pada kenyataannya, ini adalah proses yang berkelanjutan, dengan tantangan baru yang pasti akan muncul di masa depan.

Bagaimana cara mengantisipasi perubahan di masa depan? Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali dengan membaca.

Bacalah buku dan majalah bisnis tentang tren hari ini dan pengembangan yang kemungkinan akan berjalan untuk masa depan.

Misal, hari ini semua orang membicarakan tentang kripto sebagai alternatif alat pembayaran. Coba Anda pelajari bagaimana sebuah transaksi bisa mungkin berjalan menggunakan kripto.

Apakah mungkin Anda bisa mengikuti tren ini dan bagaimana?

3. Buat Perbedaan Dari Pesaing

Terlepas dari sektor di mana bisnis Anda beroperasi, kemungkinan besar ada merek lain yang menawarkan produk atau layanan yang identik atau serupa.

Karena itu, Anda harus selalu bertanya pada diri sendiri mengapa pelanggan harus datang kepada Anda dan bukan ke pesaing Anda.

Jika Anda tidak memiliki jawaban untuk pertanyaan itu, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan cara untuk membedakan diri Anda dari yang lain.

Mengikuti kawanan bukanlah pendekatan yang paling baik, itu karena Anda tidak akan menawarkan sesuatu yang unik.

Anda harus mempunyai diferensiasi yang membuat Anda lebih menonjol dari pesaing Anda. Meski hanya sekedar bentuk iklan yang lucu, itu akan terngiang pada ingatan calon pembeli

Dampak inflasi yang tinggi secara keseluruhan diperkirakan akan meninggalkan bekas yang dalam pada bisnis, terutama yang kecil.

Itulah sebabnya sekarang adalah waktu yang tepat untuk merangkul pendekatan yang berbeda dan mulai melakukan sesuatu secara berbeda.

Tips Membangun Bisnis Menuju Sukses

Sebagai seorang pengusaha, ada juga beberapa tips yang kami rangkum untuk membangun bisnis Anda menuju sukses. Terkadang prosesnya akan lambat, tetapi terkadang bisa sangat cepat.

Berpikir Out Of The Box

Kami tahu bahwa Anda ingin menjadi sukses secepat mungkin, tetapi ada dua pertanyaan penting yang berbeda dan sekaligus penting untuk Anda:

  • Bagaimana saya bisa menjadi  pengusaha sukses ?
  • Bagaimana saya bisa menjadi pengusaha sukses secepat mungkin?

Sebelum Anda mulai dengan aturan sukses bagi Anda sebagai pengusaha, tanyakan pada diri Anda satu pertanyaan penting: Apa arti kesuksesan bagi saya?

Pengusaha yang berbeda memiliki definisi yang berbeda untuk kesuksesan mereka sendiri. Karena itu, Anda tidak dapat membuat peta jalan yang meniru orang lain.

Kemudian Anda berharap itu akan menunjukkan kepada Anda jalan yang benar menuju kesuksesan. Tapi, kita dapat menarik aturan dasar bahwa jika Anda mengikuti Anda dapat menemukan kesuksesan Anda sendiri.

Ada 10 tips membangun peta jalan kesuksesan bagi pengusaha. Ini juga akan membantu Anda berpikir Out of The Box.

1. Tentukan Visi Anda Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Visi Anda adalah sesuatu yang tidak diragukan lagi akan menentukan apa kesuksesan Anda sebagai seorang wirausahawan.

Anda harus memiliki visi jika ingin sukses. Bagaimana Anda bisa berharap menjadi pengusaha sukses jika Anda tidak tahu apa itu kesuksesan bagi Anda.

2. Jangan Lakukan Apa Yang Tidak Kamu Sukai

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus menyukai apa yang Anda lakukan dalam bisnis Anda. Terkadang itu tidak akan sama dengan yang Anda rencanakan.

Anda harus bersemangat tentang bisnis Anda karena gairah adalah salah satu kekuatan terpenting yang akan memaksa Anda untuk sukses.

Melakukan hal-hal sebagai pengusaha adalah bagian integral dari hidup Anda. Jadi, Anda perlu memikirkan perbaikan dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

3. Bangun Komunitas Yang Sehat Di Sekitar Bisnis Anda

Hal penting tentang kesuksesan bisnis Anda adalah Anda akan membutuhkan orang. Anda membutuhkan pelanggan dan karyawan.

Juga, Anda membutuhkan orang-orang yang akan Anda ajak bicara dan berkomunikasi. Anda harus mulai membangun komunitas Anda sesegera mungkin.

Komunitas ini bisa berupa orang-orang yang menjalankan bisnis yang sama dengan Anda atau yang mempunyai keterkaitan.

Komunitas ini nantinya akan membentuk sistem market yang tentu harus saling mendukung, bukan menjatuhkan.

4. Bangun Komunikasi Dengan Komunitas Anda

Anda jangan sampai membangun komunitas hanya untuk menjadi target pemasaran produk Anda.

Anda membutuhkan komunitas yang dengannya Anda akan berkomunikasi dan dalam beberapa kasus mengembangkan hubungan mitra.

Berpikir Out Of The Box

Mereka memiliki kekuatan yang cukup besar untuk membuat bisnis Anda menjadi bisnis yang sukses.

Anda ingin mengembangkan bisnis kecil Anda, jadi cobalah strategi rahasia ini untuk pertumbuhan bisnis yang cepat.

5. Dengarkan Komunitas Anda Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Anda perlu mendengarkan komunitas Anda dan pada saat yang sama belajar dari mereka.

Pengetahuan yang akan Anda kumpulkan dari mendengarkan ini penting untuk digunakan dalam bisnis Anda melalui produk dan layanan yang akan memenuhi kebutuhan komunitas Anda.

6. Gunakan Kesalahan Sebagai Instrumen Belajar

Jika Anda melakukan kesalahan dan gagal pada sesuatu yang Anda lakukan, bukan berarti Anda tidak akan menjadi pengusaha yang sukses.

Anda akan menjadi tidak berhasil hanya jika Anda tidak mencoba sesuatu, membuat kesalahan, belajar dari kesalahan itu, dan tidak memperbaiki diri Anda berdasarkan kesalahan. Anda perlu tahu bahwa kesalahan dapat meningkatkan Anda dan bisnis Anda.

Baca juga: Cara Mengajari Anak Mengelola Keuangan Secara Mudah

7. Bersiaplah Dengan Perubahan

Jika Anda tidak ingin mengubah bisnis Anda, pasar Anda akan berubah dan akan membuat Anda terisolasi. Lebih baik menjadi pemimpin daripada pengikut.

Jika Anda tidak memiliki jalan yang jelas untuk menjadi sukses , Anda akan memerlukan manuver yang berbeda. Anda butuh perubahan untuk membantu Anda berpikir out of the box.

Selalu update pengetahuan dan berita mengenai apa yang sedang jadi tren dan kemungkinan tren pada masa depan.

8. Temukan Cara Untuk Melampaui Batas

Jika Anda adalah orang yang tidak memikirkan batasan, Anda akan mencapai semua yang Anda inginkan.

Karakter Mental Entrepreneur
Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Berpikir Out of The Box! 6

Jika Anda melihat batasan dalam segala hal di sekitar Anda alih-alih peluang, Anda perlu mengubah pola pikir Anda dan mulai melihat melampaui batas.

Ini penting bagi Anda, tetapi Anda perlu berhati-hati agar tidak menjadi orang yang gila kerja. Bukan berarti jika Anda gila kerja, Anda akan menjadi pengusaha sukses.

Malah bisa jadi Anda akan sakit, karena terlalu memforsir tubuh. Tetaplah penuhi kebutuhan istirahat tubuh Anda. Jangan lupa makan makanan bergizi.

9. Bedakan Diri dan Perusahaan Anda, Buat Diferensiasi

Anda tidak perlu melihat apa yang dilakukan orang lain. Itu bukan sesuatu yang akan membuat Anda sukses.

Tapi, Anda perlu membedakan diri Anda dan bisnis Anda dari orang lain. Bagaimana Anda membedakan diri Anda dari pesaing Anda?

10. Rayakan dan Beri Reward Pada Tim Anda

Perjalanan Anda untuk menjadi pengusaha sukses tidak akan berjalan lurus. Anda akan memiliki banyak target antara di mana Anda sekarang dan di mana Anda ingin berada di masa depan.

Jika Anda ingin perjalanan Anda melanjutkan kesuksesan, Anda perlu merayakan dan menghargai diri sendiri dan tim Anda untuk semua target yang dicapai.

Pelajari apa yang mendorong Anda sebagai wirausahawan dan gunakan itu untuk mendorong lebih keras menuju kesuksesan Anda.

Pertanyaan: Apakah Anda memiliki beberapa aturan tambahan yang Anda ikuti untuk menjadi pengusaha sukses?

Penutup

Demikian Beberapa cara bagi Anda untuk Berpikir Out Of The Box dalam rangka mengembangkan bisnis.

Out of the box adalah tentang melampaui batas yang bisa dilakukan orang lain namun masih tetap dalam kewajaran.

Selamat mencoba dan semoga kesuksesan menaungi kita semua.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar