Attention Marketing, Strategi Promosi Ampuh Menarik Perhatian Pelanggan

Perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian pelanggan agar mereka melakukan pembelian. Beberapa pengusaha menggunakan cara marketing yang biasa, dan lainnya mempraktekkan tentang Attention Marketing.

 Di zaman dengan terlalu banyak informasi, mungkin sulit untuk mempertahankan setiap detail informasi dalam pikiran kita.

Selain itu, konsumen memiliki rentang perhatian yang pendek, jadi Anda harus menemukan cara untuk menarik minat mereka dan membuat merek Anda menonjol.

Strategi pemasaran yang sedikit genit akan dapat membantu Anda menarik perhatian pelanggan.

Beberapa ahli menyebutnya dengan Attention Marketing, yang tujuannya adalah untuk menarik perhatian dari pelanggan.

Apa itu Attention Marketing?

“Pemasaran adalah kontes untuk menarik perhatian orang.”

Begitu kata para konsultan pemasaran, bahwa proses pemasaran harus efektif menarik perhatian orang dalam beberapa detik saja.

Attention Marketing bisa berupa aktifitas pemasaran secara fisik maupun digital. Ini harus dirancang sehemat mungkin dengan pesan yang menarik dan bermanfaat untuk mencuri perhatian.

Apa Itu Attention Marketing?

Khususnya pada dunia digital, Attention Marketing bisa tiba-tiba muncul sebagai pop-up dari sebuah halaman atau juga iklan yang ada pada pertengahan artikel.

Intinya adalah tentang muncul sekejap dan memunculkan kesan pada diri Anda. Ini membutuhkan kepekaan mengenai siklus sumber daya perhatian.

Konsep pemasaran perhatian bukanlah hal baru. Sudah lebih dari satu abad, ketika Elias St. Elmo Lewis , seorang advokat Periklanan Amerika (juga dilantik ke dalam Advertising Hall of Fame), memperkenalkan model AIDA.

Model AIDA menjelaskan empat tahap utama dari saluran pemasaran yang dilalui setiap konsumen sebelum berubah menjadi pelanggan, yaitu:

  • Attention (perhatian)
  • Interest (minat
  • Desire (keinginan)
  • Action (tindakan)

10 Tips Sukses dengan Attention Marketing

Sekarang mari kita pahami bagaimana Anda dapat menggunakan berbagai jenis Attention Marketing untuk mendapatkan hasil maksimal dari bujet pemasaran Anda.

1. Tawarkan Konten Snackable

Meskipun audiens Anda terpapar banyak informasi, mereka sering kali lebih menikmati konten yang datang sedikit demi sedikit, selayaknya makanan yang dapat dicicipi.

Konten yang dapat dicicipi memang seperti itu: konten yang singkat, menyenangkan, dan mudah dikonsumsi. Ini bisa berupa posting blog cepat, video atau infografis, dan sangat cocok untuk media sosial.

Jenis konten ini membuka jalan bagi Anda untuk mendidik audiens Anda tanpa menghabiskan banyak waktu mereka.

  • Ide konten snackable itu sederhana:
  • Identifikasi masalah dan tantangan audiens
  • Menjadi sumber informasi ahli
  • Buat potongan konten berukuran kecil dan menarik

Konten Snackable sangat mudah diproduksi. Anda dapat membuat banyak serpihan karya untuk menonjol dalam lanskap konten online yang berantakan.

2. Buat Strategi Konten Viral

Menjadi viral bukanlah ilmu pasti, tetapi bisa dilakukan. Kampanye viral menarik perhatian massa dan memancing mereka untuk membagikannya.

Itu akan menjadi lebih populer jika mampu menyentuh audiens pada tingkat yang lebih dalam, apakah itu membuat mereka tertawa atau berpikir atau menangis.

Berikut adalah beberapa tip untuk menghasilkan kampanye viral seperti itu dan mencapai lebih banyak visibilitas merek:

  • Pikirkan tentang bagaimana ide konten Anda bisa menjadi unik dan membuat ketagihan.
  • Brainstorm ide-ide viral yang berbeda dan hasil potensial mereka.
  • Bangun tim spesialis konten viral untuk menghasilkan ide viral dalam skala besar.
  • Kejutkan penonton dan ceritakan cerita yang berbeda.

Meskipun konten Anda tidak menjadi viral, selalu merupakan ide bagus untuk terus mencobanya. Dan Anda mungkin berakhir dengan beberapa ide baru untuk promosi yang menarik perhatian.

Buat Strategi Konten Viral

3. Gunakan GIF dalam Pemasaran Konten

GIF, yang merupakan gambar animasi pendek, adalah format konten unik yang digunakan untuk menarik perhatian audiens.

Dan jika Anda pernah terlibat dalam taruhan tentang singkatan GIF, jawabannya adalah: Graphics Interchange Format.

GIF adalah format konten online yang sangat populer.

Giphy, database GIF, memiliki 100 juta pengguna harian yang mengirim 1 miliar GIF setiap hari. Kemudian Facebook mengakuisisi Giphy pada 15 Mei 2020 seharga $400 juta.

Twitter melaporkan bahwa 500 juta GIF dibagikan di platformnya setiap hari. Lebih dari lima juta GIF dikirim setiap hari melalui Facebook Messenger.

Ini adalah konten kecil yang unik yang tidak membutuhkan waktu untuk dibuat atau dikonsumsi.

Anda dapat menggunakan GIF dalam posting blog, sebagai posting media sosial atau untuk menampilkan produk.

GIF dapat mengubah konten pendidikan yang membosankan menjadi sesuatu yang menarik dan mudah dipahami.

Baca juga, 6 Pola Pikir Pebisnis Sukses

Untungnya, membuat GIF jauh lebih cepat dan mudah daripada membuat video. Anda dapat menggunakan alat gratis seperti pembuat GIF GIPHY  untuk menyulap GIF khusus yang mengagumkan untuk posting blog atau kampanye sosial Anda berikutnya.

4. Hibur dengan Meme

Format konten online populer lainnya yang telah mendapatkan penerimaan besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir adalah meme Internet.

Konsep meme Internet (umumnya dikenal sebagai meme) berasal dari kata ” meme “. Ini merupakan “sebuah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar melalui peniruan dari orang ke orang dalam suatu budaya.”

Meme yang sebagian besar dari kita kenal biasanya terdiri dari gambar dan teks yang bertujuan membuat jokes, humor.

Meme dapat memasukkan humor ke dalam iklan produk Anda yang menarik perhatian audiens secara instan.

Meskipun meme dapat melakukan keajaiban untuk konten sebuah produk, itu masih merupakan format yang relatif kurang digunakan.

Hibur Dengan Meme

Kebanyakan meme berisi tentang humor dan satir mengenai kondisi sosial, politik atau pemberitaan media yang sedang viral.

Seperti halnya GIF, meme bekerja dengan baik di posting blog dan posting media sosial. Anda dapat menggunakan alat pembuat meme online gratis untuk membuat meme khusus Anda dan mempostingnya ke saluran sosial Anda.

Memberikan sudut yang lucu untuk percakapan media sosial Anda dengan beberapa meme lucu adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian dan membangun audiens untuk konten promosi.

5. Copywriting yang Menarik

Copywriting yang baik bekerja dengan baik untuk menarik perhatian pembaca.

Dengan salinan yang efektif, Anda dapat menggunakan beberapa kata untuk menceritakan sebuah kisah dan memicu tindakan yang diinginkan, seperti pembelian atau pendaftaran buletin.

Seperti yang dikatakan Leo Burnett tentang Copywriting :

“Buatlah sederhana. Jadikan itu mudah diingat. Membuatnya menarik untuk dilihat. Membuatnya menyenangkan untuk dibaca.”

Anda dapat menggunakan copywriting sebagai alat penjualan pada beberapa saluran online seperti email, situs web, dan media sosial.

Baca, 30 Contoh Usaha Waralaba Modal Kecil

Cara lain untuk membuat audiens Anda memperhatikan konten Anda adalah dengan membuat judul yang menakjubkan.

Judul yang baik membangun harapan bagi pembaca dan juga membangun hubungan emosional dengan mereka.

Jika pembaca menyukai tulisan Anda, dia akan memberikan klik yang berharga pada posting blog atau pembaruan media sosial Anda selanjutnya.

Copywriting yang baik telah dan akan tetap menjadi salah satu pilar paling menonjol dari strategi pemasaran yang efektif. Ini adalah cara yang ampuh untuk menarik perhatian audiens.

6. Meretas Tren atau Berita Terkini

Tren industri atau berita memiliki audiens yang tersedia dalam sebuah niche,ini karena orang membicarakan topik secara real-time. Nama lain untuk Attention Marketing ini adalah newsjacking.

Jika Anda menggunakan topik hangat untuk membuat posting blog, survei, infografis, atau video untuk berpartisipasi dalam percakapan dengan cara unik Anda sendiri, Anda akan langsung mendapatkan perhatian.

Jika Anda mengetahui apa yang terjadi di industri Anda dan dunia di sekitar Anda, maka tidaklah sulit untuk membuat konten yang relevan dan berharga yang membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Misal dengan menumpang pemberitaan invasi Rusia ke Ukraina, Anda bisa berbicara mengenai berkurangnya suplai gandum dan potensi naiknya harga makanan berbahan dasar gandum.

Baca juga, 24 Tips Meningkatkan Produktivitas

Anda bisa menawarkan produk Anda yang mungkin saja berupa makanan pengganti berupa salad buah.

Bisnis Kuliner Online - Salad Buah

7. Buat Konten Interaktif

81% pemasar setuju  bahwa konten interaktif menarik perhatian lebih efektif daripada konten statis.

Anda sebagai seorang marketing atau pimpinan departemen marketing dapat menggunakan berbagai bentuk konten interaktif.

Seperti kuis, permainan, kontes, kalkulator interaktif, dan penilaian untuk memulai percakapan dua arah dengan pelanggan target mereka.

Format ini menanamkan elemen menyenangkan yang sangat dibutuhkan dalam konten bermerek.

Platform media sosial seperti LinkedIn, Twitter, dan Instagram telah menawarkan fitur asli untuk membuat konten interaktif sederhana seperti kuis dan jajak pendapat.

Merek besar seperti Netflix menggunakan kekuatan konten interaktif untuk membuat audiens mereka memperhatikan dan berinteraksi dengan kuis dalam tampilan Pop-up.

8. Bekerjasama dengan Influencer

Cara yang bagus untuk membuat lebih banyak orang memperhatikan merek Anda adalah dengan berkolaborasi dengan influencer industri terkenal.

Faktanya, 51% marketing percaya bahwa mereka dapat memperoleh pelanggan yang lebih baik dengan pemasaran influencer.

Pemasaran influencer adalah strategi yang digunakan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka dengan bermitra dengan pengguna media sosial atau blogger populer.

Influencer biasanya memiliki audiens yang besar dan memiliki keterlibatan erat. Mereka dapat dimanfaatkan oleh merek untuk membangun kredibilitas dan bahkan mendorong penjualan.

Misalnya, Hilton Hotels berkolaborasi dengan travel influencer untuk mendapatkan 100.000 suka merek baru dan ribuan komentar positif dan berbagi melalui kampanye yang disebut “Tujuh Keajaiban Perkotaan Dunia”.

Sebuah brand yang bermitra dengan seorang influencer bisa menuai banyak keuntungan, antara lain:

  • Jangkau audiens yang lebih besar
  • Bangun kepercayaan untuk merek Anda
  • Kembangkan pengikut sosial Anda
  • Tingkatkan lalu lintas situs
  • Dapatkan lebih banyak prospek
  • Mendorong penjualan

Ciri khas pemasaran influencer yang efektif terletak pada menemukan influencer yang tepat dengan pengikut asli, bukan buzzer.

Anda dapat melakukannya dengan bantuan platform influencer yang tepat dan alat audit media sosial.

9. Buat Podcast

Podcast dapat bersifat mendidik atau menyenangkan untuk didengarkan. Format konten ini adalah opsi populer bagi orang yang ingin mengonsumsi konten audio saat bepergian.

Buat Podcast

Podcasting adalah cara terbaik untuk membuat merek Anda diperhatikan dan membangun audiens baru untuk bisnis Anda.

Baca, 20 Peluang Bisnis Terbaik

Tetapi Anda perlu melakukan sedikit persiapan seperti nama, topik, format, dll. Sebelum Anda dapat menjalankan podcast online yang sukses.

10. Publikasikan Infografis

Dalam hal konten visual, infografis dapat memberikan keajaiban untuk mendidik penonton dengan cara yang mudah dan menghibur.

Studi menunjukkan bahwa infografis dapat meningkatkan lalu lintas web sebanyak 12% .

Anda mungkin berpikir bahwa infografis selalu berbentuk panjang, tetapi itu tidak selalu benar. Faktanya adalah infografis yang lebih pendek, cukup 1-2 slide akan lebih baik jika diposting langsung di media sosial.

Kesimpulan

Attention Marketing, seperti namanya maka dia berfungsi untuk menarik perhatian bagi mereka yang melihatnya.

Penggunaan warna yang kontras dengan situasi sekitar juga akan menarik perhatian. Bahkan ada produk yang sengaja tampil norak agar jadi pusat penglihatan siapapun yang melewatinya.

Baca juga, 46 Usaha Rumahan Modal Kecil

Jika Anda punya ide tentang Attention Marketing selain yang sudah kita bahas, bisa tulis pada kolom komentar ya.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar