Siapkan 21 Peralatan Ini Untuk Membuka Bisnis Rumah Makan!

Photo of author
Written By Alfian Ihsan

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Apakah Anda sedang berencana untuk membuka bisnis rumah makan? Siapkan 21 peralatan ini untuk membuka bisnis rumah makan.

Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat bagaimana cara untuk memperoleh 21 perlengkapan untuk membuka bisnis rumah makan.

Apakah Anda akan membeli semua kebutuhan itu, 21 perlengkapan tersebut. Atau menyewa untuk sementara dari orang lain. Kalau ada yang berbaik hati meminjami itu lebih baik lagi. Hehe.

Mengapa Anda perlu mempertimbangkannya dengan cermat, karena segala perlengkapan ini adalah tulang punggung bagi keberlangsungan bisnis rumah makan Anda.

21 Perlengkapan Bisnis Rumah Makan

Untuk membantu Anda mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan dapur Anda, kami telah mewawancara beberapa pemilik bisnis rumah makan yang sudah berpengalaman.

Bisnis Rumah Makan
siapkan 21 peralatan ini untuk membuka bisnis rumah makan! 5

Dengan ini kami mengumpulkan referensi tentang apa saja yang harus Anda beli, apa yang harus Anda sewa, dan hal-hal yang tidak boleh Anda hemat.

Front of House (FOH)

FOH adalah tampilan depan dari bisnis rumah makan Anda, yaitu mencakup apa pun yang dilihat dan berinteraksi dengan tamu Anda, mulai dari dekorasi hingga cara mereka membayar pesanan.

Tentu Anda sudah pernah makan di warung atau restoran, Anda sudah mengira-ngira apa yang ada di bagian depan sebuah bisnis rumah makan. Ini dia:

1. Meja dan kursi

Jumlah meja dan kursi Anda akan ditentukan oleh ukuran bisnis rumah makan, nuansa yang ingin Anda bangun serta desain keseluruhan.

Anda pasti ingin memiliki beberapa model tempat duduk dan meja yang dapat disatukan dengan mudah untuk mengakomodasi pesta yang lebih besar.

Karena ini adalah perlengkapan krusial dalam sebuah bisnis rumah makan, tentu membelinya adalah lebih baik daripada menyewa.

Sesuaikan model meja dan kursi dengan ruangan bagian depan atau FOH. Jika ruangan Anda kecil, jangan gunakan meja dan kursi dengan model yang terlalu gemuk. Gunakan model yang lebih ramping.

2. Meja Kasir

Desain meja kasir tentu berbeda dengan meja makan, karena meja kasir memerlukan laci penyimpanan uang atau mungkin dimensi yang sedikit lebih kecil namun pas untuk mesin POS.

Beberapa bisnis rumah makan biasanya memiliki meja kasir yang lebih pendek dari meja makan pada umumnya, namun ada juga yang meja kasirnya lebih tinggi agar pembeli tidak perlu terlalu menunduk.

3. Sistem POS

Sistem point-of-sale (POS) adalah perangkat yang digunakan pelayan bisnis rumah makan memasukkan pesanan dan tamu Anda membayar makanan mereka.

Ada berbagai macam sistem dan perangkat untuk dipilih, semuanya dengan opsi dan penyesuaian yang berbeda.

Pada opsi dengan level lebih tinggi, POS juga bisa membantu pelacakan inventaris di bagian dapur atau Back of House (BOH).

Caranya tentu dengan memasukkan inventori semua bahan baku yang masuk dan mengatur bahan baku yang digunakan dalam sebuah menu.

Maka setiap menu yang terjual, akan mengurangi stok bahan baku sesuai kuantitas yang diinput.

Sistem POS biasanya disewa dari vendor dan menyertakan pembaruan rutin secara periodik.

4. Linen

Linen dalam bisnis rumah makan termasuk taplak, serbet, handuk, lap dan celemek. Beberapa adalah item penting untuk dapur Anda.

Kebanyakan pemilik restoran baru tidak menyadari banyaknya kain atau handuk yang dibutuhkan untuk menjaga restoran tetap bersih ketika beroperasi.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan linen dengan mencucinya minimal satu minggu sekali.

5. Cara Penyajian

Para tamu makan dengan mata mereka sebelum mereka mencicipi makanan Anda. Sehingga penting untuk memberi kesan pertama dengan cara penyajian yang elegan walau hanya sekedar telur goreng.

Dalam bisnis rumah makan, Anda harus punya standar tentang bagaimana pramusaji menyiapkan makanan hingga peralatan makan yang Anda gunakan

 Secara umum, piring bulat berwarna putih cenderung meningkatkan rasa manis, tetapi piring hitam bersudut dapat meningkatkan rasa gurih, menurut Charles Spence , psikolog eksperimental di Universitas Oxford.

Piring merah cenderung mengurangi berapa banyak pengunjung yang makan, dan piring biru bisa mematikan nafsu makan seseorang.

6. Sistem Keamanan

Pelanggan Anda akan menghargai rasa aman, dan Anda dapat melindungi aset Anda dengan sistem keamanan yang tepat. Anda bahkan bisa mendapatkan diskon untuk asuransi Anda.

Biaya untuk kontrol akses elektronik seperti kamera CCTV di sudut ruangan akan bervariasi tergantung pada jenis perangkat keras yang digunakan dan jumlah kamera yang digunakan.

Back of House (BOH)

Jika FOH adalah wajah bagi bisnis rumah makan, maka dapur adalah jantung dari sebuah bisnis rumah makan.

Di sinilah Anda memulai cerita mengapa Anda memulai bisnis rumah makan Anda dan menghidupkan menu Anda.

Bisnis Rumah Makan

Di sinilah Anda harus berpikir hati-hati tentang berinvestasi atau menyewa peralatan berkualitas baik, karena akan sangat sering digunakan setiap hari.

Anda harus menganggarkan hingga puluhan juta rupiah untuk peralatan rumah tangga Anda, tergantung pada kebutuhan restoran Anda.

7. Lemari Pendingin

“Ini akan menampung daging, sayur, susu, dan produk segar tergantung pada menu apa saja yang ada pada bisnis rumah makan Anda.

Mengenai harga, juga menyesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan restoran Anda, semakin besar tentu akan semakin mahal.

8. Freezer

Seperti pendingin, Anda harus menentukan kebutuhan restoran Anda saat membeli freezer, yang bisa berupa peti, tegak, atau walk-in.

Hal ini penting karena ukuran freezer Anda juga akan menentukan biaya operasional bulanan Anda karena ada konsumsi listrik yang harus Anda perhatikan.

9. Meja Dapur Besar

Aktifitas memasak memerlukan meja yang luas untuk menyiapkan berbagai bahan, alat dan mungkin proses memasak juga.

Baja tahan karat adalah standar pada dapur komersial bisnis rumah makan. Bahan ini tahan korosi, kontaminasi, dan mudah dibersihkan.

Mereka tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga Anda dapat memilih ukuran mana yang paling cocok di dapur Anda.

10. Kompor

Ini adalah perlengkapan utama dari dapur, tanpa kompor Anda tidak bisa mengolah masakan apapun. Anda dapat memilih antara kompor gas atau listrik.

Jika Anda memiliki dapur terbuka, kompor gas menawarkan pengalaman memasak yang menyenangkan dan responsif secara visual, sedangkan kompor listrik elegan dan mudah dibersihkan.

11. Oven

Sebagian besar dapur dilengkapi dengan oven standar.

Tetapi jika restoran Anda menyajikan makanan yang dipanggang atau membutuhkan penggunaan oven yang signifikan, Anda mungkin lebih cocok menggunakan oven konveksi yang memasak makanan dengan meniupkan udara panas melalui kipas dan sistem pembuangan.

Ini membutuhkan biaya besar, tetapi kredit kepemilikan barang memungkinkan Anda untuk menjaga peralatan tetap baru dan berfungsi dengan baik.

12. Mesin Es

Bagaimana cara Anda menyajikan minuman dingin? Anda bisa menggunakan mesin yang bisa membuat es secara konstan, sehingga siap saat staf Anda membutuhkannya.

13. Wastafel

Semua orang tahu fungsi wastafel untuk mencuci perlengkapan makan, sayuran, dan peralatan masak. Kami sarankan membuat beberapa wastafel untuk penggunaan yang berbeda.

14. Pencuci piring

Banyak bisnis rumah makan besar memiliki mesin pencuci piring industri, yang mencuci piring dalam jumlah besar dengan sangat cepat dan memungkinkan pergantian peralatan makan dan peralatan makan dengan cepat.

Namun jika bisnis rumah makan anda masih skala menengah, cukup wastafel khusus untuk mencuci piring dan peralatan makan.

Agar tidak tercampur dengan minyak atau kotoran sisa memasak yang menempel di peralatan masak.

15. Pemotong, Pencampur dan Pengolah Makanan

Alat-alat ini diperlukan dalam persiapan makanan yang cepat dan efisien. Sekali lagi, ini jika bisnis rumah makan Anda dalam skala besar.

Namun semua tergantung kebutuhan bisnis rumah makan Anda, skala menengah mungkin saja membutuhkannya.

Pemotong tersedia dalam pilihan manual atau elektrik – jika pengirisan Anda bervolume tinggi atau sering, Anda harus berinvestasi dalam alat pemotong elektrik.

Mixer juga harus dipilih berdasarkan untuk apa Anda akan menggunakannya dan seberapa sering. Jika Anda adalah toko roti atau restoran pizza, Anda memerlukan mixer spiral.

Untuk jenis pencampuran lainnya, pilih mixer planetary, yang bekerja dengan baik untuk hal-hal seperti kentang tumbuk dan krim kocok.

Pengolah makanan datang dalam empat jenis – mangkuk batch, pakan terus-menerus, perajang kerbau, dan kombinasi.

Tentukan jenis hidangan apa yang akan disiapkan restoran Anda untuk memutuskan jenis yang tepat untuk Anda.

16. Rak roti

Di sinilah Anda akan menyimpan sebagian besar barang-barang kering Anda, seperti tepung, gula, rempah-rempah, dan bahan tidak tahan lama lainnya yang perlu dijangkau oleh staf dapur Anda.

17. Pisau

Pisau adalah bagian yang tidak bisa diremehkan dari dapur sebuah bisnis rumah makan.

Satu set pisau yang bagus akan bertahan bertahun-tahun dengan penajaman yang teratur, setidaknya satu kali dalam seminggu.

18. Panci, Wajan, Mangkuk, Sendok Garpu

Ini akan menjadi beberapa bagian yang paling banyak digunakan di dapur Anda. Pastikan untuk memiliki berbagai macam ukuran mangkuk dan bahan, serta wajan besi cor, saus dan wajan, panci kaldu, wajan, wajan, oven Belanda berbagai ukuran dan wajan.

Peralatan makan harus mencakup garpu, pisau, sendok pencuci mulut, sendok sup, sendok teh, pisau mentega, dan pisau steak.

Bisnis Rumah Makan

19. Mesin Absensi

Ketahui dengan tepat kapan karyawan Anda masuk atau keluar setiap hari. Ini juga dapat membantu dengan penjadwalan dan permintaan waktu istirahat.

Data bulanan akan menjadi dasar bagi Anda dalam menggaji karyawan, ini adalah cara untuk menghadirkan keadilan dalam tempat kerja bagi bisnis rumah makan Anda.

20. Perangkat Lunak Keuangan

Jadikan penggajian berjalan sederhana dan mudah yang membantu Anda dengan pajak dan manfaat lain yang berhak didapatkan oleh karyawan Anda.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatur gaji, pemasukan dan belanja dapur. Dengan aplikasi administrasi keuangan Anda lebih mudah melacak alur cashflow bisnis rumah makan.

21. Peralatan Keselamatan

Secara umum, Anda harus memastikan bahwa bisnis rumah makan memiliki alat pemadam api, tanda lantai basah, celemek, dll.

Untuk memastikan bahwa pelanggan merasa aman dari insiden kecil berupa tumpahan air atau bahkan potensi kebakaran.

Baca juga: Mudah Lho, Cara Buka Rekening BRI Online 2022, Beserta Syarat dan Biaya

Menyewa Atau Membeli Peralatan

Membuka bisnis rumah makan bisa sangat mahal, dan Anda mungkin tergoda untuk membeli peralatan bekas atau sewa sedapat mungkin untuk menghemat uang.

Meskipun ada bagian tertentu di mana keputusan Anda masuk akal secara finansial.

Jika sebuah peralatan itu akan bertahan lebih dari dua tahun, mungkin lebih baik membeli dengan pinjaman.

Jika peralatan bertahan dalam dua tahun atau kurang, sewa adalah pilihan yang lebih baik.

Menyewa peralatan juga merupakan pilihan yang baik saat bisnis rumah makan pertama kali dimulai. Itu karena beberapa penelitian memperkirakan bahwa 60 persen bisnis rumah makan gagal di tahun pertama.

Ini adalah kenyataan yang sulit untuk ditelan, tetapi itu benar. Dan 80 persen bisnis rumah makan gagal dalam lima tahun pertama.

Beberapa keuntungan lain bagi bisnis rumah makan dari sewa perlengkapan adalah:

  • Tidak mungkin Anda harus membayar uang muka yang besar
  • Sangat mudah untuk mendapatkan peralatan terbaru
  • Anda tidak perlu membayar untuk pemeliharaan, karena itu akan menjadi urusan persewaan

Penutup

Itu adalah perkiraan dari apa yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis rumah makan. Jika Anda punya saran kebutuhan lainnya, bisa ditulis di kolom komentar.

Pastikan Anda sudah punya lokasi yang tepat untuk memulai bisnis rumah makan, yang mudah dijangkau banyak orang tapi juga biaya sewanya tidak terlalu mahal.

Akan lebih baik jika lokasi adalah milik sendiri karena mengurangi biaya operasional bisnis rumah makan Anda.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar