10 Tips Bisnis Food Truck Berjalan Lancar

Diperbarui pada Juni 16th, 2022 at 08:45 pm

Berpikir untuk membuat rumah makan berjalan? Simak 10 tips bisnis food truck berjalan lancar.

Sebelum membuka bisnis food truck, pastikan pasar tidak terlalu jenuh dengan food truck yang menawarkan tarif serupa.

Akan lebih baik jika masih sedikit atau bahkan belum ada food truck serupa di sekitar Anda. 

Jika dioperasikan dengan sukses dengan lokasi yang baik, bisnis food truck dapat menghasilkan lebih dari 100 juta dalam satu tahun.

Bisnis food truck bisa ditemui di kota besar, juga bisa Anda temui di dekat kawasan bisnis, klub malam, dan kampus perguruan tinggi.

Food Truck memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk berpindah tempat dan mencari lokasi yang lebih ramai.

Tidak mengherankan jika banyak calon pengusaha kuliner yang menerapkan ide restoran mereka di jalan. Menjalankan bisnis food truck memiliki persyaratan, kebutuhan, dan penghargaannya sendiri.

Pemilik bisnis food truck dan pakar bisnis kecil berbagi saran mereka tentang memulai bisnis food truck.

Dari memilih lokasi yang tepat hingga berinvestasi pada teknologi yang tepat, berikut adalah 10 tips bisnis food truck agar bisa berjalan dengan lancar.

10 Tips bisnis food truck

Meski kami menyebutnya dengan truk, biasanya mobil yang dipakai oleh food truck adalah mini van atau pick up.

Bisnis Food Truck

Tidak ada yang menggunakan truk pengangkut pasir untuk berjualan makanan di tengah kota. Hehe

Ini dia 10 tips bisnis food truck bagi Anda yang sedang berencana untuk memulainya.

1. Berinvestasi Pada Truk Yang Bagus

Jika Anda memiliki modal awal yang besar, mulailah membangun truk Anda dengan kendaraan yang lebih baru dan terawat. Bisnis Anda akan selalu bergantung pada kesehatan mekanis truk Anda.

Perlakukan dengan hati-hati, dan berikan banyak perawatan pencegahan untuk mengantisipasi mogok ketika digunakan.

Karena jika truk Anda mogok, Anda harus menanggung biaya untuk memperbaikinya dan mungkin tidak dapat membuka bisnis selama hari-hari truk itu ada di bengkel.

2. Pertimbangkan Pelanggan Potensial Anda

Satu hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis food truck adalah memikirkan siapa yang akan menjadi target audiens Anda.

Mungkin Anda sudah memikirkan makanan tertentu yang ingin Anda sajikan. Kepada siapa makanan Anda akan menarik? Tingkat Demografi mana yang jadi target Anda?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk menentukan jenis bisnis food truck seperti apa yang ingin Anda jalankan.

Juga seperti apa gaya dan desain truk Anda seharusnya, bagaimana alur pelayanan pelanggan, sisi sebelah mana yang akan Anda gunakan untuk melayani pembeli.

3. Siapkan Juga Pilihan Menu

Saat memulai bisnis food truck, Anda harus menyiapkan menu yang tepat. Menu yang familiar dan mudah dibuat.

Karena pembeli yang membeli di food truck tidak ingin menunggu terlalu lama, ini juga akan memperkecil kemungkinan terjadinya antrian yang mengular.

Jika Anda ingin menjual menu fast food seperti burger atau sandwich, pastikan rasanya familiar dengan lidah lokal.

Tidak harus mahal, asalkan rasanya cocok bagi orang di tempat Anda, itu layak menjadi pilihan.

4. Dapatkan Pengalaman Di Industri Makanan

Sebaiknya Anda bekerja di industri makanan sebelum Anda memulai bisnis food truck.

Agar Anda bisa mempelajari dasar manajemen dari industri makanan atau minuman seperti stock opname, belanja, mengatur bahan dasar.

Jika sebuah menu di restoran biasa berkisar 10-15 menit, maka pada bisnis food truck Anda harus bisa membuat menu yang sama dalam waktu 5-10 menit.

Kunci pada bisnis food truck adalah mengeksekusi hidangan secepat mungkin, karena pelanggan mengharapkan layanan yang sangat cepat.

Ada baiknya jika Anda juga mempekerjakan staf dengan pengalaman di industri makanan, terutama dalam menyiapkan makanan dengan cepat.

5. Menggunakan Teknologi

Pertimbangkan teknologi yang Anda perlukan untuk membuat bisnis Anda sukses.

Misalkan Anda memerlukan solusi POS , maka gunakan yang cukup fleksibel untuk pergi ke mana pun Anda pergi, begitu juga apakah POS membutuhkan sambungan internet atau tidak.

Namun kini banyak aplikasi POS yang bisa bekerja secara offline, tentu membutuhkan kapasitas memori internal yang lebih besar untuk menyimpan data.

Luangkan waktu untuk memikirkan teknologi lain yang Anda perlukan untuk membuat bisnis food truck Anda bekerja sesuai kebutuhan Anda.

Bisnis Food Truck

6. Pastikan Anda Memiliki Semua Izin

Jelajahi semua peraturan dan persyaratan untuk menjalankan bisnis food truck di daerah Anda.

Beberapa daerah mempunyai aturan yang ketat mengenai bisnis di pinggir jalan atau mungkin tentang penentuan lokasi yang diperbolehkan untuk pedagang.

Pastikan untuk meneliti proses perijinan dan perijinan kota Anda jauh-jauh hari sebelumnya, karena terkadang perlu waktu berbulan-bulan untuk mengamankannya

7. Uji Konsep Anda

Begitu Anda memastikan menu makanan pada bisnis food truck, Anda perlu mengetahui segmen pelanggan dengan sangat baik.

Ini termasuk perkiraan mengenai berapa uang yang akan mereka keluarkan dalam satu kali pembelian, seberapa sering dan berapa penjualan yang Anda harapkan dalam satu hari.

Harga juga akan menjadi pertimbangan Anda untuk menarik minat calon pembeli.

Jika Anda bisa menghadirkan makanan enak dengan harga yang murah, mungkin bisnis food truck Anda bisa menjadi pilihan makan siang yang murah.

Minta beberapa kolega Anda untuk mencicipi menu dan mempertimbangkan harga yang layak untuk sebuah menu.

Riset pasar dan menguji makanan Anda dengan teman, pecinta kuliner, atau pakar industri benar-benar dapat membantu mengevaluasi suatu konsep.

8. Manfaatkan Media Sosial

Kami pikir satu hal yang harus dipertimbangkan seseorang sebelum membuka bisnis food truck adalah bagaimana menggunakan media sosial untuk mempromosikannya.

Saat Anda memiliki bisnis food truck, media sosial adalah cara terbaik untuk menyebarkan berita dan memberi tahu pelanggan yang lapar di mana menemukan Anda.

Seseorang harus mengetahui cara media sosial terbaik untuk menyebarkan berita tentang bisnis food truck dan mendapatkan pemahaman dasar tentang media sosial.

Ada banyak cara untuk melakukannya, gunakan Instagram untuk mengunggah foto makanan dan lokasi.

Gunakan juga Twitter untuk men-tweet lokasi dengan tagar tertentu sehingga mudah ditemukan.

Dan tentu saja Google My Business, pastikan lokasi bisnis food truck Anda dapat ditemukan dengan mudah.

9. Pilih Lokasi Yang Tepat

Bahkan aturan real estat juga berlaku untuk layanan makanan yang mobile, yaitu lokasi.

Jika tidak ada orang-orang yang berlalu lalang di sekitar truk Anda, Anda tidak akan berhasil.

Bahkan Anda perlu tahu waktu yang tepat kapan orang akan lewat dengan perut yang lapar. Sehingga bisnis food truck Anda akan menjadi pilihan bagi mereka.

Ini penting karenameskipun Anda mungkin mendapatkan beberapa orang yang lewat, banyak orang telah merencanakan sebelumnya untuk makan dimana.

10. Pastikan Anda Siap

Pepatah lama, ‘Jujurlah pada diri Anda sendiri,’ sangat penting ketika memulai sebuah bisnis food truck.

Pertama, tanyakan pada diri Anda apakah Anda siap untuk komitmen semacam ini. Untuk bangun dan keluar jam 6 pagi setiap pagi, bekerja sampai jam 10 atau 11 setiap malam, tanpa henti.

Anda harus menjalankan bisnis food truck sendiri untuk mengetahui apakah ini akan berjalan dengan lancar. Apakah banyak orang tertarik pada menu Anda atau tampilan truck Anda?

Sebelum akhirnya mempekerjakan pegawai, ada baiknya Anda tahu semua seluk beluk operasional bisnis food truck.

Beberapa Pertanyaan Pemula Bisnis Food Truck

Bagaimana saya bisa membuat bisnis food truck saya sukses?

Melakukan persiapan yang diperlukan adalah bagian terpenting dari menempatkan bisnis food truck Anda pada posisi terbaik untuk berhasil.

Bisnis Food Truck

Teliti area yang Anda inginkan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah ini lokasi yang baik untuk bisnis food truck? Apakah ini kota yang dipenuhi banyak orang?

Pikirkan tentang apa yang Anda tawarkan. Apakah beberapa bisnis food truck lain di area tersebut menyajikan masakan yang sama?

Apakah Bisnis Food Truck Menghasilkan Banyak Uang?

Sebuah bisnis food truck dapat mendatangkan banyak pendapatan, tetapi kuncinya adalah bertahan untuk jangka panjang.

Jika Anda bisa menghasilkan 10 juta dalam satu bulan, maka dalam satu tahun Anda akan mendapatkan lebih dari 100 juta.

Karena bisnis food truck membutuhkan biaya operasional relatif kecil, sangat mungkin untuk bisa mengumpulkan banyak keuntungan dari banyaknya penjualan.

Tetapi penting untuk membeli peralatan berkualitas untuk kendaraan Anda sehingga Anda tidak membuang-buang uang untuk memperbaiki sesuatu, yang dapat memakan keuntungan Anda.

Di Mana Bisnis Food Truck Paling Sukses?

Agar food truck berhasil, mereka harus berada di area lalu lintas pejalan kaki yang ramai. Parkir jalanan di dekat lokasi perumahan atau mal adalah lokasi yang bagus.

Beberapa daerah memfokuskan area khusus untuk food truck, yang disebut taman food truck atau mungkin sejenis Food Corner.

Jika Anda memutuskan untuk beroperasi di tempat parkir food truck, penting untuk mempertimbangkan menu spesifik yang unik dan berbeda dari lainnya.

Misalnya, jika Anda adalah penjual roti panggang, cobalah untuk tidak membuka toko di dekat truk roti panggang lainnya.

Parkir di kawasan bisnis, dekat klub malam dan di kampus-kampus juga merupakan cara mudah untuk bertemu dengan segerombolan pelanggan yang lapar.

Mengapa Bisnis Food Truck Gagal?

Kurangnya penelitian dan perencanaan adalah alasan utama mengapa beberapa food truck tidak berhasil. Sangat penting bagi lokasi Anda dan merek Anda untuk saling mendukung.

Alasan kegagalan lainnya adalah seorang pemula food truck memasuki pasar yang sudah ramai.

Ingatlah bahwa Anda tidak hanya bersaing dengan truk lain tetapi juga restoran yang menyajikan masakan yang sama.

Peralatan Apa Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Food Truck?

Selain truk, Anda akan membutuhkan peralatan untuk memasak, menyiapkan dan menyajikan makanan.

Item ini mungkin termasuk microwave, pemanggang roti, pemanggang atau penggorengan, tergantung pada apa yang Anda buat

 Anda juga membutuhkan peralatan makan, piring, cangkir, panci, wajan, wajan dan/atau blender. Perlengkapan kebersihan dan kebersihan juga penting.

Untuk inspirasi peralatan bisnis makanan, Anda bisa lihat pada artikel ini Siapkan 21 Peralatan Ini Untuk Membuka Bisnis Rumah Makan!

Nilai Apa Yang Dibawa Bisnis Food Truck Ke Komunitas?

Dalam beberapa hal, bisnis ini bisa berkolaborasi dengan komunitas di daerah Anda.

Jika dilakukan dengan benar, ini juga bisa menjadi dorongan besar bagi perekonomian sekitar.

Makanan jalanan dapat meningkatkan pariwisata dan menyebabkan lebih banyak lalu lintas pejalan kaki.

Itu juga dapat memperkenalkan budaya dan masakan yang berbeda, yang dapat menambah keragaman pada suatu komunitas masyarakat.

Pecinta makanan dengan keinginan berwirausaha mungkin tidak mampu untuk memulai restoran permanen, tetapi mereka mungkin dapat memulai food truck.

Food truck adalah kendaraan besar dengan dapur untuk membuat dan menyajikan makanan. Mereka awalnya muncul di wilayah Amerika Serikat dan menjadi semakin populer ke seluruh dunia.

Banyak pengusaha memilih food truck karena membeli lokasi restoran sangat mahal, sementara bisnis ini jauh lebih terjangkau.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar