10 Ide Bisnis Online Yang Bisa Anda Mulai Esok Hari

Teknologi semakin memudahkan kita untuk memulai sebuah bisnis dalam jaringan alias online, ini 10 ide bisnis online yang bisa Anda mulai esok hari.

Bisnis online memungkinkan Anda untuk memulainya dengan modal awal yang terbatas namun mempunyai kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi

Beberapa ide bisnis online dengan bayaran tinggi termasuk layanan pembuatan konten media sosial atau pengembang perangkat lunak.

Satu hal kunci yang harus Anda perhatikan yaitu bangun bisnis online dalam subjek atau industri yang Anda sukai dan ketahui.

Memiliki dan memelihara bisnis online memberi pengusaha kebebasan untuk menghasilkan uang di mana saja di dunia.

Idenya menarik dan lebih mungkin dari sebelumnya, tetapi banyak pengusaha tidak tahu harus mulai dari mana.

Langkah terpenting dalam memulai bisnis online yang menguntungkan adalah menemukan ide bisnis online yang sesuai dengan keahlian dan kekuatan Anda.

Rencanakan yang Anda inginkan mulai dari sebelum meluncurkan lini bisnis ini.

Apakah Anda ingin menjadi pengusaha penuh waktu atau hanya memulai bisnis paruh waktu untuk penghasilan pasif, produk atau layanan Anda harus memenuhi kebutuhan konsumen tertentu.

10 Ide Bisnis Online Yang Bisa Anda Mulai Esok Hari
Ide Bisnis Online

Kami telah menyusun serangkaian bisnis berbasis kebutuhan yang menguntungkan, dengan biaya awal minimal, yang dapat Anda mulai sesegera mungkin.

22 Bisnis Online Untuk Dimulai Segera

1. Konsultan Bisnis Kecil

Jika Anda memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan bisnis, mengapa tidak membuat bisnis online yang membantu calon wirausahawan menemukan kesuksesan?

Sebagai konsultan bisnis online, Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk membantu pemilik bisnis baru memulai awal yang baik dan membantu pengusaha berpengalaman memenuhi permintaan.

Peluang Anda untuk sukses lebih besar jika Anda memfokuskan strategi Anda pada aspek khusus dari konsultasi bisnis online.

Anda harus sering hadir pada komunitas bisnis digital untuk menambah kredibilitas Anda, menunjukkan keahlian Anda, dan mendatangkan klien.

Gunakan pengalaman dan pengetahuan bisnis Anda untuk membantu calon wirausahawan menemukan kesuksesan.

2. Konsultan Media Sosial

Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa pembuatan konten media sosial, biasanya yang paling dicari adalah konten Instagram atau Tik Tok.

Jika  perusahaan yang lebih besar dapat mempekerjakan agen atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun media sosial mereka, tetapi usaha kecil sering kali membutuhkan konsultan dari luar yang dibayar hanya ketika mereka membutuhkan.

Seorang pemilik usaha kecil biasanya terlalu sibuk, kewalahan, atau kurang berpendidikan tentang pentingnya kehadiran media sosial untuk mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial yang hebat.

Sebagai konsultan media sosial, Anda dapat membantu usaha kecil menentukan taktik, jadwal posting, dan konten terbaik untuk audiens target mereka.

Seiring bertambahnya jumlah pengikut mereka, bisnis Anda juga akan bertambah.

Facebook dan Instagram masih menjadi jaringan media sosial teratas untuk urusan pemasaran.

Tik Tok kini melengkapi apa yang tidak dimiliki oleh mereka berdua.

Platform ini memiliki audiens konsumen yang besar, tetapi banyak bisnis tidak menyadari seberapa besar mereka, seberapa efektif mereka, dan bagaimana membuatnya bekerja untuk merek mereka.

Jika Anda memiliki latar belakang pemasaran media sosial dan hasrat untuk fotografi, coba fokuskan bisnis konsultasi Anda pada satu platform tertentu, seperti Instagram.

Ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang sambil membantu bisnis lain meningkatkan konten mereka dan mencapai tujuan bisnis mereka.

3. Bisnis Pembuatan Website

Jika Anda punya keterampilan membangun website dengan wordpress misalnya, akan menjadi bekal yang bagus untuk bisnis ini.

Seorang profesional digital kreatif yang berkembang dalam membentuk tata letak, tema visual, set font, dan palet warna situs web, desain web lepas mungkin merupakan jalur yang baik untuk Anda.

Jika Anda memiliki sedikit atau tanpa pengalaman di bidang ini, Anda dapat  mempelajari dasar-dasar desain web  dan menguasai alat yang Anda perlukan untuk sukses, seperti Adobe XD, Chrome DevTools, dan perangkat lunak editor teks.

Jika Anda sudah mengetahui HTML, CSS, atau JavaScript dan memiliki pandangan yang baik untuk memecahkan masalah dengan solusi kreatif, Anda dapat meluncurkan layanan untuk membangun situs web yang menarik dan mudah digunakan untuk bisnis kecil.

Jika Anda perlu  mempelajari dasar-dasar pengembangan web  sebelum meluncurkan karir full-stack Anda, Anda dapat mengambil kursus pemula sederhana untuk memulai.

Manfaatkan keterampilan teknis dan kreatif Anda dengan baik bagi pemilik bisnis yang ingin membawa kehadiran online mereka ke tingkat berikutnya.

Bangun portofolio yang komprehensif, lalu buat situs web Anda sendiri untuk memamerkan hasil kerja Anda dan menarik aliran klien yang stabil.

4. Asisten Virtual

Ini mungkin jenis bisnis yang masih jarang kita dengar di sekeliling kita, namun perkembangan teknologi membuat ini ada.

Jika Anda memiliki keterampilan organisasi dan kemampuan manajemen tugas yang sempurna?

Mungkin sudah waktunya untuk menggunakan keterampilan itu dengan baik dengan membuka layanan asisten virtual.

Layanan VA biasanya terdiri dari tugas administratif dasar seperti memasukkan data, membuat pengaturan perjalanan, dan menjawab panggilan telepon.

Anda tidak harus mempunyai pengalaman sebagai seorang sekretaris pribadi, tapi minimal harus terbiasa dengan hal yang tertib dan terjadwal.

Bisnis Online Jadi Viral
© christina @ wocintechchat.com/unsplash

Platform seperti  TaskRabbit  dan  Zirtual memudahkan para profesional VA untuk mencari pekerjaan.

Mereka memungkinkan Anda membuat profil online, mendaftar untuk tugas yang ingin Anda selesaikan – seperti riset data, bantuan virtual, atau tugas dasar – dan mulai membangun pelanggan.

Setelah Anda mempunyai basis pelanggan yang bagus, Anda bisa mulai mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda melayani semua permintaan.

5. Dukungan Teknis Jarak Jauh

Banyak usaha kecil tidak memiliki ruang dalam anggaran mereka untuk mempekerjakan karyawan TI penuh waktu.

Jadi ketika sistem mereka tiba-tiba tidak berjalan dengan baik, mereka biasanya memanggil teman atau anggota keluarga yang paham komputer

 Jika Anda paham teknologi dan memiliki pengalaman bekerja di komputer dan jaringan, Anda dapat menghilangkan ketergantungan mereka pada teman atau kolega dengan menawarkan bantuan teknis jarak jauh langsung.

Meskipun beberapa bisnis mungkin lebih memilih Anda untuk memiliki gelar teknis, banyak yang akan melihat pengalaman dan pengetahuan Anda sebagai gantinya.

Anda dapat membangun bisnis dukungan teknis jarak jauh dengan menghubungi teman, keluarga, dan pemilik bisnis lokal tentang kebutuhan dukungan teknis mereka.

Jika klien masih berada dalam satu kota, masih memungkinkan bagi Anda untuk mengunjunginya secara langsung dan melihat permasalahan dengan lebih detail.

6. Bimbingan Belajar Online

Hanya karena seseorang mengambil kelas dalam suatu mata pelajaran tidak berarti mereka memahami materi dengan baik.

Jika Anda hebat dalam menjelaskan sesuatu kepada seseorang secara pribadi dan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan dalam suatu subjek, pertimbangkan untuk memulai bisnis bimbingan belajar online di bidang itu.

Anda dapat menggunakan alat obrolan video seperti Zoom untuk melakukan sesi bimbingan belajar dari jarak jauh dan menawarkan pengetahuan Anda kepada siapa saja, kapan saja, di mana saja.

Memulai bisnis online yang menawarkan kursus digital kepada siapa saja yang tertarik dengan topik tersebut dapat dengan mudah menghasilkan uang bagi Anda – Anda dapat menjual materi tertulis yang sudah disiapkan atau konten lain yang dapat diunduh dengan biaya tertentu.

Hal ini akan bermanfaat bagi beberapa orang yang mencari bantuan pribadi yang menginginkan sesuatu lebih dari sekadar pelajaran.

Misalnya orang-orang yang ingin membantu memajukan karier mereka, meningkatkan pengetahuan tentang nutrisi, atau menemukan lebih banyak makna dalam hidup mereka dapat mengambil manfaat dari pelatihan Anda melalui perangkat lunak obrolan video seperti Zoom.

7. Bisnis Menulis Resume dan Surat Lamaran

Hampir setiap orang telah mencari bantuan dari orang lain ketika menulis resume atau surat pengantar.

Tawarkan keahlian Anda dalam menyusun resume dan surat lamaran yang menarik kepada siapa pun yang bersedia mempekerjakan Anda.

Hobi Jadi Bisnis - Menulis

Berikan contoh tidak hanya resume dan surat lamaran orang lain yang telah Anda bantu, tetapi resume dan surat lamaran Anda yang sukses untuk meningkatkan peluang Anda untuk berhasil memulai bisnis online.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Menggunakan Media Sosial

8. Penulis Teknis

Internet penuh dengan copywriter untuk disewa. Namun, hanya sedikit copywriter yang memiliki latar belakang teknis untuk menulis instruksi manual dengan benar untuk mesin besar atau menyampaikan hasil ilmiah dengan benar.

 Jika Anda memiliki latar belakang sains atau pengalaman penelitian dan dapat menulis tentangnya, mulailah bisnis online di mana orang dapat menyewa layanan penulisan teknis Anda.

Iklankan diri Anda di LinkedIn, Fiverr, dan platform lain untuk menarik pelanggan.

9. Konsultan Hukum Perusahaan

Perusahaan membutuhkan pengacara untuk melindungi mereka dalam masalah hukum dan mendidik mereka tentang apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan.

Dengan memulai firma konsultasi penasihat korporat online, Anda dapat menawarkan pekerja korporat cara untuk menjaga urusan hukum mereka tetap teratur tanpa biaya selangit dan komitmen tatap muka yang ekstensif dari pengacara tradisional.

Anda harus menunjukkan bukti bahwa Anda telah lulus ujian pengacara untuk membangun klien dan memperjelas bahwa bisnis Anda sepenuhnya online.

Karena ketika tiba saatnya bagi klien Anda untuk pergi ke pengadilan, mereka harus menyewa pengacara di wilayah mereka yang dapat mewakili mereka di depan hakim.

Baca juga: 23 Bisnis Online Terbaru Potensial Generasi Muda

10. Konsultan SEO

Jika Anda mengetahui seluk beluk mesin pencari dan memiliki keterampilan teknis dalam platform seperti Google Ads dan Google Analytics, menjadi konsultan SEO bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi bisnis online Anda.

Banyak pemilik usaha kecil tidak menyadari seberapa besar dampak pengoptimalan mesin pencari (SEO) pada bisnis mereka.

Mulai bisnis konsultasi online Anda dengan mendidik pemilik bisnis tersebut tentang kekuatan SEO untuk membantu mengubah situs web mereka dan meningkatkan tingkat konversi mereka.

Anda dapat menggunakan keterampilan pemasaran Anda untuk menunjukkan kepada pemilik bisnis manfaat menggunakan data analitik, kata kunci strategis, dan struktur konten untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas web organik.

Jika Anda tidak terbiasa dengan SEO atau ingin memoles keterampilan pemasaran digital Anda, Anda dapat merujuk ke  Panduan Pemula Moz untuk SEO .

Ingatlah bahwa algoritme Google selalu berubah, jadi Anda perlu melanjutkan pendidikan SEO agar tetap relevan dan sukses di bidang ini.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar